Grand Livina Users..! - Part 02

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

wah jadi seru lagi nih.
author
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by author »

kemaren gua ke dieng, udah ada GL parkir di kawah. berarti kuat dong
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by surya »

Gue yg tinggal di ketinggian 700-an meter di pegunungan & tinggal di daerah pegunungan, gak pernah sama sekali kesulitan naik turun pake GL 1.8. Gampang banget mau libas mobil lain di tanjakan....
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by dion »

dari dulu kontroversinya soal nanjak menanjak :-)
ini ciri2 COTY, paling banyak digosipin dan diomongin.

tgl 23-dec lalu gue ke air terjun coban rondo batu malang, ada GL silver 1,5AT.
fine2 aja.
kalo soal disalip mah tergantung drivernya, gue sendiri Kalo dijagorawi/puncak suka jalan dipinggir biar bisa nikmati pemandangan alam.
avanza,kalos nyalip gue kasih aja.lha gue beli AT juga kan biar bisa jalan nyante dan sejauh ini dipake ke puncak gigi 1-2 powerfull. pingin juga sih nyobain bawa 6 org ke puncak dan buktiin gosip ini sendiri. tapi dg 3 org gendut aja masih ok, filing gue sih no problem 6 org.

ada issue yg baru lagi nggak
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

Info2 semacam itu belum terkumpul dgn sempurna namun terjadi ditarik kesimpulan terlalu dini, misalkan sangat logic pengendara saat itu menyetir pelan.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by kutkuy »

eh teman2 sorry nih gua mau re-post lagi post gua di thread sebelah (jazz vs livina), biar para Grand Livina users know!

Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….

Image

Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).

Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.

-------

Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada foto, bahwa CR mesin mobil Timor DOHC S515i adalah 9.3 : 1
Image
Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin mobil timor tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 92, yaitu bensin Pertamax.

Fakta…

Pada kenyataannya.. banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium. Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya.. atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.

Image

Image
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by kutkuy »

kenapa yg 1.5 harus PLUS sedangkan 1.8 bisa pertamax? kata NMI bisa premium?? Jadi???
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by nicky »

kutkuy wrote:kenapa yg 1.5 harus PLUS sedangkan 1.8 bisa pertamax? kata NMI bisa premium?? Jadi???
Itu sih strategi marketingnya NMI supaya orang bnyk yg mau beli. Kalo orang awam(maaf) yg mau beli mobil banyak yg gak perhatiin CR tersebut. Mereka taunya asal tuh mobil bisa pake premium berarti irit.
Coba kalo NMI bilang GL itu harus pake Pertamax karena CR-nya diatas 9:1, dan kalo pake Premium bisa seperti yg bos Kutkuy bilang, gw yakin tuh GL susah lakunya.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by dion »

wah, kalo sampe dlm next 3 thn kedepan ada report piston lubang di GL, bisa habis tuh NMI. bisa seumur2 orang phobia sama nissan.
tapi bolehjadi perkembangan teknologi sudah berubah dan aksioma CR vs Oktan sudah perlu direvisi, who knows. dampaknya sdh di eliminir, tinggal faktor tarikan saja yg dipengaruhi varibel oktan.

gue sendiri baru berani premium 30-40% ditangki GL gue sisanya pertamax (dulu2 selalu pake pertamax tapi sekarang gakkuat harganya), meskipun tdk ada beda tarikan antara pertamax 100% atau 70%.
bTw ngelitik itu ngedengerinnya gmn (mesin iddle/jln) dan suaranya seperti apa ya?
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by kutkuy »

biasanya sih kalo ngelitik kalo lagi jalan di gas mesin mobilnya bakalan bunyi tik tik tik gitu, biasa kalo mobil manual ga kuat nanjak pake gigi tinggi suka keluar suara gitu di mesinnya.... CMIIW
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by kutkuy »

nicky wrote:
kutkuy wrote:kenapa yg 1.5 harus PLUS sedangkan 1.8 bisa pertamax? kata NMI bisa premium?? Jadi???
Itu sih strategi marketingnya NMI supaya orang bnyk yg mau beli. Kalo orang awam(maaf) yg mau beli mobil banyak yg gak perhatiin CR tersebut. Mereka taunya asal tuh mobil bisa pake premium berarti irit.
Coba kalo NMI bilang GL itu harus pake Pertamax karena CR-nya diatas 9:1, dan kalo pake Premium bisa seperti yg bos Kutkuy bilang, gw yakin tuh GL susah lakunya.
emang jaman sekarang semua dealer juga pasti bilang premium untuk kelas dibawah 250jt, mau NMI, TAM atau Indomobil, kalo ga mana laku.... buktinya bisa diliat di table atas, mobil keluaran NMI cuma Teranno yg bisa premium.

Kemaren browsing lagi di google, berdasarkan ratio, table diatas masih termasuk kecil, kebanyakan yg saya temui itu CR diatas 10 udah harus pake oktan 98-an
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

hehe
thread ini makin lama makin menarik ...

ada yang bahas gak kuat nanjak, ada yang bahas Compretion Ratio (CR)

saya bahas dulu yang gak kuat nanjak ... setahu saya mobil sejenis sedan(gear ratio tinggi) lebih sulit untuk tanjakan ketimbang mobil sejenis niaga(gea ratio rendah) --> jadi memang peruntukannya beda ...

