Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Berhubung lagi demam CDI programmable buat motor (termasuk gw), kita bagi2 kurva derajat pengapian yuk, dimulai dari gw ya, gw ngumpulin dari M+ 2006-2007 (mungkin temen2 klo ada yang punya lebih akurat lagi, misal dari majalah motorrace dsb), lumayan buat bagi2 n iseng2 setting kali2 cocok dengan karakter kita.
Oh iya klo ga punya software komputernya cukup siapin milimeter block aja, dari situ kurva derajat pengapian bisa diitung cukup detail (menurut Mekanik CDI gw kmrn justru pake milimeterblock lebih akurat) termasuk bisa dimaen2in (misal mo dibikin ekstrim atw diayun dulu, sesuai karakter), sebenernya ada itung2an persamaan linear sih, tapi cukup pedoman pake milimeter block utk pemula rasanya udah cukup (sumbu x sebagai rpm, sumbu y sebagai derajat) tenaga puncak biasanya didapat di rpm menjelang derajat puncak (sekitar 5000-6000), berikut yang gw dapet (sori, seluruhnya bebek dan kebanyakan settingan roadrace, makanya ditunggu info dari yang laen, utk memperkaya) semoga bisa diterapin buat harian
Supra 125 X 2007
(Ferdinand Iskandar (anaknya Om Chia))
1500 rpm = 15 derajat
3000 - rpm tinggi (ga disebutkan berapa,
tapi perkiraan aja sekitar 6000rpm,
utk roadrace biasanya derajat puncak ada di 6000an) = 39 derajat
Karisma 2003
(Jimmy S Winata)
rpm rendah = 14 derajat
rpm tinggi = 40 derajat
karbu keihin 24 mm
Karisma 2005
(Tomy Huang)
1500-3000 rpm = 15 derajat
3000-10.000rpm = 40 derajat
10500-12500 = 38 derajat
Shogun 2004
(Micahel Iskandar (Om Chia))
rpm rendah = 15 derajat
rpm tinggi = 39 derajat
Smash 2006
(Ibnu Sambodo)
1000 rpm = 15 derajat
6000 rpm = 39 derajat
13500 rpm = 32 derajat
Limiter di 14000 rpm
Karbu Mikuni TM24
Shogun 125
(M Fadli)
9000 rpm = 44,5 derajat (tinggi ya?)
13000 rpm = 39 derajat
KArbu Keihin PE 28
Smash 2006
(Ibnu Sambodo)
1000rpm = 15 derajat
6000rpm = 39 derajat
13500 rpm = 32 derajat
Karbu Keihin PE 24
Shogun 125
(A Chuan (Medan))
2000 rpm = 15 derajat
5000 rpm = 40 derajat (trek pendek, di 5000rpm udah derajat puncak)
Karbu Mikuni TM 28
Kaze ZX130 2006
1000rpm = 15 derajat
rpm atas (ga dikasih tau berapa) = 38 derajat
Karbu Keihin PWK 28
Shogun 125
(Ibnu Sambodo)
rpm rendah ga dikasih tau
6000 rpm = 40 derajat
Karisma 2003
(Danang Cakra)
3000rpm = 15 derajat
>3000rpm = 38 derajat (ga dijelasin step2nya, tapi puncak di 38 derajat)
Karbu Mikuni 24
Shogun 125 2007
(Ahmad Jayadi (MP5 Anggi Permana))
rpm bawah = 15 derajat
rpm atas = 40 derajat
Karbu Mikuni TM24
Jupiter Z 2007
(Waskito Ngubaini (Merit))
rpm bawah = 15 derajat
8000 rpm = 40 derajat
Karbu Keihin 24
Jupiter MX 2006 Grasstrack
(Asep Sura')
1500 rpm = 35 derajat (tinggi yah.. ekstrim)
2500 - 12000 = 40 derajat
12000 - 14000 = 39 derajat
Karbu Ninja 28 mm
Buat yang laen ditunggu ya..
