Problem SX4

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

emang mesti bongkar dashboard bro... Mau ga mau,,, Saya udah tanya bokap... Makanya bro bawa ke BERES pulogadung, biar nanti terjamin ga berisik setelah di copot... Biar memuaskan gitu... So ga perlu bolak balik bengkel
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Re: Problem SX4

Post by dony »

Kemarin Sabtu 14 Mei ke Beres IMT jln raya Serpong bkn yg BSD, kali mobilnya ada jin , ngajak jalan mekanik utk dengar bunyi-an di dasboard cukup lama kagak bunyi, eeeh setelah pulang malah bunyi , khan aneh.
Doortrim sebelah kiri penumpang depan ternyata memang cacat , walaupun kancingan diperbaiki ternyata tetap ada benjolan gitu.
Oleh pihak Beres IMT Serpong akan diajukan proses claim ke Indomibil Trada utk penggantian doortrim tsb, jangka waktu tergantung stock yg ada, dan akan dikhabari stlh stock ada.
Overall Cukup bagus pelayanan Susuki IMT Serpong.
Heee mudah-an bro Naldo bisa bantu agar part doortrim tsb cepat ada gantinya.
Bocan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:38

Re: Problem SX4

Post by Bocan »

Mo ikutan donk. Aq br beli SX-4 x-over M/T bln lalu. Minggu lalu nyoba ke Bandung Via Subang, sampe Sari ater Everything OK, istirahat bentar lanjut ke Tangkupan perahu. Nah saat tanjakan masalah timbul, waktu injek gas kecepatan kira2 60 KPH mobil mulai ndut2an n knalpot nembak, khawatir ga kuat nanjak sampe puncaknya terpaksa berhenti ditempat parkir kawah Domas. Telp kepala teknisi BeRes Suzuki Matraman minta petunjuk, ktnya ga apa2 selama ga averheat n di dashboard ga ada tanda malfunction, krn hr minggu ga ada BeRes yg buka akhirnya aq putuskan turun ke Bandung aja, eh di Cihampelas RPM drop setiap injek kopling sampe 200 rpm. Mesin mati beberapa kali (seperti org br bisa bawa mbl) terpaksa aq usahakan rpm 1000- 1500 setiap berhenti dgn setengah kopling sepanjang jalan cipularang karena jalan macet terutama saat mau ambil ticket tol. Konsekwensinya mesin berisik dan boros banget, serta ga ada tenaganya. Hr senin lalu sdh dibw ke BeRes Puri, Menurut kpl bengkel itu karena mutu bensin yg jelek atau kotor (Aq pake premium).

Mau minta komentar temen2, rencananya minggu depan mau ke puncak takut ngadat lagi. Apa harus isi pertamax?
User avatar
toyotalover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Mar 14, 2008 20:37

Re: Problem SX4

Post by toyotalover »

^^

gak perlu juga sih....

isinya di SPBU mana terakhir...??

IMHO...
pastikan klo mo isi bensin PERTAMINA.... cari yg ada logo "PASTI PAS" :mrgreen:

gue gak prnh masalah klo isi premium di SPBU yg ada logo tsb....

klo emang SPBU-nya busuk, tetep aja biar bensin Pertamax/+ tetep aja busuk juga.... :ngacir:
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Problem SX4

Post by lucky_strike_21 »

hari ini sx4 gw baru keluar bengkel,
ac sudah berjalan baik semua
cuman sayang pengerjaannya kurang sempurna karena lighternya ga nyala n stirnya jadi agak miring
terpaksa mesti balik lagi d :(
pengerjaan bongkar dashboard emang repot banget si yah? gw jadi agak maklum dah

oh ya, btw bro naldo kenal ama orang2 NJS bdg kan?
bosnya yg cewe cakep pisan yah! pdhl dah agak berumur.. salut gw :e-clap:
Bocan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:38

Re: Problem SX4

Post by Bocan »

Terakhir isi di Outer ring road Cengkareng yg deket Apartemen Taman Palem
Padahal itu SPBU Baru loh.

Ok Deh mudah2an setelah di service kali ini ga ngadat lagi. Thanx masukannya bro ToyotaLover
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Bro bocan beli dimana? Kl kopling memang harus dengan gas yang agak besar. Mobil saya rasa jadi ga boros2 amat bro. Tapi kl sampe loss power, saya agak bingung. Coba bawa ke BERES suzuki pulo gadung. Biar di cek secara keseluruhan. Or kl ada masalah lagi, PM saya, biar di urus mobilnya...
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Urusan cewe, saya kurang tau d bro... Kan bukan saya yang kerja di suzuki... wehehehehe
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Bro bocan, dilihat dari kasus anda, mobil anda kemasukan bensin yang tercampur dengan air. Terpaksa bro harus bongkar semua parts mesin n menguras tangki bensin. Semuanya harus di bersihkan supaya mobil bro ga ndut2an n kehilangan power seperti itu. Ati2 bro lain kali, beli bensin di tempat terpercaya. Lebih baik bro beresin mobilnya dulu baru d ke puncak. Dibanding bermasalah di jalan.
Bocan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:38

