Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008 - Part 01

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by satyr »

soal performa mesin sih gmn masing2 orang


ada yg merasa cukup..ada yg merasa kurang

BAH gw jadi pengen nyobain mobil loe
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by satyr »

Midi_Amp wrote:@Slumantri, sebelumnya/sekarang udah pake Jazz belum? Gw sih dapet kabar kalau pemilik Jazz sebelumnya dapet prioritas untuk "upgrade". Maksudnya gak perlu inden lama2. Tapi namanya juga isu, tak tau deh benernya gimana. Denger2 kabar juga kalau sekarang emang Jazz untuk pasar Indonesia sedang routing dari Thailand untuk versi CBU-nya. Untuk dipergunakan sebagai display model di IIMS dan alat promosi lainnya. Yang pasti iklannya udah dalam proses produksi :) (ini gw tau secara pasti).

Gw juga pengen tuh Swift GT putih... Hiks... Lebih sengsaranya tetangga depan gw pake. Kalau mau berangkat kantor pagi2 gw sengaja selalu panasin mobil pas dia panasin mobil. Jadi bisa keliatan gitu... Sedih banget sih.

@Naldo, ada pepatah toh, "Karena nila setitik, rusak susu sebelanga". Tapi itu kan persepsi, persepsi bisa diubah dengan kenyataan. Kalau memang SX4 CKD bagus dan tanpa keluhan, orang2 juga akan merubah persepsi itu, tapi emang butuh waktu. Kalau butuh tambahan soal persepsi, monggo di klik tulisan gw soal persepsi http://michaeladhi.com/2008/01/15/more- ... erception/

Santai aja bro, sesuai dengan moto komisi pemberantasan korupsi... "Kalau Bersih, Kenapa Risih?" Kalau SX-4 CKD bagus, orang juga gak akan komplen.
gw suka banget nih quotenya

mantap :angel:
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by ShadowLenZ »

satyr wrote:soal performa mesin sih gmn masing2 orang


ada yg merasa cukup..ada yg merasa kurang

BAH gw jadi pengen nyobain mobil loe
Yah tergantung pemakaian juga sich..kalo ngomongin ke atas ga ada abisnya..

Tapi minimal Neo ini tarikan ga boyo seperti mobil suzuki biasanya.. :angel:

Disuruh nyoba kemaren ga mau..gimana nich.. :mrgreen:
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by satyr »

cenah sibuk..tp posting.. belegug. nyalain YM.. serius neh gw.. wkakaka

ntar deh kalo ngumpul lagi gw nyobain
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lonesnake »

[quote="naldo"]Airbag ga ada garansi? Saya bingung tuh... nanti tanya bokap dulu... Saya ga kerja di suzuki... wahahahah... Jadi ga inget... Kl di surabaya, saya tau Basuki rahmat tuh UMC n main dealer suzuki... N saya udah trima banyak kritik dari orang2... Nanti lapor lagi d... Saya bingung juga sebenernya karena showroom gede tapi begitu n kl ke surabaya(karena setengah arek Suroboyo juga), merasa bingung...
quote]

Bro setau saya UMC basuki rahmat itu baru buka, jadi yang sebelumnya banyak kritik itu main dealernya yang di A.Yani atau lebih terkenal dengan sebutan UMC A.Yani. UMC Basra cuman salah satu cabangnya aja dan setau saya temen2x saya puas dengan pelayanan service UMC basra memang tempatnya yang agak nggak keliatan gara2x jembatan penyebrangan dsb. Tapi my old Karimun juga service di situ nggak ada masalah tuh, saya ok ok saja. jauhlah dengan pelayanan bengkel suzuki lainnya. Bukan belain dealernya tapi kan kasian kalo saya liat orgnya baik2x kok jadi disalahin begitu. Tapi soal tempat memang saya agak terganggu ketika pertama kali datang ke sana, jadi kebablasan gara2x nggak keliatan. :shrug:
slumantri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri May 16, 2008 8:00

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by slumantri »

maksud gw mendindingan jembatan penyebrangan tu dipotong aja(wkwkwkwk),apalagi orang2 di jalan itu pada nyebrang lewat jalan raya semua,tul g bung lonesnake?
apalagi iklan visual yg ga guna sama sekali,orang nyetir kalo malem hari jd silau
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lonesnake »

slumantri wrote:maksud gw mendindingan jembatan penyebrangan tu dipotong aja(wkwkwkwk),apalagi orang2 di jalan itu pada nyebrang lewat jalan raya semua,tul g bung lonesnake?
apalagi iklan visual yg ga guna sama sekali,orang nyetir kalo malem hari jd silau

