(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
ya pak, pake injection cleaner buat ngebersihin injector dan tb. Kalo dah tahu sih prosesnya gampang kok. Tapi kalo belum, mendingan tune up-kan ato service injector+tb di bengkel dolo (lagi2 kalo bisa yg spesialis mitsu), dan yg penting di bengkel yg nggak tertutup, maksudnya kita bisa ngelihat waktu mereka kerja gitu loh...jadi bisa dipraktekan sendiri di rumah.
Cairan injector cleaner banyak di toko2, rata2 harganya Rp.70K/kaleng. Tapi berhubung ini cairan keras, jgn sering2 dipake, yah kira2 5000-7000 km sekali kalo boil sering jalan jauh. Kalo sering jalan dekat, 3000-5000km sekali. Kalo bisa sambil dikasih cairan pembersih ruang bakar yg dituang di tanki bensin saat isi full tank. Pilih yg ukuran besar (treat 40-65L), tapi jgn salah loh...bukan octane booster melainkan fuel cleaner...soalnya kemasannya mirip2 sih. Biasanya saya kasih itu sekali setiap 2-3x ganti oli (7000-10000 KM).
Sekalian kalo bisa saat service injector, bersihin juga socket kelistrikan dan MAF-nya, biasanya pake Electronic Contact Cleaner (ingat...bukan penetrant macam WD40, jangan salah lho..). Untuk MAF kudu hati2, soalnya barangnya "fragile" dan "mahal".
Untuk boil2 built up; parts macam injector, TB, MAF, kelistrikan, cooling system itu hal2 yg sangat rentan mengingat spek mereka (umumnya) tidak cocok dengan kondisi kualitas udara dan BBM di Indonesia. Sedangkan kalo untuk body parts, biasanya yg kena duluan jelas kaki dan suspensi, mengingat kondisi jalan kita yg amburadul. Kerusakan kaki2 ini banyak menimpa mobil tipe sedan yg CBU.
Makanya, dibuatkan yg CKD, selain menekan harga jual, beberapa parts-nya juga sudah disesuaikan dengan kondisi di negara kita. Tapi ya umumnya juga di-spek down dari versi CBU-nya hehehe.....
Cairan injector cleaner banyak di toko2, rata2 harganya Rp.70K/kaleng. Tapi berhubung ini cairan keras, jgn sering2 dipake, yah kira2 5000-7000 km sekali kalo boil sering jalan jauh. Kalo sering jalan dekat, 3000-5000km sekali. Kalo bisa sambil dikasih cairan pembersih ruang bakar yg dituang di tanki bensin saat isi full tank. Pilih yg ukuran besar (treat 40-65L), tapi jgn salah loh...bukan octane booster melainkan fuel cleaner...soalnya kemasannya mirip2 sih. Biasanya saya kasih itu sekali setiap 2-3x ganti oli (7000-10000 KM).
Sekalian kalo bisa saat service injector, bersihin juga socket kelistrikan dan MAF-nya, biasanya pake Electronic Contact Cleaner (ingat...bukan penetrant macam WD40, jangan salah lho..). Untuk MAF kudu hati2, soalnya barangnya "fragile" dan "mahal".
Untuk boil2 built up; parts macam injector, TB, MAF, kelistrikan, cooling system itu hal2 yg sangat rentan mengingat spek mereka (umumnya) tidak cocok dengan kondisi kualitas udara dan BBM di Indonesia. Sedangkan kalo untuk body parts, biasanya yg kena duluan jelas kaki dan suspensi, mengingat kondisi jalan kita yg amburadul. Kerusakan kaki2 ini banyak menimpa mobil tipe sedan yg CBU.
Makanya, dibuatkan yg CKD, selain menekan harga jual, beberapa parts-nya juga sudah disesuaikan dengan kondisi di negara kita. Tapi ya umumnya juga di-spek down dari versi CBU-nya hehehe.....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
he he betul karena say masih baru
yaa sebaiknya lihat dulu aja dulu gimana bengkel melakukannya pas mereka tune up dan bersiin ijnectionya
he eh saya juga perlu bersiin injectiionya biar enak di mesin dan jadi hemat dan awet di mesin
trus ada cairan spirit yang bisa bersiin head mesin dan slinder,caranya busi dikukan, lalucairan dimasukkan ke tempat busi, lalu dibiarkan selama 10 menit dan cairan itu disedot kluar, diulang spt 3 x dah beres, skalian tune up katanya hasilnya mesin jadi enteng dan tarikan joos gitu
katanya tuk bersiin daleman mesin gitu
saya belum coba sih, itu juga sudah banyak yang coba
klo saya sudah coba itu pada kijang
caranya intake bensin disambungkan ke alat sirkulasi lalu diberi cairan gitu dan mesin dinyalakan dan bagian silinder jadi bersin kerak diblakang busi juga hilang
dan betul mobil suaranya jadi nyaring seperti sesuatu yang sdh bersih dan larinya juga ringan dan hemat bensin belum tahu sebab tidak dihitung
klo santi p imsus apa pernah lakukan begitu ?