Oh iya klo ga punya software komputernya cukup siapin milimeter block aja, dari situ kurva derajat pengapian bisa diitung cukup detail (menurut Mekanik CDI gw kmrn justru pake milimeterblock lebih akurat) termasuk bisa dimaen2in (misal mo dibikin ekstrim atw diayun dulu, sesuai karakter), sebenernya ada itung2an persamaan linear sih, tapi cukup pedoman pake milimeter block utk pemula rasanya udah cukup (sumbu x sebagai rpm, sumbu y sebagai derajat) tenaga puncak biasanya didapat di rpm menjelang derajat puncak (sekitar 5000-6000), berikut yang gw dapet (sori, seluruhnya bebek dan kebanyakan settingan roadrace, makanya ditunggu info dari yang laen, utk memperkaya) semoga bisa diterapin buat harian
Supra 125 X 2007
(Ferdinand Iskandar (anaknya Om Chia))
1500 rpm = 15 derajat
3000 - rpm tinggi (ga disebutkan berapa,
tapi perkiraan aja sekitar 6000rpm,
utk roadrace biasanya derajat puncak ada di 6000an) = 39 derajat
Karisma 2003
(Jimmy S Winata)
rpm rendah = 14 derajat
rpm tinggi = 40 derajat
karbu keihin 24 mm
Karisma 2005
(Tomy Huang)
1500-3000 rpm = 15 derajat
3000-10.000rpm = 40 derajat
10500-12500 = 38 derajat
Shogun 2004
(Micahel Iskandar (Om Chia))
rpm rendah = 15 derajat
rpm tinggi = 39 derajat
Smash 2006
(Ibnu Sambodo)
1000 rpm = 15 derajat
6000 rpm = 39 derajat
13500 rpm = 32 derajat
Limiter di 14000 rpm
Karbu Mikuni TM24
Shogun 125
(M Fadli)
9000 rpm = 44,5 derajat (tinggi ya?)
13000 rpm = 39 derajat
KArbu Keihin PE 28
Smash 2006
(Ibnu Sambodo)
1000rpm = 15 derajat
6000rpm = 39 derajat
13500 rpm = 32 derajat
Karbu Keihin PE 24
Shogun 125
(A Chuan (Medan))
2000 rpm = 15 derajat
5000 rpm = 40 derajat (trek pendek, di 5000rpm udah derajat puncak)
Karbu Mikuni TM 28
Kaze ZX130 2006
1000rpm = 15 derajat
rpm atas (ga dikasih tau berapa) = 38 derajat
Karbu Keihin PWK 28
Shogun 125
(Ibnu Sambodo)
rpm rendah ga dikasih tau
6000 rpm = 40 derajat
Karisma 2003
(Danang Cakra)
3000rpm = 15 derajat
>3000rpm = 38 derajat (ga dijelasin step2nya, tapi puncak di 38 derajat)
Karbu Mikuni 24
Shogun 125 2007
(Ahmad Jayadi (MP5 Anggi Permana))
rpm bawah = 15 derajat
rpm atas = 40 derajat
Karbu Mikuni TM24
Jupiter Z 2007
(Waskito Ngubaini (Merit))
rpm bawah = 15 derajat
8000 rpm = 40 derajat
Karbu Keihin 24
Jupiter MX 2006 Grasstrack
(Asep Sura')
1500 rpm = 35 derajat (tinggi yah.. ekstrim)
2500 - 12000 = 40 derajat
12000 - 14000 = 39 derajat
Karbu Ninja 28 mm
Buat yang laen ditunggu ya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Wah Lengkap banget bro, mantaffffffffffffffffff
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
mau nanya nih.. itu 15 drajat atau yang lain sebagainya..
maksudnya 15 drajat seblum TMA ya?
yang dimaksud dimajuin itu kemana?
oya, koq bukan yang mesin std?
maksudnya 15 drajat seblum TMA ya?
yang dimaksud dimajuin itu kemana?
oya, koq bukan yang mesin std?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
PULSAR 200 dengan CDI BRT Smart Click (setting oleh MJ Motor)
- Pengapian pada 36 drajat (standarnya 35 drajat)
- RPM dilimit pada 11.000 (lampu peringatan menyala pada 10.000 rpm tapi mesin bisa terus teriak dengan lancar sampai 11.000 rpm)
Yang gue gak jelas, gimana mapping pada RPM bawah/menengah/atas yang sudah diprogram dalam CDI BRT oleh Tommy Huang yang katanya khusus disetting untuk Pulsar.....
