Allowww brooo,
Neo ada pertanyaaan, mungkin teman2 yg laen jg bertanya2
1. Apa perbedaan Aki kering dan Aki basah ?
2. Apa Keunggulan n Kelemahan Aki basah n Aki Kering ?
Mohon pencerahan, thanksss,
MeT NAtAL n TaOn BaRu
Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
Aki basah masih pake air aki bro, sel2nya kerendem di dalam air aki (asam sulfat). Nah kalo aki kering air akinya ini diganti sesuatu mirip gel, & kemasannya ditutup rapat. Aki basah karena pake air aki, airnya bisa berkurang karena reaksi kimia & penguapan, jadi perlu dirawat dengan menjaga level air aki. Kalo aki kering udah nggak perlu diapa-apain lagi karena tidak akan menguap.
Kalo nggak salah sih, ada juga kelebihan kekurangannya dari segi starting power & ketahanan terhadap temperatur tinggi di ruang mesin, tapi saya udah lupa..
Kalo nggak salah sih, ada juga kelebihan kekurangannya dari segi starting power & ketahanan terhadap temperatur tinggi di ruang mesin, tapi saya udah lupa..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
Wahh sayang yach infonya ada yg lupa, tp cukup membantu kok, gimana dgn yg bro n senior yg laenn
m..mm mang napa jg dgn segi starting power & ketahanan terhadap temperatur ? ada faktor2 yg laen ?
m..mmm ada tambahan pertanyaan nihhh....
kalo aki kering n basah amperemeternya dipasaran selalu lebih tinggi aki basah ya ? napa ?
bisa kasi detailnya yg ada dipasaran berikut perbandingan ke2nya?
aki kering n basah perlu ga yach di charge ulang ? waktunya kapan yach?
umur aki keduanya berapa lama ? mang kalo aki umur paling lamanya berapa ya ?
p'misi OOT dikit:
Neo mo pasang klakson mobil di motor nihh lebih baik pake aki kering ato basah ? yg ukuran berapa ampere yachh? alasnnya napa jg?
mohon pencerahan
thankss
m..mm mang napa jg dgn segi starting power & ketahanan terhadap temperatur ? ada faktor2 yg laen ?
m..mmm ada tambahan pertanyaan nihhh....
kalo aki kering n basah amperemeternya dipasaran selalu lebih tinggi aki basah ya ? napa ?
bisa kasi detailnya yg ada dipasaran berikut perbandingan ke2nya?
aki kering n basah perlu ga yach di charge ulang ? waktunya kapan yach?
umur aki keduanya berapa lama ? mang kalo aki umur paling lamanya berapa ya ?
p'misi OOT dikit:
Neo mo pasang klakson mobil di motor nihh lebih baik pake aki kering ato basah ? yg ukuran berapa ampere yachh? alasnnya napa jg?
mohon pencerahan
thankss
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
setau gw :
yang buat motor cuma ada dua ukuran yang 5 ampere buat bebek, sama yang 7 ampere buat sport model tiger, scorpio (gw lupa ampere atw volt yah?? pokoknya 5 dan 7 lah)
soal recharge : dua2nya perlu terutama aki kering (karena gel tadi ga bisa diisi ulang atw di tambah kayak aki basah), klo aki basah di recharge biasanya klo abis ganti air atw udah ada gejala soak
soal umur : ada yang bilang aki kering lebih awet karena ga ada penguapan dan lebih tahan bocor bodynya,tapi ada juga yang bilang aki basah lebih tahan lama karena bisa terus ditambah/dikuras cairan isinya, yang terpenting perawatan sih, aki basah jgn sampe cairan isinya lewat batas (luber atw kurang) karena itu mesti rajin dicek, trus klo aki kering jangan sampe arusnya over (baik itu charge (in) ataupun use (out), mesti bijak pemakaian arus listriknya) karena 'jeroannya' ga bisa diganti2 , klo rusak yang ganti seluruhnya, beda klo aki basah ganti klo bener2 udah soak selnya.
klo merek : aki kering gw tau Maxima dan Indobattery doank (yang laen belum tau) untuk Tiger HETnya november kmrn Rp189000 ga tau sekarang mungkin ga jauh2 dr segitu. klo aki basah sih banyak GS (pernah nanya 1 tahun lalu ma dealer GS katanya GS ga ngeluarin aki kering yang 7 ampere, ga tau klo sekarang), yuasa dsb
soal pasang klakson mobil di motor, hmm mending pake sesuai peruntukannya aja lah bro, klakson motor juga worth it kok buat kasih sinyal bunyi, kan sayang gara2 demi ngejar 'gaya' tapi ngorbanin yang laen (misal aki, dan belum lagi mesti setting kelistrikan lagi (kayak ganti kapasitor/kiprok dsb) supaya arus in dan outnya tetap stabil, ga over)
CMIIW
yang buat motor cuma ada dua ukuran yang 5 ampere buat bebek, sama yang 7 ampere buat sport model tiger, scorpio (gw lupa ampere atw volt yah?? pokoknya 5 dan 7 lah)
soal recharge : dua2nya perlu terutama aki kering (karena gel tadi ga bisa diisi ulang atw di tambah kayak aki basah), klo aki basah di recharge biasanya klo abis ganti air atw udah ada gejala soak
soal umur : ada yang bilang aki kering lebih awet karena ga ada penguapan dan lebih tahan bocor bodynya,tapi ada juga yang bilang aki basah lebih tahan lama karena bisa terus ditambah/dikuras cairan isinya, yang terpenting perawatan sih, aki basah jgn sampe cairan isinya lewat batas (luber atw kurang) karena itu mesti rajin dicek, trus klo aki kering jangan sampe arusnya over (baik itu charge (in) ataupun use (out), mesti bijak pemakaian arus listriknya) karena 'jeroannya' ga bisa diganti2 , klo rusak yang ganti seluruhnya, beda klo aki basah ganti klo bener2 udah soak selnya.
klo merek : aki kering gw tau Maxima dan Indobattery doank (yang laen belum tau) untuk Tiger HETnya november kmrn Rp189000 ga tau sekarang mungkin ga jauh2 dr segitu. klo aki basah sih banyak GS (pernah nanya 1 tahun lalu ma dealer GS katanya GS ga ngeluarin aki kering yang 7 ampere, ga tau klo sekarang), yuasa dsb
soal pasang klakson mobil di motor, hmm mending pake sesuai peruntukannya aja lah bro, klakson motor juga worth it kok buat kasih sinyal bunyi, kan sayang gara2 demi ngejar 'gaya' tapi ngorbanin yang laen (misal aki, dan belum lagi mesti setting kelistrikan lagi (kayak ganti kapasitor/kiprok dsb) supaya arus in dan outnya tetap stabil, ga over)
CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
Betul kok broo
NeO kamren tadi dah cek ternyata adanya 3,5 & 5 Ampere tuk bebek, 7 Ampere jg ada mgkn betul loe bro buat motor sport, soalnya gede banget bodynya heeheee
waduh brooo kalo aki kering itu ternyata musti dicharge yaa..., saat kapan brooo ? taunya dari mana ?
pake apa ngechargenya ?? apa ngak bisa otomatis saat motor hidup dr kiprox??
masak sihh haruss ganti kapasitor ??? makanya biar ga tekor apa bisa akinya pake yg ampere gede ?
NeO kamren tadi dah cek ternyata adanya 3,5 & 5 Ampere tuk bebek, 7 Ampere jg ada mgkn betul loe bro buat motor sport, soalnya gede banget bodynya heeheee
waduh brooo kalo aki kering itu ternyata musti dicharge yaa..., saat kapan brooo ? taunya dari mana ?
pake apa ngechargenya ?? apa ngak bisa otomatis saat motor hidup dr kiprox??
masak sihh haruss ganti kapasitor ??? makanya biar ga tekor apa bisa akinya pake yg ampere gede ?
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
aki kering dicharge klo lg ngedrop aja, misal motor lama ga diidupin, kan ga ngisi tuh, (sama sih aki basah juga gitu, cuma aki basah kan bisa diliat dr cairannya) apalagi motor2 yg pake ECU (kayak moge2 superbike)neo88 wrote: waduh brooo kalo aki kering itu ternyata musti dicharge yaa..., saat kapan brooo ? taunya dari mana ?
emang ketika motor idup pasti ngecharge, tp klo motor lama ga dipake, atau ada korslet kelistrikan yang kita ga tau (biasanya bikin electric starter ga idup) lebih baik jgn dipaksain mending dicharge aja, kasian aki keringnya klo soak mesti ganti seluruhnya (beda klo aki basah mah ibarat kata soak, masih bisa dipaksain, paling ganti air aja trus dicharge), ngechargenya ada alatnya kok (klo ga salah keluaran Indomobil juga harga 1,2 jt, pernah ada di M+) atau bawa aja motor ke dealer aki yang (biasanya) juga terima chargeneo88 wrote: pake apa ngechargenya ?? apa ngak bisa otomatis saat motor hidup dr kiprox??
enak sih pasang indikator meteran tegangan aki (kayak meteran bensin gitu), klo di motor gw sih udah ada dari pabrik, jadi klo aki ngedrop bisa terdeteksi (vartex gitu loh he3x)
ganti kapasitor untuk membuat arus in dan out itu sesuai dengan peruntukkan awal,jadi ga kerusakan ga nyerang aki,neo88 wrote: masak sihh haruss ganti kapasitor ??? makanya biar ga tekor apa bisa akinya pake yg ampere gede ?
ganti aki dgn ampere yang lebih besar dari bawaan pabrikan (pernah baca di M+) sangat tidak direkomendasikan, karena percuma aja, walaupun outputnya lebih besar tapi inputnya tetap seperti settingan awal maka aki juga jatoh2nya tekor, begitu juga sebaliknya jika ganti dengan ampere lebih kecil bisa bikin aki overcharge ketika motor hidup, lebih baik sih 'maen' di kiprok dan tambah stabilizer atau klo motor kelistrikan AC mainnya di sepul
(buat antisipasi aja, mungkin klo awal2 belum kerasa, misal pasang lampu berlebihan, bunyi2an ga jelas, tapi kelamaan dampaknya berasa klo aki ga terisi dengan seharusnya ketika motor hidup, gejalanya ya itu tadi salah satunya electric starter jd ga mo idup)
CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
sebenarnya kan aki kering itu teknologi..
Yang namanya teknologi ya untuk memudahkan manusia..
Ya begitu juga untuk aki kering... Lebih mudah perawatannya..
Kalo dibandingin ketahanan dll, boleh dimisalkan dgn karbu dan injeksi..
Sami mawon... ha3..
Yang namanya teknologi ya untuk memudahkan manusia..
Ya begitu juga untuk aki kering... Lebih mudah perawatannya..
Kalo dibandingin ketahanan dll, boleh dimisalkan dgn karbu dan injeksi..
Sami mawon... ha3..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
yup, aki semi basah kering dinamakan low maintenance, aki kering free maintenance, aki basah musti rajin ngecek volume air dan tingkat keasamannya.
mau awet murah asal rajin pilih yang aki basah, mau praktis dan perawatan minim pilih semi kering, mau pake aja nggak pusing2 pake free maintenance.
mau awet murah asal rajin pilih yang aki basah, mau praktis dan perawatan minim pilih semi kering, mau pake aja nggak pusing2 pake free maintenance.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
Aki kering tidak bisa dicharge. Kalaupun bisa cuma bisa menambah umur pakai 2-3 bulan saja. Setelah itu harus ganti baru. Umur pakainya relatif panjang dgn pemakaian normal.
Aki basah sangat tergantung perawatan. Bila kondisi kendaraan normal, dan perawatan bagus, umurnya bisa lebih panjang dari aki kering. Kembali lagi ke kondisi pengisian kendaraan. Kalau bagus, lalu rajin cek kondisi airnya.
Btw kalu aki basah bekas laku dijual. Kalu aki kering ga tau deh..
Aki basah sangat tergantung perawatan. Bila kondisi kendaraan normal, dan perawatan bagus, umurnya bisa lebih panjang dari aki kering. Kembali lagi ke kondisi pengisian kendaraan. Kalau bagus, lalu rajin cek kondisi airnya.
Btw kalu aki basah bekas laku dijual. Kalu aki kering ga tau deh..
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
aki kering amperenya lebih kecil dari aki basah, karena pengisian ke aki kering butuh power lebih kecil daripada aki basah.
pengalaman pake aki kering emang udah gak perlu mikirin dan cek air aki lagi, tinggal pake sampe bener2 mati (gak bisa dicas lagi), juga lebih bersih. Pernah ganti bohlam lampu watt lebih gede, eh malah bikin aki cepet drop. Balikin lagi ke standar, alhamdulilah sampe sekarang belum pernah drop lagi.
pengalaman pake aki kering emang udah gak perlu mikirin dan cek air aki lagi, tinggal pake sampe bener2 mati (gak bisa dicas lagi), juga lebih bersih. Pernah ganti bohlam lampu watt lebih gede, eh malah bikin aki cepet drop. Balikin lagi ke standar, alhamdulilah sampe sekarang belum pernah drop lagi.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah
aki basah asal rajin merawat mah bisa awet..... bisa sampe 2 tahunan..dan kalo udah soak bisa dijual hehehe....