Kalau ingin kuat nanjak --> silahkan beli mobil yang gear ratio rendah
Kalau ingin yang lari kenceng dengan mudah --> silahkan beli mobil yang gear ratio tinggi

Kalau untuk Compretion Ration (CR)
Setahu saya mobil baru bnaru CR nya hampir mostly diatas 10 (tetapi tidak semua brand menampilkan data CR nya)
Jadi coba ditanyakan Inova, Avanza dan Xenia
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

CR avanza xenia itu 11:1. jazz/city juga tidak jauh dari ini.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

GTR wrote:CR avanza xenia itu 11:1. jazz/city juga tidak jauh dari ini.
Nah menarik kan ... kalau
GL 1.5 CR nya 10.5:1
Avanza CR nya 11:1

Berarti Avanza maupun Xenia seharusnya memakai jenis bensin yang lebih tinggi (lebih mahal) dari GL

Saya pemakai GL di putaran rendah pun sampai 1500 pun tidak nglitik ... kayaknya akan nglitik kalau gigi 4 putaran 1000 terus digas pol ..., saya rasa untuk semua kendaraan juga menglamai hal yang sama ...

Capek rasanya membahas ini ... yang penting kalau tidak terdengar bunyi ngelitik berarti piston aman ... CMIIW

Saya sendiri di Surabaya memakai campuran 1:3 untuk Pertama Plus dan Premium ...
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by M-90 »

Mobil CR Tinggi idealnya memang harus minum bensin RON tinggi namun nggak mutlak Penyetelen waktu pengapian dapat mengurangi/mengeliminasi gejala knocking walopun kosekuensi tenaga melorot. Itu sebabnya mobil masa kini yg dilengkapi knocking sensor udah dapat melakukan self adjustment thd kualitas bensin yg diminum, shg masih bisa minum bensin subsidi "premium" tanpa knocking walopun output tenaga mesin tidak optimal.

Mobil2 masa kini yg pake RON tinggi bisa kena penyakit "knocking" kalo selalu kena macet atau dibawa lelet spt "keong". Krn mesin yg selalu bermain di rpm rendah akan berpotensi membentu kerak pd ruang bakar shg akan meningkatkan CR-nya. Oleh krn itu mesin mobil perlu sesekali 'Olahraga" dgn melakukan "Italian Tune Up" di kala tol sepi dan kualitas oli masih baik.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by maxx »

Gila .. ga ada habisnya ngebahas GL .. dan gw heran dari awal perbincangan ttg GL .. itu2 aja yg diomongin meskipun udah ada jawabannya ... kapan beresnya ya.. ha ha ha... jadi males gw jawabin pertanyaan2 yg udah dibahas.. eh muncul lagi.. tar .. 3bln kemudian ada lagi yg cari2 info ttg GL .. eh muncul lagi pertanyaannya.. .. 50+50.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

iya nih, masih sapai pada "sebegitu" confused nya yah?
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

HAHAHA itulah kalau mobil memang laku :)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

mobil laku kudu tanpa cela (impossible) yah
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by M-90 »

GL nggak laku2 amat masih kalah penjualannya ama Jazz, New CRV, Rush, Terios, Xenia, Innova dan Avanza.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

iya juga. Produk paling laku yg byk kekurangan spt xeniavanza tetap jadi paling laku juga dan tidak dikeluhkan(dibicarakan) umum.
Peranan brand tinggi lebih major drpd product.
gunawan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by gunawan98 »

Haa... semua pada bicarain CR, dan nanjak... Gw dah gak lagi lah bicarain itu... Gw pake premium, dan udah coba di tanjakan.

Nah gw mau ngomongin:

Sialan tuh orang yang ngiri, mobil gw (GL 1.5XV) di baret orang di parkiran.. Gw tebak nih orang gak suka ama GL kali yah?
Udah disayang-sayang, eh baret..

Yah mau apa lagi deh... resiko..
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

gunawan98 wrote:Haa... semua pada bicarain CR, dan nanjak... Gw dah gak lagi lah bicarain itu... Gw pake premium, dan udah coba di tanjakan.

Nah gw mau ngomongin:

Sialan tuh orang yang ngiri, mobil gw (GL 1.5XV) di baret orang di parkiran.. Gw tebak nih orang gak suka ama GL kali yah?
Udah disayang-sayang, eh baret..

Yah mau apa lagi deh... resiko..
Wah kurang ajar bener tuh orang ... diparkir dimana ? biar saya juga hati hati ... (tolong dijawab yah)
Tapi katanya kan mobil Pak Gun insurance All Risk
fadjaralam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 27, 2007 8:51

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by fadjaralam »

GTR wrote:iya juga. Produk paling laku yg byk kekurangan spt xeniavanza tetap jadi paling laku juga dan tidak dikeluhkan(dibicarakan) umum.
Peranan brand tinggi lebih major drpd product.
aaah ga juga bos. dulu waktu baru launching, xeniavanza juga rame digunjingin, namanya juga barang baru. mengenai keluhan, siapa sih yg ga pernah dengar mentul2-nya suspensi xeniavanza, nyendat2 di rpm rendah, bodi tipis, de el el? krn banyak populasinya, pasti sebagian besar dari kita pernah lah nyicipin ni mobil. tapi lantas apa nggak laku? yaa faktanya masih unggul tuh. org beli sesuatu kan mempertimbangkan "value"-nya. kalo value ini banyak yg mengamini, yaaa terliat dari salesnya bertahun2 bagus dan resale valuenya terjaga.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by kutkuy »

nih CR buat toyota:

Image
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com