Problem SX4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
question is, apakah kali ini suzuki setelah dipake lama katakanlah 3 tahun masih bisa enak; Sound, Vibration, & riding Harshnessnya, juga FC nya.
krn suzuki biasanya enak barunya aja, kalo udah lama agak melorot jauh S,V,H & FC nya.
krn suzuki biasanya enak barunya aja, kalo udah lama agak melorot jauh S,V,H & FC nya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Problem SX4
boleh dicoba baleno nextG saya, bro... udah 3tahun... heheGTR wrote:question is, apakah kali ini suzuki setelah dipake lama katakanlah 3 tahun masih bisa enak; Sound, Vibration, & riding Harshnessnya, juga FC nya.
krn suzuki biasanya enak barunya aja, kalo udah lama agak melorot jauh S,V,H & FC nya.
harusnya SX4 lebih bagus lah...

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Problem SX4
Saya setuju bro poetic belum tentu suzuki aja, soalnya pengalaman saya bukan cuma suzuki, hampir semua merk kalo udah 3 tahun pasti ada bunyi, la wong namanya jalanan di Indonesia banyak yang bumpy dan berlubang, jadi pasti deh ada S, V, H kalo soal FC ya jelaslah namanya mesin dipakai pasti ada keausan, nggak mungkin seperti baru terus donk. Kalo terus enak ya nggak laku donk yang namanya bengkel resmi. La wong temen saya yang punya altis saja nggak sampe 3 tahun sudah bunyi2x kok, x-trail juga, banyaklah belum tentu suzuki aja bro. Bukannya saya belain suzuki, saya sendiri nggak pake suzuki, CMIIWpoeticmind wrote:boleh dicoba baleno nextG saya, bro... udah 3tahun... heheGTR wrote:question is, apakah kali ini suzuki setelah dipake lama katakanlah 3 tahun masih bisa enak; Sound, Vibration, & riding Harshnessnya, juga FC nya.
krn suzuki biasanya enak barunya aja, kalo udah lama agak melorot jauh S,V,H & FC nya.![]()
harusnya SX4 lebih bagus lah...
Btw bro petic Baleno Next G dan Aerio suspensi belakangnya lebih advanced lho daripada city dan vios yang menggunakan torsion beam. Next G dan Aerio kalo bro petic lihat di bawah mobil hampir sama dengan konstruksi suspensi belakang milik X-Trail CMIIW
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Problem SX4
hahaha! iya betul... baleno memang lebih advanced di kaki2... dan saya suka karena tidak lagi menggunakan rubber timing belt, tetapi menggunakan metal timing chain yang memiliki kemampuan self lubricating dan self adjusting sehingga tidak memerlukan perawatan serta lifetime-nya lebih panjang. (tidak lagi berisik karena sudah menggunakan silent chain, yang performanya lebih baik dari rubber timing belt biasa). baleno emang termasuk halus sekali suara mesin nya... di cabin nyaman...lonesnake wrote: Btw bro petic Baleno Next G dan Aerio suspensi belakangnya lebih advanced lho daripada city dan vios yang menggunakan torsion beam. Next G dan Aerio kalo bro petic lihat di bawah mobil hampir sama dengan konstruksi suspensi belakang milik X-Trail CMIIW
that's why saya tertarik dgn SX4. hehehehe!
thanks buat sharingnya...!


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
Seharusnya bukan torsion-beam kali yah.
Torsion-beam itu roda kiri dan kanan menyatu (blm full Independen), spt : soluna, starlet, eterna, etc.
Suspensi aerio dan xtrail itu sudah independent, cara kerja nya spt macpherson strut, tapi aerio/baleno udah ada toe-control link.
Timing chain udah byk yg pake juga di mobil2 skrg krn teknologi sudah advanced bisa beroperasi halus tidak spt mobil lama, economy-cars yg udah pake ini : cityjazz xeniavanza altis civic/stream.
Torsion-beam itu roda kiri dan kanan menyatu (blm full Independen), spt : soluna, starlet, eterna, etc.
Suspensi aerio dan xtrail itu sudah independent, cara kerja nya spt macpherson strut, tapi aerio/baleno udah ada toe-control link.