emang betul ane lihat ada pembungkus kabel yg sdh mulai getas dan pecah2 gitu shg kabelnya kelihatan
oh yaa bagian bawah mobilku kotor banget, kmarin disteam dan poake salju juga gak mempan =tuh kotoran masih nempel, giman caranya ? pengennya sih dibersiih sendiri tapi khan gak punya alat angkat mobilnya
sepertinya debunya sudah nempel banget, gimana solusinya ?
tadinya saya bilang pas steam agar dilap juga bagian bawah bodi sampe bersih, eh pas sudah kering baru kelihatan debunya masih pada nempel
klo dekat spatboornya ban mah sudah bersih kinclong
oh yaa kap mobil bagian dalam apa perlu dilapisi semacam bahan lembaran tuk nahan panas agak gak sampe ke kap mesin
saya pernah lihat tuk mobil yg lainnya, apa ini penting dan perlu ?
trus bisa gka ditambahan pinton kecil spt tuk buka pintu bagsi yang dpat nahan kap agak gak usah diganjang pakai batas besi biasanya, saya pernah lihat sedona begitu, yaa biar agak keren dikit, gak usah didongkrak kapnya
tks
yaa sebaiknya lihat dulu aja dulu gimana bengkel melakukannya pas mereka tune up dan bersiin ijnectionya
he eh saya juga perlu bersiin injectiionya biar enak di mesin dan jadi hemat dan awet di mesin
trus ada cairan spirit yang bisa bersiin head mesin dan slinder,caranya busi dikukan, lalucairan dimasukkan ke tempat busi, lalu dibiarkan selama 10 menit dan cairan itu disedot kluar, diulang spt 3 x dah beres, skalian tune up katanya hasilnya mesin jadi enteng dan tarikan joos gitu
katanya tuk bersiin daleman mesin gitu
saya belum coba sih, itu juga sudah banyak yang coba
klo saya sudah coba itu pada kijang
caranya intake bensin disambungkan ke alat sirkulasi lalu diberi cairan gitu dan mesin dinyalakan dan bagian silinder jadi bersin kerak diblakang busi juga hilang
dan betul mobil suaranya jadi nyaring seperti sesuatu yang sdh bersih dan larinya juga ringan dan hemat bensin belum tahu sebab tidak dihitung
klo santi p imsus apa pernah lakukan begitu ?
emang betul ane lihat ada pembungkus kabel yg sdh mulai getas dan pecah2 gitu shg kabelnya kelihatan
oh yaa bagian bawah mobilku kotor banget, kmarin disteam dan poake salju juga gak mempan =tuh kotoran masih nempel, giman caranya ? pengennya sih dibersiih sendiri tapi khan gak punya alat angkat mobilnya
sepertinya debunya sudah nempel banget, gimana solusinya ?
tadinya saya bilang pas steam agar dilap juga bagian bawah bodi sampe bersih, eh pas sudah kering baru kelihatan debunya masih pada nempel
klo dekat spatboornya ban mah sudah bersih kinclong
oh yaa kap mobil bagian dalam apa perlu dilapisi semacam bahan lembaran tuk nahan panas agak gak sampe ke kap mesin
saya pernah lihat tuk mobil yg lainnya, apa ini penting dan perlu ?
trus bisa gka ditambahan pinton kecil spt tuk buka pintu bagsi yang dpat nahan kap agak gak usah diganjang pakai batas besi biasanya, saya pernah lihat sedona begitu, yaa biar agak keren dikit, gak usah didongkrak kapnya
tks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
terus terang kalo bersihiin ruang bakar dengan cairan/spirit, saya blom pernah pak, jadi ngga bisa kasih komentar. Tapi kalo denger2 sih ok juga...jadi kepengin coba.
Bagian2 yg getas/retak/sobek, mendingan mulai dikasih "sealer" pak. Itu seperti cairan pasta, tp sebelum dikasih, ada baiknya dibersihkan dolo dengan contact cleaner. Takutnya kalo dengan kondisi "telanjang" tersebut riskan hubungan pendek/konslet atau minimal induksi, biasanya sih kena air. Saya dolo pernah, habis nyetir dibawah hujan lebat plus angin (1 jam lebih), trus berhenti, giliran distart susah setengah mati. Waktu bisa jalan, mesinnya terasa pincang, mbrebet dan tersendat-sendat. Katanya pak mekanik sih gara - gara kabel kelistrikan yg di mesin konslet/induksi. Aplikasi sealer ini bisa minta tolong ke bengkel kok, bengkel umum pun bisa asal pengerjaannya teliti dan rapi.
Untuk Santi emang nggak ada karet peredam panas yg nempel kap mesin, kalo mo dipasang sih boleh boleh aja. Kalo saya sih belom tak pasangin. Kalo ga salah, salah satu fungsinya supaya panas mesin tidak merembet ke kap mesin yg bisa merusak cat. Dolo pernah dibahas di SM juga, saya cari2 threadnya ga ketemu, mungkin hilang waktu SM dulu error/kena hacked.
Lho...setahu saya justru Santi yg produksi 2002 keatas, penahan kap mesinnya saat membuka sudah pake sistem lengan hidrolis seperti pintu bagasi? Yg sebelumnya (seperti punya saya) emang belum, jadi harus diganjal dengan tiang besi konvensional. Kalo emang mo diganti dgn yg hidrolis sih jelas pasti bisa.
Yg kotor tepatnya dimana yah? Kalo kolong mobil sih punya saya juga kelihatan kotor gitu loh. Menurut analisa pribadi saya sih, kalo yg kotor disitu lebih disebabakan karena dibagian kolong mobil tu dikasih "anti rust" (anti karat). Materialnya seperti aspal pekat. Dugaan saya, karena suhu panas, lapisan anti karat ini melunak dan jadi lengket. Akibatnya debu dan kotoran nempel disitu. Saya justru ngga rekomend kalo bagian kolong mobil dan kolong bannya dibersihkan tuntas dengan cara disikat. Tar lapisan anti karatnya ikut hilang.
Bagian2 yg getas/retak/sobek, mendingan mulai dikasih "sealer" pak. Itu seperti cairan pasta, tp sebelum dikasih, ada baiknya dibersihkan dolo dengan contact cleaner. Takutnya kalo dengan kondisi "telanjang" tersebut riskan hubungan pendek/konslet atau minimal induksi, biasanya sih kena air. Saya dolo pernah, habis nyetir dibawah hujan lebat plus angin (1 jam lebih), trus berhenti, giliran distart susah setengah mati. Waktu bisa jalan, mesinnya terasa pincang, mbrebet dan tersendat-sendat. Katanya pak mekanik sih gara - gara kabel kelistrikan yg di mesin konslet/induksi. Aplikasi sealer ini bisa minta tolong ke bengkel kok, bengkel umum pun bisa asal pengerjaannya teliti dan rapi.
Untuk Santi emang nggak ada karet peredam panas yg nempel kap mesin, kalo mo dipasang sih boleh boleh aja. Kalo saya sih belom tak pasangin. Kalo ga salah, salah satu fungsinya supaya panas mesin tidak merembet ke kap mesin yg bisa merusak cat. Dolo pernah dibahas di SM juga, saya cari2 threadnya ga ketemu, mungkin hilang waktu SM dulu error/kena hacked.
Lho...setahu saya justru Santi yg produksi 2002 keatas, penahan kap mesinnya saat membuka sudah pake sistem lengan hidrolis seperti pintu bagasi? Yg sebelumnya (seperti punya saya) emang belum, jadi harus diganjal dengan tiang besi konvensional. Kalo emang mo diganti dgn yg hidrolis sih jelas pasti bisa.
Yg kotor tepatnya dimana yah? Kalo kolong mobil sih punya saya juga kelihatan kotor gitu loh. Menurut analisa pribadi saya sih, kalo yg kotor disitu lebih disebabakan karena dibagian kolong mobil tu dikasih "anti rust" (anti karat). Materialnya seperti aspal pekat. Dugaan saya, karena suhu panas, lapisan anti karat ini melunak dan jadi lengket. Akibatnya debu dan kotoran nempel disitu. Saya justru ngga rekomend kalo bagian kolong mobil dan kolong bannya dibersihkan tuntas dengan cara disikat. Tar lapisan anti karatnya ikut hilang.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
he eh
tentang spirit sdh ada yg coba di forum tetangga http://www.modifikasi.com, bisa dibaca tentang itu
oh yaa sdh ada yang kasih tahu tentang bengkel mitsu yg bagus di bdg ntar saya mau coba kesana
santiku dibuat akhir th 2001 dan masuk indonesia awal 2002 dg stnk bulan maret, jadi yaa gak ada optionnya, sangat minimalis gitu, makanya pengen nambah roofrack dan foglamp depan tapi yg warna kuning biar bisa nembus kabut
klo pake roofrack nambah beban ke mbl yaaa, gak tahu nambah brp kg,
klo ada doku mau nambah tanduk, tapi apa gak kampungan pake tanduk kayak mau hunting ke hutan aja
bagian bawah yang kotor emang sepertinya dikasih aspal gitu, karena panas jadi leleh dan debu nempel gak bisa copot jd agak kliatah kotor gitu, klo kolong spatbot emang ada bagian yg sdh mengelupas shg besinya kliatan, rencanan ntar dilapin bersih baru ane pilox hitam aja biar warnanya sama dan kliatan bersih
