New Strada Triton 2007
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
- Location: Jakarta
New Strada Triton 2007
Weekend kemarin dapet kesempatan untuk test drive Strada Triton di Lautan Berlian Matraman.
Interior fancy en sedikit yang bikin ngga pas karena posisi tuas persneling untuk Low Gear malah yang lebih dekat ke driver seat, sedangkan selama ini umumnya tuas Low gear khan selalu di sebelah kiri.
Jadi kalau mau ganti gigi normal tangan kita jadi harus sedikit melebar, kurang oke kalo menurut saya pribadi, jadi cape kalo pas kondisi jalan stop en go.
Diameter lingkaran steering wheel kayaknya sedikit lebih kecil dari Strada lama en grip-nya sedikit lebih besar, lebih nyaman en bahan rubber-nya sudah tidak se-keras strada lama.
Bantingan terasa sedikit lebih empuk untuk bagian depan (karena sudah pakai per keong). Pengendalian tetap terasa stiff / kaku khas Strada lama. Tapi entah kenapa saya tetap lebih suka posisi mengemudi Strada lama. Strada Triton kesan-nya interior fancy tapi pengendalian kaku, something doesnt seems right.
Mesin terasa lebih bertenaga, tapi torsi atas-nya kurang penuh. Di bagian ini engga terlalu beda banyak sama Strada lama, I mean ngga revolusiner seperti kalau kita coba Strada lama ke Ranger baru yang langsung kaget dengan performa mesin-nya.
Radius putar strada baru = mantap, parkir jauh lebih gampang karena radius 5.9 m vs 6.4 m (strada lama).
Model body = ngga suka, kurang gagah aja. Tapi ini sih masalah selera yah.
Ruang kaki untuk penumpang belakang lebih lega, ini nilai plus lagi buat si Triton.
For me personal Strada lama lebih balance dari segala sisi, it's an OK truck !!
Interior fancy en sedikit yang bikin ngga pas karena posisi tuas persneling untuk Low Gear malah yang lebih dekat ke driver seat, sedangkan selama ini umumnya tuas Low gear khan selalu di sebelah kiri.
Jadi kalau mau ganti gigi normal tangan kita jadi harus sedikit melebar, kurang oke kalo menurut saya pribadi, jadi cape kalo pas kondisi jalan stop en go.
Diameter lingkaran steering wheel kayaknya sedikit lebih kecil dari Strada lama en grip-nya sedikit lebih besar, lebih nyaman en bahan rubber-nya sudah tidak se-keras strada lama.
Bantingan terasa sedikit lebih empuk untuk bagian depan (karena sudah pakai per keong). Pengendalian tetap terasa stiff / kaku khas Strada lama. Tapi entah kenapa saya tetap lebih suka posisi mengemudi Strada lama. Strada Triton kesan-nya interior fancy tapi pengendalian kaku, something doesnt seems right.
Mesin terasa lebih bertenaga, tapi torsi atas-nya kurang penuh. Di bagian ini engga terlalu beda banyak sama Strada lama, I mean ngga revolusiner seperti kalau kita coba Strada lama ke Ranger baru yang langsung kaget dengan performa mesin-nya.
Radius putar strada baru = mantap, parkir jauh lebih gampang karena radius 5.9 m vs 6.4 m (strada lama).
Model body = ngga suka, kurang gagah aja. Tapi ini sih masalah selera yah.
Ruang kaki untuk penumpang belakang lebih lega, ini nilai plus lagi buat si Triton.
For me personal Strada lama lebih balance dari segala sisi, it's an OK truck !!
Last edited by Danny1205 on Mon Jun 11, 2007 13:26, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
Re: New Strada Triton 2007
kok gitu ya bosDanny1205 wrote: Mesin terasa lebih bertenaga, tapi torsi atas-nya kurang penuh. Di bagian ini engga terlalu beda banyak sama Strada lama, I mean ngga revolusiner seperti kalau kita coba Strada lama ke Ranger baru yang langsung kaget dengan performa mesin-nya.
padahal kalau diliat speknya, power en torsinya jauh lebih besar yg baru
Tenaga:
Triton -> 136ps@3500
L200 -> 100ps@4200
Torsi:
Triton -> 32@2000
L200 -> 24.5@2000
tanyakan knapa?

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
- Location: Jakarta
Memang Triton baru terasa lebih bertenaga dan memang secara spec. tenaganya lebih besar 30% dari strada lama tapi entah kenapa perubahan tenaga yg 30% itu ngga terasa sangat fenomenal seperti waktu test Ford Ranger Duratorq.
Apa mungkin karena basis blok mesin-nya masih sama2 pakai 4D56 ?
Mungkin juga karena Triton yang dipake untuk test drive belum ditune up ulang + masih pakai olie bawaan bengkel kali yah ?! Soal-nya hari Sabtu itu saya juga tune-up (servis 10.000 km) + 1 hari sebelumnya ganti seluruh olie dari olie mesin, gardan & transmisi. Jadi pada hari itu Strada lama terasa tokcer sekali tenaga-nya.
Setelah konsultasi dengan Mr. Turboman akhirnya diputuskan :
1. Olie mesin pakai Shell Helix Diesel Plus 10W-40 (botol biru)
2. Olie transmisi pakai Shell Spirax 75W-90 API GL-5
3. Olie Gardan pakai Kendall LS 80W-90
Hasil-nya... Luar biasa !!
Olie bawaan bengkel ternyata jelek sekali, dan perubahan sebelum & setelah ganti olie = jauhh sekali. Mesin jauh lebih halus, enteng, akselerasi meningkat drastis.
Waktu masih pakai olie transmisi bawaan bengkel pergantian gigi agak keras & setelah ganti pakai Shell Spirax pergantian gigi jauh lebih enteng.
Apa mungkin karena basis blok mesin-nya masih sama2 pakai 4D56 ?
Mungkin juga karena Triton yang dipake untuk test drive belum ditune up ulang + masih pakai olie bawaan bengkel kali yah ?! Soal-nya hari Sabtu itu saya juga tune-up (servis 10.000 km) + 1 hari sebelumnya ganti seluruh olie dari olie mesin, gardan & transmisi. Jadi pada hari itu Strada lama terasa tokcer sekali tenaga-nya.
Setelah konsultasi dengan Mr. Turboman akhirnya diputuskan :
1. Olie mesin pakai Shell Helix Diesel Plus 10W-40 (botol biru)
2. Olie transmisi pakai Shell Spirax 75W-90 API GL-5
3. Olie Gardan pakai Kendall LS 80W-90
Hasil-nya... Luar biasa !!
Olie bawaan bengkel ternyata jelek sekali, dan perubahan sebelum & setelah ganti olie = jauhh sekali. Mesin jauh lebih halus, enteng, akselerasi meningkat drastis.
Waktu masih pakai olie transmisi bawaan bengkel pergantian gigi agak keras & setelah ganti pakai Shell Spirax pergantian gigi jauh lebih enteng.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
- Location: KGP
coba mana yah yang di pilih,
di banding dengan navara dan triton
Horse power navara menang
2 - 2 common rail ( ngak boleh pake solar biasa semustinya, kalau marketingnya sih pasti bilang bisa )
Airbag, navara 2- triton 0
ABS, navara ada - triton ngak ada
Leather seat, navara ada - triton ngak ada
Automatic 4wd change, navara ada - triton ngak ada
Harga cuma beda 5-10 jt.
Triton menangnya cuma karena nama besar strada, coba kalau nissan frontier lama sebagus strada, pasti navara jualan udah kaya kacang goreng.
For what is worth, gw pilih navara. my choise yyah
di banding dengan navara dan triton
Horse power navara menang
2 - 2 common rail ( ngak boleh pake solar biasa semustinya, kalau marketingnya sih pasti bilang bisa )
Airbag, navara 2- triton 0
ABS, navara ada - triton ngak ada
Leather seat, navara ada - triton ngak ada
Automatic 4wd change, navara ada - triton ngak ada
Harga cuma beda 5-10 jt.
Triton menangnya cuma karena nama besar strada, coba kalau nissan frontier lama sebagus strada, pasti navara jualan udah kaya kacang goreng.
For what is worth, gw pilih navara. my choise yyah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
katanya sih kalo kemampuan off road 4x4 nya, Triton menang alias sulit ditandingi kompetitornya termasuk navara ini...(hasil tes media cetak)...axr wrote:coba mana yah yang di pilih,
di banding dengan navara dan triton
Horse power navara menang
2 - 2 common rail ( ngak boleh pake solar biasa semustinya, kalau marketingnya sih pasti bilang bisa )
Airbag, navara 2- triton 0
ABS, navara ada - triton ngak ada
Leather seat, navara ada - triton ngak ada
Automatic 4wd change, navara ada - triton ngak ada
Harga cuma beda 5-10 jt.
Triton menangnya cuma karena nama besar strada, coba kalau nissan frontier lama sebagus strada, pasti navara jualan udah kaya kacang goreng.
For what is worth, gw pilih navara. my choise yyah


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
- Location: KGP
hem.. kemampuan offroad 4x4? not really man, look at this http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6795Hansen wrote:katanya sih kalo kemampuan off road 4x4 nya, Triton menang alias sulit ditandingi kompetitornya termasuk navara ini...(hasil tes media cetak)...axr wrote:coba mana yah yang di pilih,
di banding dengan navara dan triton
Horse power navara menang
2 - 2 common rail ( ngak boleh pake solar biasa semustinya, kalau marketingnya sih pasti bilang bisa )
Airbag, navara 2- triton 0
ABS, navara ada - triton ngak ada
Leather seat, navara ada - triton ngak ada
Automatic 4wd change, navara ada - triton ngak ada
Harga cuma beda 5-10 jt.
Triton menangnya cuma karena nama besar strada, coba kalau nissan frontier lama sebagus strada, pasti navara jualan udah kaya kacang goreng.
For what is worth, gw pilih navara. my choise yyah
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
ooo...axr wrote:hem.. kemampuan offroad 4x4? not really man, look at this http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6795Hansen wrote:katanya sih kalo kemampuan off road 4x4 nya, Triton menang alias sulit ditandingi kompetitornya termasuk navara ini...(hasil tes media cetak)...axr wrote:coba mana yah yang di pilih,
di banding dengan navara dan triton
Horse power navara menang
2 - 2 common rail ( ngak boleh pake solar biasa semustinya, kalau marketingnya sih pasti bilang bisa )
Airbag, navara 2- triton 0
ABS, navara ada - triton ngak ada
Leather seat, navara ada - triton ngak ada
Automatic 4wd change, navara ada - triton ngak ada
Harga cuma beda 5-10 jt.
Triton menangnya cuma karena nama besar strada, coba kalau nissan frontier lama sebagus strada, pasti navara jualan udah kaya kacang goreng.
For what is worth, gw pilih navara. my choise yyah


emang sih kalo urusan mesin, gw acungin jempol buat mesinnya Navara...kapan mesinnya dimasukin ke Grand Livina yah? eh, ngawur jadinya...hehehe...


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
- Location: KGP
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
heheh ini cuman info mungkin berguna kali yack :
Spec Triton:
Engine:
Model : 4D56
Tipe : DOHC 16 valve 4-Cylinder Commonrail
diesel injection Turbocharger Intercooler
isi Silinder : 2.477
Diameter silinder : 91,1 x 95,0 (borexStroke)
Output Maksimum : 136Ps/3500rpm
Torque Maksimum : 32 kg.m/2000rpm
aki : 95D31R
alternator : 12v-65a
kapasitas tangki : 75liter
kekurangannya :
1. kalo aki dicabut alias abis batterai abis semua
sistem computernya ngereset semua....
2. mesin ga bisa dicuci karna banyak
komponennya sebagian dipakai listrik contoh
injector commonrailnya menggunakan motor..
3. suspensi udah model baru tapi sayang yg bela-
kang pake per daun....
4. modelnya aneh... ngebuntet kayak ikan
kembung...
5. kompas digitalnya harus di buat manual mobil
harus muter2 (puyenk kan).
keuntungannya:
1. solar dijamin irit dalem kota 1:9 luar kota 1:10
mo bukti isi solar 250 rb pull dijamin tahan 4
hari.. heek mokad yg L200 strada ngisi pull bolak
-balik jarak 60 km (60kmx2)udah makan
setengah solarnya... mungkin kelebihan dari
common rail
2. lari ampe 175 km bye2 L200 strada (nggak tau
dah di modip L200-nya) pernah test ma BMW
STD di toll kalah di tikungan doang... kena
asepp solar triton di trek lurus mengas tuh BMW
uuuuu seneeeeengggg...
3. tempat duduk belakang lebih luasss bisa bikin
pelem 3gp.. hehehehe...
Spec Triton:
Engine:
Model : 4D56
Tipe : DOHC 16 valve 4-Cylinder Commonrail
diesel injection Turbocharger Intercooler
isi Silinder : 2.477
Diameter silinder : 91,1 x 95,0 (borexStroke)
Output Maksimum : 136Ps/3500rpm
Torque Maksimum : 32 kg.m/2000rpm
aki : 95D31R
alternator : 12v-65a
kapasitas tangki : 75liter
kekurangannya :
1. kalo aki dicabut alias abis batterai abis semua
sistem computernya ngereset semua....
2. mesin ga bisa dicuci karna banyak
komponennya sebagian dipakai listrik contoh
injector commonrailnya menggunakan motor..
3. suspensi udah model baru tapi sayang yg bela-
kang pake per daun....
4. modelnya aneh... ngebuntet kayak ikan
kembung...
5. kompas digitalnya harus di buat manual mobil
harus muter2 (puyenk kan).
keuntungannya:
1. solar dijamin irit dalem kota 1:9 luar kota 1:10
mo bukti isi solar 250 rb pull dijamin tahan 4
hari.. heek mokad yg L200 strada ngisi pull bolak
-balik jarak 60 km (60kmx2)udah makan
setengah solarnya... mungkin kelebihan dari
common rail
2. lari ampe 175 km bye2 L200 strada (nggak tau
dah di modip L200-nya) pernah test ma BMW
STD di toll kalah di tikungan doang... kena
asepp solar triton di trek lurus mengas tuh BMW
uuuuu seneeeeengggg...
3. tempat duduk belakang lebih luasss bisa bikin
pelem 3gp.. hehehehe...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Nov 20, 2007 9:55
- Location: home will be where my harley is
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
iya, gw ngerti Pak...axr wrote:Raja? hem ngak lah, cuma kalau di bandingkan sekarang ini emang lebih dari yang lain.
Dan emang sih itu report yang ada di australia.
Cuma gw bilang di indonesia navara sih masih d-cab yang musti di lirik dulu.
Kenapa gw bilang gini yah, padahal marketingnya nissan juga bukan LOL


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
satu lagi kekurangannya... nih triton ga bisa pasang remote... tapiiiiiiii ada tapinya nih... kemarin ada toko aksesoris di palembang yng nyanggupin.. alhasil ga ganggu sistem komputerisasinya Triton...
dan juga tuh toko punya cerita nyata... ada juga yang punya triton yg ngatakan bahwa nih mobil ga bisa pasang remote... walah tuh toko tertantang.. kata siapa ga bisa pasang... kata yg punya triton: kalo bisa pasang potong nih kuping gwa... akhirnya dicari notaris... tanda tangan perjanjian.. alhasil dari pagi sampe jam 12 mlm tuh triton bisa pasang remote.. hehehe sesuai perjanjian pergi ke rumah sakit utk tetak (potong) kuping.. tuh kuping di pajangin di tokonya.. wekekekek....
dan juga tuh toko punya cerita nyata... ada juga yang punya triton yg ngatakan bahwa nih mobil ga bisa pasang remote... walah tuh toko tertantang.. kata siapa ga bisa pasang... kata yg punya triton: kalo bisa pasang potong nih kuping gwa... akhirnya dicari notaris... tanda tangan perjanjian.. alhasil dari pagi sampe jam 12 mlm tuh triton bisa pasang remote.. hehehe sesuai perjanjian pergi ke rumah sakit utk tetak (potong) kuping.. tuh kuping di pajangin di tokonya.. wekekekek....
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
- Location: KGP
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
- Location: KGP
waduh, ratingnya sekarang udah naik nih, kekekeArchapada wrote:satu lagi kekurangannya... nih triton ga bisa pasang remote... tapiiiiiiii ada tapinya nih... kemarin ada toko aksesoris di palembang yng nyanggupin.. alhasil ga ganggu sistem komputerisasinya Triton...
dan juga tuh toko punya cerita nyata... ada juga yang punya triton yg ngatakan bahwa nih mobil ga bisa pasang remote... walah tuh toko tertantang.. kata siapa ga bisa pasang... kata yg punya triton: kalo bisa pasang potong nih kuping gwa... akhirnya dicari notaris... tanda tangan perjanjian.. alhasil dari pagi sampe jam 12 mlm tuh triton bisa pasang remote.. hehehe sesuai perjanjian pergi ke rumah sakit utk tetak (potong) kuping.. tuh kuping di pajangin di tokonya.. wekekekek....
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Jan 13, 2008 2:08
Re:
Makanya L200 Strada yang lama masih tetap diproduksi, karena Triton nggak cocok buat di tambang. Bak pick upnya lebih kecil, dan kemampuan enginenya pakai solar di indonesia kalah sama L200 yang lama dan Ranger duratorq.conan wrote:Thanks atas reportnya Mr. Danny. Jadi kalau dibandingkan dengan mesin Duratorq Ford new Ranger, Strada Triton ini kalah performa, ya?
Kalau ada yang punya analisis perbandingan commonrail denso vs bosch tolong dishare ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: New Strada Triton 2007
Strada Triton tampilennya modern...tapi kurang cocok buat truck c y...offroad ny gmn kalo ranger duratorq dibandingin ma strada Triton...BTW ranger duratorq kan common rail jg...ga pa2 y mkn solar busuk mulu??