Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
wah2 jadi OOT
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
gpp...asal gak offensive post aza pak:)
ok..anyone else?hehehehe
ok..anyone else?hehehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Oh iya, saya belum pernah cerita tentang mobil saya yang paling bikin kesel.
Tahun 2002 saya punya Toyota Corona tahun 1981, waktu itu dibeli soalnya barangnya emang masih mulus banget plus audio yang full Denon, mobil setua ini audionya ga ada yang ngalahin pokoknya waktu itu. Tapi setelah dipake beberapa bulan, masalah muncul. Mobil sering mogok. Lagi jalan santai tau-tau terbatuk-batuk trus mati mesinnya. Dicoba distarter terus tau-tau bau bensin muncul, ditelusur ternyata karburator bermasalah, ada skep yang ga mau balik, jadi saluran bensin kebuka terus sampe akhirnya banjir. Masalah ini ga pernah beres, kata bengkel sebaiknya ganti karbu sekalian, tapi cari yang pas buat Corona ini susah banget, beda kalo bicara soal Corolla DX, kalo ada uang pasti ada barang. Udah ganti carburator repair kit sampe beberapa kali Coronanya ga beres-beres, sempet ganti pompa bensin juga dengan yang lebih 'slow', ternyata supply bensin jadi kurang, mogok lagi deh, duh repot banget ngurusin ni mobil, mana asep knalpot slalu item (bau bensin belum terolah) & borooooooos banget, ni mobil cuma dapet 1:5. Mulus-mulus gini bermasalah terus. Sampe akhirnya awal 2007 ni mobil dijual murah, audionya juga udah saya rela'in, emang rada salah beli ni mobil.
Karakter lain yang bikin ga enak tu mobil ini ga ada power steeringnya, nyetir sedan gini serasa nyetir truk. Oh iya, karena audio kualitasnya udah oke, khan mobil dipenuhin peredam tu, otomatis bobot mobil jadi berat banget, nah kalo lagi mogok, ngedorongnya juga beraaaaat banget, kayak ngedorong SUV deh.
Tapi yang oke buat mobil setua ini tu kestabilannya. Diajak lari sampe diatas 120kmpj samaskali ga goyang, tapi ditarik sampe segitu yang ga kuat mesinnya, jarum udah nyampe 120-lewat dikit, tiba-tiba mesin terbatuk-batuk, ga mau di gas, tau-tau mogok deh... Ga nyesel ngejualnya, kebanyakan cuma kenangan buruk dari mobil ini, kenangan manisnya cuma waktu tante pinjem buat dijadiin mobil manten, dihias bunga-bunga gitu, lucu juga, tapi sepanjang acara, keluarga saya isinya berdoa terus biar mobilnya ga mogok waktu bawa mantennya.
Tahun 2002 saya punya Toyota Corona tahun 1981, waktu itu dibeli soalnya barangnya emang masih mulus banget plus audio yang full Denon, mobil setua ini audionya ga ada yang ngalahin pokoknya waktu itu. Tapi setelah dipake beberapa bulan, masalah muncul. Mobil sering mogok. Lagi jalan santai tau-tau terbatuk-batuk trus mati mesinnya. Dicoba distarter terus tau-tau bau bensin muncul, ditelusur ternyata karburator bermasalah, ada skep yang ga mau balik, jadi saluran bensin kebuka terus sampe akhirnya banjir. Masalah ini ga pernah beres, kata bengkel sebaiknya ganti karbu sekalian, tapi cari yang pas buat Corona ini susah banget, beda kalo bicara soal Corolla DX, kalo ada uang pasti ada barang. Udah ganti carburator repair kit sampe beberapa kali Coronanya ga beres-beres, sempet ganti pompa bensin juga dengan yang lebih 'slow', ternyata supply bensin jadi kurang, mogok lagi deh, duh repot banget ngurusin ni mobil, mana asep knalpot slalu item (bau bensin belum terolah) & borooooooos banget, ni mobil cuma dapet 1:5. Mulus-mulus gini bermasalah terus. Sampe akhirnya awal 2007 ni mobil dijual murah, audionya juga udah saya rela'in, emang rada salah beli ni mobil.
Karakter lain yang bikin ga enak tu mobil ini ga ada power steeringnya, nyetir sedan gini serasa nyetir truk. Oh iya, karena audio kualitasnya udah oke, khan mobil dipenuhin peredam tu, otomatis bobot mobil jadi berat banget, nah kalo lagi mogok, ngedorongnya juga beraaaaat banget, kayak ngedorong SUV deh.

Tapi yang oke buat mobil setua ini tu kestabilannya. Diajak lari sampe diatas 120kmpj samaskali ga goyang, tapi ditarik sampe segitu yang ga kuat mesinnya, jarum udah nyampe 120-lewat dikit, tiba-tiba mesin terbatuk-batuk, ga mau di gas, tau-tau mogok deh... Ga nyesel ngejualnya, kebanyakan cuma kenangan buruk dari mobil ini, kenangan manisnya cuma waktu tante pinjem buat dijadiin mobil manten, dihias bunga-bunga gitu, lucu juga, tapi sepanjang acara, keluarga saya isinya berdoa terus biar mobilnya ga mogok waktu bawa mantennya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Wah cerita bro ddaru jd mengingatkan saya jaman dulu. Waktu itu th 82 ortu jg punya corona 2000' 81, seingat saya enak banget suspensi standarnya, empuk, hening dan larinya lumayan. Sejak diwariskan ke saya th 97 (mau dijual sayang) lsg dirombak pake velg ring 16, shock bilstein yg keras dan rombak audio, tapi msh yg biasa2 aja. Sering dipake Bandung-Cirebon, sampe velgnya pada peang
dan bener bbm nya lumayan boros dan kalo di tol berisik bgt karena gearnya hanya sampai 4. Menurut saya durabilitynya sgt bagus, yang pernah diganti selama 15 tahun hanya saringan2, tierod, shock assorber, kit booster rem, canvas rem, kopling set & service AC, sedangkan sektor mesin sama sekali tdk ada gangguan sampai dijualnya..ketahanan khas mobil toyota jaman dulu dan sampai dijualnya th 93 ga pernah rewel sama sekali, dan terjual dg harga diatas pasaran
Mobil ini asli kualitas Japan, plat pun masih tebal. 



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Ada yg punya pengalaman ama Corona 1600cc tahun 90 ke atas nggak ya ? Ntah yg tahun berapa terserah aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Yups betul sekali, tu mobil cuma 4 speed jadi kalo bawanya kenceng bakal berisik, ga ada takometernya jadi ga ngerti udah muter berapa RPM mesinnya, emang mobil jaman dulu makeknya harus pake feeling.
Mesin memang tidak pernah ada masalah, masalah saya waktu pake Corona tu cuma karbunya, mungkin emang udah aus banget waktu saya dapet, karena katanya pemilik lama sering bawa Coronanya Jogja-Jakarta. Waktu saya dapet juga dikasih pelek baru 14", katanya pelek aslinya dah peyang-peyang.
Mesin memang tidak pernah ada masalah, masalah saya waktu pake Corona tu cuma karbunya, mungkin emang udah aus banget waktu saya dapet, karena katanya pemilik lama sering bawa Coronanya Jogja-Jakarta. Waktu saya dapet juga dikasih pelek baru 14", katanya pelek aslinya dah peyang-peyang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
saya pernah pake corona 2000 EFI thn 89 hehehehe....gak masuk itungan ya?uch wrote:Ada yg punya pengalaman ama Corona 1600cc tahun 90 ke atas nggak ya ? Ntah yg tahun berapa terserah aja.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Di sharing aja bro. Asyik koq baca2 cerita mobil lama.. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
iya bener bro2 yg mo sharing..c'mon..mobil lama..mobil muda..yg penting mobil..hehehe...
oiya...zaman2 taon 80an bisa naek corona uda ransanya gimana gitu lhor..prestise nya:)
oiya...zaman2 taon 80an bisa naek corona uda ransanya gimana gitu lhor..prestise nya:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Berbagi review juga aahh...
Lancer model Evo IV varian SEi tahun 1998 :
1. Power window pintu depan (kiri dan kanan) kayak ada setannya, naik turun ga jelas, hehehe... Tanya ke bengkel katanya musti ganti regulator power window. Tetapi berhubung masih bisa diakalin, ga jadi ganti. Cara ngakalinnya, waktu mau tutup kaca, setelah setengah bagian tertutup, pencet tombol power window-nya step by step, klo pencet langsung panjang pasti kacanya pas nutup jadi kebuka lagi...
Kasus begini kejadian juga sama Lancer punya temen, sama-sama model Evo IV (cacat bawaan barangkali..??)
2. Gear-3 kurang nendang, kesannya terlalu pendek, rasanya terlalu mirip dengan saat di gear-4. Tetapi gear-1 dan gear-2 napasnya panjang banget (gear ratio-nya barangkali?). Tapi tetap masih kalah dibanding Lancer model Evo III varian GLXi (sama-sama pakai engine 4G92).
3. Kabin lumayan senyap dan modelnya ga old fashion.
4. Per asli-nya enak, sayang terlalu tinggi, sehingga membuat mobil terlihat cingkrang. Harus ganti per untuk diceperin 3jari.
5. Kecenderungan semakin dibawa kencang semakin enak, ga ada gejala limbung.
6. Perpindahan dari gear-1 ke gear-2 kurang smooth, ada kriuk-kriuk kecil, katanya dekrup-nya udah kena.
Overall, tidak ada masalah yang terlalu berarti.
Lancer model Evo IV varian SEi tahun 1998 :
1. Power window pintu depan (kiri dan kanan) kayak ada setannya, naik turun ga jelas, hehehe... Tanya ke bengkel katanya musti ganti regulator power window. Tetapi berhubung masih bisa diakalin, ga jadi ganti. Cara ngakalinnya, waktu mau tutup kaca, setelah setengah bagian tertutup, pencet tombol power window-nya step by step, klo pencet langsung panjang pasti kacanya pas nutup jadi kebuka lagi...

Kasus begini kejadian juga sama Lancer punya temen, sama-sama model Evo IV (cacat bawaan barangkali..??)
2. Gear-3 kurang nendang, kesannya terlalu pendek, rasanya terlalu mirip dengan saat di gear-4. Tetapi gear-1 dan gear-2 napasnya panjang banget (gear ratio-nya barangkali?). Tapi tetap masih kalah dibanding Lancer model Evo III varian GLXi (sama-sama pakai engine 4G92).
3. Kabin lumayan senyap dan modelnya ga old fashion.
4. Per asli-nya enak, sayang terlalu tinggi, sehingga membuat mobil terlihat cingkrang. Harus ganti per untuk diceperin 3jari.
5. Kecenderungan semakin dibawa kencang semakin enak, ga ada gejala limbung.
6. Perpindahan dari gear-1 ke gear-2 kurang smooth, ada kriuk-kriuk kecil, katanya dekrup-nya udah kena.
Overall, tidak ada masalah yang terlalu berarti.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
memang gear rationya kecil, jadi panjang dan tinggi topspeed tiap gigi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
rata2 pemilik boil di SM puas donk sama mobil nya?hehehee
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Saya sama mobil-mobil saya yang lain si lumayan puas-lah, tapi sama Corona 2000 tahun 1981 yang pernah saya punya tuh samaskali ga puas, nyesel beli tu mobil.ZombiEE wrote:rata2 pemilik boil di SM puas donk sama mobil nya?hehehee
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
saya rasa..tiap mobil ada kekurangan dan kelebihan nya masing2...tinggal kt saja yg bisa live with dgn mobil yg kita pilih apa ngak aza..hehehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Jadi inget dulu pernah make ini boil walaupun itung bulan doang. Sering lupa udah gigi berapa...Hikoza wrote:2. Gear-3 kurang nendang, kesannya terlalu pendek, rasanya terlalu mirip dengan saat di gear-4. Tetapi gear-1 dan gear-2 napasnya panjang banget (gear ratio-nya barangkali?). Tapi tetap masih kalah dibanding Lancer model Evo III varian GLXi (sama-sama pakai engine 4G92).
3. Kabin lumayan senyap dan modelnya ga old fashion.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
berarti lancer ne kenceng bgt dunk dlm keadaan standar?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Secara pengalaman sedannya cuman lancer doang gw pribadi nggak bisa jawab tuh. Lebih cocok dijawab yg udah gonta ganti sedan... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
ditunggu yg doyan gonta ganti sedan..hahahaha...
jadi bang uch naek boil ape skg?:)
jadi bang uch naek boil ape skg?:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
@Uch
Bener, karakter gear-2 nya panjang. Tapi dengan kompensasi gear-3 jadi lebih pendek...
@ZombiEE
Ga kenceng2 amat kok, bro. Malah dibanding sodara tuanya yang pake engine yang sama (Lancer model Evo III varian GLXi), lebih lemot Lancer model Evo IV ini...
. Mungkin karena body-nya lebih gambot kali, ya?..
Saya pernah coba adu dengan punya temen (yg kebetulan pake GLXi), tarikan awal saya selalu kedodoran, hehehe...
Bener, karakter gear-2 nya panjang. Tapi dengan kompensasi gear-3 jadi lebih pendek...

@ZombiEE
Ga kenceng2 amat kok, bro. Malah dibanding sodara tuanya yang pake engine yang sama (Lancer model Evo III varian GLXi), lebih lemot Lancer model Evo IV ini...


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
tarikan akhir?hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Tetep kalah, hehehe....ZombiEE wrote:tarikan akhir?hehehe


Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Review 2007 Fortuner at 35,000 km (dalam waktu 1 tahun 3 bulan hehe)
==================================================
Sekilas petualangan saya dengan si gajah gambot ini, beli dari baru...pabrikan thn 2006..2.7 VVT-i, made in Thailand. Sudah 2 kali Jakarta - Bali pp, 1 kali Jakarta - Jawa Tengan pp. Hari2 naik turun gunung di Bali...kadang berhari hari di jemur...malah skrg udah 2 bulan tiap hari di jemur. Kasian juga, tapi yah namanya mobil operasional. Ini bukan mobil dimanja, tapi di pake terus2an...kaya angkot.
Kondisi mobil full standard, perawatan Auto 2000 Cilandak dan Agung Automall Denpasar, oli Toyota biasa.
Plus
----
1. Kekuatan kaki2 - belum ada tanda2 keausan at 35,000 km, setelah melewati segala macam jalanan, lubang2 raksasa, dll. Still feels like new..kaya baru dari pabrik. Kalo gue bilang, ini primary strength Fortuner ==> this big boy has VERY strong legs.
2. Kekuatan dan build quality dashboard - tidak ada bunyi2 sama sekali ataupun tanda2 keausan...padahal mobil sering dijemur
3. Reliability - memang masih baru sih, tapi ada juga kan mobil mogok sebelum 30,000km. Tapi so far, nilai Fortuner di reliability A++
Minus
-----
1. Bodi agak tipis, jadi lebih gampang penyok
2. Bahan senderan tangan murahan dan bintik2 kecil, jadi gak enak buat senderan tangan.
3. Karet2 pintu bunyi2 kretek2 karena bergesekan...mungkin ini efek di jemur terus. Dikasi Kit rubber conditioner ilang...ntah berapa lama tahannya, abis di jemur terus
Plus/Minus
----------
Mesin kuat nan reliable, tapi kurang tarikan awal. Kadang ngelitik halus (terutama pagi2)...tapi dikasi bensin bagus hilang, atau dikasi premium dari pom bensin terpercaya. Kuat tanjakan terjal (coba deh jalan2 ke pedalaman Bali), bisa pake premium no problem. FC 1:7 campur...1:9 luar kota, 1:6 macet2.
After 35,000 km - still feels like new.
Kesimpulan:
=========
Sangat puas dengan mobil ini - a true work horse, respect on the road dan di soal gengsi (padahal cuman 300 jutaan) karena big size dan tampangnya mahal. Tahan banting (dan bener2 saya banting) tapi bawa ke kawinan juga keren.
==================================================
Sekilas petualangan saya dengan si gajah gambot ini, beli dari baru...pabrikan thn 2006..2.7 VVT-i, made in Thailand. Sudah 2 kali Jakarta - Bali pp, 1 kali Jakarta - Jawa Tengan pp. Hari2 naik turun gunung di Bali...kadang berhari hari di jemur...malah skrg udah 2 bulan tiap hari di jemur. Kasian juga, tapi yah namanya mobil operasional. Ini bukan mobil dimanja, tapi di pake terus2an...kaya angkot.
Kondisi mobil full standard, perawatan Auto 2000 Cilandak dan Agung Automall Denpasar, oli Toyota biasa.
Plus
----
1. Kekuatan kaki2 - belum ada tanda2 keausan at 35,000 km, setelah melewati segala macam jalanan, lubang2 raksasa, dll. Still feels like new..kaya baru dari pabrik. Kalo gue bilang, ini primary strength Fortuner ==> this big boy has VERY strong legs.
2. Kekuatan dan build quality dashboard - tidak ada bunyi2 sama sekali ataupun tanda2 keausan...padahal mobil sering dijemur
3. Reliability - memang masih baru sih, tapi ada juga kan mobil mogok sebelum 30,000km. Tapi so far, nilai Fortuner di reliability A++
Minus
-----
1. Bodi agak tipis, jadi lebih gampang penyok
2. Bahan senderan tangan murahan dan bintik2 kecil, jadi gak enak buat senderan tangan.
3. Karet2 pintu bunyi2 kretek2 karena bergesekan...mungkin ini efek di jemur terus. Dikasi Kit rubber conditioner ilang...ntah berapa lama tahannya, abis di jemur terus

Plus/Minus
----------
Mesin kuat nan reliable, tapi kurang tarikan awal. Kadang ngelitik halus (terutama pagi2)...tapi dikasi bensin bagus hilang, atau dikasi premium dari pom bensin terpercaya. Kuat tanjakan terjal (coba deh jalan2 ke pedalaman Bali), bisa pake premium no problem. FC 1:7 campur...1:9 luar kota, 1:6 macet2.
After 35,000 km - still feels like new.
Kesimpulan:
=========
Sangat puas dengan mobil ini - a true work horse, respect on the road dan di soal gengsi (padahal cuman 300 jutaan) karena big size dan tampangnya mahal. Tahan banting (dan bener2 saya banting) tapi bawa ke kawinan juga keren.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
hey bro..u've been expected:)
hehehehe..glad u re satisfied with ur ride:)
basically, kekuatan kaki2 mobil ini ga perlu disangsikan saya rasa,IPAH aza uda termasuk tahan banting bgt..palagi fortie yg nb versi off road nya...heheheh:)
hehehehe..glad u re satisfied with ur ride:)
basically, kekuatan kaki2 mobil ini ga perlu disangsikan saya rasa,IPAH aza uda termasuk tahan banting bgt..palagi fortie yg nb versi off road nya...heheheh:)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Mar 14, 2008 20:37
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
Semua mobil yg memakai chassis LADDER-FRAME emang handal....
Ipah pun memakai basis yg sama dgn fortuner, perubahannya hanya di titik suspensi....
Ipah pun memakai basis yg sama dgn fortuner, perubahannya hanya di titik suspensi....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...
kalo saya mazda lantis 1995
mesin: tarikannya lumayan enak, tapi yang bikin saya kesel, mesin gak pernah mau langsam, jadi kalau tak di gas, mesin saya mati melulu. sudah saya bawa ke bengkel mazda yang di sunter, eh ternyata ktemu juga lantis2 yang laennya yg penyakitnya sama.. hehe..
kaki2: bantingannya enak, tapi kalo menurut saya, kakinya termasuk lemah, ga kya merek mobil lain.. (feeling gw aja kali yak? hehe..)
o'ya niy mobil kyanya ratio giginya agak pendek, soalnya enak tarik2an jarak pendek.. hehe..
tapi secara keseluruhan, saya seneng sma mobil ini karena nyaman dan enak tarikannya (diluar masalah mesin yg ga mau idle, jadi klo saya berhenti harus nginjek gas+rem+kopling.. cape dey..)
mesin: tarikannya lumayan enak, tapi yang bikin saya kesel, mesin gak pernah mau langsam, jadi kalau tak di gas, mesin saya mati melulu. sudah saya bawa ke bengkel mazda yang di sunter, eh ternyata ktemu juga lantis2 yang laennya yg penyakitnya sama.. hehe..
kaki2: bantingannya enak, tapi kalo menurut saya, kakinya termasuk lemah, ga kya merek mobil lain.. (feeling gw aja kali yak? hehe..)
o'ya niy mobil kyanya ratio giginya agak pendek, soalnya enak tarik2an jarak pendek.. hehe..
tapi secara keseluruhan, saya seneng sma mobil ini karena nyaman dan enak tarikannya (diluar masalah mesin yg ga mau idle, jadi klo saya berhenti harus nginjek gas+rem+kopling.. cape dey..)
Permisii
............................. 