Timing chain udah byk yg pake juga di mobil2 skrg krn teknologi sudah advanced bisa beroperasi halus tidak spt mobil lama, economy-cars yg udah pake ini : cityjazz xeniavanza altis civic/stream.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Problem SX4
Untuk SX4 dan Swift, Suzuki balik ke torsion beam untuk suspensi belakang... Murah meriah kali ya. Tapi suspensi ini gak jelek2 amet kok, kegunaannya untuk menghemat tempat, jadi ruang kabin lebih lega. Karena SX4 sedan satu platform dengan SX4 hatch, suspensinya juga sama deh.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Problem SX4
memang betul bro suspensi tipe ini sekarang banyak diadopt ke mobil kecil karena menghemat banyak tempat dan tidak jelek seperti kata bro, untuk handling mungkin lebih bagus yang tipe ini kali ya (CMIIW) karena lebih rigid.Midi_Amp wrote:Untuk SX4 dan Swift, Suzuki balik ke torsion beam untuk suspensi belakang... Murah meriah kali ya. Tapi suspensi ini gak jelek2 amet kok, kegunaannya untuk menghemat tempat, jadi ruang kabin lebih lega. Karena SX4 sedan satu platform dengan SX4 hatch, suspensinya juga sama deh.
Tapi untuk kenyamanan mungkin bagusan yang kayak aerio gitu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Problem SX4
Kalau soal performa sih fifti-fifti kali ya... Minimal SX4 ikutan rally, Civic Euro Type RR juga ikutan rally, dan keduanya pake suspensi torsion beam. Untuk kenyamanan, gw gak tau pasti deh, yang penting kan settingan.lonesnake wrote: memang betul bro suspensi tipe ini sekarang banyak diadopt ke mobil kecil karena menghemat banyak tempat dan tidak jelek seperti kata bro, untuk handling mungkin lebih bagus yang tipe ini kali ya (CMIIW) karena lebih rigid.
Tapi untuk kenyamanan mungkin bagusan yang kayak aerio gitu.
Re: Problem SX4
Untuk urusan berisik2 seperti yang dibilang bro GTR, SX4 lebih bagus. Kaya SX4 kantor bokap, yang ada di majalah2 itu warna biru muda, belon setahun dah 15000 kilo lebih, di pke ma wartawan mpe kediri apa. Tapi sekarang masih irit, interior masih bagus, dashboard juga ga gradak-gruduk n for me this is the best suzuki quality car ever made. Dibanding baleno next G mobil "dines" bokap, bah itu si dah kaya kaleng rombeng 3 tahun. makanya gw bener2 puas ma ni mobil karena gw sendiri pke ni SX4 3000kilo sendiri. hehehe... DI jamin puas...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
bung naldo, isunya sx4 baru masuk lagi mei 2008 nanti ? apa bener?
saluran swift juga tersendat2, jd bbrp bulan ini suzuki ga jualan swift dan sx4 ?
knp mesin sama tapi daya max sx4 dan swift beda yah?
apa sx4 udah ada electronic controlled utk a/t nya?
thanx
saluran swift juga tersendat2, jd bbrp bulan ini suzuki ga jualan swift dan sx4 ?
knp mesin sama tapi daya max sx4 dan swift beda yah?
apa sx4 udah ada electronic controlled utk a/t nya?
thanx
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Problem SX4
waaaaaaa! baleno nextG saya masih bagus kok om naldo... udah 3taun...naldo wrote:Untuk urusan berisik2 seperti yang dibilang bro GTR, SX4 lebih bagus. Kaya SX4 kantor bokap, yang ada di majalah2 itu warna biru muda, belon setahun dah 15000 kilo lebih, di pke ma wartawan mpe kediri apa. Tapi sekarang masih irit, interior masih bagus, dashboard juga ga gradak-gruduk n for me this is the best suzuki quality car ever made. Dibanding baleno next G mobil "dines" bokap, bah itu si dah kaya kaleng rombeng 3 tahun. makanya gw bener2 puas ma ni mobil karena gw sendiri pke ni SX4 3000kilo sendiri. hehehe... DI jamin puas...

tapi, ya memang harus diakuin SX4 lebih tahan banting dan stabil dibawa keluar kota... setuju. karena ada sepupu yg pake juga buat bolak balik jkt-bali. Review dari dia enak karena profil yg agak tinggi tidak takut utk melibas daerah2 jalan rusak/bergelombang. Itu yg jadi nilai plus.

Re: Problem SX4
SX4 crossover nanti bulan pertengahan 2008 keluar yang CKD. Kelengkapan sama.
Untuk mesin si sama, cuma swift lebih kenceng karena lebih enteng n pendek, tenaga sebenernya sama cuma yang perbedaan bobot yang lumayan signifikan sekitar 200kilo lebih. Untuk transmisi semestinya sama cuma dibedakan setting ECU, seperti swift lebih performa tapi SX4 lebih Fuel consumption. Jadi same engine, but different settings...
Maksudnya saluran swift? Sekarang Swift kan sudah ada yang CKD, SX4 masih CBU dari jepang tapi yang masuk hanya 300-400unit perbulan, makanya banyak yang inden, so mei-juni mau CKD aja biar perbulan bisa ngebut antara 800-1000 unit perbulan n konsumen tidak perlu inden2 lagi... But still semua tetep berjalan dengan lancar jualannya...
Untuk mesin si sama, cuma swift lebih kenceng karena lebih enteng n pendek, tenaga sebenernya sama cuma yang perbedaan bobot yang lumayan signifikan sekitar 200kilo lebih. Untuk transmisi semestinya sama cuma dibedakan setting ECU, seperti swift lebih performa tapi SX4 lebih Fuel consumption. Jadi same engine, but different settings...
Maksudnya saluran swift? Sekarang Swift kan sudah ada yang CKD, SX4 masih CBU dari jepang tapi yang masuk hanya 300-400unit perbulan, makanya banyak yang inden, so mei-juni mau CKD aja biar perbulan bisa ngebut antara 800-1000 unit perbulan n konsumen tidak perlu inden2 lagi... But still semua tetep berjalan dengan lancar jualannya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
Tapi yg bener yg mana yah, swift = 109ps, sx4=100ps.
Sekedar sharing Bung naldo (no-offence) dari pengalaman aja, apa suzuki sering Overspec (istilah personal saya saja) ?
Pernah / mirip kejadian juga kelas 1300cc pd amenity(1990) =73ps, tapi performance masih menang starlet yg hanya 72ps, labih jauh lagi dgn nouva 75ps (extra 2ps).
Baru belakangan eleny/esteem di 1994 new-dashboard specnya 66ps, nah sptnya ini lebih match & performance, jg karena spec versi luar(EPI) pun sekitar ini.
Begitu juga kelas sohc 1600cc baleno1997 =118ps claimed, ini dekat ke genio(120ps) dan beats great(-all new) corolla (115ps), tapi performance masih kalah dari mereka, interestingnya versi luar negeri baleno rata2 95ps lebih match dgn performance nya saat itu.
Interesting : same engine with baleno 1600cc(118ps claimed), Vitara EPI hanya = 95ps.
Apalagi Baleno sohc 1500cc (105ps claimed), beats dohc-vvt sx4=100ps ? & close to(if true) Swift=109ps?
Performance Baleno 1500cc 105ps ini padahal masih setara aja dgn grandcivic 90ps / twincam 90ps.
Apa sbnrnya true max M15A itu memang=100ps (jika pd sx4 = sudah benar, melihat pengalaman sebelumnya tadi), krn kalo vs performance 109ps lain spt vios, jazz, GL; M15A juga masih kalah sedikit (cukup sesuai) yah .
thanx.
Sekedar sharing Bung naldo (no-offence) dari pengalaman aja, apa suzuki sering Overspec (istilah personal saya saja) ?
Pernah / mirip kejadian juga kelas 1300cc pd amenity(1990) =73ps, tapi performance masih menang starlet yg hanya 72ps, labih jauh lagi dgn nouva 75ps (extra 2ps).
Baru belakangan eleny/esteem di 1994 new-dashboard specnya 66ps, nah sptnya ini lebih match & performance, jg karena spec versi luar(EPI) pun sekitar ini.
Begitu juga kelas sohc 1600cc baleno1997 =118ps claimed, ini dekat ke genio(120ps) dan beats great(-all new) corolla (115ps), tapi performance masih kalah dari mereka, interestingnya versi luar negeri baleno rata2 95ps lebih match dgn performance nya saat itu.
