[SM Modification] Ganti velg
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
[SM Modification] Ganti velg
yang lebih mengerti mohon bantuannya ... thx juga buat moderator.
gw pengen ganti velg,yang standartnya ring 14" mau naekin ke 18".selain kaki-kaki,apakah sistem Rem (brake) perlu juga di ubah/setting ulang.temen gw pernah ganti dari 13" ke 17" cuma konsen ke kaki-kaki,emang empuk,tapi ng-remnya jadi gak enak ...gmn tuh? trimakasih sebelumnya ^^ ...
gw pengen ganti velg,yang standartnya ring 14" mau naekin ke 18".selain kaki-kaki,apakah sistem Rem (brake) perlu juga di ubah/setting ulang.temen gw pernah ganti dari 13" ke 17" cuma konsen ke kaki-kaki,emang empuk,tapi ng-remnya jadi gak enak ...gmn tuh? trimakasih sebelumnya ^^ ...
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: ganti velg besar
mobilnya apa nih bos?..japan manufacture or europe manufacture?
sebenarnya kalo yang seharusnya mah emang sistem pengereman harus diubah juga,apalagi kalo dah aplikasi cakram,soalnya semakin besar diameter velg semakin berat beban mobil untuk menghentikan laju mobil ketika kecepatan tinggi.
tapi ya itu,kalo penggantian sistem rem..bisa-bisa biayanya lebih besar daripada ganti velgnya
kalo saran dari saya mending ganti velg cukup +2 dari ukuran standar,sehingga tidak mengorbankan kenyamanan n safety.
sebenarnya kalo yang seharusnya mah emang sistem pengereman harus diubah juga,apalagi kalo dah aplikasi cakram,soalnya semakin besar diameter velg semakin berat beban mobil untuk menghentikan laju mobil ketika kecepatan tinggi.
tapi ya itu,kalo penggantian sistem rem..bisa-bisa biayanya lebih besar daripada ganti velgnya
kalo saran dari saya mending ganti velg cukup +2 dari ukuran standar,sehingga tidak mengorbankan kenyamanan n safety.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: ganti velg besar
oww,gitu ya kk?.ternyata feeling gw bener juga,mirage gw yang di batam diganti dari 14" ke 17" sama bokap,pas liburan gw pulang emang terasa lebih berat,gw jadi susah buat tarik2 lagi (gw kira emang perlu di tune lagi),ternyata pas gw tanya montir bokap emang berat jadinya (cuma lebih gaya aja) ...swift wrote:mobilnya apa nih bos?..japan manufacture or europe manufacture?
sebenarnya kalo yang seharusnya mah emang sistem pengereman harus diubah juga,apalagi kalo dah aplikasi cakram,soalnya semakin besar diameter velg semakin berat beban mobil untuk menghentikan laju mobil ketika kecepatan tinggi.
tapi ya itu,kalo penggantian sistem rem..bisa-bisa biayanya lebih besar daripada ganti velgnya
kalo saran dari saya mending ganti velg cukup +2 dari ukuran standar,sehingga tidak mengorbankan kenyamanan n safety.
kebetulan yang mau gw modif sekarang toyota kijang kapsul,baru kali ini gw modif mobil gede,biasanya sedan mulu ... ^^
kalo gitu gw perlu ganti sistem rem segala yah?kalo gw masukin 17" gmn?hmm,amannya 16 yah?
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: ganti velg besar
hehehe,iya.tapi kata temen2 gw kalo kijang ampe 19 masi oke2 aja (ow ya,mobilnya toyota kijang 97/98)...tonie wrote:dr 14" -> 18" bisa2 cukur fender neh....
kalo bakal ganti brake system mikir2 lagi nih ... rav4 nyokap aja di ganti velg kaleng,ternyata malah lebih ringan,trus lebih irit bbm kayaknya (walaupun gw beda jauh).
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: ganti velg besar
yang diatas maksudnya : (walaupun gak beda jauh) penggunaan BBMnya ... ^^ ,sorryanakpulau wrote:hehehe,iya.tapi kata temen2 gw kalo kijang ampe 19 masi oke2 aja (ow ya,mobilnya toyota kijang 97/98)...tonie wrote:dr 14" -> 18" bisa2 cukur fender neh....
kalo bakal ganti brake system mikir2 lagi nih ... rav4 nyokap aja di ganti velg kaleng,ternyata malah lebih ringan,trus lebih irit bbm kayaknya (walaupun gw beda jauh).
