Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Teman-teman mo minta tolong nih,kebetulan lagi ngelirik mobil nih,tapi masih binun antara BMW 318i or Mercedes C180,dua-duanya keluaran tahun 1995,lihat harganya sih bersahabat BMW tapi katanya comfortnya baik yang C180,mungkin teman-teman disini tahu apa kelebihan n kekurangan dari kedua tipe mobil tersebut?
n apa saja yang harus diperhatikan ketika kita ingin "meminang" salah satu dari kedua mobil tersebut..?
thanks ya all my friend atas opini n bantuannya...
Kalau saya pernah punya Bimmer 318i yang M40 dan Merc C180....
Bimmer nya ok banget...
Merc C180 meskipun lebih anggun tapi gak tahu kenapa banyak masalah.
1. Grounding lampu kacau... lampu depan sering redup. Jadi waktu itu solusinya jumper-jumper... sedih khan mobil bagus tapi lampunya pakai jumper.
2. Lampu belakang pernah saya ganti yang halogen (rem dan sen).. tapi socketnya meleleh.. Kenapa mobil Jepang jauh lebih kuat ya...tidak meleleh meskipun CP nya sama....
3. Belum 3 tahun kondensor AC sudah harus ganti
4. Micro filter AC yang didalam juga terlalu sering harus ganti... cepat sekali kotor, apakah lobangnya terlalu besar...? gak tahu deh.
Kenapa sekarang Serena,X-trail, XL_7 yang sama-2 pakai micro filter AC... tidak sering ganti.....
5. Klakson originalnya kecil sekali.. dan sering mati... Selain itu menekan klakson di stir juga harus sekuat tenaga...
6. Spark plug wiring harness terlalu lemah... tidak tahan panas... jadi sering patah-2.
7. Shock absorber kecil untuk pulley alternator/ac juga terlalu lemah.....
8. Ada kabel namanya kabel TD yaitu yang menghubungkan fly wheel ke starter (gak tahu untuk apa) pernah rusak. Setiap kali mesin panas, mesin tidak mau hidup... waktu service car tiba, mesin sudah dingin jadi bisa di starter lagi. Di cek pakai HHT (Alat diagnosticnya Merc), tidak ada petunjuk apa-2.
Jadi saya bawa ke bengkel Dipo di Pluit, saya ceritakan masalahnya langsung ke Kepala Bengkel. Mobil ditinggal dan dibawa mondar-mandir oleh Kepala Bengkel... akhirnya ketahuan kalau ada kerusakan di sensor yang ada di ujung kabel TD tersebut... ada solenoid yang kalau panas mengembang => tidak bisa starter... tapi kemudian kalau dingin jadi normal... akhirnya ganti kabel TD.. Rp.1.5 jt.
9. Kalau sudah terlalu tua... ECU jadi harus sering di reset..... dulu masih jarang yang bisa.. jadi kena Rp.1jt untuk sekali reset... dan tidak mau kasih garansi. Tapi sekarang sudah banyak yang bisa...
Tapi harus diakui body nya kuat banget... pernah diserempet Panther di daerah Manggarai... Panther nya penyok dari ujung depan sampai ujung belakang.... tapi Merc nya sama sekali tidak apa-2.
Sementara itu dulu deh......Kalau mau pakai mobil Eropa yang umurnya sudah tua... harus punya bengkel atau montir yang pengalaman sekali.... karena pasti sering keluar masuk..... Tapi secara keseluruhan sih nyaman sekali......
wah thanks bos,emang tuh MB C180 bentuknya yang bikin ngiler soalnya elegan banget,cuma katanya kalo perawatan sih mudah BMW,tapi ada yang bilang juga sparepartnya masih bersahabat MB C180 harganya.
pengennya sih ambil BMW yang matic,kebetulan udah ada target,tapi ngiler juga ama yang vanos...hehehe,tapi minumnya itu lo pertamax,jadi ga kuku..
ada yang tahu ga ya bengkel yang recomended untuk BMW n Mercedes di kota semarang,setahu saya kalo BMW aja sih bisa dibawa ke Plat H di JL.jendral Soedirman..
tapi kalo Merecdes wah masih buta nih.
sekali lagi thanks ya.
kalo buat bawa sendiri sih enak 318....lebih bertenaga walaupun bantingan agak keras....C180 modelnya lebih abadi tapi tarikannya payah.....kalo udah sama2 kenceng sih enak juga
Hansen wrote:berapa harga kedua mobilnya sekarang?
kalo 318i sih pasarannya sekitar < 55jutaan..la kalo MB C180 95,mantab juga harganya,masih berkisar antara 70-90 juta-an,harganya masih tinggi euy,tapi sepadan juga sih ama fasilitasnya(air bag,abs,sayang ga electric seater)
Risol1 wrote:emang ada ya 318 thn 95? kalo sampe ada pun, tipe M43 E36 kayaknya gak ada yang matik deh....cmiiw
hehehe...kalo yang matic saya incar tahun yang rada tua,tahun 1992,denger-denger kalo maticnya BMW bandel ya,n nih BMW pake sistem dekrup,jadi kalo rusak ga harus ganti satu gearbox gitu.
kemaren sih sempet nlirik juga MB E300 89,tapi pajaknya itu ga kuat bro..harganya sih murah,cuma Rp 50jutaan,tapi pajak setahunnya itu...2,7juta bro,ga kuatttttt
Wah, European nih..... Klo gw cenderung pilih 318i. Modelnya masih oke punya, ga terlalu old fashion.
Lebih bagus lagi klo 320i yg Limited Edition, jauh lebih cakep. Harganya pun lebih murah 320i.
Tmn kntr ada 2 org yg pake BiEm, satu 318i, satunya lagi 320i Ltd Edition.
C180 udh anjlok kok harganya. Kemaren aja wkt mo jual Lancer ada yg berkali2 ngajak gw TT sama dia punya C180. Dia berani nambah, cuma gw kurang suka aja ama modelnya.
wah bos hikoza baru muncul..sekarang apa nih mobilnya setelah lancer?
iya sih,tadi sempet test drive MB C180,lelet banget putaran bawahnya,apa karena kebiasaan pake gti kali ya.trus nih mobil berat banget euy,kayana otot semua,tapi mantap sih handlingnya.cuma kok temperaturnya hampir 90 derajat ya,apa emang nih mobil bermasalah ato emang wajar
Muncul terus kok bro di SM, tapi sekedar liat2 doang, sesekali posting...
Mobil gw skrg? Mboten wonten, bro.... Naek Bluebird atw Kosti dulu nih temporary, hehehe....
Malah lebih enak, klo pulang kena macet di tanjakan dari Siranda ampe Gombel, kaki ga pegel lagi, hehehe....
Anyway, gw tetep prefer BiEm, especially Ltd Edition...
hehehe..jadi pengen naik blue bird baru nih kayana.
kalo lmtd edition BMW harganya masih tinggi juga bro,apalagi yang pake bodykit GT.penegen juga sih,masalahnya nunggu gt kejual dulu nih atawa tukar tambah...mo ke dealer mobkas,takut dikibulin
BMW lebih manteb, tenaga lebih gede, kalo udah yg m43 udah abs, airbag, n acnya udah automatic.
Mercy tiap 5 tahun musti ganti kabel tuh, kalo kg bisa kena ke ecunya.
Kal soal sparepart dont worry deh, banyak bengkelnya dan tidak semahal yg dibayangkan. dan kalaupun mahal sebanding dengan kualitasnya. Gosipnya sih Sparepart Mercy lebih murah dari Biem.
BMW ground clearancenya lebih pendek dari Mercy, ati2 kalo ketemu poldur.
betul bos,emang banyak yang bilang sparepart Mb lebih murah,tapi ngeri juga yak kalo kabelnya ga pernah diganti ama yang punya,harga ECU nya itu lo..fiuhhh..
kalo yang M43 udah ada airbag n abs tuh mulai tahun berapa ya?nama lainnya M43 tuh apa sih...320i or 520i or apa?
hehehehehe...maklum masih buta mobil eropa nih..thanks
swift wrote:cuma kok temperaturnya hampir 90 derajat ya,apa emang nih mobil bermasalah ato emang wajar
normal bro...biasanya jarummnya di posisi setengah gitu...90 derajat kan? gw punya juga gitu...gw pake E230 New Eyes 1998 yg baru jalan 28.000 km... dah genap cepuluh taun...
swift wrote:kalo yang M43 udah ada airbag n abs tuh mulai tahun berapa ya?nama lainnya M43 tuh apa sih...320i or 520i or apa?
hehehehehe...maklum masih buta mobil eropa nih..thanks
M43 itu mulai tahun 95 sampe 2000, untuk seri 3 yg 1.8cc alias 318i
Klo 320 tahun 95-an itu M52, generasi sebelumnya M50.
M43 itu kode mesin 4 silindernya bmw keluaran 95 akhir.....yang kebetulan di Indonesia masuknya tipe 1800cc di model 318i
kalo M50/M52 itu kode mesin 6 silindernya, kebetulan di indonesia keluar di model 320i, 323i, 520i, 523i, 528i pada saat itu
kalo BMW si kayaknya semuanya minum pertamax deh even yang 4 silinder.
swift wrote:kalo yang M43 udah ada airbag n abs tuh mulai tahun berapa ya?nama lainnya M43 tuh apa sih...320i or 520i or apa?
E36 M43 mulai tahun 95 akhir (tapi jarang bisa dapet yang thn 95) sampe thn 99 awal, dan kalo gak salah gak ada yang AT.
kalo 318 E36 M40 (tahun 91 akhir sampe 94 awal) itu ada versi ATnya, tapi belum airbag dan tombol2 di dashboard masih model jewer (puter) tapi kayaknya udah ada ABS deh CMIIW.
M43 tombol2 di dash udah digital (pencet) plus single airbag.....yang lainnya sama persis.
Yup, setuju dgn bro Risol1. BiEm, apapun itu, sebaiknya pake Pertamax.
Jangankan BiEm, mobil cuma sekelas Lancer gw kemaren itu aja minum Pertamax.
M43 ada kok yg varian A/T. Dan klo tidak salah, BiEm seri 3 model berikutnya (yg keluar kira2 thn 99 atw 2000) itu masih pake M43.
Probably with some improvements, yaa...kyk 4G63-nya Mitsu gitu lah.
enaknya kalo BMW,katanya untuk yang A/T pake dekrup ya,jadi kalo ada masalah ama transmisinya cukup dekrup aja yang diperbaiki o or diganti,bukan satu unit gearboxnya..
oh ya sampe lupa nih..akhirnya saya dapet c180,kemaren sih sempet juga ngelirik BMW 320i A/T,cuma keduluan orang,n kebetulan ada yang jual ni mobil MB dengan harga bersahabat n bersedia TT dengan mobil saya.yah sambil nunggu siapa tahu ntar TT lagi ma Biem
ada yang tahu ga ya bengkel khusus mobil eropa di kota semarang dengan "harga yang rada ramah"?habis sebelumnya main mobil jepang ma korea sih.
kepada teman-teman semuanya thanks berat ya atas bantuannya
swift wrote:oh ya sampe lupa nih..akhirnya saya dapet c180,kemaren sih sempet juga ngelirik BMW 320i A/T,cuma keduluan orang,n kebetulan ada yang jual ni mobil MB dengan harga bersahabat n bersedia TT dengan mobil saya.yah sambil nunggu siapa tahu ntar TT lagi ma Biem
ada yang tahu ga ya bengkel khusus mobil eropa di kota semarang dengan "harga yang rada ramah"?habis sebelumnya main mobil jepang ma korea sih.
kepada teman-teman semuanya thanks berat ya atas bantuannya
terimakasih bos hansen..
pertama kali bawa nih mobil super kagok,jangankan nyetir,cari tuas spion electric perlu waktu 1 hari baru ketemu
cara ngegasnya beda,gas walnya rada berat cuma bis tuh,tarikannya..wuss,tapi emang karakter c180 kali ya.cuma yang punya nih mobil sebelumnya rada ga bagus ngerawatnya,sehingga harus lebih banyak lagi yang di-tune.
pertama lihat karakter mesin nih mercy deg-degan juga,ternyata panasnya melebihi mobil jepang euyy,tapi katanya itu normal
thanks guys...
swift wrote:terimakasih bos hansen..
pertama kali bawa nih mobil super kagok,jangankan nyetir,cari tuas spion electric perlu waktu 1 hari baru ketemu
cara ngegasnya beda,gas walnya rada berat cuma bis tuh,tarikannya..wuss,tapi emang karakter c180 kali ya.cuma yang punya nih mobil sebelumnya rada ga bagus ngerawatnya,sehingga harus lebih banyak lagi yang di-tune.
pertama lihat karakter mesin nih mercy deg-degan juga,ternyata panasnya melebihi mobil jepang euyy,tapi katanya itu normal
thanks guys...
normal bro...di sekitar 90an celcius gitu kan...punya gw juga gitu...dah dari dolo kyk gitu...