Tul tul bro Slumantri, udah jembatannya jelek, iklan visualnya kan kasus juga, bikin orang sebel deh, yang memakai jembatan itu setau saya sangat jarang bisa dihitung dengan jari. :mad:
slumantri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri May 16, 2008 8:00

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by slumantri »

kecuali yg ngitung ga punya jari,wkwkwkwkwk
mulzz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Sat May 17, 2008 13:18

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by mulzz »

i vtec sm vvt which is better???
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lucky_strike_21 »

mulzz wrote:i vtec sm vvt which is better???
lebih tepat kalau :
VTEC >< VVT-i (teknologi taun 2000an awal)

I-Vtec >< dual VVT-i (teknologi taun 2000an akhir)
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by ShadowLenZ »

mulzz wrote:i vtec sm vvt which is better???
Kalo liat dari sisi tersebut, jujur walau vote SX4/Neo, i-vtec is BETTER :beer:
slumantri
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Fri May 16, 2008 8:00

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by slumantri »

tp masalahnya jazz 2008 pake vtec kk...sama kaya yg dipake jazz skr..uda pasti itu
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Risol1 »

lucky_strike_21 wrote:
mulzz wrote:i vtec sm vvt which is better???
lebih tepat kalau :
VTEC >< VVT-i (teknologi taun 2000an awal)

I-Vtec >< dual VVT-i (teknologi taun 2000an akhir)
CMIIW:
Bukannya I-vtec = Vvtl-i ya?
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by ShadowLenZ »

slumantri wrote:tp masalahnya jazz 2008 pake vtec kk...sama kaya yg dipake jazz skr..uda pasti itu
lhoooo ??? Bukanya i-vtec bro ? :e-snooty:
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lonesnake »

Risol1 wrote:
lucky_strike_21 wrote:
mulzz wrote:i vtec sm vvt which is better???
lebih tepat kalau :
VTEC >< VVT-i (teknologi taun 2000an awal)

I-Vtec >< dual VVT-i (teknologi taun 2000an akhir)
CMIIW:
Bukannya I-vtec = Vvtl-i ya?
CMIIW bro2x semua Vtec beda dengan vvt, gampangannya vtec itu sohc serasa dohc karena pada poros camnya terdapat profil lobe yang berbeda jadi tinggu rendah bukaan katup bisa beda-beda gitu tergantung dari putaran mesin.

Tapi kemudian ada i-vtec na... di sini i-nya itu yang sama dengan vvt jadi waktu bukaan katup, bukan tinggi rendah bukaan katup, yang bisa maju mundur sesuai putaran mesin

Kalo VVT-i (Toyota) dan VVT (Suzuki) kok rasanya sama aja ya.

So IMHO kalo suruh milih aku pilih yang DOHC I-vtec, hehehehehe
Intinya mobil yang di Indo, honda nggak ada yang DOHC I-VTEC, karena itu kompetitor seperti toyota dan suzuki menutupi kelemahan dengan mesin DOHCnya hehehehe mungkin DOHC I-vtec mahal ya kalo dijual di Indo. Once again CMIIW bro2x semua
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by aldy »

Bro honda jazz yang dijual di indonesia Sudah pasti i-VTEC.. sistem bukaan katup ini lebih canggih dibanding VVT-i ataupun VVT lain kalo dibanding Dual VVTL-i baru sebanding.. Dan sudah bisa di intip di Mal Taman Anggrek..Untuk yang pengen lebih melihat kecanggihan mesin Honda Jazz terbaru i-VTEC monggo dikunjungi http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/index.html disini juga diperlihatkan karakter bukaan katup mesin ini Pure 16 Valve walaupun Rpm rendah jadi lebih powerfull..beda dibanding mesin L15A sebelumnya (1st Gen) Rpm rendah 12 Valve dan yang buat heran redline mesin ini sekitar 7000rpm(karena Power max 120ps at 6600rpm) jadi tarikan mesin lebih panjang dibanding mesin2 mobil sekelas yang rata2 6500 rpm udah ngos2an :e-clap: :e-clap: :e-clap: ..
Last edited by aldy on Fri Jun 20, 2008 3:47, edited 2 times in total.
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by aldy »

Jadi kalo saya SOHC i-VTEC lawan DOHC VVT-i sapa takut..hehehehe :e-whistle: :e-whistle: .No offense. Dan dengan membeli jazz
yg lebih mahal dibanding kompetitor tidak akan rugi karena kita membeli teknologi terbaru dan buat saya fun to drive jika dibanding suzuki dan nissan..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

lonesnake wrote: Intinya mobil yang di Indo, honda nggak ada yang DOHC I-VTEC
Ada bro, i-VTEC kapasitas mesin dibawah 2400cc sekarang dibagi dua. Dulu memang diatas i-VTEC 2000cc pasti DOHC, seri mesin K. Tapi dengan introduksi seri mesin R, 1800cc i-VTEC dan 2000cc i-VTEC sekarang SOHC. i-VTEC DOHC udah eksklusif ke arah performa. Liat aja mesin Accord, K24, DOHC i-VTEC 2400cc. Versi awal 160ps, sekarang 177ps. Di Amrik tenaganya lebih gila lagi, 190bhp (Accord EX-L), dan 201bhp (Acura TSX/Accord Euro). Padahal mesinnya sama.

Sekarang ini DOHC i-VTEC cuma dipake di Civic 2.0, CR-V 2.4, Odyssey dan Accord 2.4.

Katanya sih... Honda bakal pindahin teknologi mesin ke SOHC semua terutama setelah penggunaan A-VTEC (penerus i-VTEC) dalam waktu dekat. Kalau dari yang gw baca2, teknologi mesin SOHC lebih efisien karena cuma sedikit komponen bergeraknya, dan lebih mudah dalam hal maintenance. Tapi bagaimana soal performa? Liat aja contoh gampangnya, K20 Vs R20, mesin CR-V i-VTEC 2000cc DOHC lama dan mesin CR-V i-VTEC 2000cc SOHC baru.

Image

Garis merah menandakan powerband mesin i-VTEC 2000cc SOHC, sementara yang hitam mesin i-VTEC 2000cc DOHC. Justru mesin SOHC Honda terbaru menyamai dan bahkan lebih konsisten menghasilkan daya dibanding versi DOHC-nya. Jadi apakah implementasi SOHC = mesin gembel... Gak tau juga sih.

Back on topic.

Memang kalau Jazz baru hadir dengan mesin i-VTEC, gw setuju banget ama bro aldy, kita membeli mobil dengan teknologi terbaru. Tapi... Umumnya mobil dengan teknologi terbaru harus dijual dengan harga tinggi karena harus menutupi ongkos R&D dan retooling mesin pabrik guna mencetak mesin yang baru ini. Alhasil, harga bottom line produk tersebut bakal melonjak cukup tinggi. Untuk menekan harga, biasanya terjadilah pemangkasan ono ini, jadinya mobil kosong. Ada lagi masalah dengan penggunaan teknologi termutakhir dalam kehidupan sehari-hari... Biasanya teknologi terbaru cenderung punya julukan "teething problem". Saking barunya, belum teruji dalam dunia nyata, jadi suka bermasalah. Baru setelah ada revisi, ono ini lagi, produk tersebut menjadi lebih baik.

Sekarang ini buat gw skor SX-4 Vs Jazz 2008 masih 2-0, pasalnya gw udah test drive SX-4 dan sangat sesuai dengan postur tubuh gw. Kemudian mesin M15A SX4 itu dapat ditelusuri ke jaman Aerio dan sudah diimplementasikan ke tiga mobil (Swift, Baleno, SX-4). Kalau sampai ada keluhan mesin dan montirnya gak bisa benerin, Suzuki mendingan jual indomie ama voucher pulsa aja deh. Kebetulan Jazz baru belum keluar, jadi gw bisa mendulang informasi di milis2 Suzuki mengenai mesin M15A di beberapa milis. Yah, banyak hal menarik yang terkuak ketika menjadi passive observer :mrgreen:
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lonesnake »

Bro Midi amp CMIIW, apa bener new CRV yang 2.0 dan 2.4 termasuk new accord udah dohc seingat saya kok masih sohc ya, apa mungkin yang 2.0 masih sohc sedangkan yang 2.4 udah dohc , lupa saya, hehehe :shrug:
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

lonesnake wrote:Bro Midi amp CMIIW, apa bener new CRV yang 2.0 dan 2.4 termasuk new accord udah dohc seingat saya kok masih sohc ya, apa mungkin yang 2.0 masih sohc sedangkan yang 2.4 udah dohc , lupa saya, hehehe :shrug:
Generasi CR-V ke-2 itu pake mesin semuanya DOHC, bahkan dari jaman CR-V generasi pertama. Generasi pertama CR-V di Indonesia pake mesin B20, DOHC tanpa mekanisme VTEC. Generasi ke-2 pake mesin K20 dan K24, i-VTEC DOHC semuanya. Justru pada CR-V generasi ke-3 baru pindah ke mesin SOHC untuk varian 2000cc (R20), namun masih tetap menggunakan mesin DOHC untuk varian 2400cc (K24).

Monggo di klik informasi CR-V di website Honda Indonesia http://www.honda-indonesia.com/product. ... ifications.

Accord generasi ke-7 juga udah i-VTEC 2400cc DOHC. Mungkin maksud bro itu yang generasi ke-6, iya masih VTEC 2300cc SOHC (F23). Tapi setelah masuk generasi ke-7 udah DOHC sampai sekarang.
User avatar
lonesnake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Suzuki S Cross

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by lonesnake »

Bro Midi saya barusan liat website honda, ternyata yang 2.0 sohc dan yang 2.4 dohc, tapi ntar yang accord 3.5 V6 kembali ke sohc
Hehehehe sori saya yang salah Bro!!! :e-whistle:
naldo

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by naldo »

Saya rasa mau Vtec or i-Vtec or VVT-I or VVT or dual VVT-i, sama aja lah... Yang membuat saya impress bisa kenceng tapi irit adalah FSI(fuel stratisfied injection) yang di terapkan di audi or BMW. Ini bensin yang langsung di salurkan ke injection sehingga power lebih gede n bensin irit... hhohohoho... Sayangnya pemain mobil jepang belon ada yang pke teknologi ini...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by hunter »

@naldo
emangya FSI yg di audi n BMW membuat hemat banyak ? ada data misalnya mobilnya apa.. CC-nya berapa.. FC berapa ?
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by satyr »

naldo wrote:Saya rasa mau Vtec or i-Vtec or VVT-I or VVT or dual VVT-i, sama aja lah... Yang membuat saya impress bisa kenceng tapi irit adalah FSI(fuel stratisfied injection) yang di terapkan di audi or BMW. Ini bensin yang langsung di salurkan ke injection sehingga power lebih gede n bensin irit... hhohohoho... Sayangnya pemain mobil jepang belon ada yang pke teknologi ini...
Toyota D4 setau gw sama ama FSI
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008

Post by Midi_Amp »

naldo wrote:Sayangnya pemain mobil jepang belon ada yang pke teknologi ini...
FSI atau direct injection? Kalau untuk direct injection udah ada bro. Mazda, Toyota, Honda... Umm, apalagi ya... Yah segitu aja yang gw temuin.

Toyota 2/3/4GR-FSE, dual VVT-i. Toyota Crown Royal, Lexus GS, Lexus IS, dan beberapa Toyota lagi.

Honda K20B, 2000cc i-VTEC I. Honda Stream 1st gen.

Mazda MZR23 dan MZR25. CX-7 dan Mazda 5.

Kalau belum ada pemain jepang yang pakai teknologi stratified engine, Honda udah duluan bikin tahun 1975, dengan mobil bernama CIVIC yang namanya diambil dari nama mesinnya, CVCC. http://en.wikipedia.org/wiki/CVCC

Kurang ngerti juga sih, soal definisi stratified VW itu artinya apa. Tapi definisi stratified engine itu setau gw campuran udara dan bensin lebih banyak udara. Yang menghasilkan campuran udara dan bensin menjadi "lean"/miskin, dengan rasio 65:1... Ya... Kalau gitu sih Honda K20B juga udah...

http://www.honda.co.jp/tech/auto/engine ... index.html

Image

Kalau emang harus ada istilah stratified charge baru bisa dibilang mesin stratified, Suzuki mesinnya udah stratified semenjak tahun 2002.

http://www.finegroup.co.kr/newen.pdf

Image

Love you google :cupss:
satyr wrote:Toyota D4 setau gw sama ama FSI
Direct injection sih intinya... Stratified charge hasilnya... Ya intinya sama :mrgreen: