Adab Menyalakan Lampu Hazard
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Di Amrik juga begitu, kalo loe nabrak belakang mobil orang, sudah pasti loe salah, walaupun misalnya mobil depan berhenti mendadak, tetap saja loe salah, itu sudah peraturannya.DigitALL wrote:To : bunbun
Betul, di tanah air emang ngga ada aturannya. Ngga jelas lagi aturannya. Kebanyakan sih yang salah itu yah yang nabrak. Padahal belum tentu loh !!!
Kalo loe tetap ngotot gak mau bayar insurancenya to the other party, yah bisa loe bawa sih case-nya ke civil court, tapi yah itu kan makan biaya, juga sangat time consuming, and most likely juga loe gak bakalan menang, karena memang peraturannya disini itu udah begitu, kalo loe nabrak mobil org, sudah pasti loe salah, walaupun misalnya driver di depan loe itu berhentinya mendadak.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
secara logika, emang sih kalo nabrak itu salah.
ngerem mendadak. artine, kita terlalu cepet ngejalanin kendaraan atau kita yang terlalu deket.
lampu blakang kendaraan laen gak nyala, lalu kita nabrak dia. artine, kita jalannya terlalu cepet sehingga gak bisa menghindar.
bener gak yaa? lalu, gimana dengan lampu penerangan jalan yang gak nyala? ini kan juga jadi penyebab. ambil contoh, nyala lampu besar [headlamp] yang watt-nya gede atau yang sorotnya nyari kelelawar di puun...
ngerem mendadak. artine, kita terlalu cepet ngejalanin kendaraan atau kita yang terlalu deket.
lampu blakang kendaraan laen gak nyala, lalu kita nabrak dia. artine, kita jalannya terlalu cepet sehingga gak bisa menghindar.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
kalo nyalain hazard pas rem mendadak gmn yah?boleh ga tuh?gw kalo rem mendadak tangan gw reflek mencet hazard tapi abis itu langsung gw matiin,legal ga tuh?
trus kalo misalkan didepan ada kecelakaan n kita mesti memperlambat kendaraan,gw kadang nyalain hazard,boleh ga?
trus kalo misalkan didepan ada kecelakaan n kita mesti memperlambat kendaraan,gw kadang nyalain hazard,boleh ga?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sun Sep 14, 2008 2:08
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
Ngak boleh dong altimit, karena justru membingungkan yg dibelakang.
Hazard cuma keadaan darurat, misal mogok, kempes, jalan sangat pelan
karena sesuatu hal.
Hazard cuma keadaan darurat, misal mogok, kempes, jalan sangat pelan
karena sesuatu hal.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
Sett dah.. postingan jadul diangkat lagi...
Kirain om Kwali bangkit dari kubur....

Kirain om Kwali bangkit dari kubur....

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
Morning all...
Semoga ini masih nyambung sama topiknya ...
Ngomong2 soal nabrak.. sudah ada yang pernah tabrakan, belom? Kalo bisa jangan deh, meskipun kita di posisi yang benar.
Dulu sama teman nabrak motor dalam kecepatan tinggi di Cianjur pas mau ke Bandung. Untung hanya pantat si pengemudinya yang lebam, tapi motornya renyek, sementara Honda temanku mesti perbaiki radiatornya. Itupun dia mesti nginap semalam di ktr polisi setelah besoknya dibebasin karena ada koneksi. Sementara aku dkk cari hotel di sana...
Di Batam, sisi kanan belakang Mitsubishi Space Gear '97-ku dihajar Toyota Hi-Ace yang lebih gede itu (sama2 bongsor, sih ...
) pas belok ke kiri (dia dari kanan lurus) sampai2 body belakang kerasa kegeser ke kiri tapi tidak sampai terbalik. Penyok lumayan dalam.
Karena dekat Polsek, mampir deh sama2 ke sana. Polisi jaga di pos itu suruh kita damai dan gak usah diadukan resmi, karena jika keduanya sama2 keras kepala, mobil yang terkait (dua2-nya) harus dibawa ke Poltabes dan di-inepin sampe kasusnya beres. (Tau ngancem aja ato emang beneran seperti itu prosesnya)
Lah, gimana juga?!
Kita korban, masak mobil mesti dikandangin juga di sana???
Ya sudah, minta si supir Hi-Ace itu ganti rugi sekadarnya (buat bayar self-risk klaim asuransi).
Kalo gak salah hanya Rp 100rb.
Sudah gitu, kasih makanan kecil (yang kebetulan take-away) aja ke polisi jaga yang "baik hati" itu.
Jadi, hindarin "ciuman" deh sama mobil lain. Kalo mau atau kepepet, senggol spion atau tukeran cat aja. Jangan sampe buat lebam.
Ato bagi para motoris, gesek bemper belakang mobil yang ngeselin dengan ban depan dalam kondisi berjalan. Nah, kalo sudah hitam kegosok karet ban, susah tuh ngilanginnya!
Ehem ... bagi para pengemudi mobil. Kalo liat bekas karet ban motor nempel di bemper belakang, artinya gak nyadar pas di jalan tadi sudah dikerjain sama motoris yang cukup jago untuk "gosok" bannya dengan mobil sambil kondisi berjalan ...
Semoga ini masih nyambung sama topiknya ...
Ngomong2 soal nabrak.. sudah ada yang pernah tabrakan, belom? Kalo bisa jangan deh, meskipun kita di posisi yang benar.
Dulu sama teman nabrak motor dalam kecepatan tinggi di Cianjur pas mau ke Bandung. Untung hanya pantat si pengemudinya yang lebam, tapi motornya renyek, sementara Honda temanku mesti perbaiki radiatornya. Itupun dia mesti nginap semalam di ktr polisi setelah besoknya dibebasin karena ada koneksi. Sementara aku dkk cari hotel di sana...
Di Batam, sisi kanan belakang Mitsubishi Space Gear '97-ku dihajar Toyota Hi-Ace yang lebih gede itu (sama2 bongsor, sih ...

Karena dekat Polsek, mampir deh sama2 ke sana. Polisi jaga di pos itu suruh kita damai dan gak usah diadukan resmi, karena jika keduanya sama2 keras kepala, mobil yang terkait (dua2-nya) harus dibawa ke Poltabes dan di-inepin sampe kasusnya beres. (Tau ngancem aja ato emang beneran seperti itu prosesnya)
Lah, gimana juga?!

Kita korban, masak mobil mesti dikandangin juga di sana???

Ya sudah, minta si supir Hi-Ace itu ganti rugi sekadarnya (buat bayar self-risk klaim asuransi).
Kalo gak salah hanya Rp 100rb.

Sudah gitu, kasih makanan kecil (yang kebetulan take-away) aja ke polisi jaga yang "baik hati" itu.

Jadi, hindarin "ciuman" deh sama mobil lain. Kalo mau atau kepepet, senggol spion atau tukeran cat aja. Jangan sampe buat lebam.
Ato bagi para motoris, gesek bemper belakang mobil yang ngeselin dengan ban depan dalam kondisi berjalan. Nah, kalo sudah hitam kegosok karet ban, susah tuh ngilanginnya!
Ehem ... bagi para pengemudi mobil. Kalo liat bekas karet ban motor nempel di bemper belakang, artinya gak nyadar pas di jalan tadi sudah dikerjain sama motoris yang cukup jago untuk "gosok" bannya dengan mobil sambil kondisi berjalan ...

<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
nah yg ky gini ini yg bikin jantung berenti mendadakALTIMIT wrote:kalo nyalain hazard pas rem mendadak gmn yah?boleh ga tuh?gw kalo rem mendadak tangan gw reflek mencet hazard tapi abis itu langsung gw matiin,legal ga tuh?
trus kalo misalkan didepan ada kecelakaan n kita mesti memperlambat kendaraan,gw kadang nyalain hazard,boleh ga?

pernah kejadian sm saya waktu d tol.........sekitar 110kph dengan jarak mobil d depan sy kira2 30 meter n posisi iring2an d lajur kanan..............ntah kenapa tiba2 mobil d depan ngerem sambil nyalain lampu hazard
beuuuuh........langsung melotot sambil ngerem trus liat spion kiri, kebetulan kosong langsung ambil lajur tengah mendadak....................n ngerem lagi gara2 ada truk d depan........

begitu keadaan udah santai, langsung nyari2 mobil yg ngerem mendadak itu........g ketemu!!!!