tapi punya kawan bawhnya kliatan kinclong, bagian yg kotor itu sekitarbodi bawah dan rangka mobil, apa saya lupa namanya
ntar disharing lagi deh
tentang spirit sdh ada yg coba di forum tetangga http://www.modifikasi.com, bisa dibaca tentang itu
oh yaa sdh ada yang kasih tahu tentang bengkel mitsu yg bagus di bdg ntar saya mau coba kesana
santiku dibuat akhir th 2001 dan masuk indonesia awal 2002 dg stnk bulan maret, jadi yaa gak ada optionnya, sangat minimalis gitu, makanya pengen nambah roofrack dan foglamp depan tapi yg warna kuning biar bisa nembus kabut
klo pake roofrack nambah beban ke mbl yaaa, gak tahu nambah brp kg,
klo ada doku mau nambah tanduk, tapi apa gak kampungan pake tanduk kayak mau hunting ke hutan aja
bagian bawah yang kotor emang sepertinya dikasih aspal gitu, karena panas jadi leleh dan debu nempel gak bisa copot jd agak kliatah kotor gitu, klo kolong spatbot emang ada bagian yg sdh mengelupas shg besinya kliatan, rencanan ntar dilapin bersih baru ane pilox hitam aja biar warnanya sama dan kliatan bersih
tapi punya kawan bawhnya kliatan kinclong, bagian yg kotor itu sekitarbodi bawah dan rangka mobil, apa saya lupa namanya
ntar disharing lagi deh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
ya deh pak, tar ta baca2 ttg spirit
dan foglamp emang seharusnya warnanya kekuningan, kira2 temperatur warnanya dibawah 3800K. semakin kecil angkanya, semakin merah/kuning, semakin besar semakin putih/biru
sebenarnya, untuk body parts optional, dari Hyundai juga ada kok, saya pernah lihat santi pake tanduk ori, disitu ada tulisannya santa fe juga.
kalo untuk roof rail, sepertinya tidak terlalu berat. punya saya roof rail-nya asli bawaan pabrik, sepertinya malah ga bisa dilepas soalnya bautnya tertanam di body/atap mobil. disitu tertulis, max.load 34Kg-evenly distributed. jadi dengan asumsi muatan penuh yg di roof rail, boil tambah bobot 38-40kg. perkiraan kalo roof railnya aja sekitar 5-6 Kg.
dan foglamp emang seharusnya warnanya kekuningan, kira2 temperatur warnanya dibawah 3800K. semakin kecil angkanya, semakin merah/kuning, semakin besar semakin putih/biru
sebenarnya, untuk body parts optional, dari Hyundai juga ada kok, saya pernah lihat santi pake tanduk ori, disitu ada tulisannya santa fe juga.
kalo untuk roof rail, sepertinya tidak terlalu berat. punya saya roof rail-nya asli bawaan pabrik, sepertinya malah ga bisa dilepas soalnya bautnya tertanam di body/atap mobil. disitu tertulis, max.load 34Kg-evenly distributed. jadi dengan asumsi muatan penuh yg di roof rail, boil tambah bobot 38-40kg. perkiraan kalo roof railnya aja sekitar 5-6 Kg.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
iya tks infonya
saya mau tanya ke bengkel hyundai tentang optional tersebut, tambah roof rail jd cakep kayaknya, biar gak culun
he eh foglamp mau ambil kuning biar bisa tembus kabut kala hujan sb di cipularang sering gitu,
kmarin tanya ama toko varisasi knp kok foglamp warnanya putih, itu khan hanya tuk gaya, gak ada fungsinya, jwbnya he eh klo tuk atasi kabut yaa warna kuning
tapi dia gak ada barangnya, ada dijual tp bukan punya hyundai katanya, klo saya khan bukan hanya tuk gaya tapi fungsional sesuai dg pruntukanya.
tks
saya mau tanya ke bengkel hyundai tentang optional tersebut, tambah roof rail jd cakep kayaknya, biar gak culun
he eh foglamp mau ambil kuning biar bisa tembus kabut kala hujan sb di cipularang sering gitu,
kmarin tanya ama toko varisasi knp kok foglamp warnanya putih, itu khan hanya tuk gaya, gak ada fungsinya, jwbnya he eh klo tuk atasi kabut yaa warna kuning
tapi dia gak ada barangnya, ada dijual tp bukan punya hyundai katanya, klo saya khan bukan hanya tuk gaya tapi fungsional sesuai dg pruntukanya.
tks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
ya...meskipun bukan untuk hyundai, tapi kalo emang cocok dan bagus, kenapa enggak... Banyak barang aftermarket yg kadang lebih bagus dari parts ori ex pabrikan loh pak
Wah, saya jadi kangen ma santi saya, sekarang masih mondok di bengkel...dah 2 mingguan. Kemungkinan bisa 3-4 mingguan lagi baru kelar nih... Moga2 aja tambah yahud!