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: [SM Modification] Ganti velg
17'' masih aman laa, bro.... (meskipun udh kurang nyaman, hehehe...)
Velg asli dikrom cakep juga tuh, kan lagi ngetrend....
Velg asli dikrom cakep juga tuh, kan lagi ngetrend....

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: [SM Modification] Ganti velg
ya udah resiko, kl mau pake velg gede pasti ada resikonya. resiko enak ya itu td,lebih keren buat diliat,tp kl ga diimbangi dgn up-grade part yg lain bs tambah bahaya. buat brake system kl ada duit lebih bs buat beli brake pad yg bagusan sama betulin brake line (selang rem,diganti pake yg tipe braided),tp brake pad nya jgn yang terlalu High performance, salah2 disk brake ga kuat n jd beret2 deh.......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: [SM Modification] Ganti velg
wah...mo modif kapsul yakk...jadi inget kapsul saya dulu..anakpulau wrote:oww,gitu ya kk?.ternyata feeling gw bener juga,mirage gw yang di batam diganti dari 14" ke 17" sama bokap,pas liburan gw pulang emang terasa lebih berat,gw jadi susah buat tarik2 lagi (gw kira emang perlu di tune lagi),ternyata pas gw tanya montir bokap emang berat jadinya (cuma lebih gaya aja) ...swift wrote:mobilnya apa nih bos?..japan manufacture or europe manufacture?
sebenarnya kalo yang seharusnya mah emang sistem pengereman harus diubah juga,apalagi kalo dah aplikasi cakram,soalnya semakin besar diameter velg semakin berat beban mobil untuk menghentikan laju mobil ketika kecepatan tinggi.
tapi ya itu,kalo penggantian sistem rem..bisa-bisa biayanya lebih besar daripada ganti velgnya
kalo saran dari saya mending ganti velg cukup +2 dari ukuran standar,sehingga tidak mengorbankan kenyamanan n safety.
kebetulan yang mau gw modif sekarang toyota kijang kapsul,baru kali ini gw modif mobil gede,biasanya sedan mulu ... ^^
kalo gitu gw perlu ganti sistem rem segala yah?kalo gw masukin 17" gmn?hmm,amannya 16 yah?
pengalaman bos,dulu saya juga punya kapsul blue SSX 97..bisa masuk tuh velg 17 merk JRD malay...ukuran bannya lupa bos..
positifnya..
-tampang ngaruh banget..berubah drastis bos,apalagi waktu itu ukuran fender ma ban cuma 4jari..lowrider n VIP lah kesannya.
-jalan di jalan lurus n mulus jadi stabil banget,enaklah pokoknya
negatif
-boros BBM
-alamak setelah 4 bulan pake baru sadar kalo tuh ban ngesot ke chasis..
-setelah 5 bulan pake..pintu jadi kendor semua,ga tahan getarannya euyy.
-harus rajin ke tukang servis kaki-kai buat ngechek ball joint ma tie rod.
akhirnya jadi turun deh ke ring 16...biar rada empuk..sampai akhirnya si blue ssx kulepas.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
wah...mo modif kapsul yakk...jadi inget kapsul saya dulu..
pengalaman bos,dulu saya juga punya kapsul blue SSX 97..bisa masuk tuh velg 17 merk JRD malay...ukuran bannya lupa bos..
positifnya..
-tampang ngaruh banget..berubah drastis bos,apalagi waktu itu ukuran fender ma ban cuma 4jari..lowrider n VIP lah kesannya.
-jalan di jalan lurus n mulus jadi stabil banget,enaklah pokoknya
negatif
-boros BBM
-alamak setelah 4 bulan pake baru sadar kalo tuh ban ngesot ke chasis..
-setelah 5 bulan pake..pintu jadi kendor semua,ga tahan getarannya euyy.
-harus rajin ke tukang servis kaki-kai buat ngechek ball joint ma tie rod.
akhirnya jadi turun deh ke ring 16...biar rada empuk..sampai akhirnya si blue ssx kulepas.[/quote]
kl dari gw sendiri
-boros,itu wajar ajah,upgrade velg,apalgi ditambah pengapian di bagusin.
- yang ngesot k chasis mungkin harus lebih teliti lagi X yah,cari ban yang bener2 tepat
- kalo getarannya gw juga jadi takut,soalnya gw mau pasang audio di belakangnya (full),ntr yang ada power2nya malah rusak.
huahahahah ... malah jadi tambah bingung ^^ ,,,wew, mam help me T_T
pengalaman bos,dulu saya juga punya kapsul blue SSX 97..bisa masuk tuh velg 17 merk JRD malay...ukuran bannya lupa bos..
positifnya..
-tampang ngaruh banget..berubah drastis bos,apalagi waktu itu ukuran fender ma ban cuma 4jari..lowrider n VIP lah kesannya.
-jalan di jalan lurus n mulus jadi stabil banget,enaklah pokoknya
negatif
-boros BBM
-alamak setelah 4 bulan pake baru sadar kalo tuh ban ngesot ke chasis..
-setelah 5 bulan pake..pintu jadi kendor semua,ga tahan getarannya euyy.
-harus rajin ke tukang servis kaki-kai buat ngechek ball joint ma tie rod.
akhirnya jadi turun deh ke ring 16...biar rada empuk..sampai akhirnya si blue ssx kulepas.[/quote]
kl dari gw sendiri
-boros,itu wajar ajah,upgrade velg,apalgi ditambah pengapian di bagusin.
- yang ngesot k chasis mungkin harus lebih teliti lagi X yah,cari ban yang bener2 tepat
- kalo getarannya gw juga jadi takut,soalnya gw mau pasang audio di belakangnya (full),ntr yang ada power2nya malah rusak.
huahahahah ... malah jadi tambah bingung ^^ ,,,wew, mam help me T_T
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
ow gt yah?hmm,kira2 bisa bantu list,apa aja yang harus di perhatikan/di ganti?eternorockstar wrote:ya udah resiko, kl mau pake velg gede pasti ada resikonya. resiko enak ya itu td,lebih keren buat diliat,tp kl ga diimbangi dgn up-grade part yg lain bs tambah bahaya. buat brake system kl ada duit lebih bs buat beli brake pad yg bagusan sama betulin brake line (selang rem,diganti pake yg tipe braided),tp brake pad nya jgn yang terlalu High performance, salah2 disk brake ga kuat n jd beret2 deh.......
kira2 estimasi biayanya berapa ya?(buat brake system aja)
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: [SM Modification] Ganti velg
kl brake pads bs pake punya Project u ato LOckheed sekitar 1,6 jt an,tp itu harga stgh taon yg lalu,kl skr mungkin harganya berubah.selang rem jg bs pake punya Project u,tp denger2 dari temen yg pernah pasang,harganya memang sedikit lebih mahal. tp tenang aja,soalnya masih ada merk2 lain yg harganya di bawah itu.coba cari d speedshop pasti ada kok.......
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
hmm,brake pads yang dimaksud itu buat depan kan?kijang kapsul belakangnya kan tromol.atau baiknya gimana?eternorockstar wrote:kl brake pads bs pake punya Project u ato LOckheed sekitar 1,6 jt an,tp itu harga stgh taon yg lalu,kl skr mungkin harganya berubah.selang rem jg bs pake punya Project u,tp denger2 dari temen yg pernah pasang,harganya memang sedikit lebih mahal. tp tenang aja,soalnya masih ada merk2 lain yg harganya di bawah itu.coba cari d speedshop pasti ada kok.......
bengkel yang bagus buat urus brake system dimana ya?posisi gw di bandung.
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: [SM Modification] Ganti velg
setau aku memang buat disc brake doang, kl brake pad blk bs diakalin dengan cara pada brake pad di buat jalur2 dgn geraji, shg permukaan brake pad lebih kasar.
saran aku,jgn pake produk aftermarket yg berlebih,kayak pake disc brake besar truz pake yg piston nya banyak,karena selain "buang2" uang, resiko k tabrak dari blk semakin besar. Karena kl, mobil depan kita nge-rem mendadak ato kita udah terbiasa dgn rem yg sangat pakem, kita akan lebih sering injak rem dekat dgn objek d dpn kita otomatis jarak pengereman mobil kita akan jd kecil,tp mobil belakang kita dgn kecepatan yg relatif sama tidak bs berhenti dgn jarak pengereman yg bgt kecil, jd kemungkinan buat tertabrak dari belakang semakin besar. Kecuali bila mobil anda memang mempunyai power yg besar yg sudah tdk dpt di-handle oleh rem standar pabrik......
saran aku,jgn pake produk aftermarket yg berlebih,kayak pake disc brake besar truz pake yg piston nya banyak,karena selain "buang2" uang, resiko k tabrak dari blk semakin besar. Karena kl, mobil depan kita nge-rem mendadak ato kita udah terbiasa dgn rem yg sangat pakem, kita akan lebih sering injak rem dekat dgn objek d dpn kita otomatis jarak pengereman mobil kita akan jd kecil,tp mobil belakang kita dgn kecepatan yg relatif sama tidak bs berhenti dgn jarak pengereman yg bgt kecil, jd kemungkinan buat tertabrak dari belakang semakin besar. Kecuali bila mobil anda memang mempunyai power yg besar yg sudah tdk dpt di-handle oleh rem standar pabrik......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: [SM Modification] Ganti velg
wah2.. OOT nih...
ayo balik2... ganti velg!!!
ayo balik2... ganti velg!!!
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
masih dalam topic... bro... hehe ganti velg ke diameter diatas 2" dari standar memang hubungan nya ke rem, fender, ban, kaki kaki, laher (ini harus diperhatikan) dan PCD (lubang 4/5/6).
cheers!
cheers!

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Sat Dec 22, 2007 20:40
- Location: bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
intinya ganti velg ke diameter diatas 2" dari standar memang hubungan nya ke rem, fender, ban, kaki kaki, laher (ini harus diperhatikan) dan PCD (lubang 4/5/6).
caseclosed ... ^^ tha 4 all
caseclosed ... ^^ tha 4 all
I Have nothing ....
so...
i must learn something ... ^^
so...
i must learn something ... ^^
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
not yet bro... laporan lagi setelah ganti.
sayang kalo thread ini diclosed. masih banyak yg bisa disharing... hehehe!
misalnya, seberapa besar perubahan FC, handling dijalan (tol) dan lain2. Lebih bagus lagi jika ada total biaya yg dikeluarkan utk mengganti velg dan jenis ban-nya.
sayang kalo thread ini diclosed. masih banyak yg bisa disharing... hehehe!
misalnya, seberapa besar perubahan FC, handling dijalan (tol) dan lain2. Lebih bagus lagi jika ada total biaya yg dikeluarkan utk mengganti velg dan jenis ban-nya.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: [SM Modification] Ganti velg
dan bisa dilanjut buat yang lain bro.. hehehehe...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [SM Modification] Ganti velg
Twincam gw skrg pake rim 16, bannya pake yg 195/50r16. Kalu mau ganti rim 15, bagusnya pake ban ukuran berapa ya? Soalnya taun ini diperkirakan musti ganti. Maunya sih sekalian ganti velgnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: [SM Modification] Ganti velg
205 kyknya terlalu lebar deh. Yg 195 aja udah pake spacer biar ga mentok ma shocknya. Atau tergantung velgnya juga ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: [SM Modification] Ganti velg
itu mungkin di 16", tapi di 15" ?
dicoba dulu aja... di tempat toko velg ama ban kan mereka bisa bongkar pasang utk dicoba gratis.
velg juga berpengaruh... -- offset.
dicoba dulu aja... di tempat toko velg ama ban kan mereka bisa bongkar pasang utk dicoba gratis.

velg juga berpengaruh... -- offset.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [SM Modification] Ganti velg
Bagaimana jika Rim Size nya naik 2" tapi diameter total rodanya (velg+ban) masih relatif sama? Misalnya:poeticmind wrote:masih dalam topic... bro... hehe ganti velg ke diameter diatas 2" dari standar memang hubungan nya ke rem, fender, ban, kaki kaki, laher (ini harus diperhatikan) dan PCD (lubang 4/5/6).
cheers!
Spek awal 235/75R15 (diameter roda kira2 28.9" alias 734mm) diganti 235/65R17 (diameter roda kira2 29.03" alias 737 mm), berarti selisih diameternya kira2 cuma 3 mm...(cuman 1.5 mm tiap sisi)
Apakah pengaruhnya masih cukup "dahsyat" buat konstruksi asli kaki2 mobil?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: [SM Modification] Ganti velg
corolla generasi seblom altis patokannya:y_anjasrana wrote:Twincam gw skrg pake rim 16, bannya pake yg 195/50r16. Kalu mau ganti rim 15, bagusnya pake ban ukuran berapa ya? Soalnya taun ini diperkirakan musti ganti. Maunya sih sekalian ganti velgnya.
175/70/13
185/60/14
195/50/15
205/45/16
itu spek enak buat harian
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE