Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by neo88 »

Allowww brooo,
Neo ada pertanyaaan, mungkin teman2 yg laen jg bertanya2
1. Apa perbedaan Aki kering dan Aki basah ?
2. Apa Keunggulan n Kelemahan Aki basah n Aki Kering ?

Mohon pencerahan, thanksss,

MeT NAtAL n TaOn BaRu
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by flexiblebil »

Aki basah masih pake air aki bro, sel2nya kerendem di dalam air aki (asam sulfat). Nah kalo aki kering air akinya ini diganti sesuatu mirip gel, & kemasannya ditutup rapat. Aki basah karena pake air aki, airnya bisa berkurang karena reaksi kimia & penguapan, jadi perlu dirawat dengan menjaga level air aki. Kalo aki kering udah nggak perlu diapa-apain lagi karena tidak akan menguap.
Kalo nggak salah sih, ada juga kelebihan kekurangannya dari segi starting power & ketahanan terhadap temperatur tinggi di ruang mesin, tapi saya udah lupa..
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by neo88 »

Wahh sayang yach infonya ada yg lupa, tp cukup membantu kok, gimana dgn yg bro n senior yg laenn
m..mm mang napa jg dgn segi starting power & ketahanan terhadap temperatur ? ada faktor2 yg laen ? :roll:

m..mmm ada tambahan pertanyaan nihhh.... :lol:
kalo aki kering n basah amperemeternya dipasaran selalu lebih tinggi aki basah ya ? napa ?
bisa kasi detailnya yg ada dipasaran berikut perbandingan ke2nya?
aki kering n basah perlu ga yach di charge ulang ? waktunya kapan yach?
umur aki keduanya berapa lama ? mang kalo aki umur paling lamanya berapa ya ?

p'misi OOT dikit: :upss:
Neo mo pasang klakson mobil di motor nihh lebih baik pake aki kering ato basah ? yg ukuran berapa ampere yachh? alasnnya napa jg?
mohon pencerahan ;)
thankss
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by budzaemon »

setau gw :
yang buat motor cuma ada dua ukuran yang 5 ampere buat bebek, sama yang 7 ampere buat sport model tiger, scorpio (gw lupa ampere atw volt yah?? pokoknya 5 dan 7 lah)

soal recharge : dua2nya perlu terutama aki kering (karena gel tadi ga bisa diisi ulang atw di tambah kayak aki basah), klo aki basah di recharge biasanya klo abis ganti air atw udah ada gejala soak

soal umur : ada yang bilang aki kering lebih awet karena ga ada penguapan dan lebih tahan bocor bodynya,tapi ada juga yang bilang aki basah lebih tahan lama karena bisa terus ditambah/dikuras cairan isinya, yang terpenting perawatan sih, aki basah jgn sampe cairan isinya lewat batas (luber atw kurang) karena itu mesti rajin dicek, trus klo aki kering jangan sampe arusnya over (baik itu charge (in) ataupun use (out), mesti bijak pemakaian arus listriknya) karena 'jeroannya' ga bisa diganti2 , klo rusak yang ganti seluruhnya, beda klo aki basah ganti klo bener2 udah soak selnya.

klo merek : aki kering gw tau Maxima dan Indobattery doank (yang laen belum tau) untuk Tiger HETnya november kmrn Rp189000 ga tau sekarang mungkin ga jauh2 dr segitu. klo aki basah sih banyak GS (pernah nanya 1 tahun lalu ma dealer GS katanya GS ga ngeluarin aki kering yang 7 ampere, ga tau klo sekarang), yuasa dsb

soal pasang klakson mobil di motor, hmm mending pake sesuai peruntukannya aja lah bro, klakson motor juga worth it kok buat kasih sinyal bunyi, kan sayang gara2 demi ngejar 'gaya' tapi ngorbanin yang laen (misal aki, dan belum lagi mesti setting kelistrikan lagi (kayak ganti kapasitor/kiprok dsb) supaya arus in dan outnya tetap stabil, ga over)

CMIIW
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by neo88 »

Betul kok broo
NeO kamren tadi dah cek ternyata adanya 3,5 & 5 Ampere tuk bebek, 7 Ampere jg ada mgkn betul loe bro buat motor sport, soalnya gede banget bodynya heeheee :lol:

waduh brooo kalo aki kering itu ternyata musti dicharge yaa..., saat kapan brooo ? taunya dari mana ?
pake apa ngechargenya ?? apa ngak bisa otomatis saat motor hidup dr kiprox??