Re: Problem SX4

Post by Bocan »

Aq beli mobilnya di Sun Motor Matraman. makanya waktu bermasalah di T.Perahu aq minta no HP Kepala bengkel di Matraman n aq hub dia. sebenernya sih dia suruh aq bw ke tempat dia hr senennya (tgl 9 yll) tapi aq bilang terlalu jauh krn mobil nga enak dibawanya apalagi kalu kena macet bisa mati mesin mulu jadi dia saranin ke Puri supaya dekat rumahku.
Waktu servis di BeRes Puri aq udah nanya kenapa bisa begitu, sebelum diperiksa dugaan dia mutu bensinnya jelek/kotor atau ada part lain yg rusak/tdk sempurna spt injectornya. Dia janji kalo ada part yg rusak dia akan claim ke Suzuki pusat. Aq masukin bengkel pagi jam 8.30 selesai jam 16.00 dia bilang ternyata ada kotoran menyumbat injector, jd bensin dikuras n injector diservice.
Untuk sekarang sih aq pake rasanya normal2 aja, cuma emang ini mobil dipakenya cuma sekali2.

Karena itu disini aq tanya apa ada temen2 lain yg punya masalah sama dgn aq? Apa karena aq pake premium? karena menurut manual book nya disarankan pake bensin beroktan 91 keatas, dan tempat aq isi bensin terakhir itu Pom bensin baru Pertamina yg cukup terpercaya. Jadi agak kecil kemungkinannya kalau tercampur air.
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Problem SX4

Post by ddaru »

Duh, dari awal kok saya baca banyak juga ya keluhan di SX-4?
Papa saya sbenernya pengen ngeganti Kijang LGX 1.8 2004nya dengan SX-4 X-Over yang baru, tapi kok jadi ngeri nih denger banyak keluhan di SX-4. Saya dulu pernah testdrive yang CBU matik enak sih.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Problem SX4

Post by HilmanZ »

Bocan wrote:Aq beli mobilnya di Sun Motor Matraman. makanya waktu bermasalah di T.Perahu aq minta no HP Kepala bengkel di Matraman n aq hub dia. sebenernya sih dia suruh aq bw ke tempat dia hr senennya (tgl 9 yll) tapi aq bilang terlalu jauh krn mobil nga enak dibawanya apalagi kalu kena macet bisa mati mesin mulu jadi dia saranin ke Puri supaya dekat rumahku.
Waktu servis di BeRes Puri aq udah nanya kenapa bisa begitu, sebelum diperiksa dugaan dia mutu bensinnya jelek/kotor atau ada part lain yg rusak/tdk sempurna spt injectornya. Dia janji kalo ada part yg rusak dia akan claim ke Suzuki pusat. Aq masukin bengkel pagi jam 8.30 selesai jam 16.00 dia bilang ternyata ada kotoran menyumbat injector, jd bensin dikuras n injector diservice.
Untuk sekarang sih aq pake rasanya normal2 aja, cuma emang ini mobil dipakenya cuma sekali2.

Karena itu disini aq tanya apa ada temen2 lain yg punya masalah sama dgn aq? Apa karena aq pake premium? karena menurut manual book nya disarankan pake bensin beroktan 91 keatas, dan tempat aq isi bensin terakhir itu Pom bensin baru Pertamina yg cukup terpercaya. Jadi agak kecil kemungkinannya kalau tercampur air.

waduh..ga ngaruh gra2 pake premium bro.bda pake premium ma pertamax plg yg pk premium tnaga nya krg dkt doank +boros an dkt..usahain cri aj pom bensin yg tlsan pasti pas..itu aja SPBU pasti pas blm tentu jujur.kdg saya isi bensin di SPBU pasti pas ada jg yg ky nya nepu soalnya jarum bensin trn nya cpt..
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Bro, SX4 bisa minum premium koq. Cuma kl udah kaya gitu bro, udah pasti bensin tercampur dengan air, apalagi bisa ndut2an n ilang power. Dah ga beres itu bro. Coba d bro beli Fuel injector cleaner di ace hardware merek Red Line. Itu bisa menghilangkan air yang terkandung dalam bensin mobil kita. Nanti dia juga membersihkan injector. Udah 3 tahun pke, piston tetep bersih, klep dsb. Udah bro, asal bro jangan beli di situ lagi, biar ga kena masalah begini lagi. Bensin kita emang mutunya rese. Kadang tau bagus atau ga, bisa kita cium koq. Kl baunya kuat, tandanya bensin bagus. Tapi kl baunya tidak menyengat or ga berbau, tandanya ga terlalu bagus. Yah kan bensin "rakyat" kita emang bisa tercampur air. Dulu juga ada kasus kaya bro tapi itu Aerio n baleno next-G. Tapi setelah di kuras, udah ga kenapa2. Dulu tangki bensin mpe injectornya, udah lumutan. Lebih parah lagi bro. Sekarang kl dah beres, ya aman2 aja bro bawa ke puncak. Asal isi bensinnya di tempat yang terpercaya seperti yang ada tanda Pasti Pas. Disana bensinnya dah ga main2 (katanya, ga tau bener ato ga).

