Adab Menyalakan Lampu Hazard

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Adab Menyalakan Lampu Hazard

Post by Equalizer »

Penting untuk dibaca dan dimengerti 8)
Laporan : bid

Saat mengemudi pada cuaca hujan apalagi kian deras di jalanan tol siapa pun bakal merasa terganggu dengan nyala lampu hazard (keempat senberkedip-kedip) mobil lain yang bergerak. Anehnya banyak pemilik mobil yang bagai prosedur baku, segera menyalakan hazard kala hujan. Padahal,sebetulnya dia juga bakal terganggu oleh kedipan lampu berwarna oranye itu.

Sekarang, kebiasaan ini semakin menjadi di hampir seluruh ruas jalan di Tanah Air.Walaupun amat mengganggu, ternyata kian banyak pengemudi yang mengaktifkan hazard kala mobil melaju. Di bawah guyuran hujan dengan jalanan licin,

jelas kegiatan itu amat membahayakan. Perilaku ini adalah salah besar. Didunia internasional, menurut mantan pembalap nasional Aswin Bahar,menyalakan hazard kala mobil bergerak, apalagi ketika hujan, adalah pelanggaran berat atas aturan lalu lintas darat. ''Kalau di negara lain pasti telah ditindak oleh petugas,'' urai Aswin. Karena itu, pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang ini menyatakan, budaya menghidupkan hazard kala hujan harus segera dihentikan.

''Petugas tol, polisi, dan mungkin wartawan harus menyosialisasikan bahwa hazard hanya boleh dinyalakan kalau mobil berhenti. Bisa karena rusak atau berhenti akibat keadaan darurat,'' pintanya. Namun, bagaimana dengan semangat ingin memberitahukan adanya mobil dengan menyalakan hazard itu kala hujan deras dan banyak kendaraan sedang sama-sama melaju di jalanan?

Menurut Aswin Bahar, maksud baik itu cukup dengan menyalakan lampu. Berikut rekomendasinya atas penggunaan lampu kala berkendara pada cuaca hujan. Gunakan hazard hanya bila darurat Lampu hazard, nyala berkedip pada keempat sen, merupakan tanda darurat bagi sebuah mobil. Maka, hazard hanya boleh diaktifkan bila mobil mengalami kondisi kedaruratan. Bisa akibat mogok atau harus berhenti karena sesuatu alasan. Pendeknya, hazard hanya diperuntukan memberi tanda peringatan bagi kendaraan lain dan hanya boleh dinyalakan kala mobil berhenti dipingir jalan.

Gunakan lampu kecil bila hujan Dengan semangat ingin memberi 'tanda' bahwa mobil sama-sama melaju di tengah hujan, cukup dengan menyalakan lampu utama kendaraan bersangkutan. Kalau kian deras dan cuaca amat gelap, nyalakan lampu kabut. Di sini perlunya memasang lampu kabut pada setiap mobil yang berpotensi sering melalui cuaca hujan dan gelap.

Lampu belakang berwarna merah, merupakan pilihan tepat bagi upaya memberitahukan posisi mobil. Pilihan warna ini telah melalui serangkaian riset pabrikan otomotif selama bertahun-tahun. Artinya, hanya warna itu yang dianggap aman dan bisa menembus gelombang cuaca hujan hingga kabut.

Nyala lampu belakang itu telah cukup menerangi sekitar mobil. Maka untuk memberitahukan posisi mobil saat cuaca hujan atau kabut sekalipun, tak harus dengan menyalakan hazard.Selalu pakai sen bila berpindah jalur Penggunaan lampu sen wajib bagi pengemudi yang hendak berbelok dan berpindah jalur. Bagi penguna jalan tol, kegiatan ini mutlak amat penting. Apalagi bila hujan sedang bertandang amat deras, penggunaan sen amat membantu pengemudi lain untuk waspada. Bayangkan, bila Anda menyalakan hazard. Selain akan amat mengganggu pengemudi lain, sen pun tak akan berfungsi.
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard

Post by bunbun »

yak, understood. tapih... :roll:
Karena itu, pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang ini menyatakan, budaya menghidupkan hazard kala hujan harus segera dihentikan.

mana ada kursusan mengemudi yang memberikan pendidikan macem gini, pak? kebanyakan cuma sing penting bisa nyetir, kasi sim, beres! lagipula saat ujian sim juga banyak tuh yang buhungan. dateng tinggal potret duang, gak berapa lama sim-pun jadi. akhirnya, beginilah wajah para pengemudi di indonesia.

Lampu belakang berwarna merah, merupakan pilihan tepat bagi upaya memberitahukan posisi mobil. Pilihan warna ini telah melalui serangkaian riset pabrikan otomotif selama bertahun-tahun. Artinya, hanya warna itu yang dianggap aman dan bisa menembus gelombang cuaca hujan hingga kabut.

tapinya lagi, banyak tuh yang malah mengganti lampu belakangnya dengan yang transparan alias bening. masi mending kalo bohlam lampunya berwarna merah. ada yang tetep asli sehingga sering bikin silau. juga ada yang warna-warni disesuaikan ama body paint, gitu juga dengan lampu sign.
blun lagi faktor headlight yang makin hari keknya makin berlomba paling terang dan paling tinggi sorotan lampunya. weleh...
mungkin soal ini lebih karena banyaknya lampu penerangan jalan yang kurang terang atau bahkan gak ada lampu penerangan jalannya sama sekali.

User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Re: Adab Menyalakan Lampu Hazard

Post by Chalupa »

Equalizer wrote:Penting untuk dibaca dan dimengerti 8)
Eh anu, udah dibaca sih, tapi cuma itu lho..............belon nangkep
*pasang tampang lemot* :e-shifty:
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

hehehe benul om bunbun..
itu yg saya betul2 gak ngerti, kadang saya aja penasaran sama mobil2 yg lampu remnya di-itemin karna bodynya item .. itu kalo nyala siang apa ya terang, terus kalo kita tabrak dari belakang enak tuhh

bilang aja " lah mobil anda lampu remnya gak nyala " Image

yaa paling tidak fenomena mobil masih lebih "normal" timbang para pemakai motor ..

motornya sih keluaran taun 2004, tapi kalo belok bablasss ajaaaa gak pake nyalain lampu sein Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Nyalain hazard menurut gw sih sebetulnya ngebantu pengemudi laen agar lebih hati2 dan lebih waspada. Apalagi pas waktu hujan besar dan pandangan terbatas, jelas hazard ngebantu banget. Dari jauh udah keliatan tuh hazard. Otomatis pengemudi yang laen pelan2 kan. Kalo ngga pake hazard kadang ngga keliatan, taunya udah deket baru keliatan !

Emang. ... salah besar pake hazard ketika hujan besar. Tapi inget loh ! Kebanyakan mobil sini kan ngga dilengkapi dengan rear foglamp ! Jadi hazard adalah cara yang paling efektif.

Itu hanya opini saya aja... mohon pendapat yang laen.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

To : bung Eq n bunbun

Sebetulnya di Eropa sana, lampu dengan cover hitam itu legal untuk dipasang. Barangnya pun dikeluarkan oleh pabrikan HELLA. Dan biar nyala siang juga tetep terang. Karena sudah disesuaikan antara watt dan kegelapan cover. Jadi biarpun dihitamkan sesuai warna bodi yang juga item, tetep terang !

Sayangnya di sini, entah bahan apa yang dipake buat itemin tuh cover lampu ! Ada yang pake stocking segala lagi ! Heehehe kacau. Ada yang pake sticker dan juga di pilox... Jadi jelas ngga terang...

Maunya ikutin HELLA tapi caranya salah ...
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

DigitALL wrote:Emang. ... salah besar pake hazard ketika hujan besar. Tapi inget loh ! Kebanyakan mobil sini kan ngga dilengkapi dengan rear foglamp ! Jadi hazard adalah cara yang paling efektif.

Itu hanya opini saya aja... mohon pendapat yang laen.
pendapat saya bole ndak :D :D :D

gini lo kk DigitALL.. kalo menurutku, cukup menyalakan lampu belakang (lampu yg normal, blom di cat) sudah keliatan kok.. (bukan bgitu ya?)

Rearfoglamp? apa kk DigitALL ingin bagi bagi lampu ini ke kita kita di sm? :D :D :D
B6133PJO
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

DigitALL wrote:Sayangnya di sini, entah bahan apa yang dipake buat itemin tuh cover lampu ! Ada yang pake stocking segala lagi ! Heehehe kacau. Ada yang pake sticker dan juga di pilox... Jadi jelas ngga terang...

Maunya ikutin HELLA tapi caranya salah ...
betul skali kk DigitALL..

Kalo HELLA mengeluarkan warna nya hitam, ya pasti setidaknya memenuhi standard.. tapi kalo lampu warna merah/orange/kuning standardnya, tapi di cat jadi item, ya jelas jadi gak standard, dah malah mengacaukan...
B6133PJO
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Jelas lah kalo Hella pasti sudah memenuhi standar. Tapi orang sini kurang peduli ma hal kaya gitu, entah karena ceroboh apa ndak bisa beli sih :roll: :roll: ?
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

halam soale. yang murah kan tinggal beli pilox, semprot, jadi. apalagi yang pake kaen gitu... :mrgreen:
ada juga tuw yang sengaja masang lampunya salah. lampu rem dipasang di sign... :roll:

@Equ: iya tuw, motoy baru belok bablas. diprutulin pula...

ng... satu neh.
mobil2 keluaran baru banyak tuh yang lampunya kristal [?] jadi bening dan nyala terang. tapi kalo mau jujur, buat pengendara yang berada di belakangnya sering kesilauan lho, gue nih contohnya. kalo mobil depan dah ngerem atau ngasi lampu sign, pasti silau deh. apalagi yang pake lampu rem tambahan.
ada yang ngalamin juga gak? trus gimana dengan peraturannya?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

bener sih dd ste. Lampu normal juga udah cukup, tapi kadang2 ngga keliatan dari jauh karena terhalang oleh hujan yang deras. Ketika udah deket baru keliatan. Sedangkan kalo hazard nyala, dari jauh udah keliatan. Jadi masih ada jarak untuk nge rem dan nge hindar. Berdasarkan pengalaman kk sih begitu ya... But, semua pendapat kadang bisa benar dan juga salah.

Rearfoglamp nya ntar dibagi2 ke friend2 di SM, asal udah lunas dulu. Hehehe ... =)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Orang sini ngga bisa beli yang keluaran HELLA, mungkin karena ngga kebeli karena memang harganya lumayan mahal. Apalagi yang sudah ber LED.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo yang pasang lampu sign dan rem nya kebalik-balik. Itu kadang si pemasangnya juga yang salah pasang. Tapi ada juga yang pemiliknya maunya dibalik2 biar laen dari yang laen. Kacau ? Emang ! Hehehe ... =)

Sebetulnya terlalu silau atau watt nya besar juga ngga bener karena selain bikin silau bisa juga membahayakan yang laen. Pernah ngalamin sih, tapi yang untungnya ngga terus2an dibelakang mobil tsb.
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

sebenernya lampu yg paling kacau kalo dibolak balik itu, lampu PUTIH (rear) tapi dijadikan rem.. :D
B6133PJO
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

lebih kacau lagi kalo gak ada lampunya. maen belok, maen atret, ngerem... blah... mending kalo gue pake panser, biar nubruknya enak... :mrgreen:
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

art3m1s wrote:sebenernya lampu yg paling kacau kalo dibolak balik itu, lampu PUTIH (rear) tapi dijadikan rem.. :D
asal pake bohlam merah gakpapa ste .. toh lampu sen juga pake mika putih :wink:
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

Wekzzzzzzzz....... maksudnya nyalanya terlihat putih.. :D suka kadang menyesatkan ;)
B6133PJO
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Iya seh yg paling parah kalo ngga nyala lampunya. Kalo ketubruk ... kira2 siapa yang salah ya ? Semoga peraturan di sini bisa bertindak secara adil !
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

damai aja deh pak...
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Post by art3m1s »

gak bisa gitu donk, kamu harus ganti
B6133PJO
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

To : bunbun

Damai ? Gud idea ! Tapi itu kalo mobil di asuransi loh !

Kalo ngga diasuransi ? Kamu harus ganti ( si mobil yang lampunya ga nyala ! ). Sperti kata dd ste (artemis). Peraturan bener2 harus ditegakkan !
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

heheheh, maksute damai ama pak pulisinya gityuh.

eh, tapi misalnya karena dia gak pake lampu [gak nyala] dan ketrubruk ama kita [berarti gak sengaja] mosoan kita juga sih yang mesti ganti?

ada kejadian neh, hari minggu maren. depan gue, sekira 10 meteran ada bapak dah tua, mbonceng istrinya . dari arah depan ada truk dah ngasi lampu sign belok kanan [artinya dia mau belok kiri kalo dari arah pandangan gue].
jalan biasa aja, dengan pengertian si truk itu bakal memperlambat lajunya karena logikanya dia nyebrang [motong] jalur.
gak disangka, langsung bablas belok! wuihh, jelas banget tuh bapak yang naek motoy langsung nabrak bagian pantat truk walopun masi sempet ngerem abis-abisan. blah, gak ada ngerem sedikitpun itu truk, langsung maen kabur.

gue ama temen yang kebetulan banget di belakang mereka, gak kepikiran buat jadi sok heroik dengan bantu ngejar lha wong selain truk itu ngebut masuk ke jalan kecil, i mean: truck vs sedan?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo damai ama pak polisi ujung2nya harus keluar uang. Kira2 begitu lah...

Kalo kita nabrak mobil yang lampunya ngga nyala, bagaimanapun harusnya salahnya dia. Modal atuh beli bohlam... Pokoknya kita jangan mau ganti rugi !
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

ada rule-nya gak sih? kok kebanyakan yang nabrak yang disalahin. tapi kan mestinya liat sikon dunk.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

bunbun wrote:ada rule-nya gak sih? kok kebanyakan yang nabrak yang disalahin. tapi kan mestinya liat sikon dunk.
gak ada aturan khusus , yang ada cuman ada kalo tabrakan pasti salah satu ada yang ngelanggar aturan lalu lintas atau lagi lalai berkendara Image

contoh kasus misalnya ditabrak dari belakang karena yang depan ngerem mendadak .. nah kayak gini mah pinter2nya kita ngotot aja en adu argumentasi terakhir maen back-up Image