Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

arry_b
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by arry_b »

Risol1 wrote:
uch wrote:Ada yg punya pengalaman ama Corona 1600cc tahun 90 ke atas nggak ya ? Ntah yg tahun berapa terserah aja.
saya pernah pake corona 2000 EFI thn 89 hehehehe....gak masuk itungan ya? :D
Hmm, nambah ah..saya jg pernah pakai Corona 2000 EFI th.91 manual, beli seken tahun 94, baru 1/2 th harus turun mesin, kena metal jalan n metal duduknya :mad: ,...sepertinya pemakai yg sebelumnya olienya ga bener tuh.

+
mesin responsif hampir di semua putaran
suspensi cukup nyaman dan stabil
interior nyaman
AC automatic
audio standard ok, (technics with equalizer)
-
spare part mahal
speed, tacho meter dll digital (ini kekurangan u/ sebagian orang)
bensin agak boros
AC sering ngadat (kompresor, evaporator dll ganti baru semua)
saluran A/c mulai pada bocor (udara luar masuk meskipun pakai mode recirculation)

Pada saat pakai mobil ini banyak sekali biaya yg dikeluarin :capede: , tapi kalau dalam keadaan fit mobil ini nyaman banget
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Memang banyak yang bilang Corona lebih nyaman dari Corolla (ya iyalah, kelasnya aja beda), tapi perawatan jauh lebih rumit dari Corolla karena ketersediaan parts tidak sebanyak Corolla.
Dulu saya pake Corolla DX & Corona 2000 sama-sama tahun 1981, kalo soal ngerawat beda banget! Kalo perlu onderdil pengganti, kalo pake DX, ada uang ada barang; kalo Corona 2000 belum tentu, saya dah banyak kanibal pake punya mobil lain. Kalo Corona tahun 90an awal saya ga gitu tau ya, tapi kalo udah yang Absolute diatas tahun 1995 kayaknya udah gampang tu sparepartnya karena banyak part yang mirip sama Great Corolla, bisa saling tuker.

Sekarang juga banyak komponen yang udah universal dalam satu merek. Kmaren waktu saya servis 10000km Yaris saya, dealernya bilang kalo filter oli buat Yaris/Vios lagi kosong, trus dikasih punya Altis. Yang bikin sial cuma harganya, lebih mahal!
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Risol1 »

uch wrote:Di sharing aja bro. Asyik koq baca2 cerita mobil lama.. :D
Corona TC 2000EFI '89 MT:
wkt jamannya agak kurang pamor dibanding maestro (elegan) atau eterna (sporty) mungkin karena modelnya yg terlalu "orang tua". Saya pake wkt jaman SMA, temen2 pada pake maestro atau galant, lha saya pake mobil babe2 banget: CORONA!!! :D
Tapi options interior mobil ini dibanding mobil2 sekelasnya cukup unggul contohnya spt kata Bro Arry audionya udah pake Technics dengan equalizer (jadi masuk slot double din) dan juga tombol2 AC juga udah mengadopsi model pencet, bukan puter/jewer spt pada maestro/eterna.
Yg kurang dari mobil ini menurut sy itu tenaganya kurang kalo dibanding maestro apalagi eterna padahal sama2 2000cc dan juga speedo digitalnya (terutama di desain dan pendaran cahaya biru dari backgroundnya itu).

waktu jaman saya pake (umur mobil sekitar 5 tahun), kalo lagi kenceng dan gas dilepas, mesin bisa tiba2 mati sendiri, tapi bisa lagi dinyalain dengan cara:
1. Kopling diinjek, puter kunci kontak atau
2. tunggu sampe pelan, kopling diinjek dan lalu dilepas seperti kalo lagi start dorong...... :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

pengaturan blower a/c maestro bukannya sudah pakai electric ya?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

saya rasa blm bro..soale masi model putar...elektrik mksdnya climate control?:)
wah..byk jg yah peggemar corona disini..hehehe..no wonder camry laku:)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Omnibus »