ya udah deh akhirnya lampiasin kekesalan sm rokok 3 batang straight!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
@kevin
biasanya sih di inepin tuh kendaraan di polres, masih mending lah di ingetkan ama tuh polis,
pengalaman kemarin=> aku mo nyebrang jalan (pertigaan tusuk sate) ada mobil yg ngerem trus nyalain hazard, aku rasa gak perlu lah nyalain hazard, kan gak darurat, ya tho?
biasanya sih di inepin tuh kendaraan di polres, masih mending lah di ingetkan ama tuh polis,
pengalaman kemarin=> aku mo nyebrang jalan (pertigaan tusuk sate) ada mobil yg ngerem trus nyalain hazard, aku rasa gak perlu lah nyalain hazard, kan gak darurat, ya tho?
...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
makanya stiker ato emblem yg dijual bertuliskan "HATI-HATI, OM" "JAGA JARAK ANDA" biasanya dijumpai pada mobil truk, selalu dipasang di belakang truk/mobil tersebut, yg tujuannya memang memperingati pengemudi yg ada dibelakangnya. Jadi kalo ditabrak dari blk, supir yg di depan bisa ngotot seenaknya....weleh-weleh.....Equalizer wrote:bunbun wrote:ada rule-nya gak sih? kok kebanyakan yang nabrak yang disalahin. tapi kan mestinya liat sikon dunk.
gak ada aturan khusus , yang ada cuman ada kalo tabrakan pasti salah satu ada yang ngelanggar aturan lalu lintas atau lagi lalai berkendara![]()
contoh kasus misalnya ditabrak dari belakang karena yang depan ngerem mendadak .. nah kayak gini mah pinter2nya kita ngotot aja en adu argumentasi terakhir maen back-up
Mana ada peringatan yg dipasang di depan mobil (AWAS LU KENA TUBRUK DARI BELAKANG) yg tujuannya untuk memperingati pengemudinya di depan, kecuali misalnya "AMBULANCE" (yg tulisannya terbalik) biar dibaca dari spion jadi betul.
Dan memang, sering ada rambu yang bertuliskan "Jaga Jarak Anda dengan Mobil di depan"
Jadi kalo gitu, selalu yg di blk yg salah. padahal belum tentu.
Dimana nih peraturan bakunya....?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
Lampu hazard di gunakan hanya untuk lagi emergency stop. Seperti ganti ban, ada kerusakan mesin, terutama di tol.
Kalau cuaca hujan, cukup hidupkan lampu. Kalau hujan deras, di perkirakan membahayakan sendiri maupun orang lain ya mending menepi untuk berhenti dan nyalakan lampu hazard. kalau ga ya ''alon-alon waton kelakon'', rawe-rawe rantas, malang-malang, suroboyo, nganjuk, blitar...halah...nglindur.
Kalau cuaca hujan, cukup hidupkan lampu. Kalau hujan deras, di perkirakan membahayakan sendiri maupun orang lain ya mending menepi untuk berhenti dan nyalakan lampu hazard. kalau ga ya ''alon-alon waton kelakon'', rawe-rawe rantas, malang-malang, suroboyo, nganjuk, blitar...halah...nglindur.
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
Morning all,
ya aku setuju lampu hazard hanya untuk emergency dan iring2-an jenazah pas Oktober tahun lalu aku di Jakarta.
Yang resenya di jalan tol pas iring2an jenazah masih ada aja mobil yang nyalip masuk ke dalam barisan. Nah aku dim-in aja plus klakson plus tempel pantatnya dalam kecepatan tinggi supaya dia cepat keluar dari barisan ...
Itu bukan hanya satu. Ada beberapa. Gak liat apa kita iring2an dengan lampu hazard plus dalam kecepatan tinggi 80-100 kph???
ya aku setuju lampu hazard hanya untuk emergency dan iring2-an jenazah pas Oktober tahun lalu aku di Jakarta.
Yang resenya di jalan tol pas iring2an jenazah masih ada aja mobil yang nyalip masuk ke dalam barisan. Nah aku dim-in aja plus klakson plus tempel pantatnya dalam kecepatan tinggi supaya dia cepat keluar dari barisan ...
Itu bukan hanya satu. Ada beberapa. Gak liat apa kita iring2an dengan lampu hazard plus dalam kecepatan tinggi 80-100 kph???
<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
kalo ndak salah hazard itu boleh dinyalakan hanya kalau berhenti untuk keadaan darurat saja, jadi walaupun iring2an dengan voorijder sekalipun cukup nyalakan lampu besar saja - cmiiw
sekarang ada kebiasaan baru, kalo belok kanan hidupkan sign kanan, begitu juga belok kiri hidupkan sign kiri, nah yang lurus ada tuh yang hidupkan hazard (sign kanan & kiri), kalo lurus ya ngapain pake lampu hazard, ada2 saja
sekarang ada kebiasaan baru, kalo belok kanan hidupkan sign kanan, begitu juga belok kiri hidupkan sign kiri, nah yang lurus ada tuh yang hidupkan hazard (sign kanan & kiri), kalo lurus ya ngapain pake lampu hazard, ada2 saja
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
ya setuju.Prive wrote:kalo ndak salah hazard itu boleh dinyalakan hanya kalau berhenti untuk keadaan darurat saja, jadi walaupun iring2an dengan voorijder sekalipun cukup nyalakan lampu besar saja - cmiiw
sekarang ada kebiasaan baru, kalo belok kanan hidupkan sign kanan, begitu juga belok kiri hidupkan sign kiri, nah yang lurus ada tuh yang hidupkan hazard (sign kanan & kiri), kalo lurus ya ngapain pake lampu hazard, ada2 saja
sekalipun berkonfoi, beriringan tidak boleh menyalakan hazard, kecuali berhenti. Itu ada di undang2nya, CMIIW
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
btw bro gw pernah denger katanya mercy s,c,ato e kalo ga salah kalo rem mendadak hazardnya langsung kedap-kedip,bener ga??doq wrote:nah yg ky gini ini yg bikin jantung berenti mendadakALTIMIT wrote:kalo nyalain hazard pas rem mendadak gmn yah?boleh ga tuh?gw kalo rem mendadak tangan gw reflek mencet hazard tapi abis itu langsung gw matiin,legal ga tuh?
trus kalo misalkan didepan ada kecelakaan n kita mesti memperlambat kendaraan,gw kadang nyalain hazard,boleh ga?![]()
pernah kejadian sm saya waktu d tol.........sekitar 110kph dengan jarak mobil d depan sy kira2 30 meter n posisi iring2an d lajur kanan..............ntah kenapa tiba2 mobil d depan ngerem sambil nyalain lampu hazard
beuuuuh........langsung melotot sambil ngerem trus liat spion kiri, kebetulan kosong langsung ambil lajur tengah mendadak....................n ngerem lagi gara2 ada truk d depan........![]()
begitu keadaan udah santai, langsung nyari2 mobil yg ngerem mendadak itu........g ketemu!!!!![]()
![]()
![]()
ya udah deh akhirnya lampiasin kekesalan sm rokok 3 batang straight!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
wah kurang tau deh tu oom..........klo d pikir scr logis sih, lampu hazard yg kedip2 itu bikin mata g nyaman lho
bener2 distract konsentrasi banget klo kendaraan d depan nyalain hazard terus2an
apalagi klo rem mendadak trus nyalain hazard.......waduh
udah pasti pengendara d belakangnya langsung "kacau" 