@ bro ddaru. Bro, tenang aja beli SX4. Mobil tuh ga ada yang sempurna. Swift aja banyak yang komplain. Kl ini udah pure bensin kecampur air. Makanya mobilnya jadi seperti itu. Di negara kita kan kaya begini, bensin campur air n kl dah mana bisa dipercaya ngomong RON 88? Ga pure RON 88 negara kita. Coba nanti ada BBM RON90, saya rasa jauh lebih baik kualitasnya. Or kl kita bandingin di amrik, mobil2 bagus, boleh aja isi unleaded regular, padahal RON 88(dulu pernah dijelasin tentang RON n MON), sama kaya indo. Tapi disana kenapa boleh? Karena disana pure RON 88, ga pke kecampur air. Dah bro, saran saya kl mau beli SX4, beli matic, biar bro enak pakenya n ga perlu bolak balik bengkel kl ga ada masalah.
Bocan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:38

Re: Problem SX4

Post by Bocan »

OK deh, Thanks bro naldo
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Problem SX4

Post by ddaru »

naldo wrote: @ bro ddaru. Bro, tenang aja beli SX4. Mobil tuh ga ada yang sempurna. Swift aja banyak yang komplain. Kl ini udah pure bensin kecampur air. Makanya mobilnya jadi seperti itu. Di negara kita kan kaya begini, bensin campur air n kl dah mana bisa dipercaya ngomong RON 88? Ga pure RON 88 negara kita. Coba nanti ada BBM RON90, saya rasa jauh lebih baik kualitasnya. Or kl kita bandingin di amrik, mobil2 bagus, boleh aja isi unleaded regular, padahal RON 88(dulu pernah dijelasin tentang RON n MON), sama kaya indo. Tapi disana kenapa boleh? Karena disana pure RON 88, ga pke kecampur air. Dah bro, saran saya kl mau beli SX4, beli matic, biar bro enak pakenya n ga perlu bolak balik bengkel kl ga ada masalah.
Thanks yaw! Skarang tinggal terserah papa saya tu jadinya. :e-pray: Saya juga pengennya yang matik sih...
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Problem SX4

Post by lucky_strike_21 »

bro naldo, sx4 tekanan ban yang paling pas brapa psi??
gw cobain nitrogen 30psi membal2 banget yah
kalo 28psi berasa enak, menurut lu gimana?
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Saya si ikutin yang ada disamping pintu. Kebetulan mobil SX4 sedan ada dirumah n karena udah pke 17" jadi tekanan sekarang pke 35-36. Kl saya saranin si pke yang dikasih pabrikan aja, lebih baik. Tapi musim ujan, 30-32 ada baiknya, karena supaya grip lebih melekat ke tanah(menurut kawan2 wartawan maupun toko ban, tidak mengada2). Tapi kl kekerasan, sedikit aja dikurangi.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Re: Problem SX4

Post by dony »

Bro, kalau kabel busi Sx4 asli diganti dgn kabel busi suzukisport ada pengaruh ke perfomance nggk ya ?
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Saya rasa kl cuma ganti busi or kabel busi, pengaruhnya sedikit banget. Perbedaan ga banyak, unless udah full modified engine, nah itu baru perlu ganti. Saya rasa begitu. Kl mau ganti, ya ganti koil, itu pengapian jadi lebih besar.
slumantri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri May 16, 2008 8:00

Re: Problem SX4

Post by slumantri »

ada yg tau perbandingan bbm sx4 matic berapa y?(kalo pake premium)
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Dalkot: 1:10-12. Lurkot: 1:14-1:16. Geber2: 1:10-12. Semuanya pke premium, non pertamax.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Problem SX4

Post by maxx »

naldo wrote:Dalkot: 1:10-12. Lurkot: 1:14-1:16. Geber2: 1:10-12. Semuanya pke premium, non pertamax.
Mirip2 sama GL 1.5 deh.. u/ pemakaian normal hari2 (baca: bukan lagi lomba irit2an)
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Problem SX4

Post by r1210g »

di BeRes sunter bisa beres2in bunyi2an interior ga ya?

mobil saya escudo 97 nih..
berisik banget.. mau beres2 kira2 sekitar berapa ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
naldo

Re: Problem SX4

Post by naldo »

Wah kurang tau kl urusan itu, karena bro ga garansi n mesti check fast movingnya or spare partsnya.
slumantri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri May 16, 2008 8:00

Re: Problem SX4

Post by slumantri »

ada pemakai sx4 ckd??
dashboard sx4 brisik ga ya??(parah ato g)
trus kekurangannya apa aja y?misal servis mahal gt??