(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
waduh...saya ikut prihatin dan berduka cita pak...
Itulah saya curiganya dan kurang sreg dengan boil yg secara tahun sudah umur tapi KM-nya rendah. Saya lebih percaya ma boil yg umur odo-nya normal2...misalnya 1 tahun tu equal dengan 30.000KM. Biasanya dengan pemakaian normal, umumnya memaksa "owner" untuk memeriksa kondisi mobilnya dengan seksama dan berkala. Dan dengan jalan normal tiap hari, kalo ada yg ga beres biasanya langsung kedeteksi gitu.
Itu boil thn 2002 tp KM-nya cuman 48.000, dapat dikatakan beberapa partsnya (misal belt/karet/ban) pasti blom pernah diganti, padahal secara fisik mereka mungkin sudah uzur (getas), makanya dolo saya pernah sharing, mendingan semuanya diganti. Untuk timing belt, saya patokan pada 50.000KM pak...
seperti saya pernah bilang, tipikal mobil built up (terutama eks korea dan mungkin eropa), biasanya kelistrikannya ringkih sekali, kalo kena, imbasnya bisa ke performa mesin.
sekedar sharing, saya untuk hal "serius' gituan, tidak pernah ke bengkel resmi hyundai, dengan alasan, santi bukan boil populer yg populasinya banyak yg akhirnya membuat jam terbang mekaniknya dalam menangani boil gituan jadi terbatas.
Saya biasanya/atao kalo boleh saya anjurkan ke bengkel umum spesialis "engine performance" dan kalo bisa yg spesialis "mitsubishi" ato setidaknya dijadikan rujukan para mitsuer. Kenapa...? (pasti heran kan...), jawabnya adalah sistem dan engine management Hyundai terutama utk mobil built up-nya tu sangat identik dengan mitsu. Dolo saya pernah baca di internet (sejarah hyundai), waktu hyundai pertama kali bikin boil, alih teknologinya dari mitsu, bahkan hyundai generasi awal pake engine dari mitsu.
Trus saya coba, Santi saya masukin di bengkel "OLIMART berkah sejahtera" di Surabaya (jln Semarang, deket stasiun Ps. turi) (jgn2 orangnya member SM juga nih), waktu dia buka mesin trus otak-atik, mereka bilang...ehm..ini sih emang mitsu punya sistem. Sekedar info, bengkel olimart ni spesialis engine performance buat sedan2 mitsu yg speed-freak termasuk yg mo ikutan rally or drag. Mungkin para SMers yg di Surabaya tahu. Kalo ga salah bengkel ni juga pernah masuk majalah MobilMotor (edisinya lupa)
Waktu test ECU, eh si teknisi langsung nebak, "pak, ECU-nya pernah reset di Hyundai?", saya tanya "kok tahu?", dia jawab "ada di log-nya tapi kayaknya reset-nya nggak bener, kalo boleh, kita re-mapping", saya jawab..."silakan". Dia juga nambahin, hati-hati dengan kelistrikan mobil hyundai terutama yg built up. Proses scanning ni makan waktu 3 hari, overall kondisi santi masih OK (secara hardware dan software). Oya, tambahan juga dari pak teknisinya, engine management Santi tuh dah mengadopsi katup hidrolis (yg seharusnya membuat mesinnya smooth/halus), dan klep variable (ignition timing). Jadi...bisa diset apa kita mo kasih ron88/premium(tidak dianjurkan sih) atau yg lebih tinggi tanpa bikin mesin ngelitik/cepet rusak. Hanya tetep ada konsekuensinya, kalo pake premium, dijamin boil bakal loyo (nggak galak lagi larinya)
Posisi sekarang Santi saya masih saya 'asramakan' disana, rencananya mo porting-polished, remapping ECU dan pasang modul (piggyback). Nanti saya postingkan perkembangannya di topic ini buat sharing...
Back to problem, kalo pengalaman saya, ya ta bawa ke bengkel umum ajah pak, tapi yg spesialis engine performance dan kalo bisa yg spesialis Mitsubishi.
Yaah..saya berharap pak inoz masih tetep sayang ma Santi-nya...
Itulah saya curiganya dan kurang sreg dengan boil yg secara tahun sudah umur tapi KM-nya rendah. Saya lebih percaya ma boil yg umur odo-nya normal2...misalnya 1 tahun tu equal dengan 30.000KM. Biasanya dengan pemakaian normal, umumnya memaksa "owner" untuk memeriksa kondisi mobilnya dengan seksama dan berkala. Dan dengan jalan normal tiap hari, kalo ada yg ga beres biasanya langsung kedeteksi gitu.
Itu boil thn 2002 tp KM-nya cuman 48.000, dapat dikatakan beberapa partsnya (misal belt/karet/ban) pasti blom pernah diganti, padahal secara fisik mereka mungkin sudah uzur (getas), makanya dolo saya pernah sharing, mendingan semuanya diganti. Untuk timing belt, saya patokan pada 50.000KM pak...
seperti saya pernah bilang, tipikal mobil built up (terutama eks korea dan mungkin eropa), biasanya kelistrikannya ringkih sekali, kalo kena, imbasnya bisa ke performa mesin.
sekedar sharing, saya untuk hal "serius' gituan, tidak pernah ke bengkel resmi hyundai, dengan alasan, santi bukan boil populer yg populasinya banyak yg akhirnya membuat jam terbang mekaniknya dalam menangani boil gituan jadi terbatas.
