Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
setuju dengan pendapat bung risol1. yang pernah saya baca, untuk mobil2 seperti Daihatsu Sirion dan Daihatsu Terios/Bego basisnya yang desain dari awal adalah Daihatsu. Cuma di rebadge jadi Toyota Passo ama Rush.
Beda dengan Avanza Xenia seperti yang disebutin bung Risol (baru semalem gw makan risol, nah lho )
Iya asalanya lahir dari Daihatsu Be-go.
Nah yg sudah jadi "Rush asli/cbu" aja ternyata standarnya beda dgn Ruster yg disini.
Be-go / "Rush asli/short" itu paling tidak ada bbrp perbedaan mencolok spt:
1. Transmisi a/t sptnya sudah electronic, krn model gate dan shift nya beda, posisi in-dash.
2. Bobot Be-go/Rush(Short chasis) jauh lebih berat, bahkan drpd Long chasis Ruster; maybe chasis stiffness nya juga beda antara Rush dan ruster.
Selain misi low-cost development utk small cars; Meenjadikan sangat mungkin sekali toyota merebadge produk daihatsu jadi toyota selama daihatsu itu masih ada kepemilikan mayoritas oleh induk companynya; & nextnya akan banyak produk daihatsu re-badge ke toyota.
Yg paling nyata ; Driving experience, NVH, & mesin rush ini (juga toyo-daihatsu2 lain) ternyata masih beda jauh dgn khas toyota global even yg toyota IMV.
GTR wrote:Iya asalanya lahir dari Daihatsu Be-go.
Nah yg sudah jadi "Rush asli/cbu" aja ternyata standarnya beda dgn Ruster yg disini.
Be-go / "Rush asli/short" itu paling tidak ada bbrp perbedaan mencolok spt:
1. Transmisi a/t sptnya sudah electronic, krn model gate dan shift nya beda, posisi in-dash.
2. Bobot Be-go/Rush(Short chasis) jauh lebih berat, bahkan drpd Long chasis Ruster; maybe chasis stiffness nya juga beda antara Rush dan ruster.
Selain misi low-cost development utk small cars; Meenjadikan sangat mungkin sekali toyota merebadge produk daihatsu jadi toyota selama daihatsu itu masih ada kepemilikan mayoritas oleh induk companynya; & nextnya akan banyak produk daihatsu re-badge ke toyota.
Yg paling nyata ; Driving experience, NVH, & mesin rush ini (juga toyo-daihatsu2 lain) ternyata masih beda jauh dgn khas toyota global even yg toyota IMV.
setau gw sih A/T nya Rush/Terios juga model gate. CMIIW d, karena pernah liat di brosur doang, ga pernah liat secara fisik.
Gw awam mesin, tapi setau gw sih A/T model gate ga berarti electronic dsb. Model gate ya VS model lurus saja, dalam model lurus pindah2 transmisi perlu pencet tombol, sedangkan dalam model gate ga perlu.
Untuk Rush-Terios ga dipromosiin Super ECT nya kaya Innova, asumsi maticnya memang konvensional saja.
Mksdnya: lever a/t yg BE-go/Rush(short) itu malah model biasa tanpa gate (cmiiw), tuasnya beda, posisinya agak tingggi mirip in-dash jadinya (foto2 & spec dari tabloid otomotif, property of Ivan's motor).
Betul, model lever & gate tidak korelasi ke (=belum tentu) Elektronis (spt di ruster), tapi most mobil Cbu sepertinya sudah elektronis.
sorry bung GTR, saya yang salah tangkap berarti, gara2 kurang tidur jadi rada lelet otaknya
kalo ga salah dashboardnya Ruster lokal 100% beda d ama desain Bego di Jepang.
iya transmisinya di dashboard mirip2 Stream
gw inget pertama lihat gambar Bego n naksir banget. Tapi begitu lihat Ruster lokal wah agak ilfil. Lebih ilfil lagi lihat harganya yang menurut gw agak2 overpriced (tapi kalo terlalu murah mau dikemanain mobil kaya Avanza-APV ya?)
buat mobil kecil kan Toyota mank perintahin daihatsu yg bikin secara daihatsu di Jepang ny cm dikenal sebagai pembuat mobil kecil.Gw suka Rush tp NVH ny bnran Daihatsu pny..hrg ny jg ketinggian d..
Sharing dan rebadging mobil dimana mana lumrah, bukan di Indonesia aja - dan certainly bukan kerjaan TAM saja. Ada Suzuki disini yg jadi Chevrolet di Amerika. Mitsubishi pun ada yg jadi Peugeot/Citroen. Nissan jadi Suzuki. Jual beli parts/platform apalagi...transmisi automatic BMW 5-series banyak yg buatan GM. Ford juga ada yg pake mesin Yamaha.
So what's the problem? Rush sini beda sama Jepang? Yah biasa menyesuaikan dengan market dan daya beli disini. Kalo pernah liat Camry versi USA, gak ada yg bakalan bilang itu mobil mewah. Biasa banget, beda dengan Camry Indonesia.
Kalo saya lihat Rush cukup bagus untuk harga 150-160an, baru kemaren liat2 nemenin temen. Dia mau beli Avanza (budget 150), tapi saya usulkan Daihatsu Terios aja, harga nggak terlalu jauh tampang jauh lebih gagah.
cuma aja dari daihatsu, ada bbrp standar yg masih jauh dari merk lainnya apalagi khas toyota asli (global & IMV), terutama tebal plat body, bantingan/Shockabsorber, & NVH.
Untuk SUV(CUV) yg irit, Ruster adalah pilihan terbaik krn 1500cc, FC nya jadi termasuk luar biasa utk SUV.
@GTR : saya rasa sama bro... hanya rebadge dan asesoris saja keknya... soalnya setau saya, rush dan terios dibuat barengan di pabrikan daihatsu... jadi based nya tidak dibedakan sama sekali... apalagi body, satu bahan dan cetakan.
correct me if salah...
Apakah tangan saya yang terlalu pendek atau letak senderan tangan dipintu yang terlalu rendah?
Kalau di mobil lain... sambil menyetir, tangan kanan disenderkan ke pintu... rasanya pas sekali tempatnya.. tapi kalau di RUSH/TERIOS ini kok rasanya terlalu rendah ya... Apakah hanya berbeda ukuran tangan orang saja... heheheeee...
Ada yang ikut milis TeRuCI (Terios Rush Club Indonesia)....? Belum lama ini ada cewe yang terkagum-kagum dengan Terios/Rush ini..... Kebetulan Bapaknya pakai Nissan Xtrail dan kakaknya pakai Ford Escape yang 4x4 V6-3.0L. Menurut beliau Terios/Rush hanya beda tipis dengan kedua mobil milik keluarganya itu....
reviewnya cukup ok lah heheheeee...????
sandaran tangan memang rendah , om... coba lihat yg terios ini, om... rendah kan ya?
hehehehe... kalo direview itu kata beliau mempunyai 4roda, punya lampu dan di gas jalan... beda tipis, om... bener deh...
jangan2, beliau nyoba XL7 reviewnya grand vitara/escudo dipanjangin bodynya... ???
poeticmind wrote:waaaa! masa? sama fortuner??! gedenya aja beda, sen... bisa terkecoh? hahahaha gitu ya?
kalo gue, kadang suka ga bisa bedain... rush ama terios...
maksudnya bagi orang yang ga tau bisa terkecoh.....apalagi dulu pas Rush-Terios baru2 keluar.....
size-nya sih beda, tapi mirip......
kalo ama gw sih ya pasti ketauan bedanya...
"Fortuner Junior" nih....hehehe....
tapi rush/terios ini lumayan lho sen, gue coba... okelah dibanding avanza/xenia.
cobain deh, tapi ke showroomnya naek sepeda ya... jangan xtrail, ntar beda rasanya... hahahaha!
iya, bro poetic.
Terios & rush sama persis satu cetakan, persis xeniavanza dari pabrik daihatsu.
Maksudnya yg "cuma aja dari daihatsu" itu : pemilihan merk daihatsu yg jadi basis, kan jadi jauh sekali dari khas/tradisi toyota terutama: NVH, plat body, bantingan.
kan kalo rebadge dari pabrikan merk lain gitu masih lebih better deh.
[quote="poeticmind"]@Fortuner : betul...
@GTR : saya rasa sama bro... hanya rebadge dan asesoris saja keknya... soalnya setau saya, rush dan terios dibuat barengan di pabrikan daihatsu... jadi based nya tidak dibedakan sama sekali... apalagi body, satu bahan dan cetakan.
correct me if salah...[/quote]
Hansen wrote:
maksudnya bagi orang yang ga tau bisa terkecoh.....apalagi dulu pas Rush-Terios baru2 keluar.....
size-nya sih beda, tapi mirip......
kalo ama gw sih ya pasti ketauan bedanya...
"Fortuner Junior" nih....hehehe....
tapi rush/terios ini lumayan lho sen, gue coba... okelah dibanding avanza/xenia.
cobain deh, tapi ke showroomnya naek sepeda ya... jangan xtrail, ntar beda rasanya... hahahaha!
poeticmind wrote:rush-terios: design by toyota, production by Daihatsu. so, jangan kaget kalo saya bilang rush dan terios diproduksi oleh daihatsu. correct gue if asbun...
note : 51% saham daihatsu punya toyota. hehehe... so again, daihatsu jangan dianggap dibawah toyota (hanya di indonesia yg punya pandangan begini). karena toyota lah yg punya sebagian lebih daihatsu saat ini... jadi jika meragukan daihatsu, sama saja dengan meragukan kualitas toyota.
let say, subaru akan diambil oleh toyota... plan nya begitu... dan produksi akan diserahkan ke daihatsu. nah lho...
sooooooo again, jangan kaget... mungkin suatu saat... camry, vios, yaris, fortuner, harrier dan lain2... diproduksi oleh....
daihatsu.
Ini cuma IMO ya:
Avanza-Xenia didesign oleh kolaborasi Toyota-Daihatsu dan Avanza/Xenia adalah produk original dari kolaborasi "TOYODA", sedangkan RusTer adalah re-badge dari Daihatsu Be-Go yg dipanjangkan, jadi produk "asli"nya adalah Daihatsu Bego dan kemudian menjadi Rush/terios di Indonesia. Jadi Kolaborasi TOYODA tidak mendesign RusTer, tapi hanya mencontek Daihatsu Be-go (CMIIW)
setuju sob ,ini emang hasil kolaborasi Toyo-Da jepang ( Daihatsu BeGo sm Toy Rush), tapi krn mobil ini diMelarkan panjangnya ane jd ragu sm kestabilan n handlingnya. Krn prod sebelumnya yg D.Taruna alias Terios di Jpg jg pake "resep" yg sama hasilnya IMHO kurang stabil. No offense sob.
waktu saya test drive terios sih... stabil, meskipun agak keras... but much better than avanza... jauh lah. soal handling, fine2 aja... malah kalo saya bilang, ga kalah sama kijang...
di 125km/jam masih oke, saya ga lebih... soalnya si manis dari showroom udah pegang pundak saya... "mas..." katanya...
yg menjadi kekurangan, hanya soal peredam-an saja... kurang sunyi.
Barunya memang enak, sepertinya mirip xeniavanza, kalo udah lama dengungan / getaran kopel di Kecepatan tinggi terasa (tp much better dr taruna), ini beda daripada even kijang kapsul / innova bisa bikin kopel silent & bebas dengung.
Juga karakter bantingannya melintasi jalanan bergelombang lebih mudah terguncang2 penumpangnya;
beda dgn kijang kapsul gitu (ini contoh aja) absorbnya jauh lebih natural, terutama terasa saat melintas polisi tidur.
kalo pendapat pribadi sih: kurang keras di kecepatan tinggi, tapi kekerasan juga di kecepatan rendah..
nah kalo soal bantingan... wajar lah, masih bisa ditoleransi...
ya itu tadi.... kekurangan nya kurang silent... makanya banyak yg pasang peredam tambahan. (ada dalam paket penawaran kalo diliat kemaren...). but so far, saya masih berharap di terios over rush...
enak lah buat mobil keluarga...