Sesuai dengan judulnya nihhh.......
Beberapa waktu lalu sempet ngobrol2 ama teman yang juga pake pulsar.
Kebetulan dia baru ganti koil+kabel busi merk Nagata, katanya RPM bisa tembus sampe 12.000++. Padahal kalo koil dan kabel busi standarnya pulsar, limiter sudah nyala di 10.500 RPM....
Trus, apakah benar begitu? Sempet sih pengen liat secara langsung tuh motor, tapi karena kondisi gw ama dia selalu gak saling sibuk, jadinya gak pernah ketemu.......
info:
Busi premier (kiri mesin) menyala mulai 750 s/d 10.500 RPM
Busi sekunder (kanan mesin) menyala mulai 1500 s/d 6000 RPM (kalo gak salah)
Tolong penjelasan suhu2 disini yahh........
[Ask] Koil+kabel busi racing bs ngibulin limiter CDI std?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: [Ask] Koil+kabel busi racing bs ngibulin limiter CDI std?
Limiter sih tetep, tapi kemampuan mesin naik. kalo pake std, timing pengapian std,
pake koil n busi racing timing juga std, tapi nyala api di busi lebih besar.
nyala yang besar mempercepat proses pembakaran, sehingga seolah-olah memajukan timing pengapian. pada kondisi tertentu, majunya pengapian ini cocok dengan kondisi kerja mesin, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih maksimal, karena tekanan maksimum dihasilkan pada timing yang lebih tepat.
efeknya tenaga meningkat sehingga mampu meningkatkan putaran mesin.
tapi tetep saja limiter bekerja, sehingga rpm tertahan di 12.000.
Limiter bekerja tidak langsung memutus begitu saja, namun tergantung kekuatan mesin.
jika mesin lemah, bahkan sebelum putaran limit sdh gak kuat.
Jika mesin kuat, bisa sampai putaran limitnya. umumnya, motor dh kehabisan tenaga sebelum limit bekerja (pada top gear).
kalo bro berani (gak sayang mtr)
Coba aja bro pake gigi 2 ato 3, jalan agak menurun n lurus, digas maksimal, pasti tercapai batas maksimal limitnya.
pake koil n busi racing timing juga std, tapi nyala api di busi lebih besar.
nyala yang besar mempercepat proses pembakaran, sehingga seolah-olah memajukan timing pengapian. pada kondisi tertentu, majunya pengapian ini cocok dengan kondisi kerja mesin, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih maksimal, karena tekanan maksimum dihasilkan pada timing yang lebih tepat.
efeknya tenaga meningkat sehingga mampu meningkatkan putaran mesin.
tapi tetep saja limiter bekerja, sehingga rpm tertahan di 12.000.
Limiter bekerja tidak langsung memutus begitu saja, namun tergantung kekuatan mesin.
jika mesin lemah, bahkan sebelum putaran limit sdh gak kuat.
Jika mesin kuat, bisa sampai putaran limitnya. umumnya, motor dh kehabisan tenaga sebelum limit bekerja (pada top gear).
kalo bro berani (gak sayang mtr)
Coba aja bro pake gigi 2 ato 3, jalan agak menurun n lurus, digas maksimal, pasti tercapai batas maksimal limitnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: [Ask] Koil+kabel busi racing bs ngibulin limiter CDI std?
^ tul
pada kasus mesin standar, bukan karena limiternya di 10.500 rpm tapi karena koilnya kurang gape jadi di 10.500 rpm sudah ngos-ngosan
nah setelah ganti koil, maka mesinnya sanggup naikin rev sampe mepet si limiter
pada kasus mesin standar, bukan karena limiternya di 10.500 rpm tapi karena koilnya kurang gape jadi di 10.500 rpm sudah ngos-ngosan

nah setelah ganti koil, maka mesinnya sanggup naikin rev sampe mepet si limiter