Interesting : same engine with baleno 1600cc(118ps claimed), Vitara EPI hanya = 95ps.
Apalagi Baleno sohc 1500cc (105ps claimed), beats dohc-vvt sx4=100ps ? & close to(if true) Swift=109ps?
Performance Baleno 1500cc 105ps ini padahal masih setara aja dgn grandcivic 90ps / twincam 90ps.
Apa sbnrnya true max M15A itu memang=100ps (jika pd sx4 = sudah benar, melihat pengalaman sebelumnya tadi), krn kalo vs performance 109ps lain spt vios, jazz, GL; M15A juga masih kalah sedikit (cukup sesuai) yah .
thanx.
Re: Problem SX4
Untuk urusan mesin M15A, untuk pasar international itu adalah 100HP, 133NM. Kalau spec JDM barulah 110HP, 143NM. But setau saya, jazz pernah di dyno tapi tenaganya kalah dari swift yang cuma 100HP. Kalau memang butuh suntikan tenaga ya coba pakai turbo HKS. sudah pernah di coba memakai intercooler n oil cooler segala di swift dan hasilnya bisa 183HP, torque 200NM++. Nanti juga saya mau coba pke turbo HKS di New Baleno/SX4 sedan setelah keluar karena nanti mobil kantor ganti dan ini termasuk proyek JDM style lagi... wehehehehe...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Problem SX4
kalo honda udah ga aneh bro. seringnya dyno real lebi rendah dari brosur. yg suka lebih tuh toyota. coba aja cek yarisGTR wrote:Tapi yg bener yg mana yah, swift = 109ps, sx4=100ps.
Sekedar sharing Bung naldo (no-offence) dari pengalaman aja, apa suzuki sering Overspec (istilah personal saya saja) ?
Pernah / mirip kejadian juga kelas 1300cc pd amenity(1990) =73ps, tapi performance masih menang starlet yg hanya 72ps, labih jauh lagi dgn nouva 75ps (extra 2ps).
Baru belakangan eleny/esteem di 1994 new-dashboard specnya 66ps, nah sptnya ini lebih match & performance, jg karena spec versi luar(EPI) pun sekitar ini.
Begitu juga kelas sohc 1600cc baleno1997 =118ps claimed, ini dekat ke genio(120ps) dan beats great(-all new) corolla (115ps), tapi performance masih kalah dari mereka, interestingnya versi luar negeri baleno rata2 95ps lebih match dgn performance nya saat itu.
Interesting : same engine with baleno 1600cc(118ps claimed), Vitara EPI hanya = 95ps.
Apalagi Baleno sohc 1500cc (105ps claimed), beats dohc-vvt sx4=100ps ? & close to(if true) Swift=109ps?
Performance Baleno 1500cc 105ps ini padahal masih setara aja dgn grandcivic 90ps / twincam 90ps.
Apa sbnrnya true max M15A itu memang=100ps (jika pd sx4 = sudah benar, melihat pengalaman sebelumnya tadi), krn kalo vs performance 109ps lain spt vios, jazz, GL; M15A juga masih kalah sedikit (cukup sesuai) yah .
thanx.
btw BTT
kalo SX4 inden skr dapet CBU ato CKD?
lagi cari mobil agak tinggi budget under 200 jt (masi rencana). pilihan kalo gak SX4 ya livina short (tp denger fiturnya parah bgt jadi ilfil)
baca2 di sini soal SX4 jadi binun jg. apa bener bermasalah bgt. gluduk2 n geter2?
pengennya yg A/T sih
thx. awam suzuki nih

Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Problem SX4
keknya SX4 aja bro satyr, coba tanya bro naldo yg udah punya...satyr wrote: kalo honda udah ga aneh bro. seringnya dyno real lebi rendah dari brosur. yg suka lebih tuh toyota. coba aja cek yaris
btw BTT
kalo SX4 inden skr dapet CBU ato CKD?lagi cari mobil agak tinggi budget under 200 jt (masi rencana). pilihan kalo gak SX4 ya livina short (tp denger fiturnya parah bgt jadi ilfil)
baca2 di sini soal SX4 jadi binun jg. apa bener bermasalah bgt. gluduk2 n geter2?
pengennya yg A/T sih
thx. awam suzuki nih
kalo livina under spec, elo kan pegang toyota... feature livina bikin kecewa ntar... rasanya SX4 ga bermasalah sama gluduk geter2, yg bro naldo bilang itu baleno nextG (sialan!!mobil gue tuh!hehehe).
Pernah nyoba SX4, bagus ga masalah overall.
inden? masih CBU keknya ya? ga ngerti juga...
sorry bro, belom sempet kerumah ambil garansi... lagi ribet di workshop.


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
Re: Problem SX4
bulan lalu inden sx4 ud sampe Juli 08, dan dapetnya CKD.
harganya off course ngga dikasi tau, menyusul hehe..
harganya off course ngga dikasi tau, menyusul hehe..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
kalo honda over-spec di dyno, performance nya jelas di bawah suzuki.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Problem SX4
honda di-dyno dibawah suzuki? masa gitu,bro? maksutnya jazz vs SX4/swift ? city vs baleno?GTR wrote:kalo honda over-spec di dyno, performance nya jelas di bawah suzuki.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
itu info dari SMers, bro satyr dan naldo.
Ini ada report comprehensif dynoing mobil2 honda.
Dynoing stock Integra TypeR:
http://asia.vtec.net/beystock/integra/art3/index.html
jazz vtec matic cvt7:
http://asia.vtec.net/[cencored]/JazzPower1/index.html
Dynoing jazz idsi :
http://asia.vtec.net/[cencored]/JazzPoweriDSI/index.html
Dynoing civic 8gen 1800cc 5a/t :
http://asia.vtec.net/[cencored]/Civic18S/index.html
Dynoing stock "regular" B18C :
http://asia.vtec.net/beystock/integra/art2/index.html
Dynoing Stock EK4 a/t :
http://asia.vtec.net/beystock/Civic/art4/index.html
Dynoing stock B16A :
http://asia.vtec.net/beystock/Civic/art5/index.html
pak administrator; cara disable "cencored" itu bgm yah,
karakter link yg disensor replace dgn "cencored" itu sebenarnya : "harc0re" namun dgn huruf "o"
Ini ada report comprehensif dynoing mobil2 honda.
Dynoing stock Integra TypeR:
http://asia.vtec.net/beystock/integra/art3/index.html
jazz vtec matic cvt7:
http://asia.vtec.net/[cencored]/JazzPower1/index.html
Dynoing jazz idsi :
http://asia.vtec.net/[cencored]/JazzPoweriDSI/index.html
Dynoing civic 8gen 1800cc 5a/t :
http://asia.vtec.net/[cencored]/Civic18S/index.html
Dynoing stock "regular" B18C :
http://asia.vtec.net/beystock/integra/art2/index.html
Dynoing Stock EK4 a/t :
http://asia.vtec.net/beystock/Civic/art4/index.html
Dynoing stock B16A :
http://asia.vtec.net/beystock/Civic/art5/index.html
pak administrator; cara disable "cencored" itu bgm yah,
karakter link yg disensor replace dgn "cencored" itu sebenarnya : "harc0re" namun dgn huruf "o"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Problem SX4
aduh jgn yg di luar bro. yg di indo aja. itu yg bilang begono orang2 bengkel jg kok (rata2 jazz dan Honda D series)
tp kalo udah di tune (N/A) emang bagus mesin2 honda (terutama D16 nya Ferio dan B series)
tp kalo udah di tune (N/A) emang bagus mesin2 honda (terutama D16 nya Ferio dan B series)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Problem SX4
Itu bbrp report yg stock bro.
Hrs nya kondisi mobil tes dan di dyno yg juga sama, juga tipe drivetrain m/t or a/t or cvt spt di TOV.
karena tentu ada simpangan output untuk masing2 drivetrain.
Hrs nya kondisi mobil tes dan di dyno yg juga sama, juga tipe drivetrain m/t or a/t or cvt spt di TOV.
karena tentu ada simpangan output untuk masing2 drivetrain.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Problem SX4
kalo A/T jadi aneh bro kalo di dyno di sini. gw ga ngerti tp kurvanya bener2 ga masuk akal. @_@
eh iya. linknya kok 404 not found di gw
eh iya. linknya kok 404 not found di gw

Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE