Komplain Nissan Livina di Detik.com
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
Komplain Nissan Livina di Detik.com
mohon maaf kalau salah tempat dan mohon dipindahkan.
apa benar sich krn pengisian air berlebihan smp bisa bisa merusak kopling, dan dengar-2 yg punya ngotot mintauang dikembalikan nich.
ini bukan memnjelekkan suatu merk tapi ingin mencari kebenaran dari penyebab kerusakan tsb.
Berita di Suara Pembaca Detik.com
>
> Nissan Just Saying "I'm Sorry about Your Car"
> Pengirim: Roma B Nasution
>
> Saya sungguh dikecewakan dan merasa disepelekan oleh Nissan Motor
Indonesia. Mobil Grand Livina 1.8 Ultimate yang saya beli langsung ke
dealer resmi Nissan di Pondok Indah (seberang Mall Pondok Indah)
seharga hampir 200 juta sekitar 7 bulan yang lalu (Juli 2007) dan
baru saya gunakan sejauh 5120 km sudah mengalami kerusakan yang
parah. Terlebih kerusakan tersebut pada bagian yang sensitive
terhadap control mobil dan keselamatan pengguna yaitu pada kopling
dan stir.
>
> Koplingnya ngadat dan ada bunyi pada stir saat berbelok. Awalnya
hal ini sudah saya laporkan ke pihak Nissan Pondok Indah dan menginap
36 jam di bengkel resmi Nissan tersebut untuk perbaikan. Namun, pada
saat dibawa pulang dari bengkel penyakit kopling tersebut kambuh lagi
sehingga menggangu konsentrasi menyetir yang sekaligus memposisikan
pengguna dalam kondisi yang berbahaya karena mobil sulit
dikendalikan. Akhirnya kopling tersebut blong sama sekali.
>
> Dari sini saja dapat disimpulkan bahwa Nissan sangat tidak hati-
hati atas produknya. Juga atas service yang diberikannya. Bagaimana
mungkin kendaraan (yang ternyata masih rusak) bisa diizinkan pulang
dari bengkel resmi Nissan dan dinyatakan sudah diperbaiki.
>
> Sungguh suatu keteledoran yang bisa berakibat fatal buat customer-
nya.
> Saya sampaikan complain resmi ke Nissan via email dan fax atas
kejadian tersebut, namun reaksinya sangat standar. Terkesan dingin
dan justru melemparkan kesalahan ke konsumen. Just saying "I'm sorry
about your car", kerusakan ini karena anda mengisi air aki secara
berlebihan.
>
> Tidak ada introspeksi diri selaku produsen dan sama sekali tidak
memikirkan bagaimana kejadian tersebut telah menjadi pengalaman buruk
bagi saya dan keluarga. Belum lagi kerugian-kerugian lainnya yang
timbul sebagai akibat rusaknya mobil tersebut seperti terhambatnya
mobilitas, waktu, tenaga, pikiran, dan sebagainya.
>
> Kepada Nissan, mohon bertanggung jawab atas produkya. Jika baru km
5120 saja ondisi mobil sudah seperti itu bagaimana anda bisa
memberikan garansi sampai km 100.000 (3 tahun). Jangan membuat
konsumen anda menghabiskan waktu hanya untuk bolak-balik ke bengkel
anda. Terutama jangan anda abaikan keselamatan pengguna mobil anda
hanya karena anda berupaya menekan ongkos produksi / service atau
karena anda lagi kebanjiran order.
>
> Kepada Media otomotif mohon tidak terburu-buru memberikan
rekomendasi. Jangan hanya berdasarkan pengalaman test drive selama 30-
60 menit, anda langsung ambil kesimpulan.
>
> Akhirnya kepada masyarakat Indonesia harap berhati-hati sekali
terhadap produk–produk Nissan khususnya Grand Livina. Saya dan
keluarga adalah saksi korban dari Nissan.
>
> Roma B Nasution
> Menara Bidakara lt 11
> Jl Jendral Gatot Subroto Kav 71-73 Jakarta