Tahun 89 mah belom ditemukan kali climate control. Maksudnya model electric tuh kalo mau nyalain AC model button pencet gitu bukan knob putar. Juga untuk arah angin mau ke kaki atau ke atas atau ke depan itu rubah2nya pake tombol juga. Kalo jaman dulu istilahnya model "Ctek ctek". :mrgreen: :drinking:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Risol1 »

GTR wrote:pengaturan blower a/c maestro bukannya sudah pakai electric ya?
kalo engga salah sih.......maklum udah lama engga naek maestro :D
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by uch »

Risol1 wrote:
uch wrote:Di sharing aja bro. Asyik koq baca2 cerita mobil lama.. :D
Corona TC 2000EFI '89 MT:
wkt jamannya agak kurang pamor dibanding maestro (elegan) atau eterna (sporty) mungkin karena modelnya yg terlalu "orang tua". Saya pake wkt jaman SMA, temen2 pada pake maestro atau galant, lha saya pake mobil babe2 banget: CORONA!!! :D
Thanks for sharing. Emang lg ditunggu nih corabs 1600. Katanya yg 1.6 lebih bandel daripada 2.0. Alias yg 2.0 sering masalah. Benar nggak ya...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

1600cc = mesin greco
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by uch »

Yup. Betul. kalo kata salah seorang mekanik beres Toyota, kalo mo nyari Corabs yg handal walaupun "pas2an" tenaganya, lebih baik nyari yg 1.6. Yg 2.0 relatif banyak masalah (katanya). Bener nggak ya.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

he3 greco juga ada yg versi SE mesin starlet..
User avatar
Hikoza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1276
Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
Location: Just a second ahead....

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Hikoza »

GTR wrote:he3 greco juga ada yg versi SE mesin starlet..
Nahhh...., ini dia nih barangkali yg dulu gw maksud dgn perbedaan Greco yg garnish-nya Item dgn Merah (lupa thread mana, tapi di sub-sedan).
Bro, Greco yg pake engine Starlet itu 1.3cc? ciri-cirinya apa, ya? Greco yg produksi tahun brp, ya?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

awal, 1992 -1993, SE badge.
tanpa electric, pakai window model putar, tape nya panasonic, cmiiw.
poke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Apr 16, 2008 4:16

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poke »

salam kenal buat temans2 semua..
heehehe..newbi niy.....
cm mau nambahin aja
mobil gw m40 th 90...
gw dah make selama 13 taun
selama itu g ada masalah sama mesin, paling cuma ganti filter2 doang.

+nya
mesin bandel...
lumayan irit lah, dalkot 8-9 km/l,lukot 1-11an
onderdil murah(hehe..banyak onderdil kw nya di kemayoran) :D
mantap and stabil
kabin senyap meskipun g ditambahin peredam

-nya
kaki2 (jalan di sini ancur2 bro) maklum kl lg lari suka males ngerem
hati2 sama carter oli (suka mentok)
AC (ada bau aneh and bau dari luar ex: bau knalpot masuk ke kabin)
knalpot (dulu suka pake pertamax ehh taunya tuh knalpot g tahan ma panasnya)
jasa servis mahal so ngakalinnya adalah deketin tuh mekanik beres supaya dia bisa di panggil ke rumah hehehe
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Risol1 »

GTR wrote:he3 greco juga ada yg versi SE mesin starlet..
hehe itu yg 92/93, kalo yg 94/95 dah 1600 semua :D
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

ooo...baru tau saya nih greco ada mesin 1.3..tapi keq nya jangka waktu produksi nya ga lama yah..soale setau saya greco 1.6 yg legendaris:)this thread has been gud..hehehe

bro poke..emg ada korelasi pemakain BBM dan keausan muffler?para pakar2 tlg bantu..thanks..hehehe
poke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Apr 16, 2008 4:16

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poke »

well menurut pengalaman, terus kata orang dan postingan di thread sebelah...
kalo mobil premium di kasih pertamax atau pertamax plus, kan rasio kompresinya bertambah
berarti panas di ruang pembakaran juga bertambah and otomatis panas gas buang juga bertambah, nah karena ini mobil tua mungkin tuh knalpot dah ga bisa dikasih yang hot2 lagi :D
jadinya kalah deh tuh knalpot.

hehe,,,mungkin ada yang lebih mengerti untuk tambahin atau ngasih pendapat lain?..

thanks
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

kalo mobil premium dikasi pertamax atau pertamax plus, ratio kompresi nya tidak bertambah deh (tidak ada hubungan).
poke
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Apr 16, 2008 4:16

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by poke »

wah terima kasih bung GTR...
soalnya g tau banyak soal mesin niy hehehe....
kalo gitu apa ya penyebab utamanya?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

kalo mobil tua agak alergi dgn bbm tanpa timbal, mungkin krn premium dll jaman dulu masih kaya kandungan timbal, yg lebih "ramah" knalpot, bukan lingkungan.
tapi mobil modern sudah disesuaikan(lebih tahan) untuk bbm tanpa timbal, lagipula semakin tinggi temperatur exhaust gas, relatif semakin rendah emisi nya kalo ga salah.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

thanks bro gt-r..smoga membantu bang poke:)
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Mo nambahin karakter mobil Swift ST a/t 2008 saya.

Saya rada kecewa dengan material interior yang terkesan murah (mungkin memang murah). Tuas lampu sein & wiper juga kesannya murahan, nggak 'kenceng' & rada oblak gitu kesannya.
Kalo kita nyetel musik yang rada ngebeat, doortrim getar semua. Padahal volume belum begitu kencang & semua peranti audio standar. Beda banget dengan doortrim Yaris yang bebas getaran & baru getar setelah saya upgrade pasang subwoofer & disetel lumayan kenceng, setelah saya pasang peredam tambahan di trim pintu belakang Yarisnya, getaran langsung hilang. Saya ga ngebayangin deh masang sub di Swift saya, bakal habis banyak buat ngelapisin semua doortrim pake busa biar ga getar.

Masalah lain adalah bebunyian yang selalu muncul dari belakang kursi belakang kalo lewat jalan yang rada rusak. Mungkin pembatas bagasinya itu yang bikin berisik.

Konsumsi BBM ga gitu impresif, 1:10,5 dalam kota.

Kelebihannya adalah performa yang ga buruk-buruk banget, kalo nikung enak, joknya rada sporty jadi bisa nahan badan kalo lagi nikung kenceng. ACnya dinginnya lebih dingin dari Yaris, dilengkapi heater juga. Kalo Yaris malah ga ada heaternya.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

door trim swift even yg GL dulu itu memang designnya kurang kokoh deh.
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by swift »

Merc C180 95
*penyakit paling mematikan:pelampung or fuel meter rusak,krena benda ini anda bisa dibuat malu di jalan alias mobil anda mogok gara-gara kehabisan bahan bakar.
Solusi:kalo fuel meter ga terlalu parah masih bisa diperbaiki,ga nyampe 100rb malah,tapi kalo dah parahhhhh,siap-siap rogoh kocek
*Problem biasa:overheat,bisa karena cisco fan rusak or sirkulasi radiator udah ga sempurna.
solusi:bersihkan cisco fan,tapi ati-ati nglepasnya..kalo radiator ya emang harus ganti,kalo dirojok percuma ga akan sembuh.
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Betul bro, kalo radiator untuk mobil yang selalu menggunakan AC memang kalo udah bocor ato sirkulasinya jelek harus ganti total. Dulu saya jaman masih pake Corolla DX, radiatornya bocor dikit, ditambal, tapi ga lama bocor lagi & sebulan sekali harus ke bengkel radiator. Setelah ganti baru, masalah selesai.