Wah, saya jadi kangen ma santi saya, sekarang masih mondok di bengkel...dah 2 mingguan. Kemungkinan bisa 3-4 mingguan lagi baru kelar nih... Moga2 aja tambah yahud!
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Si Santi sampe 4 minggu dibengkel, ntar keluar nya tambah berotot apa tambah kemayu ? Jangan lupa foto nya yaimsus2c wrote:Wah, saya jadi kangen ma santi saya, sekarang masih mondok di bengkel...dah 2 mingguan. Kemungkinan bisa 3-4 mingguan lagi baru kelar nih... Moga2 aja tambah yahud!


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
wah lama juga ya... 2minggu, 3minggu lagi, hmmm sebulan lebih? wah, beneran pasang turbo ini sih... 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
iya nih...2 minggu kemaren sudah dibongkar mesin-nya, sudah porting-polished. Cuma, saya pengin aja di over-size sekalian. Lagi tunggu info dapet piston-nya apa ngga...nah ini yg bikin lama kepastiannya...apa harus pesan ke Korea/Jepang (ex mitsu) atau cari aftermarket. Kata pak mekanik, agak susah carinya, diameter aslinya aja dah 86 koma sekian mm. Kalo ngga dapet, ya cukup porting polish. Kemarin waktu mo proses porting-polish, pak mekanik nanya, apa mo dikasi turbo gitu loh, soalnya menentukan berapa banyak dan model porting polish-nya. Kata pak mekanik sih, bisa pake turbo-nya evo 5 atau 7...sorry lupa, dia bilang bisa bolt-on soalnya basis mesin N-sirius G4JS ni memang satu cetakan ma punya lancer evo. Dengan turbo ni, katanya tenaga bisa nambah 25-45%. Tapi kalo dipikir-pikir...ngga jadi turbo ah...soalnya turbo kan buat ngejar napas tenaga atas, padahal yg saya butuhkan justru torsi/tenaga bawah.
Ngiler juga lihat-lihat barang performance di bengkel ini...palagi dia emang spesialis engine tuning+performance+management khususnya mitsubishi... Tapi, first thing first deh...Santi kan boil keluarga, kadang dipake mantan pacar. Comfort comes first, performance nanti-nanti ajah....
Saya lihat ada CRV yg mesinnya dioprek habis, dari standard 140Hp ke 180Hp, ada juga lancer yg konon katanya ditest sudah tembus 220hp, om mekanik bilang, biaya oprek mesinnya aja tembus 200juta....alamak....coba kalo 200juta nggak duit semuanya, bisa dicampur kertas koran dan daun pisang...saya mau2 aja tuh hehehe....
Back to topic deh...malah ngomongin engine performance dan mitsubishi. Intinya, kami2 para pemake hyundai bisa cari dan yakin pilihan alternatif bengkel selain BeRes Hyundai, ya bengkel spesialis Mitsu. Soalnya DNA mesin mereka sama sih...
Ngiler juga lihat-lihat barang performance di bengkel ini...palagi dia emang spesialis engine tuning+performance+management khususnya mitsubishi... Tapi, first thing first deh...Santi kan boil keluarga, kadang dipake mantan pacar. Comfort comes first, performance nanti-nanti ajah....
Saya lihat ada CRV yg mesinnya dioprek habis, dari standard 140Hp ke 180Hp, ada juga lancer yg konon katanya ditest sudah tembus 220hp, om mekanik bilang, biaya oprek mesinnya aja tembus 200juta....alamak....coba kalo 200juta nggak duit semuanya, bisa dicampur kertas koran dan daun pisang...saya mau2 aja tuh hehehe....
Back to topic deh...malah ngomongin engine performance dan mitsubishi. Intinya, kami2 para pemake hyundai bisa cari dan yakin pilihan alternatif bengkel selain BeRes Hyundai, ya bengkel spesialis Mitsu. Soalnya DNA mesin mereka sama sih...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
si santi tambah turbo+haltec yah...imsus2c wrote:ya...meskipun bukan untuk hyundai, tapi kalo emang cocok dan bagus, kenapa enggak... Banyak barang aftermarket yg kadang lebih bagus dari parts ori ex pabrikan loh pak
Wah, saya jadi kangen ma santi saya, sekarang masih mondok di bengkel...dah 2 mingguan. Kemungkinan bisa 3-4 mingguan lagi baru kelar nih... Moga2 aja tambah yahud!

wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
wah...pada pasang kompor semua nih...
wah...pada pasang kompor semua nih...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
santa fe kayanya cocoknya pakai turbo deh untuk sesuaikan power to weight ratio lebih bagus.
Bisa aja jadinya FC sama dgn standar, tapi jauh lebih responsif & malah banyakan main pedal rem melulu kalo city driving...
Bisa aja jadinya FC sama dgn standar, tapi jauh lebih responsif & malah banyakan main pedal rem melulu kalo city driving...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
cheers bro imsus! saya kira turbo! hehehe! dulu saya juga waktu masih pakai hyundai elantra larinya ke bengkel performance mitsu... kadang ada sih pandangan2 dari pengguna mitsu yg 'newbie'... ga ngerti kalo daleman nya sangat or malah sama saja.
maaf, saya kira masih relevan to topic jika saya tanya oversize berapa nih, bro? pnp saja sudah bisa optimal up di 10-15%, apalagi di oversize... hehehe
maaf, saya kira masih relevan to topic jika saya tanya oversize berapa nih, bro? pnp saja sudah bisa optimal up di 10-15%, apalagi di oversize... hehehe


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
waouuuu santi pak imsus masuk UGD nih, pasti kluar bisa lebi mak nyuuuuuus larinya
tapi hati2 loooo jalanan rame dan di smg sering ada roop dan jln tolnya khan pendek disana, kecuali di sby, tolnya panjang bisa tuk test drive
wah ngogoh kocek brapa tuk PnP nya ?
emang p imsus sangat sayang sama santinya
wah kabari yaaa klo dah beres overhaulnya
tks
tapi hati2 loooo jalanan rame dan di smg sering ada roop dan jln tolnya khan pendek disana, kecuali di sby, tolnya panjang bisa tuk test drive
wah ngogoh kocek brapa tuk PnP nya ?
emang p imsus sangat sayang sama santinya
wah kabari yaaa klo dah beres overhaulnya
tks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
seperti yg saya tulis sebelumnya...re-manage mesin di Santi lebih saya fokuskan ke pencapaian torsi yg lebih besar/optimal dan kalo bisa di putaran bawah. Trus terang saya bukan speed-freak... Palagi tu boil buat keluarga, tar bini bisa kaget kalo pas pake, boil-nya jadi terlalu galak. Lagipula kalo di rumah, boil buat weekend keliling kota ajah...di rumah saya di Semarang, jalannya banyak tanjakan/tikungan. Dengan settingan bawaan pabrik, santi ni memang kurang nikmat dibawa gituan. Padahal, kalo turbo justru lebih mengejar tenaga di putaran atas alias buat ngebut habisss....
@poeticmind, oversize-nya brapa sih saya justru lagi tuker pikiran ma pak mekanik nih. Dia bilang agak susah cari substitusinya, menurut pak mekanik, blok mesin-nya sama dengan punya keluarga evo, tapi pistonnya gede amirr...tu yg susah. Sampe sekarang sih blom ada kepastian mo oversize brapa, lha wong cari silindernya aja susah. Kalo kelamaan carinya, yo wis pnp ajah...mungkin sambil ditambah modul aja. Yg saya liatin sih mereka jual yg merk haltech, hks dan greddy
Pak mekanik ngusulin pake model "sleeve", tar dicariin piston khusus yg dipake di evo-racing, tapi harganya tuh lo yg menggetarkan jiwa...1 set sleeve-nya ajah dah 35jt....waksss..... Kata beliau, boil2 mitsu yg dipake nge-drag dan rally, mereka sudah ganti sistem "sleeve", alhasil rasio kompresinya bisa membengkak tajam.
Dibengkel ini, ongkos kerja pnp-nya aja di kisaran 1.8-2jtaan, blom termasuk spare parts (yg jelas packing head, ato seal/ring, sial2nya timing belt juga harus ganti). Total bisa sampe 4-5jtaan.
Ok pak inoz, perkembangannya saya tetep postingkan disini...
@poeticmind, oversize-nya brapa sih saya justru lagi tuker pikiran ma pak mekanik nih. Dia bilang agak susah cari substitusinya, menurut pak mekanik, blok mesin-nya sama dengan punya keluarga evo, tapi pistonnya gede amirr...tu yg susah. Sampe sekarang sih blom ada kepastian mo oversize brapa, lha wong cari silindernya aja susah. Kalo kelamaan carinya, yo wis pnp ajah...mungkin sambil ditambah modul aja. Yg saya liatin sih mereka jual yg merk haltech, hks dan greddy
Pak mekanik ngusulin pake model "sleeve", tar dicariin piston khusus yg dipake di evo-racing, tapi harganya tuh lo yg menggetarkan jiwa...1 set sleeve-nya ajah dah 35jt....waksss..... Kata beliau, boil2 mitsu yg dipake nge-drag dan rally, mereka sudah ganti sistem "sleeve", alhasil rasio kompresinya bisa membengkak tajam.
Dibengkel ini, ongkos kerja pnp-nya aja di kisaran 1.8-2jtaan, blom termasuk spare parts (yg jelas packing head, ato seal/ring, sial2nya timing belt juga harus ganti). Total bisa sampe 4-5jtaan.
Ok pak inoz, perkembangannya saya tetep postingkan disini...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
[SIRAM BENSIN]imsus2c wrote:seperti yg saya tulis sebelumnya...re-manage mesin di Santi lebih saya fokuskan ke pencapaian torsi yg lebih besar/optimal dan kalo bisa di putaran bawah. Trus terang saya bukan speed-freak... ...
IMHO, kan bisa di atur boost nya di atas atau dibawah. Kalo nggak mau kenceng2, boost nya di set mulai RPM 1500, HP mungkin nggak naik drastis tapi torsi bawah nya mak nyussssssssssshhhhh...sssh...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
yup...betul juga sih pak.
Cuman yg dijual disitu emang rata-rata turbo buat performance tenaga atas.
Pak Mekaniknya sih kasih saran, daripada kluar duit banyak buat beli ini itu toh akhirnya boil emang buat family car/daily used, mendingan habis pnp++ (dan kalo bisa oversize), di coba dolo (test drive) gitu loh....kalo blom puas baru kasih turbo....kalo masih blom puas juga kasih modul/piggyback...kalo masih ngeyel terus....ya ganti mesin ajah...
yup...betul juga sih pak.
Cuman yg dijual disitu emang rata-rata turbo buat performance tenaga atas.
Pak Mekaniknya sih kasih saran, daripada kluar duit banyak buat beli ini itu toh akhirnya boil emang buat family car/daily used, mendingan habis pnp++ (dan kalo bisa oversize), di coba dolo (test drive) gitu loh....kalo blom puas baru kasih turbo....kalo masih blom puas juga kasih modul/piggyback...kalo masih ngeyel terus....ya ganti mesin ajah...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
kalo masih trus ngeyel, tuker tambah santinya dengan Cayenne turbo...toh bentuk2 bodinya terutama bokong seksinya udah mirip2.......imsus2c wrote:^^^
yup...betul juga sih pak.
Cuman yg dijual disitu emang rata-rata turbo buat performance tenaga atas.
Pak Mekaniknya sih kasih saran, daripada kluar duit banyak buat beli ini itu toh akhirnya boil emang buat family car/daily used, mendingan habis pnp++ (dan kalo bisa oversize), di coba dolo (test drive) gitu loh....kalo blom puas baru kasih turbo....kalo masih blom puas juga kasih modul/piggyback...kalo masih ngeyel terus....ya ganti mesin ajah...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
kalo ud mirip, ga perlu tukar tambah kali ya.
cukup emblem2 nya aja..

cukup emblem2 nya aja..


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
saya mengerti maksud bro... that's why saya tanya oversize berapa... dan, jika sudah comment 'turbo' , wah... mending ganti mesin. secara harganya hampir mirip, dan yg bro kejar bukan speed tapi mesin optimal.
bisa juga half cut, but then again... it's way too complicated and wasting time.. belum lagi masalah cangkok begini pasti timbul masalah di kemudian hari.
utk saya sendiri, if i were you... i will do the same. oversize if possible. >> more cheap and more power indeed.
sleeve? hehehehe buset dah, bro! ambil boil anyar...
bisa juga half cut, but then again... it's way too complicated and wasting time.. belum lagi masalah cangkok begini pasti timbul masalah di kemudian hari.
utk saya sendiri, if i were you... i will do the same. oversize if possible. >> more cheap and more power indeed.
sleeve? hehehehe buset dah, bro! ambil boil anyar...


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
gmn pak imsus hasil perbaikan santinya
wah pasti dah cespleng dan maknyuuuus
sy masih aja apa santi ang kmrin hanya masih dielus elus aja mau
yaa sekali-kali test drive uji adrenaLIN
kabari yaa hasilnya
saya lagi mau bersiin injection nya
dan lagi pesen plat nomer akrilik dan slaon mobil kestroir dan interior
oh yaa mesin gak boleh disemprot pake air yaa pas nyuci mobil alias gak perlu cuci mesin
apa emang begitu sebab takut ada air yang tersisa di kabel yang malah bikin karatan dan konslet pada suatu sat nanti
wah pasti dah cespleng dan maknyuuuus
sy masih aja apa santi ang kmrin hanya masih dielus elus aja mau
yaa sekali-kali test drive uji adrenaLIN
kabari yaa hasilnya
saya lagi mau bersiin injection nya
dan lagi pesen plat nomer akrilik dan slaon mobil kestroir dan interior
oh yaa mesin gak boleh disemprot pake air yaa pas nyuci mobil alias gak perlu cuci mesin
apa emang begitu sebab takut ada air yang tersisa di kabel yang malah bikin karatan dan konslet pada suatu sat nanti
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
rasanya cuci mesin masih oke oke aja, inoz... asal jangan dibanjur tapi di steam. jangan lupa utk menutup bagian2 penting kelistrikan dengan kantong plastik.
setelah di steam, usahakan di semprot dengan 'air compressor' agar air yg masih nyumput bisa keluar dan kering... terakhir, nyalakan mesin selama kira2 10-15menit.
sebenernya tidak semudah itu air dapat membuat karat dan arus hubungan pendek, karena pada waktu mesin dijalankan, panas mesin membantu penguapan yg lebih cepat (kering).
selama ini sih saya ga masalah ya... tapi jika masih ragu, ada baiknya mesin dilap saja dengan lap basah setiap minggu, cukup efektif menjaga kebersihan cabin mesin.
setelah di steam, usahakan di semprot dengan 'air compressor' agar air yg masih nyumput bisa keluar dan kering... terakhir, nyalakan mesin selama kira2 10-15menit.
sebenernya tidak semudah itu air dapat membuat karat dan arus hubungan pendek, karena pada waktu mesin dijalankan, panas mesin membantu penguapan yg lebih cepat (kering).
selama ini sih saya ga masalah ya... tapi jika masih ragu, ada baiknya mesin dilap saja dengan lap basah setiap minggu, cukup efektif menjaga kebersihan cabin mesin.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
thak sebelum pak poeticmind atas sarannya
emang kemarin ragu aja, pas di tmp cuci steam ditanya pak mau disteam mesinnya
ane takut sebab khan pake ECU, walau aman tapi takut kena kabel2 gitu sebab ane pengen mesin mobil kinclong gitu,
kadang pas habis hujan mesin kadang agak kotor juga atau pas lewat daerah berdebu, jadi pengen diteam gitu agar bersih lagi, karena takut yaa terpaksa dielap aja manual dan pelan2
betul ane setuju saranya setelah di steam lalu dikeringin pake angin dr kompresor, biar butir2 air yang nempel bisa terusir termasuk yang ngumpet gitu
ane pernah nanya ama bengkel resmi, yaaa hati2 aja
khan sejenis juga tuh ame carnival gs, yaa gak pernah disteam mesinnya, tapi dimasukin salon dan dilap aja ko kliatah kotor.
oke ane coba aja klo sudah aman mah
seperti pernah pak imsus tulis sebelumnya, yaaa ane kawatir aja jk mobil abis disemprot air yaitu terhadap kabel2 yg sudah getas termakan usia, bisa kemasukan air, sb umur boinya sdh 6th
apa ada yang tahu gimana cara bersiin sisa oli kering dan kotoran yang nempel di mesin, tentunya yang aman dan mereknya apa serta bisa didapatkan dimana ?
thaks
emang kemarin ragu aja, pas di tmp cuci steam ditanya pak mau disteam mesinnya
ane takut sebab khan pake ECU, walau aman tapi takut kena kabel2 gitu sebab ane pengen mesin mobil kinclong gitu,
kadang pas habis hujan mesin kadang agak kotor juga atau pas lewat daerah berdebu, jadi pengen diteam gitu agar bersih lagi, karena takut yaa terpaksa dielap aja manual dan pelan2
betul ane setuju saranya setelah di steam lalu dikeringin pake angin dr kompresor, biar butir2 air yang nempel bisa terusir termasuk yang ngumpet gitu
ane pernah nanya ama bengkel resmi, yaaa hati2 aja
khan sejenis juga tuh ame carnival gs, yaa gak pernah disteam mesinnya, tapi dimasukin salon dan dilap aja ko kliatah kotor.
oke ane coba aja klo sudah aman mah
seperti pernah pak imsus tulis sebelumnya, yaaa ane kawatir aja jk mobil abis disemprot air yaitu terhadap kabel2 yg sudah getas termakan usia, bisa kemasukan air, sb umur boinya sdh 6th
apa ada yang tahu gimana cara bersiin sisa oli kering dan kotoran yang nempel di mesin, tentunya yang aman dan mereknya apa serta bisa didapatkan dimana ?
thaks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
better cuci mesin saat masih hangat (jangan panas), biar air cepat mengering.
banyak, salah satunya STP engine-degreaser tinggal semprot saat mesin "hangat", diamkan bbrp menit, siram dgn sedikit mungkin air.
ini seperti minyak tanah, tp dlm kaleng.
di toko2 oli ada.
banyak, salah satunya STP engine-degreaser tinggal semprot saat mesin "hangat", diamkan bbrp menit, siram dgn sedikit mungkin air.
ini seperti minyak tanah, tp dlm kaleng.
di toko2 oli ada.