> rbnasution@. ..
> 08121064640
>
apa benar sich krn pengisian air berlebihan smp bisa bisa merusak kopling, dan dengar-2 yg punya ngotot mintauang dikembalikan nich.
ini bukan memnjelekkan suatu merk tapi ingin mencari kebenaran dari penyebab kerusakan tsb.
Berita di Suara Pembaca Detik.com
>
> Nissan Just Saying "I'm Sorry about Your Car"
> Pengirim: Roma B Nasution
>
> Saya sungguh dikecewakan dan merasa disepelekan oleh Nissan Motor
Indonesia. Mobil Grand Livina 1.8 Ultimate yang saya beli langsung ke
dealer resmi Nissan di Pondok Indah (seberang Mall Pondok Indah)
seharga hampir 200 juta sekitar 7 bulan yang lalu (Juli 2007) dan
baru saya gunakan sejauh 5120 km sudah mengalami kerusakan yang
parah. Terlebih kerusakan tersebut pada bagian yang sensitive
terhadap control mobil dan keselamatan pengguna yaitu pada kopling
dan stir.
>
> Koplingnya ngadat dan ada bunyi pada stir saat berbelok. Awalnya
hal ini sudah saya laporkan ke pihak Nissan Pondok Indah dan menginap
36 jam di bengkel resmi Nissan tersebut untuk perbaikan. Namun, pada
saat dibawa pulang dari bengkel penyakit kopling tersebut kambuh lagi
sehingga menggangu konsentrasi menyetir yang sekaligus memposisikan
pengguna dalam kondisi yang berbahaya karena mobil sulit
dikendalikan. Akhirnya kopling tersebut blong sama sekali.
>
> Dari sini saja dapat disimpulkan bahwa Nissan sangat tidak hati-
hati atas produknya. Juga atas service yang diberikannya. Bagaimana
mungkin kendaraan (yang ternyata masih rusak) bisa diizinkan pulang
dari bengkel resmi Nissan dan dinyatakan sudah diperbaiki.
>
> Sungguh suatu keteledoran yang bisa berakibat fatal buat customer-
nya.
> Saya sampaikan complain resmi ke Nissan via email dan fax atas
kejadian tersebut, namun reaksinya sangat standar. Terkesan dingin
dan justru melemparkan kesalahan ke konsumen. Just saying "I'm sorry
about your car", kerusakan ini karena anda mengisi air aki secara
berlebihan.
>
> Tidak ada introspeksi diri selaku produsen dan sama sekali tidak
memikirkan bagaimana kejadian tersebut telah menjadi pengalaman buruk
bagi saya dan keluarga. Belum lagi kerugian-kerugian lainnya yang
timbul sebagai akibat rusaknya mobil tersebut seperti terhambatnya
mobilitas, waktu, tenaga, pikiran, dan sebagainya.
>
> Kepada Nissan, mohon bertanggung jawab atas produkya. Jika baru km
5120 saja ondisi mobil sudah seperti itu bagaimana anda bisa
memberikan garansi sampai km 100.000 (3 tahun). Jangan membuat
konsumen anda menghabiskan waktu hanya untuk bolak-balik ke bengkel
anda. Terutama jangan anda abaikan keselamatan pengguna mobil anda
hanya karena anda berupaya menekan ongkos produksi / service atau
karena anda lagi kebanjiran order.
>
> Kepada Media otomotif mohon tidak terburu-buru memberikan
rekomendasi. Jangan hanya berdasarkan pengalaman test drive selama 30-
60 menit, anda langsung ambil kesimpulan.
>
> Akhirnya kepada masyarakat Indonesia harap berhati-hati sekali
terhadap produk–produk Nissan khususnya Grand Livina. Saya dan
keluarga adalah saksi korban dari Nissan.
>
> Roma B Nasution
> Menara Bidakara lt 11
> Jl Jendral Gatot Subroto Kav 71-73 Jakarta
> rbnasution@. ..
> 08121064640
>
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
no comment deh... biar pada baca n tarik kesimpulan sendiri aja 

Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Sampe segitunya yah boss...
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
apa hubungannya dengan mengisi air aki secara berlebihan dengan koplingnya yah? 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
cukup aneh kasusnya..... 

wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
makanya kita nonton aja deh
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
part I (q4 2007): di MKG3
part II (q1 2008): di Nissan Pondok Indah
part III : artikel apa lagi ya..
part IV : ???
part V : ???
part VI : ?
part II (q1 2008): di Nissan Pondok Indah
part III : artikel apa lagi ya..
part IV : ???
part V : ???
part VI : ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
isi air aki walopun klbhn bkn ny ga bs ngacir keluar kl dah ttp rpt aki ny?? ko enteng bgt y nanggepin keluhan konsumen ny??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
kalo diturunan belumGTR wrote:part I (q4 2007): di MKG3
part II (q1 2008): di Nissan Pondok Indah
part III : artikel apa lagi ya..
part IV : ???
part V : ???
part VI : ?




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
kacian juga si GL ini.... 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
- Location: Jakarta Selatan
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Belum ada tanggapan dari Nissan yah...
ID42NER - TOYOTA FORTUNER CLUB OF INDONESIA
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
http://www.id42ner.org | http://groups.yahoo.com/group/id42ner | http://fortunerforum.fr.yuku.com/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
udah capek kali ya..
bulan depan ada chapter komplain heboh lagi gara2 mobilnya cuma dipanaskan...
bulan depan ada chapter komplain heboh lagi gara2 mobilnya cuma dipanaskan...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Apr 30, 2007 5:20
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Kita tunggu aja tanggapan dari pihak Nissan Motor Indonesia, halo NMI.....
Get home safe, respect road rules !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Di GL/XR, pada bagian gear box yg lokasinya dibawah accu, ada part yg namanya CSC (Consentric Slave Cylinder). Nah, part ini kalau terkena air accu, akan bikin kopling nge-loss. Jadi, hati2 kalo nambahin air accu, jangan sampai kepenuhan.
CSC ini cukup sensitif & tidak boleh dipasang ulang bila telah dicopot, harus ganti baru.
Sekilas mengenai CSC :
The concentric slave cylinder assembly is designed to operate directly in front of the clutch cover assembly.
The unique design eliminates the need for complex and sometimes expensive clutch release fork and linkage mechanisms.
Direct hydraulic load applied to the clutch via the master cylinder and concentric slave cylinder provides less pedal effort, and overcomes the possible loss of bearing travel due to wear often associated with conventional linkage or cable type systems.
Bro disini semua ini saya dapat dari sumber terpercaya! bisa dipertanggung jawabkan..
Jadi permaslahan sudah selesai.. Untuk pemilik grand livina disarankan untuk berhati hati dalam pengisian air ACCU.
CSC ini cukup sensitif & tidak boleh dipasang ulang bila telah dicopot, harus ganti baru.
Sekilas mengenai CSC :
The concentric slave cylinder assembly is designed to operate directly in front of the clutch cover assembly.
The unique design eliminates the need for complex and sometimes expensive clutch release fork and linkage mechanisms.
Direct hydraulic load applied to the clutch via the master cylinder and concentric slave cylinder provides less pedal effort, and overcomes the possible loss of bearing travel due to wear often associated with conventional linkage or cable type systems.
Bro disini semua ini saya dapat dari sumber terpercaya! bisa dipertanggung jawabkan..
Jadi permaslahan sudah selesai.. Untuk pemilik grand livina disarankan untuk berhati hati dalam pengisian air ACCU.
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
^^ yah... ternyata kasus salah design neh.... alat penting narohnya sembarangan..... 
jadi klo punya GL wajib beli accu kering dong....

jadi klo punya GL wajib beli accu kering dong....

wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
^^ kalo dari baru dapetnya accu basah berarti recommendednya (dari NMI) memang accu basah dong?
dan semestinya sebuah mobil baru kalo cuma ketumpahan air accu aja gak bisa/boleh langsung jebol koplingnya....namanya juga produk massal yang dijual umum ke masyarakat biasa bukan dijual ke mekanik mobil yang bisa tuang accu tanpa tumpah2.
dan semestinya sebuah mobil baru kalo cuma ketumpahan air accu aja gak bisa/boleh langsung jebol koplingnya....namanya juga produk massal yang dijual umum ke masyarakat biasa bukan dijual ke mekanik mobil yang bisa tuang accu tanpa tumpah2.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Bro disini semua saya melihat customer yg ketiban sial itu begitu emosi sampai menjelek-jelekkan bengkel nissan bahkan media otomotif saya yakin ,media otomotif tidak sembarangan memberi rekomendasi sebuah produk dan bengkel nissan memiliki standar tertentu yg telah memenuhi persyaratan..
Back to fact..Kalo memang kesalahan/kelalaian dari customer sendiri ya jadi tanggung jawab customer itu juga..
Mana ada orang yang mau menanggung kesalahan orang lain (hare gene)..he he he
Back to fact..Kalo memang kesalahan/kelalaian dari customer sendiri ya jadi tanggung jawab customer itu juga..
Mana ada orang yang mau menanggung kesalahan orang lain (hare gene)..he he he
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
^^ maap no offence yah.... accu bawaan GL knapa ga pke yg type kering yah.... biar customernya merasa lebih aman
klo accu bawaannya type basah berarti memancing orang untuk mengisi carirannya.... yg ujung2 nya klo kelebihan air bisa merusak alat yg d bawahnya 


wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Maksudnya tumpah tuh, isinya accu yang sudah ada H2SO4nya(accu zuur) meluber dari dalem accu saat ditambah air accu(air suling)..
bukan air accu (yang biasa kita isi) yg tumpah kalo air accu kan air suling ga mungkin bisa buat kopling jebol.(asal ga meluber dari accunya)
bukan air accu (yang biasa kita isi) yg tumpah kalo air accu kan air suling ga mungkin bisa buat kopling jebol.(asal ga meluber dari accunya)
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
^^ yah itulah Bro... luberan air accu yg aku maksud... karena tradisi di indo adalah lebih baik lebih dr pada kurang...., orang cenderung akan mengisi air accu sampe luber...
coba klo dr OEM nya pke accu kering orang ga bakalan ada niat'an untuk nambahin sampe luber 


wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
sampe sekarang gw masih percaya bahwa bikin mobil itu bukan kaya bikin kacang goreng. Perlu perencanaan yg matang untuk menjadikan lempengan2 besi, mur2/baut2, dsb untuk menjadi sebuah mobil yg nyaman. Jadi sampe saat ini gw jg masih percaya bahwa customer yg komplain tsb either:
1. salah pemakaian (mungkin tuang air accu kelebihan ditambah hal2 lain yg dia engga ceritain di koran)
OR
2. lagi sial aja dapet mobil cacat produksi. dan menurut gw wajar lah dari sekian ribu mobil ada satu dua yang kurang memenuhi standard (merek2 lain yg lebih tenar pun gak luput dari hal ini).
Tapi produsen mobil (dalam hal ini NMI) juga harus fair kalo memang kesalahan datang dari pihak dia. Ngaku aja salah dan umumin recall perbaikan gratis......gentleman kan?
soalnya nissan itu merek bagus dengan produk2 yg sangat berkualitas, jangan sampe merusak image sendiri gara2 salah satu produknya bermasalah dan lalu terkesan lepas tangan.
1. salah pemakaian (mungkin tuang air accu kelebihan ditambah hal2 lain yg dia engga ceritain di koran)
OR
2. lagi sial aja dapet mobil cacat produksi. dan menurut gw wajar lah dari sekian ribu mobil ada satu dua yang kurang memenuhi standard (merek2 lain yg lebih tenar pun gak luput dari hal ini).
Tapi produsen mobil (dalam hal ini NMI) juga harus fair kalo memang kesalahan datang dari pihak dia. Ngaku aja salah dan umumin recall perbaikan gratis......gentleman kan?
soalnya nissan itu merek bagus dengan produk2 yg sangat berkualitas, jangan sampe merusak image sendiri gara2 salah satu produknya bermasalah dan lalu terkesan lepas tangan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
User kalo lalai seringkali memang emosi dan mencari alasan, mirip juga bengkel.
Mirip org kalo lalai isi tabung reservoir radiator sampai penuh melewati garis "max" nya yg biasanya setangah dari tabung reservoir. jadi tiap panas pasti meluber, ini bisa menyebabkan karat ke komponen di bawahnya, kebanyakan chasis yg kebetulan berbahan kuat.
Mirip org kalo lalai isi tabung reservoir radiator sampai penuh melewati garis "max" nya yg biasanya setangah dari tabung reservoir. jadi tiap panas pasti meluber, ini bisa menyebabkan karat ke komponen di bawahnya, kebanyakan chasis yg kebetulan berbahan kuat.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
Namanya product pasti ada yang komplain, mau mobil, komputer, susu bayi, kosmetik, dll....
Gue gak yakin GL segitu parahnya, itu customernya aja yg gak bener make/ngerawat mobilnya. Tapi NMI harusnya tanggung jawab tuh, masak customer service nya kayak gitu?
Gue gak yakin GL segitu parahnya, itu customernya aja yg gak bener make/ngerawat mobilnya. Tapi NMI harusnya tanggung jawab tuh, masak customer service nya kayak gitu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com
he2..mungkin mau aja tanggung jawab tapi sebatas repair, nah yg jadi masalah nya kan yg absorp costnya siapa, pasti usernya kali ini tidak mau.. susah deh.
Dan, say "Sorry" di perkataan disini sudah jelas bukan konotasi seolah2 Nissan yg minta maaf lho, mungkin juga memang karena bukan kesalahan mereka.
Itu lebih ke penyampaian personal (bukan 'we'/mewakili perusahaan) rasa "prihatin/turut peduli", mirip perkataan kita dlm menyampaikan perasaan prihatin ke org lain, kan.
Dan, say "Sorry" di perkataan disini sudah jelas bukan konotasi seolah2 Nissan yg minta maaf lho, mungkin juga memang karena bukan kesalahan mereka.
Itu lebih ke penyampaian personal (bukan 'we'/mewakili perusahaan) rasa "prihatin/turut peduli", mirip perkataan kita dlm menyampaikan perasaan prihatin ke org lain, kan.
Last edited by GTR on Fri Mar 07, 2008 2:49, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Re: Komplain Nissan Livina di Detik.com


Bahan untuk buat mobil gak ada yg tahan acid deh kecuali kalo ada yg udah bikin mobil pake bahan kaca atau intan.
Pelajaran bagi kita semua jangan main2 dengan air accu yg sudah di charge, ingat air itu sudah tercampur H2SO4 (corrosive) loh.
Juga kalo kurang tahu lebih baik kita cari tahu daripada sok tahu betull?! Soalnya ntar mobil bisa salah perawatan malah jadi rusak. http://en.wikipedia.org/wiki/Sulfuric_acid

Risol1 wrote:sampe sekarang gw masih percaya bahwa bikin mobil itu bukan kaya bikin kacang goreng. Perlu perencanaan yg matang untuk menjadikan lempengan2 besi, mur2/baut2, dsb untuk menjadi sebuah mobil yg nyaman. Jadi sampe saat ini gw jg masih percaya bahwa customer yg komplain tsb either:
1. salah pemakaian (mungkin tuang air accu kelebihan ditambah hal2 lain yg dia engga ceritain di koran)
OR
2. lagi sial aja dapet mobil cacat produksi. dan menurut gw wajar lah dari sekian ribu mobil ada satu dua yang kurang memenuhi standard (merek2 lain yg lebih tenar pun gak luput dari hal ini).
Tapi produsen mobil (dalam hal ini NMI) juga harus fair kalo memang kesalahan datang dari pihak dia. Ngaku aja salah dan umumin recall perbaikan gratis......gentleman kan?
soalnya nissan itu merek bagus dengan produk2 yg sangat berkualitas, jangan sampe merusak image sendiri gara2 salah satu produknya bermasalah dan lalu terkesan lepas tangan.