Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
saya punya yg manual.. karena udah tau dari forum SM ini makanya ga kaget waktu gradak-gruduk itu.. tp tetep aja rasanya lebih puas klo masalah itu bisa ilang 100%..
seperti udah byk yg bilang kerasa gradak-gruduk pas ngangkat kopling klo gas nya kurang besar.. klo gas nya pas sieh lancar2 aja, nah berhubung masih nubie ama nih mobil jd kadang2 yah gruduk2 juga..
apa musti pasang volt stabilizer? ataw nunggu service pertama aja trus curhat ama montirnya BeReS..??
thanks sarannya, emg kaya gitu tuh yg gw takutin.. CD nya nyangkut didalem ga mau keluar.. tp klo sering keluar masuk apa ga cepet lemah sistem motoric nya..?
oya buat yg punya SX4, coba deh bodi penutup tempat pengisian bensin ketok dari luar pake jari, suaranya kaleng banget yah..
volt stabilizer? wah bukan itu bro... mending ke BeRes saja pasti mereka juga sudah sadar...
CD ga selemah itu sih, tapi kalo mau ya dikeluarkan saja biar ga ada kepikiran. kalo sistem motor nya, aman2 saja... kan seperti gue bilang, bro... tidak selemah itu...
kalo pas rusak, ya nasib... tapi jarang, malah ga pernah kejadian...
vega wrote:
oya numpang nanya yah, klo CD mp3 tuh ngerusak player ga sieh klo didiemin aja di dalem player nya..?
secara langsung mungkin ngga, tapi kalo ada cd yang didalem sementara mobil kepanasan resiko cd melengkung besar, apalagi kalo pake cd blank yang murah.... malah lebih aman saat cassete didalam tape karena di beberapa merk tape, head dan roller langsung naik, tidak contact dengan cassete sebagai bagian dari pengaman player tersebut... tapi kalo CD, player masih menggenggam cd nya baik itu saat nyala ato pun mati... jadi baiknya sih dikeluarin aja cd saat mobil diparkir di bawah terik matahari....
Wah, kalo saya malah jarang ngeluarin CD di Yaris & Swift saya, udah ngeburn MP3 sebanyak-banyaknya sampe ga pernah ngeluar-masukin CD, CDnya didalem terus. Kayaknya ga bakal ada masalah deh. Malah justru dulu jaman saya pake Chevy Aveo, kasetnya melengkung didalem waktu kepanasan, ga bisa keluar tu, karena sistem ejectnya elektrik, belum sempet dibenerin dah ganti Swift, hehehe, bayangin saya ga pernah sempet benerin tu HU, jadi kaset melengkung rusak itu ada di dalem HU lebih dari 2 taon! Kalo CD harusnya lebih aman dunk. Tapi tips ni, kalo beli CD (blank) jangan yang murah-murah dunk, kasian HUnya, paling ngga Sony, Verbatim, ato Benq. Oh iya, saya baca di buku manual Yaris, CD ga boleh ditempelin stiker apa-apa, kalo mau kasi label, jangan ditempelin apa-apa, CD cukup ditulisi pake spidol permanen aja (yang biasa buat transparansi).
Bro vega, asal gasnya gede, kopling yang grudak gruduk itu juga tidak berasa koq. Semestinya yang sudah terbiasa juga sudah tidak menjadi masalah lagi... Sudah pernah saya bahas dulu2 disini... Pokoknya 1500-2000RPM mobil ga akan ada apa2 untuk yang manual
iya skrg udah kebiasa kok, tp pas bokap pake gruduk2 coz bokap blum tau tips & trik nya.. yah langsung aja gw jelasin, moga2 ntar pas service pertama udah langsung beres deh masalahnya..
atas sarannya jd mending gw keluarin CD nya aja deh, soalnya ini CDRW merk murahan merk GTpro.. ntar beli yg bagusan..
oya pernah pas berhenti kok di daerah mesin depan bau kopling ataw kampas rem, mirip bau angus gitu deh.. padahal gw bawa mobilnya normal2 aja trus ga pernah rem ngedadak.. apa ini normal buat mobil baru?
weits, bro... GTpro CD/DVD blank nya lumayan itu! meski murah tapi termasuk paling bandel... dibacanya gampang... hehe! kalo mau ambil TDK aja... cukup.
kalo saya sih, ga pernah keluarin cd. kecuali bosen, ganti... agak repot soalnya, jadi ritual "kepaksa". dan logika nya ada jarak antara dashboard atas dan player nya...
bau angus? itu setiap/kadang2 atau hanya sekali itu saja? ya mungkin dari sehabis dipakai setengah kopling kali, mas... or setengah injek rem, kanvas panes... normal lah...
Kalo tiap kali brenti bau kayak gitu brarti ada yang salah tu... Kalo pengalaman saya pake mobil baru (Yaris m/t & Swift a/t) bau kopling tu cuma kalo ditarik kenceng trus pindah gigi diatas 5000rpm, pasti bau-bau aneh gitu & 2 mobil ini baunya bisa sama persis (brarti bahan kampas koplingnya mirip-mirip tu). Kalo trus habis dipake bau kayak gitu blum pernah.
Btw, pake GT-Pro sepengalaman saya problemnya bukan pas muter/bacanya, pas ngeburnnya kadang-kadang (ga mesti) error & file-filenya kadang-kadang nge-skip, udah beberapa CD (file MP3 maupun WMA) yang saya burn seperti itu (bukan karena filenya lho ya). Begitu saya pake & burn ulang pake Sony/Verbatim/Benq ga pernah ngalamin masalah itu.
waduh bro poeticmind.. gw kok dipanggil mas sieh, hehe.. masih muda kok 25 taun..
bau angus nya sieh cuma sekali itu aja, tp tetep aja kaget.. mungkin bawa mobilnya kekencengan kali yah..
dari jaman dulu belinya GTpro sieh, maklum murah meriah, pas dikantong.. klo masalah ngeburn yg error emg itu penyakitnya GTpro yg CD-R deh, kadang beli 10 CD ada aja 1 CD yg error.. makanya skrg gw pasti belinya GTpro yg CD-RW aja, ga pernah error tuh, kalopun error tinggal di burn lg aja.. klo ada lagu baru ya tinggal burn lg juga..
hmm satu lg neh, klo mobil abis dipake kenceng trus pas berhenti dimatiin mesinnya bunyi tek-tek mirip bunyi motor tiger yg kepanasan tuh normal ga yah..?? bunyinya kecil aja sieh, ga kenceng..
tek tek tek... normal, itu suara besi muai panas... tapi saya belum pernah cek asalnya dari mana...
lebih sip, mas... eh bro vega sambil manggil nasi goreng tek2... nyem...
25 sih udah mas, dong ah! wong saya baru mau kuliah...
poeticmind wrote:so, jadi bau angus nya kopling or rem? hehehe... vega bingung, cek di bengkel lah bro...
Masak bau rem bisa se-menyengat itu bro? Kayaknya bukan deh, karena saya pernah pake Swift ST a/t jalan non-stop Malang-Jogja, sesampainya di Jogja sebelum masuk rumah saya sempatkan cek semua kondisi mobil dari ban sampai buka kap mesin (maklum mobil masih baru, harus dicek semua-muanya) ga ada apa-apa yang aneh, termasuk ga ada bebauan yang aneh-aneh, padahal tu mobil udah 'disiksa' selama 6,5jam non-stop. Saya liat di pelek depan memang ada noda-noda brake-dust gitu tapi ga bau kok.
Yups, seperti kata bro poeticmind coba cek ke bengkel resmi aje...
Wehehe, 25 ngaku-ngaku masih muda ye? Aye masih belum ada 22 tahun, masih kuliah belum slesei ni...
hehehehe! iya sih bro, kecil kemungkinan kalo rem... tapi ya, di cek di bengkel dulu.
tapi lagi, saya juga curiga bukan dari keduanya... tapi karena mobil baru, itu bau dari cabin mesin... secara mobil baru ada lapisan silicon tipis di ruang mesin, kepanesan... bau. tapi itu normal. ditambah karet2/kabel dan lain2...
hanya saja, bro vega sensitif hidung nya... ga seperti saya, bau2 gitu (seinget saya kalo ambil unit baru) malah betah di garasi...
dilihat saja dalam beberapa hari pemakaian, biasanya hilang...
haha.. gw jd serasa udah tua gini..
berarti gw aja yg parno yah? maklum mobil baru pertama.. nunggu indennya aja ampe nangis2 darah..
gw pikir juga gitu, pasti bukan dari rem ataw kopling.. baunya cuma sekali aja kok, pas baru ambil mobil di dealer trus malemnya dicoba jalan2 keliling bdg, nah pas pulangnya baru deh muncul bau2 itu, tp ampe skrg udah ga pernah lg.. td aja abis dipake ke jkt via cipularang pas ampe rumah ga bau apa2.. yg ada cuma bau ketek gw aja..
ada yg udah coba cipularang pake SX4? FC nya dapet brapa?
klo gw dr bdg isi pertamax, jalan ke jkt dapet 15km/ltr
pas mo balik isi premium di jkt, plg ke bdg dapet 11,9km/ltr..
terbukti pertamax lebih irit n lebih mahal..
iya, sekitar segitulah bro vega (or sis vega? hahaha) , pertamax sesuai dengan angka kompresi sx4, jadi ga drop powernya... makanya lebih irit, beda dengan premium, itu karena drop dan bro injek gas lebih.. boros jadinya..
@hilmanz : jazz kan? gapapa pake premium, tapi buat pegangan bro saja, jazz itu kompresinya 10,4:1 (I-Dsi) dan 10,1:1 (Vtec) so... pertamax. soal lebih boros, coba isi pertamax nya jangan hanya sekali, continue dan tune up lagi... yakin deh, lebih enteng mesin nya... but, terserah lah ya! soal bbm sih bebas!
Ya om.mbl yg itu.kalo lg kere isi premium.kalo lg sht kantongnya campur P+ ma premium..hehe..dlu pas bli awal mbl ny pake pertamax da kr2 6bln ko kerasa boros (1:8)..trs iseng pake premium eh jd(1:9an).jadi saya mangkreng pake ini d..hoho..
HilmanZ wrote:Ya om.mbl yg itu.kalo lg kere isi premium.kalo lg sht kantongnya campur P+ ma premium..hehe..dlu pas bli awal mbl ny pake pertamax da kr2 6bln ko kerasa boros (1:8)..trs iseng pake premium eh jd(1:9an).jadi saya mangkreng pake ini d..hoho..
Hehe, makanya saya beli satu mobil lagi yang doyan premium, pake Yaris diisi pertamax terus berat juga, skarang mau ngirit bisa pake Swift, hehehe....
Kmaren nih, saya ngisi bensin buat kedua mobil saya:
Swift a/t saya isi waktu tripmeter di 151.4km, ngisi 14.66liter premium, habisnya 66ribu (konsumsi bbm 1:10.32)
Kalo Yaris m/t saya isi waktu tripmeter di 145.3km, ngisi 11.32liter pertamax, habisnya 94ribu (konsumsi bbm 1:12.83)
Walopun lebih boros konsumsi BBMnya, pake premium lebih irit di kantong, hehehe....
swift juga 9,5:1 , pertamax... M15a setau saya rata2 begitu, kecuali neo baleno... kompresi diturunin, jadi bisa premium. kecuali juga SX4, lebih tinggi 10,5:1 , harusnya sih pertamax+ ya...
vega wrote:haha.. gw jd serasa udah tua gini..
berarti gw aja yg parno yah? maklum mobil baru pertama.. nunggu indennya aja ampe nangis2 darah..
gw pikir juga gitu, pasti bukan dari rem ataw kopling.. baunya cuma sekali aja kok, pas baru ambil mobil di dealer trus malemnya dicoba jalan2 keliling bdg, nah pas pulangnya baru deh muncul bau2 itu, tp ampe skrg udah ga pernah lg.. td aja abis dipake ke jkt via cipularang pas ampe rumah ga bau apa2.. yg ada cuma bau ketek gw aja..
ada yg udah coba cipularang pake SX4? FC nya dapet brapa?
klo gw dr bdg isi pertamax, jalan ke jkt dapet 15km/ltr
pas mo balik isi premium di jkt, plg ke bdg dapet 11,9km/ltr..
terbukti pertamax lebih irit n lebih mahal..
poeticmind wrote:swift juga 9,5:1 , pertamax... M15a setau saya rata2 begitu, kecuali neo baleno... kompresi diturunin, jadi bisa premium. kecuali juga SX4, lebih tinggi 10,5:1 , harusnya sih pertamax+ ya...
new SX4 ga tau brp, ada yg punya info?
Sbenernya ga ngerti juga Swift harus pake pertamax ato cukup premium. Temen-temen yang pake Swift GL si pada diisi Pertamax, tapi katanya dealernya kmaren Swift ST cukup pake premium, jadi sejak baru pake premium terus. Sengaja nih emang dijatah pake premium aja, soalnya dirumah uda ada Yaris yang saya buat 'wajib' minum pertamax, sejak beli belum pernah saya isi premium, malah kadang kalo pertamax habis saya isi pertamax plus.
btul. btul... selain kompresi yang bisa di set lebih rendah, mesin2 sekarang kan udah pake anti-knocking sensor yang otomatis majuin/mundurin waktu pengapian biar sesuai sama karakter BBM yang masuk ke mesin.. maklum di jepun kalo gak salah oktanya 100 yah?? pokoke intinya pake aja tuh jamu pertamina nah kalo mesin ternyata ngelitik, buruan deh ganti ke oktan yang lebih tinggi.. tapi jangan mikirin performa, udah pasti kurang pancen...
Bro Poetic, denger2 M15a di Aerio/BalenoNextG kompresi sebenernya juga cuma 8,5:1.. yang di sales kit 9,5:1 itu gak tepat.. makanya di kasih premium enggak akan ngelitik, kecuali kalo ada hal lain yg gak beres.. tapi itu katanya loh...
Shaqilla wrote:btul. btul... selain kompresi yang bisa di set lebih rendah, mesin2 sekarang kan udah pake anti-knocking sensor yang otomatis majuin/mundurin waktu pengapian biar sesuai sama karakter BBM yang masuk ke mesin.. maklum di jepun kalo gak salah oktanya 100 yah?? pokoke intinya pake aja tuh jamu pertamina nah kalo mesin ternyata ngelitik, buruan deh ganti ke oktan yang lebih tinggi.. tapi jangan mikirin performa, udah pasti kurang pancen...
Bro Poetic, denger2 M15a di Aerio/BalenoNextG kompresi sebenernya juga cuma 8,5:1.. yang di sales kit 9,5:1 itu gak tepat.. makanya di kasih premium enggak akan ngelitik, kecuali kalo ada hal lain yg gak beres.. tapi itu katanya loh...
denger2 sih begitu ya... tapi saya tes kompresi malah diatas 9,3 soalnya bro... waktu standar dulu lho ya... sekarang kompresi udah ga standar, jadi ga bisa dipake patokan.
pernah ngobrol sama temen juga, katanya bisa terjadi setiap unit berbeda... khusus utk suzuki, memang hampir semua unit ga masalah pake premium, krn dah pinter otaknya... dia curiga kenapa neo baleno di turunin... mungkin karena ya itu tadi, sebelumnya ga ada keseragaman... neo baleno di 9,1 kalo ga salah... artinya premium.
ntar naldo lah yg lebih ngerti. saya kan hanya sebatas info bengkel saja ya...
selama mobil ga ada masalah di premium, tembak aja sih...
meski, yg paling aman adalah tes kompresi mobil di bengkel, saya rasa tidak mahal... malah kadang2 gratis kan?
Bro-bro semua CMIIW, IMHO kalau di test kompresi pake Compression tester di bengkel-bengkel, baik yang resmi maupun non resmi itu bukan untuk mengukur perbandingan kompresi, alat tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan dari suatu cylinder untuk memampatkan udara yang disupply ke dalam cylinder tsb. Dan dari situ bisa ditentukan kompresi mobil tersebut masih masuk std atau di bawah spek yang ditentukan. Dan satuan yang dihasilkan adalah Satuan tekanan bisa bar, kpa ataupun psi. Kalau mesin yang sudah lama pasti cenderung berkurang karena berbagai hal contohnya keausan ring piston, dinding cylinder ataupun kebocoran dari katup yang bisa disebabkan dari katupnya sendiri atau dudukan katupnya.
Sedangkan perbandingan kompresi adalah perbandingan volume ruang bakar ketika piston berada di titik mati bawah (TMB) dibandingkan dengan volume ruang bakar ketika piston berada di titik mati atas (TMA). Karena namanya perbandingan maka mereka tidak memiliki satuan. Contohnya 9,5:1, 10:1.
Mobil yang dulunya nggak ngelitik terus tiba-tiba ngelitik disebabkan antara lain, kualitas bahan bakar dan juga karena pembakaran yang kurang sempurna sehingga kerak di ruang bakar bertambah banyak sehingga perbandingan volume ruang bakar TMB dibanding yang TMA semakin besar, dengan kata lain jika ingin menaikkan perbandingan kompresi jangan diutak atik melainkan biarkan saja kerak bertambah banyak sehingga perbandingan kompresi menjadi besar hehehehehehe (Just Kidding bro)