[Ask]Terios-Rush
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [Ask]Terios-Rush
mungkin sama aja, karena spec rush : rigid axle 4link+lateral rod(1 link lagi) = 5 link (terios)..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [Ask]Terios-Rush
kata gue sih sama lah, kecuali elo ukur pake alat canggih baru ketauan. hehehehe! ga tau kalo penumpang belakang deh... soalnya ga jajal sampe duduk di belakang row ke 3 (terios) atau rush yg udah 7seater.
hehehehe, tapi tanya om €lj€p€ aja, beliau kan punya rush 7seater... tapi gue ragu... om €lj€p€ kagak pernah disetirin terus duduk dibelakang... mana mau...
@GTR : betul, gitu ya spec nya...? gue ga tau malahan... hehehe
hehehehe, tapi tanya om €lj€p€ aja, beliau kan punya rush 7seater... tapi gue ragu... om €lj€p€ kagak pernah disetirin terus duduk dibelakang... mana mau...

@GTR : betul, gitu ya spec nya...? gue ga tau malahan... hehehe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [Ask]Terios-Rush
iya specnya gitu, makanya sama aja sebenarnya.
source:
http://www.toyota.co.id
http://www.daihatsu.co.id
source:
http://www.toyota.co.id
http://www.daihatsu.co.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: [Ask]Terios-Rush
Pd prefer pilih Terios y..Kl Terios TX ma Rush tipe G itu fitur ny sama plek pa Rush ad lbh dkt?? saya suka an liat Rush..Apa sugesti doank y..hmm..
Re: [Ask]Terios-Rush
Kalo suka safety pilih Rush, udah dual airbag...kalo cari value ya Terios...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Ask]Terios-Rush
klo aribag kan adanya di RUSH seri S
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: [Ask]Terios-Rush
sy c lbh minat ama Rush G.ky ny da ckp.mo cb bandingin dl ma Terios TX..airbag di S A/T pula..yg S manual lm dpt airbag..hoho
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [Ask]Terios-Rush
well, tergantung budget sih... kalo saya ambil diantara 2, value lah... terios. bedanya lumayan buat modif dikit soalnya... hahahahaha!

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51
Re: [Ask]Terios-Rush
ga tau daerah lain, tapi di jkt (dan sekitarnya) skrg yg nikmat berkendara yaa naik mobil tinggi.
tinggi dlm arti semuanya (dek bawah & posisi duduk), bukan air intake-nya doang dinaikin tp yg lain-2 msh rendah. ideal kalo lewat banjir dan lobang yg udah kayak kubangan kebo. jg visibilitas dan faktor keamanan (di perempatan, misalnya)
tapi yaa hrs diakui, malah bikin efek negatif. posisi tinggi bikin center-gravity naik, yg efeknya memperbesar goyangan dan limbung (lengan momen). kalo yg biasa pake sedan (atau mobil rendah lainnya) yaa butuh adaptasilah. belum kalo ngomong aerodinamis, jelas ngefek ke top speed dan konsumsi bbm. terios gw dapet 1:9-10 dalkot aja udah bersukur kok. tapi waktu ke bandung pernah dapet 1:15 (seringnya 1:13). problem lain, krn trah SUV-nya, suspensi agak keras.
pd intinya, suv lebih segmented, beda ama mpv. jadi pembelinya mmg hrs "niat" dulu.
tp ruster ini kan nyeleneh terutama dari sisi harga. walaupun secara kategori masuk SUV, tapi IMHO sebenarnya mpv, sekedar lebih kekar dan tinggi aja. cc-nya juga culun tapi malah bagus, murah pajeknya dan irit-lah dibandingin suv noceng. toh suv skrg ga mutlak off road dan perlu 4x4.
mengenai milih rush atau terios, agak beda dg avanza-xenia. sejak awal avanza udah dibedain dr xenia, liat aja range cc-nya. avanza juga ada matic-nya. kalo rush-terios, cc dan transmisi sama. bedanya sekedar asesoris dan badgenya doang. kalo soal active safety (airbag), yaaa itupun adanya di kasta tertinggi rush yg harganya selangit. tapi rush kalo ga salah udah ber-abs (> seri G). gw pribadi milih terios krn lebih kumplit (dulu harga terios TX adventure kurang lebih sama dgn rush tipe terendah). juga ongkos maintenance lbh murah.
soal 7 seater ga usah dipikirin, toh terios gw lbh sering dilipet bangku belakangnya. dan rush jg ada opsi 3rd row. soal suspensi, sama aja, sama-sama keras maksudnya.
tinggi dlm arti semuanya (dek bawah & posisi duduk), bukan air intake-nya doang dinaikin tp yg lain-2 msh rendah. ideal kalo lewat banjir dan lobang yg udah kayak kubangan kebo. jg visibilitas dan faktor keamanan (di perempatan, misalnya)
tapi yaa hrs diakui, malah bikin efek negatif. posisi tinggi bikin center-gravity naik, yg efeknya memperbesar goyangan dan limbung (lengan momen). kalo yg biasa pake sedan (atau mobil rendah lainnya) yaa butuh adaptasilah. belum kalo ngomong aerodinamis, jelas ngefek ke top speed dan konsumsi bbm. terios gw dapet 1:9-10 dalkot aja udah bersukur kok. tapi waktu ke bandung pernah dapet 1:15 (seringnya 1:13). problem lain, krn trah SUV-nya, suspensi agak keras.
pd intinya, suv lebih segmented, beda ama mpv. jadi pembelinya mmg hrs "niat" dulu.
tp ruster ini kan nyeleneh terutama dari sisi harga. walaupun secara kategori masuk SUV, tapi IMHO sebenarnya mpv, sekedar lebih kekar dan tinggi aja. cc-nya juga culun tapi malah bagus, murah pajeknya dan irit-lah dibandingin suv noceng. toh suv skrg ga mutlak off road dan perlu 4x4.
mengenai milih rush atau terios, agak beda dg avanza-xenia. sejak awal avanza udah dibedain dr xenia, liat aja range cc-nya. avanza juga ada matic-nya. kalo rush-terios, cc dan transmisi sama. bedanya sekedar asesoris dan badgenya doang. kalo soal active safety (airbag), yaaa itupun adanya di kasta tertinggi rush yg harganya selangit. tapi rush kalo ga salah udah ber-abs (> seri G). gw pribadi milih terios krn lebih kumplit (dulu harga terios TX adventure kurang lebih sama dgn rush tipe terendah). juga ongkos maintenance lbh murah.
soal 7 seater ga usah dipikirin, toh terios gw lbh sering dilipet bangku belakangnya. dan rush jg ada opsi 3rd row. soal suspensi, sama aja, sama-sama keras maksudnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: [Ask]Terios-Rush
yang 7-seater = XL_7 nya.poeticmind wrote: hehehehe, tapi tanya om €lj€p€ aja, beliau kan punya rush 7seater... tapi gue ragu... om €lj€p€ kagak pernah disetirin terus duduk dibelakang... mana mau...
RUSH yang di pakai kantor tetap 5-seater...
saya sih bingung kalau disuruh menghitung "links" di suspensi belakang....
Kalau memang posisinya kanan-kiri seharusnya ya dihitung satu khan... kalau melintang dari RH ke LH (atau sebaliknya) baru dihitung sendiri-sendiri...
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Mar 17, 2008 2:50
Re: [Ask]Terios-Rush
Bos-bos sklian,
saya terbantu dgn adanya forum ini. Sy mengikuti, khususnya (ask) terios-rush, krn ada niat pengen beli mobil baru. Dan di putuskan untuk inden terios. Dulu2 mobkas aja ( krn blon mampu bli br).
Anyway, mo nanya: ritual apa aja yang musti di lakukan dalam memperlakukan mobil baru (inrayen)?
Pernah baca di forum/diskusi, selepas km 1500, gas musti di tekan sampe rpm 2500-3000 tiap giginya, betul kah? Katanya biar mesin ga loyo nantinya. Klo iya, dlm mobil diam atawa jalan?
Terima kasih atas bantuannya.
saya terbantu dgn adanya forum ini. Sy mengikuti, khususnya (ask) terios-rush, krn ada niat pengen beli mobil baru. Dan di putuskan untuk inden terios. Dulu2 mobkas aja ( krn blon mampu bli br).
Anyway, mo nanya: ritual apa aja yang musti di lakukan dalam memperlakukan mobil baru (inrayen)?
Pernah baca di forum/diskusi, selepas km 1500, gas musti di tekan sampe rpm 2500-3000 tiap giginya, betul kah? Katanya biar mesin ga loyo nantinya. Klo iya, dlm mobil diam atawa jalan?
Terima kasih atas bantuannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [Ask]Terios-Rush
ini yg dimaksud "5" link, krn berjumlah 5 buah link.[attachment=0]Multilink rigid axle.gif[/attachment]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [Ask]Terios-Rush
Emank ngaruh dimananya kalu dipanteng sampe segitu? Lagipula pergantian gigi memang idealnya sekitar 3000rpm. Kalu di bawah itu malah tenaganya kurang. Kalu mobil diam ya jangan di gas sampai segitu lahh.. Manasin mobil cukup sampe 2000rpm. Itupun sebentar aja. Ngapain juga dipanteng sampe 3000rpm. Soalnya oli mesin msh ngendap, alias belum melapisi sempurna. Jadi jgn dipanteng tinggi2.Pernah baca di forum/diskusi, selepas km 1500, gas musti di tekan sampe rpm 2500-3000 tiap giginya, betul kah? Katanya biar mesin ga loyo nantinya. Klo iya, dlm mobil diam atawa jalan?
Gw sendiri pake avanza S, yg mesinnya sama, malah sering ganti di atas 3500. Apalagi kalu di tol, bisa sampe 4000-5000rpm pada gigi terakhir. Kalu ada gigi ke-6 mungkin ditambah lagi. Cuma jelas bahaya kalu bawa lebih dari 150kmpj. Maklum bobotnya lebih ringan, jadi takut terbang...

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Mar 17, 2008 2:50
Re: [Ask]Terios-Rush
Saya sendiri bingung dengan cara itu, makanya saya tanyakan maksudnya ke bos2 skalian. Btw, makasih bos y_anjasranay_anjasrana:
''Emank ngaruh dimananya kalu dipanteng sampe segitu? Lagipula pergantian gigi memang idealnya sekitar 3000rpm. Kalu di bawah itu malah tenaganya kurang. Kalu mobil diam ya jangan di gas sampai segitu lahh.. Manasin mobil cukup sampe 2000rpm. Itupun sebentar aja. Ngapain juga dipanteng sampe 3000rpm. Soalnya oli mesin msh ngendap, alias belum melapisi sempurna. Jadi jgn dipanteng tinggi2.''
In the name of science, question everything
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: [Ask]Terios-Rush
5 (lima) itu mana saja...GTR wrote:ini yg dimaksud "5" link, krn berjumlah 5 buah link.
1. transverse (panhard) rod = 1
2. strut rod = 2 (RH & LH)
3.
4.
5.
strut rod = trailing arm betul / tidak?
Transverse = lateral rod betul / tidak?
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [Ask]Terios-Rush
IMO, kadang2 yg beginian cuma mitos soalnya mobil2 jaman sekarang rata2 udah pake ECU yg bisa mengitung campuran udara dan bahan bakar secara presisi untuk setiap bukaan gas.ardhi32 wrote:Pernah baca di forum/diskusi, selepas km 1500, gas musti di tekan sampe rpm 2500-3000 tiap giginya, betul kah? Katanya biar mesin ga loyo nantinya. Klo iya, dlm mobil diam atawa jalan?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [Ask]Terios-Rush
1 X transverse rod = lateral rod
2 X strut rod
2 x control arm
jadi total 5 link.
[quote="€lj€p€"][quote="GTR"]ini yg dimaksud "5" link, krn berjumlah 5 buah link.[attachment=0]Multilink rigid axle.gif[/attachment][/quote]
5 (lima) itu mana saja...
1. transverse (panhard) rod = 1
2. strut rod = 2 (RH & LH)
3.
4.
5.
strut rod = trailing arm betul / tidak?
Transverse = lateral rod betul / tidak?[/quote]
2 X strut rod
2 x control arm
jadi total 5 link.
[quote="€lj€p€"][quote="GTR"]ini yg dimaksud "5" link, krn berjumlah 5 buah link.[attachment=0]Multilink rigid axle.gif[/attachment][/quote]
5 (lima) itu mana saja...
1. transverse (panhard) rod = 1
2. strut rod = 2 (RH & LH)
3.
4.
5.
strut rod = trailing arm betul / tidak?
Transverse = lateral rod betul / tidak?[/quote]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51
Re: [Ask]Terios-Rush
selamat bermobil baru (ntar maksudnya). khusus terios, ga ada perlakuan khusus utk mesin. mesin langsung responsif, tarikan ok. bbm awal2 agak boros (1:7-8) tp ntar > 1000 km, normal ke 1:9-10. gigi1 ke 2 rapet banget, jadinya dominan main di gigi2. rpm malah ga enak kalo tinggi, ganti di 2000 rpm, rasa aja sendiri tenaganya. sekali2 geber di tol ampe 4000-5000 rpm. yg disebut loyo, mungkin krn di rpm rendah cenderung bikin deposit (ngaruh ke kompresi?).ardhi32 wrote:Bos-bos sklian,
saya terbantu dgn adanya forum ini. Sy mengikuti, khususnya (ask) terios-rush, krn ada niat pengen beli mobil baru. Dan di putuskan untuk inden terios. Dulu2 mobkas aja ( krn blon mampu bli br).
Anyway, mo nanya: ritual apa aja yang musti di lakukan dalam memperlakukan mobil baru (inrayen)?
Pernah baca di forum/diskusi, selepas km 1500, gas musti di tekan sampe rpm 2500-3000 tiap giginya, betul kah? Katanya biar mesin ga loyo nantinya. Klo iya, dlm mobil diam atawa jalan?
Terima kasih atas bantuannya.
malah banyak things to do utk non-mesin (gw taunya ginian doang sih

- beli sarung jok/atau ganti jok sekalian! maklum, jok-nya beige. cakep sih tapi gampang kotor. paling banyak pake sarung semi kulit mbt beige
- beli tempat tisu visor, krn ga ada tempat tisu di dashboard.
- ati-2 laci koin di lutut kanan sopir, jangan dibiarin nganga, gampang patah kesenggol dengkul waktu mo keluar.
- di awal2 pake, masuk gigi mundur suka seret, jd hrs netral dulu (atau msk gigi1). masalah ini hilang kalo udah > 1000 km.
- mobil baru biasanya perlu di spooring. hati2 milih bengkel, semua ngakunya bisa nge-set terios, pdhl hasilnya ngaco, data masih blm msk library. klo ga salah, bengkel resmi ADM udah ada fasilitas spooring.
- kalo ada duit lebih, apply antikarat+sound proof. soalnya, ini mobil tinggi, jadi doyan nerjang banjir, lebih beresiko karat. sound proof utk gain antikarat, dan bikin kabin lebih senyap.
- ati2 pasang visor/talang. salah2 bisa makin sulit ngelirik, pilar A terios udah tebel soalnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51
Re: [Ask]Terios-Rush
soal ini ga jelas deh. hrs diplototin kali ya. pernah nanya SA, katanya sama saja.
yg pasti terios dirancang muat lebih banyak. dan sudah terbukti, gw bawa 7 penumpang (6 dewasa, 1 balita), bodi ga turun banyak. tapi kalo muatan hanya 1-2 org, agak kerus euy. secara experience, gw pernah minjem rush temen kantor, memang agak empukan. apa pengaruh terios=dunlop, rush=bridgestone? atau sugesti krn temen punya seri S-A/T?
yg pasti terios dirancang muat lebih banyak. dan sudah terbukti, gw bawa 7 penumpang (6 dewasa, 1 balita), bodi ga turun banyak. tapi kalo muatan hanya 1-2 org, agak kerus euy. secara experience, gw pernah minjem rush temen kantor, memang agak empukan. apa pengaruh terios=dunlop, rush=bridgestone? atau sugesti krn temen punya seri S-A/T?

GTR wrote:1 X transverse rod = lateral rod
2 X strut rod
2 x control arm
jadi total 5 link.
€lj€p€ wrote:5 (lima) itu mana saja...GTR wrote:ini yg dimaksud "5" link, krn berjumlah 5 buah link.
1. transverse (panhard) rod = 1
2. strut rod = 2 (RH & LH)
3.
4.
5.
strut rod = trailing arm betul / tidak?
Transverse = lateral rod betul / tidak?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [Ask]Terios-Rush
suspensi Rush dan terios sama deh, atau coba cek ke sparepart harusnya nomor partsnya sama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Ask]Terios-Rush
Btw ud dateng nih...
barusan dianter kerumah..
apa nih yang mo di review?
barusan dianter kerumah..
apa nih yang mo di review?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Mar 17, 2008 2:50
Re: [Ask]Terios-Rush
Terima kasih bos. Langsung tak save buat reperensi.selamat bermobil baru (ntar maksudnya). khusus terios, ga ada perlakuan khusus utk mesin. mesin langsung responsif, tarikan ok. bbm awal2 agak boros (1:7-8) tp ntar > 1000 km, normal ke 1:9-10. gigi1 ke 2 rapet banget, jadinya dominan main di gigi2. rpm malah ga enak kalo tinggi, ganti di 2000 rpm, rasa aja sendiri tenaganya. sekali2 geber di tol ampe 4000-5000 rpm. yg disebut loyo, mungkin krn di rpm rendah cenderung bikin deposit (ngaruh ke kompresi?).
malah banyak things to do utk non-mesin (gw taunya ginian doang sih ):
- beli sarung jok/atau ganti jok sekalian! maklum, jok-nya beige. cakep sih tapi gampang kotor. paling banyak pake sarung semi kulit mbt beige
- beli tempat tisu visor, krn ga ada tempat tisu di dashboard.
- ati-2 laci koin di lutut kanan sopir, jangan dibiarin nganga, gampang patah kesenggol dengkul waktu mo keluar.
- di awal2 pake, masuk gigi mundur suka seret, jd hrs netral dulu (atau msk gigi1). masalah ini hilang kalo udah > 1000 km.
- mobil baru biasanya perlu di spooring. hati2 milih bengkel, semua ngakunya bisa nge-set terios, pdhl hasilnya ngaco, data masih blm msk library. klo ga salah, bengkel resmi ADM udah ada fasilitas spooring.
- kalo ada duit lebih, apply antikarat+sound proof. soalnya, ini mobil tinggi, jadi doyan nerjang banjir, lebih beresiko karat. sound proof utk gain antikarat, dan bikin kabin lebih senyap.
- ati2 pasang visor/talang. salah2 bisa makin sulit ngelirik, pilar A terios udah tebel soalnya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [Ask]Terios-Rush
interior, bro... terutama kursi row ke 3, nyaman ga? over all aja... sekalian pic di bagian mesin... hehehe!NYoman wrote:Btw ud dateng nih...
barusan dianter kerumah..
apa nih yang mo di review?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: [Ask]Terios-Rush
interiornya ok2 aja cuma ada masalah di satu tempat.. karpetnya beludru...takut klo kotor..
row ke 3nya sih belum nyoba.. soalnya baru dateng...
pict mesin ya.. wah buka kap nih.. entar dulu deh..
suspensinya ok.. lebih enak dari avanza..
row ke 3nya sih belum nyoba.. soalnya baru dateng...
pict mesin ya.. wah buka kap nih.. entar dulu deh..
suspensinya ok.. lebih enak dari avanza..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: [Ask]Terios-Rush
Untuk Jok asli yang masih fabric/cloth... bagian supir sebelah kanan pasti cepat hitam karena jarak antara jok dan tanah selain tinggi juga lebar/jauh. Jadi bagian jok itu betul-2 jadi tumpuan geseran kaki.
Kipas cuma satu itu sangat rawan... karena kalau sampai fail.... totally no cooling at all.
Washer nya pelit sekali.. cuma satu lobang... (monogami).... kalau City khan sudah model mist.. rasanya ketinggalan sekali ya...
Iseng-2 coba membandingkan pada harga yang sama dengan Escudo 1.6i (SQ416).. lupakan teknologi VVTi, ABS, AirBag... yang mana lebih ok ya...
Kipas cuma satu itu sangat rawan... karena kalau sampai fail.... totally no cooling at all.
Washer nya pelit sekali.. cuma satu lobang... (monogami).... kalau City khan sudah model mist.. rasanya ketinggalan sekali ya...
Iseng-2 coba membandingkan pada harga yang sama dengan Escudo 1.6i (SQ416).. lupakan teknologi VVTi, ABS, AirBag... yang mana lebih ok ya...
Dari Solo ke Oslo