apalagi klo rem mendadak trus nyalain hazard.......waduh


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
ok deh klo gitu gw ga nyalain hazard lagi kalo rem mendadak 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
gak benerALTIMIT wrote:btw bro gw pernah denger katanya mercy s,c,ato e kalo ga salah kalo rem mendadak hazardnya langsung kedap-kedip,bener ga??

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
Morning all...Prive wrote:kalo ndak salah hazard itu boleh dinyalakan hanya kalau berhenti untuk keadaan darurat saja, jadi walaupun iring2an dengan voorijder sekalipun cukup nyalakan lampu besar saja - cmiiw
ehem ... sekedar mengutip aja nih...
"Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim Kombespol Condro Kirono menerangkan soal aturan penggunaan lampu hazard (dalam mengiringi pejabat oleh petugas Patwal). 'Lampu hazard harus hidup. Baik siang atau malam. Tujuannya, biar seragam. Sedangkan lampu rotator dihidupkan sesuai dengan kondisi. Kalau memang jalan padat, lampu itu bisa dihidupkan,' terangnya.." jawapos,3/6/08
vooridjer atawa pengiringan jenazah (betul, gak?) Saya secara pribadi anggap sama seperti mengawal pejabat. Pernah yang di dalam peti di depan situ adalah sanak saudara anda? Bagaimana rasanya anda mengantar yang di depan untuk terakhir kalinya?? Lampu besar gak terlalu efek. Karena mobilnya beda-beda. Gak seperti ngiringi Presiden dimana hampir semuanya sama (hitam2) dan banyak polisi. Sementara untuk jenazah paling 1-2 di depan mobil jenazah saja...
He he he ... jangan jadi posting serius, yah??? Ini khan cuman anggapan saya (sama dengan banyak orang di Jabodetabek, terutama yang saya kenal).
<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Feb 06, 2009 3:31
- Location: Tangerang
Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard
ehem ... boleh tau undang-undangnya pasal mana dan ayat berapa?personal wrote:ya setuju.Prive wrote:kalo ndak salah hazard itu boleh dinyalakan hanya kalau berhenti untuk keadaan darurat saja, jadi walaupun iring2an dengan voorijder sekalipun cukup nyalakan lampu besar saja - cmiiw
sekalipun berkonfoi, beriringan tidak boleh menyalakan hazard, kecuali berhenti. Itu ada di undang2nya, CMIIW
Kalo saya khan sudah kasih sumbernya sebelum saya kasih komentar. Bukan "asbun" alias asal bunyi...
Boleh dong di-share supaya kita yang masih awam ini boleh belajar banyak dari anda ...

Lalu informasi dari anda kita bisa muat di headline surat kabar ternama di Jabodetabek.

Supaya dalam setiap iring2an jenazah gak perlu lagi pakai lampu hazard.
Btw, kenapa pakai nama "hazard"? Bukannya hazard berarti kabut dan lampu hazard adalah lampu kuning kecil di bawah lampu besar yang bertujuan bisa menembus kabut? (Karena kuning bisa tembus sementara putih/biru bisa mantul). Jadi apa gak sebaiknya kita sebut dengan flip-flop?
<< Whenever I drives in a hurry, I have to remember that it's not a top speed that can make me arrived in destination on time, but my average speed in traffic >>