Saya biasanya/atao kalo boleh saya anjurkan ke bengkel umum spesialis "engine performance" dan kalo bisa yg spesialis "mitsubishi" ato setidaknya dijadikan rujukan para mitsuer. Kenapa...? (pasti heran kan...), jawabnya adalah sistem dan engine management Hyundai terutama utk mobil built up-nya tu sangat identik dengan mitsu. Dolo saya pernah baca di internet (sejarah hyundai), waktu hyundai pertama kali bikin boil, alih teknologinya dari mitsu, bahkan hyundai generasi awal pake engine dari mitsu.
Trus saya coba, Santi saya masukin di bengkel "OLIMART berkah sejahtera" di Surabaya (jln Semarang, deket stasiun Ps. turi) (jgn2 orangnya member SM juga nih), waktu dia buka mesin trus otak-atik, mereka bilang...ehm..ini sih emang mitsu punya sistem. Sekedar info, bengkel olimart ni spesialis engine performance buat sedan2 mitsu yg speed-freak termasuk yg mo ikutan rally or drag. Mungkin para SMers yg di Surabaya tahu. Kalo ga salah bengkel ni juga pernah masuk majalah MobilMotor (edisinya lupa)
Waktu test ECU, eh si teknisi langsung nebak, "pak, ECU-nya pernah reset di Hyundai?", saya tanya "kok tahu?", dia jawab "ada di log-nya tapi kayaknya reset-nya nggak bener, kalo boleh, kita re-mapping", saya jawab..."silakan". Dia juga nambahin, hati-hati dengan kelistrikan mobil hyundai terutama yg built up. Proses scanning ni makan waktu 3 hari, overall kondisi santi masih OK (secara hardware dan software). Oya, tambahan juga dari pak teknisinya, engine management Santi tuh dah mengadopsi katup hidrolis (yg seharusnya membuat mesinnya smooth/halus), dan klep variable (ignition timing). Jadi...bisa diset apa kita mo kasih ron88/premium(tidak dianjurkan sih) atau yg lebih tinggi tanpa bikin mesin ngelitik/cepet rusak. Hanya tetep ada konsekuensinya, kalo pake premium, dijamin boil bakal loyo (nggak galak lagi larinya)
Posisi sekarang Santi saya masih saya 'asramakan' disana, rencananya mo porting-polished, remapping ECU dan pasang modul (piggyback). Nanti saya postingkan perkembangannya di topic ini buat sharing...
Back to problem, kalo pengalaman saya, ya ta bawa ke bengkel umum ajah pak, tapi yg spesialis engine performance dan kalo bisa yg spesialis Mitsubishi.
Yaah..saya berharap pak inoz masih tetep sayang ma Santi-nya...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
OOT nih,
Memang hyundai dari mitsu, elantra itu basisnya DanGan 1600cc.
basis mesin cakra / accent / verna (single efi) = DanGan 1500cc(karbu) & before.
Basis mesin Proton juga dari mitsu, deh.
Truck & suv china kemarin yg di IMS itu juga dari basis Mitsu deh.
Memang hyundai dari mitsu, elantra itu basisnya DanGan 1600cc.
basis mesin cakra / accent / verna (single efi) = DanGan 1500cc(karbu) & before.
Basis mesin Proton juga dari mitsu, deh.
Truck & suv china kemarin yg di IMS itu juga dari basis Mitsu deh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
yup...enggak OOT kok pak, masih relevan dengan topic. Makanya sharing saya buat pak inoz, kalo mo dibawa ke bengkel umum, mendingan tu boil di bawa ke bengkel spesialis mitsubishi, kalo bisa yg bengkel-nya sudah punya reputasi bagus gitu loh...
yup...enggak OOT kok pak, masih relevan dengan topic. Makanya sharing saya buat pak inoz, kalo mo dibawa ke bengkel umum, mendingan tu boil di bawa ke bengkel spesialis mitsubishi, kalo bisa yg bengkel-nya sudah punya reputasi bagus gitu loh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
bro imsus bener, saya dulu punya hyundai elantra setiap tune up ke bengkel mitsu... dan spare parts nya rata2 sama... hasilnya pun lebih memuaskan.
dan ada benernya... teknisi Bengkel resmi hyundai adalah cabutan dari mitsu.
so... spt imsus katakan, why not langsung saja ke bengkel umum mitsu? hehehe well, just over my note... 
dan ada benernya... teknisi Bengkel resmi hyundai adalah cabutan dari mitsu.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
trima kasih ama p imsus dan p poeticmild atas infonya
wah makin enak aja nih dibantuin ama bos bos yang ahli mesin
oh p imsus dah rima kiriman manual booknya, sya alamatkan ke rmh smg, biar lebih cepat, sb klo ke mjkerto pasti agk lama, semoga bisa dapat banti aku lagi stelah baca buku itu
hee eh pas kluar bengkel kmarin ane tanya pd teknisinya apa aja yang mesti dicek, dia bilang oli2 dan filter mesti diganti spp imsus sarankan, karena pas 45.000 km banyak cairan yg harus diganti, katanay sekitar 1 jt wah bolong lagi neh kantongku
kamrin ganti semua belt dah bocor kantongku sekitar 3,1 jt, yaa gak apa2 demi santiku toh yg aku sukai, wah kayak ABG yg lagi jatuh cinta
kmarin sempet mampir ke toko ban pas lihat yg ukuran 235/75 R15 gede banget yaa dan kliatan macho
lalu saya coba lirik yg ukuran dueller AT 694 ukuran 235/70 R15 dg OWT, ini kluaran baru akhir th 2007 dg grip baru katanya, lumayan juga bentuknya
ane tanya juga yang ukuran 30/9.5 R15 wah mantep banget, tapi kayaknya kegedean dan macho pisan, apa gak jadi berat dimesin yaaa dan bahaya gak yaa dalam handlingnya, klo ukurannya terlalu gede dibandingkan dengan saran pabrik/ manual book.
yaa biasa lihat2 dulu sambil ngumpulin doku
kmarin pas ambil dr bengkel ane geber 140 km/h di tol cipularang, enak tenan, tapi betul agak goyang pas di belokan spt kt b imsus, jadi keburu kehilangan nyali. tapi rasanya kecepatan antara yg tertera di odometer dg perasaan pas nyetir sptnya masih pelan gitu sebab avanza ane kejar kamrin dg 120 km/h, dia masih didepan ane, ane naikin 130 km/h dia juga masih di depanku, ada lagi suzuki carry juga gitu, edan aku pacu 130 km/h dia masih ngacir, ane jadi panas tapi yaa tadi mikirnya apa nih mobil boyot gitu.
ane mikir ini apa mblku yang lambat tp kec odo nya terlalu lambat, perasaan aja abis merasa masih lambat
apa karena boilnya stabil dan gak berisik jd merasa masih pelan aja walau kec dah tinggi.
ane rasa kadang klo pas nanjak agak susah akselerasinya, tp ane tetap pasang di posisi 5, pd 80 km/h apa yaa sebabnya ?
ga bisa mak nyuus gitu
oke trims sarannya
wah makin enak aja nih dibantuin ama bos bos yang ahli mesin
oh p imsus dah rima kiriman manual booknya, sya alamatkan ke rmh smg, biar lebih cepat, sb klo ke mjkerto pasti agk lama, semoga bisa dapat banti aku lagi stelah baca buku itu
hee eh pas kluar bengkel kmarin ane tanya pd teknisinya apa aja yang mesti dicek, dia bilang oli2 dan filter mesti diganti spp imsus sarankan, karena pas 45.000 km banyak cairan yg harus diganti, katanay sekitar 1 jt wah bolong lagi neh kantongku
kamrin ganti semua belt dah bocor kantongku sekitar 3,1 jt, yaa gak apa2 demi santiku toh yg aku sukai, wah kayak ABG yg lagi jatuh cinta
kmarin sempet mampir ke toko ban pas lihat yg ukuran 235/75 R15 gede banget yaa dan kliatan macho
lalu saya coba lirik yg ukuran dueller AT 694 ukuran 235/70 R15 dg OWT, ini kluaran baru akhir th 2007 dg grip baru katanya, lumayan juga bentuknya
ane tanya juga yang ukuran 30/9.5 R15 wah mantep banget, tapi kayaknya kegedean dan macho pisan, apa gak jadi berat dimesin yaaa dan bahaya gak yaa dalam handlingnya, klo ukurannya terlalu gede dibandingkan dengan saran pabrik/ manual book.
yaa biasa lihat2 dulu sambil ngumpulin doku
kmarin pas ambil dr bengkel ane geber 140 km/h di tol cipularang, enak tenan, tapi betul agak goyang pas di belokan spt kt b imsus, jadi keburu kehilangan nyali. tapi rasanya kecepatan antara yg tertera di odometer dg perasaan pas nyetir sptnya masih pelan gitu sebab avanza ane kejar kamrin dg 120 km/h, dia masih didepan ane, ane naikin 130 km/h dia juga masih di depanku, ada lagi suzuki carry juga gitu, edan aku pacu 130 km/h dia masih ngacir, ane jadi panas tapi yaa tadi mikirnya apa nih mobil boyot gitu.
ane mikir ini apa mblku yang lambat tp kec odo nya terlalu lambat, perasaan aja abis merasa masih lambat
apa karena boilnya stabil dan gak berisik jd merasa masih pelan aja walau kec dah tinggi.
ane rasa kadang klo pas nanjak agak susah akselerasinya, tp ane tetap pasang di posisi 5, pd 80 km/h apa yaa sebabnya ?
ga bisa mak nyuus gitu
oke trims sarannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
suz carry 130kpj??? buset dah......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
bisa bro... kijang kotak sabun buaya 1980 gue tembus 140, cuman langsung putus...Risol1 wrote:suz carry 130kpj??? buset dah......

tenaga masih ada, apa daya giginya cuman 4... hahahahaha!

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
@pak Inoz,...masih cinta juga ma Santi-nya ya...? Syukur deh... Oya, kiriman dah nyampe pak (sudah saya PM), but thanks again deh.
Comment yach:
1. Memang sudah seharusnya digantilah pak..., segala macam cairan dan filter-nya, apalagi umur 7 thn tapi odo baru 45K, mendingan belt2-nya juga ikutan diganti. Kalo masih lega, boleh cek tu kelistrikan dan lampu. Ada baiknya juga cek radiator ato setidaknya ganti cairannya, kuras+ganti minyak rem (periksa juga kampasnya), kalo masih lega juga, service AC, hehehe....
2. Ban standard kalo ga salah 215/60R15, punya saya 235/75R15, kalo dilihat bannya doang emang besar, tapi sesudah dipasang di mobil, dilihat keseluruhan secara komposisi desain, jadi kelihatan biasa aja tuh alias normal-normal. Efek positif, kenyamanan bertambah, efek negatif, handling jadi berkurang alias limbung. Kenyamanan dan handling kan hal yg bertolak belakang gitu loh... Efek negatif tambahan, konsumsi BBM jadi lebih borosan dikit. Dan lagipula, secara konstruksi kaki2. si Santi memang dirancang nyaman dan empuk, efeknya ya gitu deh...limbung kalo zig-zag.
Ya alternatifnya, ganti di 225/60R16 atau 215/70R16 masih OK kok (nyaman vs. handling)
Kalo masih mau dibatas nyaman, handling bagus dan kelihatan macho, ganti 235/65R17 atau 235/50R18, masih bisa masuk tanpa modif kaki/fender. Tapi harga ban+velgnya itu loh yg ngeri...belum lagi efek konsumsi BBM.
Pada umumnya, ban dengan ukuran inci di Indonesia dipake utk tipe garuk tanah/off road (M/T), kalo mobil dipake untuk aspal, mendingan H/T ato minimal A/T ajah pak. ban M/T emang keliatan macho, tapi pasti ga nyaman bin berisik.
3.Wah, masalah odo/speedometer, agak susah ngejawabnya, bisa jadi emang speedo-nya dah soak, atau bisa jadi ukuran roda (velg+ban) sudah beda dari spek asal. Kalo hal ini, meskipun speedometer masih normal, pembacaannya pasti error. Coba masuk sini deh kalo pengin tahu seberapa besar error-nya (tapi kita harus tahu pasti dulu spek ukuran roda "asli" boil itu dari pabrik loh): http://www.tiresizecalculator.info/
4.Duh pak, bawa boil besar ga usah "panas-panasan" deh... Yg jelas, dengan Santi kalo cuman 145Kph tu gampang (punya saya, 145Kph=gigi5@3800-4000Rpm). Tar kalo terlalu kenceng, susah ngerem+handlingnya loh....
5.Karakter mesin Santi (saya lupa kode-nya) tu tenaganya ada di putaran atas alias napas panjang (marathon), untuk diajak sprint ato tanjakan emang agak susah. Kemaren waktu diagnosa ECU dan engine management di bengkel Olimart Sby, ketahuan (setelah dicolok laptop) kalo torsi baru muncul di putaran 2200-2500an, dengan puncaknya di 4000-4500an. Ditambah dengan rasio gigi halus (gigi tuk penakluk aspal), tentu saja kombinasi ini bikin susah di kondisi tanjakan & stop/go. Kadang kalo saya pas jalan merambat di tanjakan, saya siasati dengan menahan putaran mesin di Rpm 2000-2500. Jadi waktu oper gigi misalnya 3 ke 2 atau 2 ke 1, pedal gas ngga saya lepas betul, alias di angka 2000-2500an, emang sih suara mesin jadi melengking dan terus terang cara saya ini ga saya rekomend, bisa bikin kopling selip ato cepet habis. Tapi ya dengan cara saya tsb, waktu pedal kopling dilepas, boil langsung "wussss", soalnya torsi mesin sudah tersedia. Kalo pindah giginya "normal" alias gas dilepas hingga rpm800an baru masuk kopling+gigi, waktu kopling lepas, pasti boilnya loyo habisss...soalnya torsi+tenaga mesinnya belum muncul gitu loh...
Menurut pak mekanik di Olimart, engine management tipe gini emang biasanya diterapkan tuk boil2 gede dengan tujuan "comfort-cruising". Napasnya puanjanggg... Kalo buat luar kota dengan jalan lengang/tol...baru kerasa. Boil2 lain dengan akselerasi cepat, pada suatu titik akan "kehabisan napas/torsi" soalnya engine management mereka menganut sistem "ejakulasi dini" hehehe... Cepet keluar dan cepet lemess....
Boil kayak santi jelas ga cocok buat kondisi stop n go...efeknya ya itu tadi, berat dan boros... Hal ini bisa diatasi dengan mengubah engine managementnya secara hardware dan software. Dari hardware, sebaiknya porting+polish buat tambah tenaga/torsi, ganti filter udara yg lebih "bernafas", pake oli encer yg mahal (misalnya 5-50), ganti busi performance (misalnya iridium), pake BBM bagus dll, dll....
Untuk software-nya, ya ECU harus remapping, bisa juga pasang modul penipu (piggyback). kalo cuman ngegeser torsi ke putaran rendah aja sih bisa dilakukan dengan software. Ya efeknya, top speednya bergeser. Misalnya dulu 100Kph di gigi 5@3000rpm, bisa2 setlah digeser jadi 100kph gigi5@4000rpm. Kalo dalam kota bisa irit tapi giliran luar kota/tol, jatuhnya malah bisa lebih boros dari sebelum re-mapping. Yaa...pokoknya lihat kebutuhan pemakaian kita ajah pak...
Oya, gimana? Sudah dapat referensi/rujukan bengkel spesialis Mitsu?
Comment yach:
1. Memang sudah seharusnya digantilah pak..., segala macam cairan dan filter-nya, apalagi umur 7 thn tapi odo baru 45K, mendingan belt2-nya juga ikutan diganti. Kalo masih lega, boleh cek tu kelistrikan dan lampu. Ada baiknya juga cek radiator ato setidaknya ganti cairannya, kuras+ganti minyak rem (periksa juga kampasnya), kalo masih lega juga, service AC, hehehe....
2. Ban standard kalo ga salah 215/60R15, punya saya 235/75R15, kalo dilihat bannya doang emang besar, tapi sesudah dipasang di mobil, dilihat keseluruhan secara komposisi desain, jadi kelihatan biasa aja tuh alias normal-normal. Efek positif, kenyamanan bertambah, efek negatif, handling jadi berkurang alias limbung. Kenyamanan dan handling kan hal yg bertolak belakang gitu loh... Efek negatif tambahan, konsumsi BBM jadi lebih borosan dikit. Dan lagipula, secara konstruksi kaki2. si Santi memang dirancang nyaman dan empuk, efeknya ya gitu deh...limbung kalo zig-zag.
Ya alternatifnya, ganti di 225/60R16 atau 215/70R16 masih OK kok (nyaman vs. handling)
Kalo masih mau dibatas nyaman, handling bagus dan kelihatan macho, ganti 235/65R17 atau 235/50R18, masih bisa masuk tanpa modif kaki/fender. Tapi harga ban+velgnya itu loh yg ngeri...belum lagi efek konsumsi BBM.
Pada umumnya, ban dengan ukuran inci di Indonesia dipake utk tipe garuk tanah/off road (M/T), kalo mobil dipake untuk aspal, mendingan H/T ato minimal A/T ajah pak. ban M/T emang keliatan macho, tapi pasti ga nyaman bin berisik.
3.Wah, masalah odo/speedometer, agak susah ngejawabnya, bisa jadi emang speedo-nya dah soak, atau bisa jadi ukuran roda (velg+ban) sudah beda dari spek asal. Kalo hal ini, meskipun speedometer masih normal, pembacaannya pasti error. Coba masuk sini deh kalo pengin tahu seberapa besar error-nya (tapi kita harus tahu pasti dulu spek ukuran roda "asli" boil itu dari pabrik loh): http://www.tiresizecalculator.info/
4.Duh pak, bawa boil besar ga usah "panas-panasan" deh... Yg jelas, dengan Santi kalo cuman 145Kph tu gampang (punya saya, 145Kph=gigi5@3800-4000Rpm). Tar kalo terlalu kenceng, susah ngerem+handlingnya loh....
5.Karakter mesin Santi (saya lupa kode-nya) tu tenaganya ada di putaran atas alias napas panjang (marathon), untuk diajak sprint ato tanjakan emang agak susah. Kemaren waktu diagnosa ECU dan engine management di bengkel Olimart Sby, ketahuan (setelah dicolok laptop) kalo torsi baru muncul di putaran 2200-2500an, dengan puncaknya di 4000-4500an. Ditambah dengan rasio gigi halus (gigi tuk penakluk aspal), tentu saja kombinasi ini bikin susah di kondisi tanjakan & stop/go. Kadang kalo saya pas jalan merambat di tanjakan, saya siasati dengan menahan putaran mesin di Rpm 2000-2500. Jadi waktu oper gigi misalnya 3 ke 2 atau 2 ke 1, pedal gas ngga saya lepas betul, alias di angka 2000-2500an, emang sih suara mesin jadi melengking dan terus terang cara saya ini ga saya rekomend, bisa bikin kopling selip ato cepet habis. Tapi ya dengan cara saya tsb, waktu pedal kopling dilepas, boil langsung "wussss", soalnya torsi mesin sudah tersedia. Kalo pindah giginya "normal" alias gas dilepas hingga rpm800an baru masuk kopling+gigi, waktu kopling lepas, pasti boilnya loyo habisss...soalnya torsi+tenaga mesinnya belum muncul gitu loh...
Menurut pak mekanik di Olimart, engine management tipe gini emang biasanya diterapkan tuk boil2 gede dengan tujuan "comfort-cruising". Napasnya puanjanggg... Kalo buat luar kota dengan jalan lengang/tol...baru kerasa. Boil2 lain dengan akselerasi cepat, pada suatu titik akan "kehabisan napas/torsi" soalnya engine management mereka menganut sistem "ejakulasi dini" hehehe... Cepet keluar dan cepet lemess....
Boil kayak santi jelas ga cocok buat kondisi stop n go...efeknya ya itu tadi, berat dan boros... Hal ini bisa diatasi dengan mengubah engine managementnya secara hardware dan software. Dari hardware, sebaiknya porting+polish buat tambah tenaga/torsi, ganti filter udara yg lebih "bernafas", pake oli encer yg mahal (misalnya 5-50), ganti busi performance (misalnya iridium), pake BBM bagus dll, dll....