- Pengapian pada 36 drajat (standarnya 35 drajat)
- RPM dilimit pada 11.000 (lampu peringatan menyala pada 10.000 rpm tapi mesin bisa terus teriak dengan lancar sampai 11.000 rpm)
Yang gue gak jelas, gimana mapping pada RPM bawah/menengah/atas yang sudah diprogram dalam CDI BRT oleh Tommy Huang yang katanya khusus disetting untuk Pulsar.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
klo ga salah sih gitu Om, yang gw tau (dari mekanik) itu derajat posisi pulser magnet terhadap sensor, sebenernya tanpa cdi programmable bisa dengan mengakali pulser magnet (dibubut depan atau belakangnya, gw lupa bubut depan itu buat nguber akslerasi atau top speed, begitu juga sebaliknya), cuma secara praktek hal ini lebih beresiko karena klo salah justru mesin malah ngedrop lagipula cdi standar dirasa apinya kurang besar dan mengandung limiter (walaupun sebagian besar mekanik mampu melepas limiter pada cdi standar tapi harganya ga beda jauh dengan cdi racing).r1210g wrote:mau nanya nih.. itu 15 drajat atau yang lain sebagainya..
maksudnya 15 drajat seblum TMA ya?
yang dimaksud dimajuin itu kemana?
oya, koq bukan yang mesin std?
yang gw dapet itu kumpulan dari M+, jadi memang 'bukan mesin standar', melainkan roadrace, tapi ga ada salahnya dicoba, makanya sebagian gw juga sertakan karbu beserta milimeter venturinya maksudnya sih, bagi pengguna kohar (yang cuma maen pengapian, knalpot dan karbu) bisa ikut kali2 aja cocok (toh ga perlu sampe bobok mesin, mang mo jadi pembalap, klo mo kumplit sih ada juga data ubahan kem dan lubang klep <==bagi gw ini mah bukan kohar, udah menuju modif mesin ekstrim). Mungkin klo temen2 punya yang utk mesin standar bisa bagi2 juga.
gw sebenernya kemarin nemu lagi nih, ada buat Kawak Blitz dan Jupiter Z cuma sayang ketinggalan bukunya.
@Om Jeskoneng, klo nyari mapping rentang tengahnya, bisa aja iseng2 kita cari pake milimeter block (iseng2 aja sok jadi tuner motor, belagak ngitung, apalagi klo pake laptop serasa tampilan tuner motoGP tuh :-P) jadi kita gambar di titik 1500 rpm misalkan 15 derajat, trus di titik 11000rpm di 36 derajat, nah dari dua titik tadi ditarik garis (bisa lurus, diayun, bahkan dibuat ekstrim, sambil dibandingin bedanya pada tarikan motor, klo garis lurus biasanya operan tenaga konstan naiknya, klo diayun biasanya utk mengejar topspeed dan lebih ramah ke mesin (karena derajat baru naik di rpm tinggi), klo ekstrim buat ngejar akslerasi dan agak kasian buat mesin (makanya bisa diliat pada mapping Jupi MX yang buat grasstrack di postingan gw sebelumnya, di rpm yang masih tergolong kecil tapi derajat sudah tinggi di atas 30 derajat, utk mengejar akslerasi)) nah dari grafik yang udah kita buat tadi kan kita tau tuh koordinat2nya, masukin deh nilainya, bisa per 500rpm atw per 100 rpm. (tapi biasanya acuannya sih tiga titik di 1500-3000, di 6000 (kebanyakan utk bebek derajat puncak di rpm ini) dan terakhir di rpm limit (misal di 10.000) ), tenaga maksimal motor biasanya muncul di rpm menjelang derajat puncak (Klo yang ini ngebuktiinnya mesti pake dynotest)
rentang tengah ini yang biasanya 'disimpen' oleh para tuner balap, termasuk produsen cdi unlimit non programmable (karena kita tinggal terima jadi, ga bisa setting2 sesuai keinginan dan karakter kita)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Mungkin, kalo kita test dyno mesin motor kita, barulah muncul kurva lengkap dari rpm bawah sampai atas, dan paling bisa dipercaya.... bahkan bisa ketauan apakah setelah dimodif (ganti CDI, busi, karbu, knalpot dll) memang tenaga / torsinya mengalami kenaikan..... dan seberapa banyak peningkatannya .....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Nih gw baru dapet lagi (dari Otoplus), moga2 berguna (yang laen ditunggu ayo donk bagi2)
Jupiter Z 2007 (M. Raka)
9000 rpm : 45 derajat
15000 rpm : 38 derajat
Karbu Mikuni Sudco 24mm
Jupiter Z 2004 (Waskito 'Merit' Ngubaini)
8000 rpm : 40 derajat
14000 rpm : 32 derajat
Karbu Keihin PWK 28mm
Kawasaki Blitz 2007 (Andreas Tear Tjahja)
3000 - 9000 rpm : 42 derajat
13000 rpm : 32 derajat
Karbu Mikuni TM24mm
Jupiter Z 2007 (M. Raka)
9000 rpm : 45 derajat
15000 rpm : 38 derajat
Karbu Mikuni Sudco 24mm
Jupiter Z 2004 (Waskito 'Merit' Ngubaini)
8000 rpm : 40 derajat
14000 rpm : 32 derajat
Karbu Keihin PWK 28mm
Kawasaki Blitz 2007 (Andreas Tear Tjahja)
3000 - 9000 rpm : 42 derajat
13000 rpm : 32 derajat
Karbu Mikuni TM24mm
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sun Nov 25, 2007 22:23
- Location: jogja
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Bro buds, kasih jg bwt vartex dong derajad pengapianya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
haduhh.. gw pun masih cari2 yang pas Bos, kan tengsin juga klo udah bagi2 ternyata menurut gw pas, mnurut yg laen ga, soalnya liat juga kondisi mesin (motor gw udah mo 3 taun nih).. lgpula skrg tuh vartex lg masuk rumah modifikasi.. jadi ga keurus, sementara pake si GL 100 dulu :-P
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sun Nov 25, 2007 22:23
- Location: jogja
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Problem ane gini bro buds.
Klo ditarikan awal terjadi knoking. Itu tjd wkt start dr idle amp jalan dan gi2 1 aja, seterusny normal.
Sapa tau bro puny solusi. Apa terlalu maju ato mundur ntu drjd pengpian? sy patok 15 drjd untk rpm bwh
Klo ditarikan awal terjadi knoking. Itu tjd wkt start dr idle amp jalan dan gi2 1 aja, seterusny normal.
Sapa tau bro puny solusi. Apa terlalu maju ato mundur ntu drjd pengpian? sy patok 15 drjd untk rpm bwh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
klo knocking berarti pengapian ente terlalu maju...Chadeer wrote:Problem ane gini bro buds.
Klo ditarikan awal terjadi knoking. Itu tjd wkt start dr idle amp jalan dan gi2 1 aja, seterusny normal.
Sapa tau bro puny solusi. Apa terlalu maju ato mundur ntu drjd pengpian? sy patok 15 drjd untk rpm bwh
coba dimundurin lagi bro untuk 1500-2500rpmnya..

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sun Nov 25, 2007 22:23
- Location: jogja
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Thx bro hanx, ntar ane coba turunin deh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Oya, @ TS, itu setting pengapian memakai CDI apa?? setau saya tiap2 CDI bisa berbeda ketepatannya...
Misal klo di Rextor 36derajat, mungkin di BRT bisa 37 derajat ato 35 derajat.
Ane ada beberapa map pengapian CDI programmable Cheetah Power , dari forum sebelah...
dan tentunya gak selalu sama persis klo mau diaplikasikan ke CDI merk lain...
Misal klo di Rextor 36derajat, mungkin di BRT bisa 37 derajat ato 35 derajat.
Ane ada beberapa map pengapian CDI programmable Cheetah Power , dari forum sebelah...

dan tentunya gak selalu sama persis klo mau diaplikasikan ke CDI merk lain...


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
Speak about Cheetah, CDI-nya beneran bisa diset sampe 25krpm?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: Bagi2 Kurva Derajat Pengapian Motor Yuuu
^^
klo secara teori hampir semua merk CDI nyampe segitu bro. Klaimnya XP malah bisa sampe 40.000 rpm. Tapi mesin mana sanggup berkitir segitu?
klo secara teori hampir semua merk CDI nyampe segitu bro. Klaimnya XP malah bisa sampe 40.000 rpm. Tapi mesin mana sanggup berkitir segitu?

