secara gw br apes kena altenator sekarat. yep sekarat.. matinya pelan2 ampe ga kerasa tau2 koit di tol.. bah!!!
cerita aja nih..
alkisah gw beli lancer GTi 95 gw des04. sejarah altenator sblomnya ga tau. aman2 aja ampe setahunan. smp akhirnya akhir 05 rada aneh pas gw liat di indikator. mesin idup koq ampe 15v lbh. weleh.. over charge.. akhirnya ama temen gw disaranin ganti ic regulator ama rectifer. digarap sendiri deh ama temen gw. harganya lumayan jg kisaran 400rb. abis itu voltage normal di 14an saat ga ngidupin apa2 selain mesin.
nah.. ampe kmrn sblom lebaran gw ga pernah liat2 lg tuh indikator batere. tanpa disangka akhirnya sekarat panjang altenator berakhir. pdhal gejalanya ada aja tuh misal : kadang stater agak susah, ac ga dingin dst.. dasar pikun aja gw. hahahaha... tanya toko langganan.. barang ori lokal 1,95jt dan ori jepang 4jt lebih.. weks... ya udah lokalan aja deh.. byk barang KW tp ogah bgt deh gw.. knp gw ga ganti isinya lg kyk 2 thn lalu? sebab mekanisnya dah makin uzur.. percuma ganti elekroniknya.
seblomnya lg gw punya lancer 97. altenatornya jg koit.. saat itu sok ngirit ke tukang altenator. dalihnya dah kayak marketing obat jenggot (lho koq??

) akhirnya diusulkan altenator copotan merk mobil lain. krn gw ga ngerti ya ho'oh aja.. dipasang deh walau konektornya ga sama. waktu berjalan.. byk bgt keluhannya.. meski berfungsi ternyata amperenya dibawah aslinya.. sialan tuh tukang dinamo.. pantes sering nyala cek engine klo dah byk make listrik. akhirnya gw ganti altenator baru yg emang standartnya. masalah beres ampe mobil gw jual.
buat bro y_anjasrana.. gw cuma sok tau aja nih.. cmmiw
ampere altenator kyknya hrs > ampere aki. nah y_anjasrana akinya yg brp ampere? kurangin 10 ampe 15 ampere kyknya ga papa tuh.. di mobil gw gitu soalnya. klo aki penuh khan altenator autocut ngecharge. soal kasus altenator elo jebol mulu kyknya bukan soal konsumsi.. tp krn altenatornya yg busuk.. murah bgt soalnya altenator cuma dibawah 500rb. hehehe..
kaitan ama sound sistem nih.. sound sistem elo ga ekstrim2 amat.. masih beratan gw dikit. tp kyknya ada yg salah pasang ampe meleleh mulu sikringnya. ini bisa jd ngaruh ke akinya yg tekor mulu. akhirnya mungkin jg altenator yg kebetulan busuk jd kerja berat.. game over deh..