Untuk software-nya, ya ECU harus remapping, bisa juga pasang modul penipu (piggyback). kalo cuman ngegeser torsi ke putaran rendah aja sih bisa dilakukan dengan software. Ya efeknya, top speednya bergeser. Misalnya dulu 100Kph di gigi 5@3000rpm, bisa2 setlah digeser jadi 100kph gigi5@4000rpm. Kalo dalam kota bisa irit tapi giliran luar kota/tol, jatuhnya malah bisa lebih boros dari sebelum re-mapping. Yaa...pokoknya lihat kebutuhan pemakaian kita ajah pak...
Oya, gimana? Sudah dapat referensi/rujukan bengkel spesialis Mitsu?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
tambahan pak inoz, ganti oli atau apapun ato malah sekedar service di BeRes (Bengkel Resmi) pasti lebih mahal....
Saya kalo ganti oli mesin+transmisi, biasanya cuman habis 450ribuan... Kalo di BeRes Hyundai, olinya pake Repsol Elite Multivalvulas 10-40. Saya sih pake Castrol Magnatec 10-40. Rencananya sih, kalo boil saya sudah selesai service (engine overhaul + re-managed), mau ta ganti yg lebih encer, misalnya 5-50.
Saya kalo ganti oli mesin+transmisi, biasanya cuman habis 450ribuan... Kalo di BeRes Hyundai, olinya pake Repsol Elite Multivalvulas 10-40. Saya sih pake Castrol Magnatec 10-40. Rencananya sih, kalo boil saya sudah selesai service (engine overhaul + re-managed), mau ta ganti yg lebih encer, misalnya 5-50.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
teguran ato pujian nih?
teguran ato pujian nih?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
tentu saja pujian...imsus2c wrote:^^^
teguran ato pujian nih?

masak teguran sih?


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
emang sih bisa tapi apa engga ngeri tuh???? kijang kapsul aja 130 kpj udah goyang gimana carry?poeticmind wrote:bisa bro... kijang kotak sabun buaya 1980 gue tembus 140, cuman langsung putus...Risol1 wrote:suz carry 130kpj??? buset dah......
tenaga masih ada, apa daya giginya cuman 4... hahahahaha!

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
oh ngeri banget bro... dulu pernah bawa futura 1.3 di tol hampir mentok... goyang pastilah, sekali itu aja dan ga diulang. hehehehe! maklum dulu rasanya nyali masih gede... sekarang sih boro2 deh...Risol1 wrote:emang sih bisa tapi apa engga ngeri tuh???? kijang kapsul aja 130 kpj udah goyang gimana carry?poeticmind wrote:bisa bro... kijang kotak sabun buaya 1980 gue tembus 140, cuman langsung putus...Risol1 wrote:suz carry 130kpj??? buset dah......
tenaga masih ada, apa daya giginya cuman 4... hahahahaha!

hmmm btw, blazer dibawa 100kpj stabil ga? belum pernah dibejek segitu, paling dalem kota 80an... ---- mobil temen.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Risol1 wrote:suz carry 130kpj??? buset dah......
poeticmind wrote:bisa bro... kijang kotak sabun buaya 1980 gue tembus 140, cuman langsung putus...
tenaga masih ada, apa daya giginya cuman 4... hahahahaha!
Risol1 wrote:emang sih bisa tapi apa engga ngeri tuh???? kijang kapsul aja 130 kpj udah goyang gimana carry?
Biasanya sih mobil2 tipe niaga/penumpang menganut asas engine management "ejakulasi dini", alias torsi/tenaga cepet keluar...cepet habiss...cepet lemess... hehehe....poeticmind wrote:oh ngeri banget bro... dulu pernah bawa futura 1.3 di tol hampir mentok... goyang pastilah, sekali itu aja dan ga diulang. hehehehe! maklum dulu rasanya nyali masih gede... sekarang sih boro2 deh...
hmmm btw, blazer dibawa 100kpj stabil ga? belum pernah dibejek segitu, paling dalem kota 80an... ---- mobil temen.

Dan rasio gigi-nya pun kasar, makanya kalo kijang dari posisi pelan atau barusan dari traffic light, pae gigi 2 pun narik, ditanjakan berat pun gigi 2 masih narik... Tapi giliran lari di 120-140kph (kalo ga salah gigi5 @rpm 4000-4500), gasnya diinjak lagi, rpm nambah...tapi speed-nya nambahnya dikit. Dari desain body-pun tidak aerodinamis, wong nggak dirancang buat ngebut tapi lebih ke acara "muat-muat"
Kalo carry bisa lari diatas 130kph, jangan2 sudah di-swap ma "boxer-engine" yg sudah di-over sized tuh...plus supercharger+turbocharger........


Blazer, dengan konstruksi kaki2 dan body, lari 100kph, saya yakin masih stabil selama bawa larinya lurus-lurus ajah (engga zig-zag). Mungkin pak uch lebih tahu tuh....
AFAIK, mesin blazer, terutama dari rasio gigi-nya juga mengejar torsi di putaran rendah. Kuat di tanjakan/stop n go tapi kalah napas di marathon... Mesin cuman 2.2L tapi harus narik body kebo. Makanya disediakan 2 varian mesin, SOHC untuk torsi putaran bawah (tanjakan, stop n go) dan DOHC (napas panjang, untuk cruising). Tapi ini porsi-nya pak uch buat jelasin deh....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
barusan inget: Hyundai N-Sirius G4JS, mesin tipe ini sih kabarnya sudah ngga dipake (discontinued) buat boil2 hyundai baru. Tampaknya mereka lagi asyik dengan pengembangan mesin turbo-diesel commonrail-nya, atau yg V6 di line up gasoline engine-nyaimsus2c wrote: 5.Karakter mesin Santi (saya lupa kode-nya...)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
kijang kapsul 2004 diesel temen gw pernah dibawa ampe 150 km/h bok....Risol1 wrote:emang sih bisa tapi apa engga ngeri tuh???? kijang kapsul aja 130 kpj udah goyang gimana carry?poeticmind wrote:bisa bro... kijang kotak sabun buaya 1980 gue tembus 140, cuman langsung putus...Risol1 wrote:suz carry 130kpj??? buset dah......
tenaga masih ada, apa daya giginya cuman 4... hahahahaha!

itu udah mentok tapi tidak goyang2 karena treknya lurus mulus...


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
waduh jadi seru pada ngebahas suzi carry yang dibejek abis 13o kpj
betul ane juga heran pas lihat di spion ada mobil kotak roti tawar ngasih dim, gile aku lihat spido 120 kpj, ane minggir kasih jalan ame dia
tapi ati panas juga, ane kejar ehh tambah jauh, jalan juga lagi agak basah lagian ane khan gak buru2, biarlah berlalu
cuman ane penasaran aja, makanya ane sharing disini
seru juga yaaa
betul ane juga heran pas lihat di spion ada mobil kotak roti tawar ngasih dim, gile aku lihat spido 120 kpj, ane minggir kasih jalan ame dia
tapi ati panas juga, ane kejar ehh tambah jauh, jalan juga lagi agak basah lagian ane khan gak buru2, biarlah berlalu
cuman ane penasaran aja, makanya ane sharing disini
seru juga yaaa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
waduh jadi seru pada ngebahas suzi carry yang dibejek abis 13o kpj
betul ane juga heran pas lihat di spion ada mobil kotak roti tawar ngasih dim, gile aku lihat spido 120 kpj, ane minggir kasih jalan ame dia
tapi ati panas juga, ane kejar ehh tambah jauh, jalan juga lagi agak basah lagian ane khan gak buru2, biarlah berlalu
cuman ane penasaran aja, makanya ane sharing disini
seru juga yaaa
barusan ANE abis ganti ban baru di santi ama duEller AT 694 235/70 R15 OWT, keren bro agak gedean dikit dr standart lalu biasa test drive n speed di cipularang
ane bejek 160 kpj di jalan lurus enak tenan dan stabil dan mantap serasa terbang eui, tapi setelah itu diturunin sebab jln tolnya lagi banyak pekerjaan jadi mesti hati2. dan traffic agak padat maklum hari sabtu, tapi puas bro
maaf nih lagi kemaruk kata orang jawa ama boil baru
betul ane juga heran pas lihat di spion ada mobil kotak roti tawar ngasih dim, gile aku lihat spido 120 kpj, ane minggir kasih jalan ame dia
tapi ati panas juga, ane kejar ehh tambah jauh, jalan juga lagi agak basah lagian ane khan gak buru2, biarlah berlalu
cuman ane penasaran aja, makanya ane sharing disini
seru juga yaaa
barusan ANE abis ganti ban baru di santi ama duEller AT 694 235/70 R15 OWT, keren bro agak gedean dikit dr standart lalu biasa test drive n speed di cipularang
ane bejek 160 kpj di jalan lurus enak tenan dan stabil dan mantap serasa terbang eui, tapi setelah itu diturunin sebab jln tolnya lagi banyak pekerjaan jadi mesti hati2. dan traffic agak padat maklum hari sabtu, tapi puas bro
maaf nih lagi kemaruk kata orang jawa ama boil baru
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
Wah...hebat dunk pak Inoz sampe 160kpj, saya pake Santi, paling kenceng cuman 145kpj hehehe.... Hati2 lho pak, lihat juga di speed rating ban-nya yg terpasang sekarang....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
most speed rating ban2 skrg udah jauh diatas kecepatan org mengemudi deh:
speed rating ban standar yg umum di indo :
H = 210kmh
V = 240kmh
speed rating ban standar yg umum di indo :
H = 210kmh
V = 240kmh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
^^^
iya sih pak, tapi kalo ban SUV dengan profil tebal (diatas 70 dengan lebar 205, 215, 225, 235 atau 8", 9", 10", dst) biasanya mentok di S (max. 180kph), itupun biasanya dari ban yg "merk bagus" dan tipe H/T (highway terrain/untuk aspal). Kalo A/T apalagi M/T, biasanya speed ratingnya lebih rendah lagi.
Untuk mensiasati hal tsb, rata2 SUV banci (alias 4x2 penakluk aspal, FWD maupun RWD) diganti rodanya, velg dengan rim 16 keatas..., bannya pun pake lebih tipis misalnya 235/55R18, ban dengan profil tipis biasanya memiliki speed rating lebih tinggi dari yg profil tebal, biar tampilan lebih "city-slicker" dan bisa dipake ngebut (tentunya di jalan mulus), tapi waktu lewat jalan rusak dan semi off road...giliran kita2 yg pake ban tebal lebih ngacir....
Beberapa kelebihan dari profil tebal, lebih nyaman dan load ratingnya pun lebih tinggi, sedangkan kekurangan yg utama, speed rating lebih rendah dan cenderung limbung.
Back to topic, setahu saya sih, anjuran dari pabrikan untuk ban Santi ya minimum speed ratingnya T (190 kpj) dan load ratingnya minimum 88 (up to 560Kg tiap roda).
Kadang masalah ban ini luput dari pengamatan, makanya yg sering terjadi, kecelakaan di tol gara2 ban meletus, sobek, dll....
iya sih pak, tapi kalo ban SUV dengan profil tebal (diatas 70 dengan lebar 205, 215, 225, 235 atau 8", 9", 10", dst) biasanya mentok di S (max. 180kph), itupun biasanya dari ban yg "merk bagus" dan tipe H/T (highway terrain/untuk aspal). Kalo A/T apalagi M/T, biasanya speed ratingnya lebih rendah lagi.
Untuk mensiasati hal tsb, rata2 SUV banci (alias 4x2 penakluk aspal, FWD maupun RWD) diganti rodanya, velg dengan rim 16 keatas..., bannya pun pake lebih tipis misalnya 235/55R18, ban dengan profil tipis biasanya memiliki speed rating lebih tinggi dari yg profil tebal, biar tampilan lebih "city-slicker" dan bisa dipake ngebut (tentunya di jalan mulus), tapi waktu lewat jalan rusak dan semi off road...giliran kita2 yg pake ban tebal lebih ngacir....
Beberapa kelebihan dari profil tebal, lebih nyaman dan load ratingnya pun lebih tinggi, sedangkan kekurangan yg utama, speed rating lebih rendah dan cenderung limbung.
Back to topic, setahu saya sih, anjuran dari pabrikan untuk ban Santi ya minimum speed ratingnya T (190 kpj) dan load ratingnya minimum 88 (up to 560Kg tiap roda).
Kadang masalah ban ini luput dari pengamatan, makanya yg sering terjadi, kecelakaan di tol gara2 ban meletus, sobek, dll....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
yup... saya pun xtrail ga berani lebih dari 140, dengan pertimbangan ban standar (dunlop) dan belum ganti velg gede... meski memang katanya ga papa, boleh coba lah... but, mental saya yg ga kuat.
then, rasanya jalan 100kpj sudah cukup... toh sampai tujuan tidak terlalu jauh beda waktunya... hehe wah apa rasanya naik SUV di 200kpj ya...
sori OOT.
then, rasanya jalan 100kpj sudah cukup... toh sampai tujuan tidak terlalu jauh beda waktunya... hehe wah apa rasanya naik SUV di 200kpj ya...
sori OOT.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????
emang betul ane rasa klo dalam kota 100 kpj sdh terlalu cepet apalagi di tol kota,
ane kemarin beberapa kali ke bandung lwt cipularang klo 100 pkj pada disalepin ame mbl2 kecil
dan ane rasa klo 100 kpj, badan jadi gatel semua dan kaki pada ngilu pengen bejek gas aje
supaya gak malu yaa ane bejek aja diseputaran 135- 145 kpj lah biar gak keuber ame avanza trutama
dan enak dg speed segitu. bung poectmild coba aja enak kok, senam jantung sedikit biar gak ngantuk
tks p imsus, sesuai saran sy slalu ingat brp speed tuk tipe ban yg saya pake
trus betul juga tentang hyundai emang turunan dari mitsu, jadi skarang ane lagi cari ahli mitsu
trus klo servis fuel injection pump or injection lainnya gimana yaaa, katanya agar aliran bensin bagus jadi mesti dibersiin gitu, tapi gak tahu caranya
saya baca di forum lain bisa pake injection cleaner gitu, mhn pencerahan nih
tks
ane kemarin beberapa kali ke bandung lwt cipularang klo 100 pkj pada disalepin ame mbl2 kecil
dan ane rasa klo 100 kpj, badan jadi gatel semua dan kaki pada ngilu pengen bejek gas aje
supaya gak malu yaa ane bejek aja diseputaran 135- 145 kpj lah biar gak keuber ame avanza trutama
dan enak dg speed segitu. bung poectmild coba aja enak kok, senam jantung sedikit biar gak ngantuk
tks p imsus, sesuai saran sy slalu ingat brp speed tuk tipe ban yg saya pake
trus betul juga tentang hyundai emang turunan dari mitsu, jadi skarang ane lagi cari ahli mitsu
trus klo servis fuel injection pump or injection lainnya gimana yaaa, katanya agar aliran bensin bagus jadi mesti dibersiin gitu, tapi gak tahu caranya
saya baca di forum lain bisa pake injection cleaner gitu, mhn pencerahan nih
tks