masak sihh haruss ganti kapasitor ??? makanya biar ga tekor apa bisa akinya pake yg ampere gede ? :roll:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by budzaemon »

neo88 wrote: waduh brooo kalo aki kering itu ternyata musti dicharge yaa..., saat kapan brooo ? taunya dari mana ?
aki kering dicharge klo lg ngedrop aja, misal motor lama ga diidupin, kan ga ngisi tuh, (sama sih aki basah juga gitu, cuma aki basah kan bisa diliat dr cairannya) apalagi motor2 yg pake ECU (kayak moge2 superbike)
neo88 wrote: pake apa ngechargenya ?? apa ngak bisa otomatis saat motor hidup dr kiprox??
emang ketika motor idup pasti ngecharge, tp klo motor lama ga dipake, atau ada korslet kelistrikan yang kita ga tau (biasanya bikin electric starter ga idup) lebih baik jgn dipaksain mending dicharge aja, kasian aki keringnya klo soak mesti ganti seluruhnya (beda klo aki basah mah ibarat kata soak, masih bisa dipaksain, paling ganti air aja trus dicharge), ngechargenya ada alatnya kok (klo ga salah keluaran Indomobil juga harga 1,2 jt, pernah ada di M+) atau bawa aja motor ke dealer aki yang (biasanya) juga terima charge

enak sih pasang indikator meteran tegangan aki (kayak meteran bensin gitu), klo di motor gw sih udah ada dari pabrik, jadi klo aki ngedrop bisa terdeteksi (vartex gitu loh he3x)
neo88 wrote: masak sihh haruss ganti kapasitor ??? makanya biar ga tekor apa bisa akinya pake yg ampere gede ? :roll:
ganti kapasitor untuk membuat arus in dan out itu sesuai dengan peruntukkan awal,jadi ga kerusakan ga nyerang aki,
ganti aki dgn ampere yang lebih besar dari bawaan pabrikan (pernah baca di M+) sangat tidak direkomendasikan, karena percuma aja, walaupun outputnya lebih besar tapi inputnya tetap seperti settingan awal maka aki juga jatoh2nya tekor, begitu juga sebaliknya jika ganti dengan ampere lebih kecil bisa bikin aki overcharge ketika motor hidup, lebih baik sih 'maen' di kiprok dan tambah stabilizer atau klo motor kelistrikan AC mainnya di sepul
(buat antisipasi aja, mungkin klo awal2 belum kerasa, misal pasang lampu berlebihan, bunyi2an ga jelas, tapi kelamaan dampaknya berasa klo aki ga terisi dengan seharusnya ketika motor hidup, gejalanya ya itu tadi salah satunya electric starter jd ga mo idup)

CMIIW
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by r1210g »

sebenarnya kan aki kering itu teknologi..
Yang namanya teknologi ya untuk memudahkan manusia..
Ya begitu juga untuk aki kering... Lebih mudah perawatannya..
Kalo dibandingin ketahanan dll, boleh dimisalkan dgn karbu dan injeksi..

Sami mawon... ha3..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by mansetha »

yup, aki semi basah kering dinamakan low maintenance, aki kering free maintenance, aki basah musti rajin ngecek volume air dan tingkat keasamannya.

mau awet murah asal rajin pilih yang aki basah, mau praktis dan perawatan minim pilih semi kering, mau pake aja nggak pusing2 pake free maintenance.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by y_anjasrana »

Aki kering tidak bisa dicharge. Kalaupun bisa cuma bisa menambah umur pakai 2-3 bulan saja. Setelah itu harus ganti baru. Umur pakainya relatif panjang dgn pemakaian normal.

Aki basah sangat tergantung perawatan. Bila kondisi kendaraan normal, dan perawatan bagus, umurnya bisa lebih panjang dari aki kering. Kembali lagi ke kondisi pengisian kendaraan. Kalau bagus, lalu rajin cek kondisi airnya.

Btw kalu aki basah bekas laku dijual. Kalu aki kering ga tau deh.. :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by jojo »

aki kering amperenya lebih kecil dari aki basah, karena pengisian ke aki kering butuh power lebih kecil daripada aki basah.

pengalaman pake aki kering emang udah gak perlu mikirin dan cek air aki lagi, tinggal pake sampe bener2 mati (gak bisa dicas lagi), juga lebih bersih. Pernah ganti bohlam lampu watt lebih gede, eh malah bikin aki cepet drop. Balikin lagi ke standar, alhamdulilah sampe sekarang belum pernah drop lagi.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Comparasi Aki Kering Vs Aki Basah

Post by mansetha »

aki basah asal rajin merawat mah bisa awet..... bisa sampe 2 tahunan..dan kalo udah soak bisa dijual hehehe....