SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kompresi tergantung dari bukaan klep juga loh...
Kalo masih std... ya masih baik pake premium...
Ini kan mobil bukan buat kelas high... kelas normal buat daily di indo...
Pasti indomobil dah pikirin...
Kalo masih std... ya masih baik pake premium...
Ini kan mobil bukan buat kelas high... kelas normal buat daily di indo...
Pasti indomobil dah pikirin...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
sori-sori.. ada data yg salah.. Aerio mesinnya square stroke bos.. 78x78.. DOHC.. jago di putaran atas.. selama ini sih belum pernah ngelitik ditarik sampe redline..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
selain kompresi waktu pengapian jg nentuin ngelitik engganya kan? jd walaupun kompresi tinggi tp waktu pengapian d mundurin bisa aja pake premium cmiiw
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Jan 16, 2008 6:37
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Para Senior Yth,
Saya baru beberapa bulan pake All New Civic 1.8 AT, emang BBM yang direkomendasikan adalah Pertamax, tapi setelah saya pelajari di manual booknya ternyata masih bisa minum premium RON 88 tanpa timbal selama tidak ngelitik. Saya coba diminumin premium eh ternyata rasanya khok lebih bertenaga dibanding waktu pake pertamax dan nggak ngelitik lagi.
Pertanyaannya adalah apakah premium yg dijual di spbu itu emang benar bebas timbal (menurut info dari Pertamina bbrp waktu lalu emang premium di seluruh nusantara udah tanpa timbal), soalnya saya khawatir kalau masih pake timbal bisa ngrusak catalic converternya.
Nah, kalau menurut temen2 gimana baiknya ya, diterusin pake premium ato tetep minum pertamax ?
Salam,
Rav
Saya baru beberapa bulan pake All New Civic 1.8 AT, emang BBM yang direkomendasikan adalah Pertamax, tapi setelah saya pelajari di manual booknya ternyata masih bisa minum premium RON 88 tanpa timbal selama tidak ngelitik. Saya coba diminumin premium eh ternyata rasanya khok lebih bertenaga dibanding waktu pake pertamax dan nggak ngelitik lagi.
Pertanyaannya adalah apakah premium yg dijual di spbu itu emang benar bebas timbal (menurut info dari Pertamina bbrp waktu lalu emang premium di seluruh nusantara udah tanpa timbal), soalnya saya khawatir kalau masih pake timbal bisa ngrusak catalic converternya.
Nah, kalau menurut temen2 gimana baiknya ya, diterusin pake premium ato tetep minum pertamax ?
Salam,
Rav
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
bisa punya civic baru ternyata masih pengen make bensin murah nih bos? sayang atuh.. jangan nunggu ngelitik soale kalo terjadi ngelitik (detonasi) berarti kan sudah terjadi kelainan di fisik jeroan (bintik alus di piston/seher)?? pake ron 92 aja lah.. kalo ragu sama mereknya ganti merek lain, kan udah ada juga..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Yup...pertamina emang sudah supply premium(ron88) tanpa timbal. Tapi ya...tanki2 di spbu itu dari dolo kan biasa dipake buat premium+timbal, jadi mungkin aja kandungan timbalnya masih ada/tertinggal dari sisa2 premium jaman dulu...Rav55 wrote:Para Senior Yth,
Saya baru beberapa bulan pake All New Civic 1.8 AT, emang BBM yang direkomendasikan adalah Pertamax, tapi setelah saya pelajari di manual booknya ternyata masih bisa minum premium RON 88 tanpa timbal selama tidak ngelitik. Saya coba diminumin premium eh ternyata rasanya khok lebih bertenaga dibanding waktu pake pertamax dan nggak ngelitik lagi.
Pertanyaannya adalah apakah premium yg dijual di spbu itu emang benar bebas timbal (menurut info dari Pertamina bbrp waktu lalu emang premium di seluruh nusantara udah tanpa timbal), soalnya saya khawatir kalau masih pake timbal bisa ngrusak catalic converternya.
Nah, kalau menurut temen2 gimana baiknya ya, diterusin pake premium ato tetep minum pertamax ?
Salam,
Rav
Dan kalo emang spek mesinnya minta ron92 keatas, mendingan tetep kasih pertamax ajah pak...

Sama dengan kita kan, biasa makan nasi tapi kalo dipaksa makan gaplek toh tetep bisa kenyang dan ga "ngelitik" lagi


Lagipula, pake premium kan..ehmm...memberatkan negara buat subsidi-nya hahaha....


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
luar biasa bijaksana sekali atas gw ini, hehehe...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
ya kalo sekali2 lagi ga ada duid sih gpp.. Ha3..
Oiya, pertamax plus sekarang brp ya?
Kalo 50-50 premium + pertamax plus
Jadinya lbih murah dari pertamax ga?
Oiya, pertamax plus sekarang brp ya?
Kalo 50-50 premium + pertamax plus
Jadinya lbih murah dari pertamax ga?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Ya...pengecualian saat bokek deh...
PertaPlus hampir menyentuh 8000, minggu kmaren Rp.7850 (di semarang) ga tau kalo sekarang. Saya dulu pernah baca postingan PPT, kalo ga dianjurkan premium+pertaplus, lupa...kenapa alasannya, ta cari2 tred-nya ga ketemu....
Dulu saya pernah itung - itung (waktu pertaplus masih Rp.7300 vs. premium Rp.4.500), ternyata kalo diminumkan ke Santi saya, jatuhnya irit pertaplus, perhitungannya:
Premium dapet 1:4.5 (dalkot), alias Rp.4.500:4.5 = Rp. 1000/Km
Pertaplus dapet 1:7.5 (dalkot), alias Rp. 7.300:7.5 = Rp. 973.34/Km
Keuntungan laen, mesin dapet gizi cukup, soalnya minta RON92 keatas (kompresi mesin 10:1).
Tapi sekarang setelah pertaplus hampir Rp.8.000 (ato malah udah), vs.premium maseh Rp. 4.500,-.......wah kalkulatornya jadi error tuh.......
Jadi pengin pindah kelain hati...tapi masih sayang ma santi-nya juga....
PertaPlus hampir menyentuh 8000, minggu kmaren Rp.7850 (di semarang) ga tau kalo sekarang. Saya dulu pernah baca postingan PPT, kalo ga dianjurkan premium+pertaplus, lupa...kenapa alasannya, ta cari2 tred-nya ga ketemu....
Dulu saya pernah itung - itung (waktu pertaplus masih Rp.7300 vs. premium Rp.4.500), ternyata kalo diminumkan ke Santi saya, jatuhnya irit pertaplus, perhitungannya:
Premium dapet 1:4.5 (dalkot), alias Rp.4.500:4.5 = Rp. 1000/Km
Pertaplus dapet 1:7.5 (dalkot), alias Rp. 7.300:7.5 = Rp. 973.34/Km
Keuntungan laen, mesin dapet gizi cukup, soalnya minta RON92 keatas (kompresi mesin 10:1).
Tapi sekarang setelah pertaplus hampir Rp.8.000 (ato malah udah), vs.premium maseh Rp. 4.500,-.......wah kalkulatornya jadi error tuh.......
Jadi pengin pindah kelain hati...tapi masih sayang ma santi-nya juga....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
hari ini di tempat gw bensin RON 92 Petronas dah nyentuh Rp 8300,- 




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Ugh... udah 8300?? gila.. hari in lagi ngosongin premium mau isi Shell...hiks, kayaknya mobil gw masih harus makan tempe neh...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kalo mo maksimal memberantas ngelitik kayaknya kudu melakukan "ritual" berikut :
1. bersihkan injector = injector cleaner ultrasonic + kalibrasi = 200rb 4 injector, kalo 6 injector sekitar 300an kali yee? ?
2. bersihkan ruang bakar = pake cairan spirit = 200rb - 300rb buat <=2000cc kalo diatas 2000cc sekitar 400-550rb ---> pake gzox/dsc kurang ampuh kalo udah lama kagak bersih2 ruang bakar! untuk perawatan per 5000km seh ok lah.
3. bersihkan saluran bbm = kuras tanki bersihkan filter bensin di pompa bensin = 100-150rb
4. tune up engine = 100rb - 150 rb ( udah masuk bersih2 filter udara, bensin dll)
5. terakhir sisa ganti oli deach di flush dulu biar seger = 200-250rb tergantung pilihan oli
dibengkel2 kan banyak tuh paket2an ada tune up + injector cleaner ultrasonic = 300rb
jadi dianggarkan sekitar 750 - 1 jt udah suuuuuagerrrrr kembali mobilnya.
bersih2 pake cairan spirit aja, udah serasa abis skir klep loh.
tapi selama kagak ada kebocoran kompresi / valve ----->> mobil harusnya seger bugeeeer buangett jadinya
fajarm
1. bersihkan injector = injector cleaner ultrasonic + kalibrasi = 200rb 4 injector, kalo 6 injector sekitar 300an kali yee? ?
2. bersihkan ruang bakar = pake cairan spirit = 200rb - 300rb buat <=2000cc kalo diatas 2000cc sekitar 400-550rb ---> pake gzox/dsc kurang ampuh kalo udah lama kagak bersih2 ruang bakar! untuk perawatan per 5000km seh ok lah.
3. bersihkan saluran bbm = kuras tanki bersihkan filter bensin di pompa bensin = 100-150rb
4. tune up engine = 100rb - 150 rb ( udah masuk bersih2 filter udara, bensin dll)
5. terakhir sisa ganti oli deach di flush dulu biar seger = 200-250rb tergantung pilihan oli
dibengkel2 kan banyak tuh paket2an ada tune up + injector cleaner ultrasonic = 300rb
jadi dianggarkan sekitar 750 - 1 jt udah suuuuuagerrrrr kembali mobilnya.
bersih2 pake cairan spirit aja, udah serasa abis skir klep loh.
tapi selama kagak ada kebocoran kompresi / valve ----->> mobil harusnya seger bugeeeer buangett jadinya

fajarm
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kalo kuras tangki bensin, tangkinya dibelah ya?
Kira2 smua bengkel biasa bisa ga ya?
Kira2 smua bengkel biasa bisa ga ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kalo mo kuras tanki bensin ngerjain sendiri jg bisa seh, cuman hasilnya mungkin kurang maksimal. peralatan yang diperlukan cuman baskom/ ember buat nadahin bensinnya.
biasanya kan di tanki bensin ada lubang pembuangannnya. jadi mirip kayak mor buat ganti oli getuh. harusnya sih setiap tanki mobil ada kecuali yang baru2 kagak tahu dah
caranya :
1. buka baut pembungan bensin di tanki
2. ngocor dah bensinnya tampung make ember/baskom
3. jangan lupa tutup pengisian bensin dibuka biar tekanannya sama, jadi bensin ngocor kenceng.
4. sampe bensin abis, ambil bensinnya masukan lagi lewat pengisian bensin, tapping terus, sampe bensin yang keluar dari pembuangan bensin di tanki bersih.
biasanya kalo di mor pembuangan bensin dibuka dan bensin yang keluar masih bersih berarti kondisi tankinya masih bersih. liat aja di tampungan bensinnya, ada air / karat / kecoa / ikan lelelnya kagak
kalo ada.... wah....... tanki bensin mobil kita jadi aquariaum tuh
fajarm
biasanya kan di tanki bensin ada lubang pembuangannnya. jadi mirip kayak mor buat ganti oli getuh. harusnya sih setiap tanki mobil ada kecuali yang baru2 kagak tahu dah

caranya :
1. buka baut pembungan bensin di tanki
2. ngocor dah bensinnya tampung make ember/baskom
3. jangan lupa tutup pengisian bensin dibuka biar tekanannya sama, jadi bensin ngocor kenceng.
4. sampe bensin abis, ambil bensinnya masukan lagi lewat pengisian bensin, tapping terus, sampe bensin yang keluar dari pembuangan bensin di tanki bersih.
biasanya kalo di mor pembuangan bensin dibuka dan bensin yang keluar masih bersih berarti kondisi tankinya masih bersih. liat aja di tampungan bensinnya, ada air / karat / kecoa / ikan lelelnya kagak


fajarm
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
- Location: Jakarta
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Oom fajarm2k,.. kalo cari tau ada kebocoran kompresi itu gimana ya ?fajarm2k wrote:
tapi selama kagak ada kebocoran kompresi / valve ----->> mobil harusnya seger bugeeeer buangett jadinya![]()
fajarm
Kalo di bengkel2 pake alat tertentu ? Kira2 bengkel mana yg ada dan estimasi biaya untuk cek.
Thanks sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
ada alatnya bernama compression test...sparky wrote:Oom fajarm2k,.. kalo cari tau ada kebocoran kompresi itu gimana ya ?fajarm2k wrote:
tapi selama kagak ada kebocoran kompresi / valve ----->> mobil harusnya seger bugeeeer buangett jadinya![]()
fajarm
Kalo di bengkel2 pake alat tertentu ? Kira2 bengkel mana yg ada dan estimasi biaya untuk cek.
Thanks sebelumnya.

wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
kalo kompresi ruang bakar mah emang kudu harus make alat ukurnya tuh, dimasukin lewat lubang busi jg, diitung deach atu2 tiap ruang bakar. harusnya nilai kompresinya sama ato kurang atau lebih dikit gpp ----> kalo udah beda jauh ini yang bikin mesin pincang, goyang inul dll.....
kalo seal / ring piston bocor ===> keliatan dari businya belepetan dengan oli2an
ring piston bocor / seal valve bocor ===> bikin kompresi turun jg
kalo mo ngetest kompresi seh, sekalian waktu tuneup aje kali yee, sebelumnya tanya dulu bengkelnya punya alat test compresi kagak? kalo kagak punya langsung
aja ehehheehhee
kan ngetestnya jg gampang, colok alatnya, stater dah
fajarm

kalo seal / ring piston bocor ===> keliatan dari businya belepetan dengan oli2an
ring piston bocor / seal valve bocor ===> bikin kompresi turun jg
kalo mo ngetest kompresi seh, sekalian waktu tuneup aje kali yee, sebelumnya tanya dulu bengkelnya punya alat test compresi kagak? kalo kagak punya langsung

kan ngetestnya jg gampang, colok alatnya, stater dah

fajarm
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Feb 29, 2008 13:26
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Tolong Tanya kalo mau beli toluene, xylene, dan aceton di surabaya dimana ya? Kemaren saya ke jl. Tidar, toko2 kimia disana bilang ngga jual. Padahal udah tak siapin fc KTP, hehehe... Thx atas infonya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
^^^
betul pak, susah cari barang gituan sekarang, soalnya barang2 tsb kan termasuk bahan untuk buat bom dan narkoba. amrozi cs. dulu konon waktu ngebuat bom (kasus bom bali), beli bahan2nya juga didaerah jalan tidar.
betul pak, susah cari barang gituan sekarang, soalnya barang2 tsb kan termasuk bahan untuk buat bom dan narkoba. amrozi cs. dulu konon waktu ngebuat bom (kasus bom bali), beli bahan2nya juga didaerah jalan tidar.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Feb 29, 2008 13:26
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalo udah ngga bisa didapetin lagi kimianya, apa ada perkembangan alternatif lain utk membuat oktan booster ya dengan barang2 yang mudah didapat? Thx atas info2nya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Mon Apr 02, 2007 9:01
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
http://www.mygreenoil.com/indsia/home.html
ada yang tahu mengenai informasi ini nggak. ada bedakah dengan octane booster yang lain??
tang kiu
ada yang tahu mengenai informasi ini nggak. ada bedakah dengan octane booster yang lain??
tang kiu
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Jul 14, 2006 17:17
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
wah snasib nih kita...Rav55 wrote:Para Senior Yth,
Saya baru beberapa bulan pake All New Civic 1.8 AT, emang BBM yang direkomendasikan adalah Pertamax, tapi setelah saya pelajari di manual booknya ternyata masih bisa minum premium RON 88 tanpa timbal selama tidak ngelitik. Saya coba diminumin premium eh ternyata rasanya khok lebih bertenaga dibanding waktu pake pertamax dan nggak ngelitik lagi.
Pertanyaannya adalah apakah premium yg dijual di spbu itu emang benar bebas timbal (menurut info dari Pertamina bbrp waktu lalu emang premium di seluruh nusantara udah tanpa timbal), soalnya saya khawatir kalau masih pake timbal bisa ngrusak catalic converternya.
Nah, kalau menurut temen2 gimana baiknya ya, diterusin pake premium ato tetep minum pertamax ?
Salam,
Rav
bingung skrg pertamax da 8400an..
pgn ganti ke premium kt org2 gt..
tp da tanpa timbal kan di jkt
Regards,
erevoz
erevoz
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Oct 10, 2008 11:30
- Location: DKI
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
beli acetone dllnya itu dimn bos 

Jangan Melihat Siapa Yg Mengatakan,
Lihatlah Apa Yang Dikatakan...!!!
Lihatlah Apa Yang Dikatakan...!!!
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
di toko kimia... beli acetonnya yg technical grade bos... jangan beli aceton pembersih kutex (pewarna kuku)papania wrote:beli acetone dllnya itu dimn bos
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK
Kalo keluhannya cuma ngelitik saat RPM diatas 30 rb baiknya gimana ya? Kalo bengkel selalu suruh tune up. Di carbon clean aja? Atau...?
FYI mobil Jazz 2005 CVT biasa dulu isi Shell Super ga pernah ngelitik. skrg isi Premium+Octane Booster kmrn ini nyoba campur Shell Super Extra 11.5 liter sisanya Premium masih ada ngelitik halus
FYI mobil Jazz 2005 CVT biasa dulu isi Shell Super ga pernah ngelitik. skrg isi Premium+Octane Booster kmrn ini nyoba campur Shell Super Extra 11.5 liter sisanya Premium masih ada ngelitik halus