Boil gw dah 7 tahun ... kalau nanjak ke genting bau geseng ... turunnya gak bau ... hahahahaha ... nanjak high rev.dion wrote:kalo gaksalah di milis GL ada yg nanyain mirip2 bau ginian/gosong, dr NMI bilangnya itu mungkin dr zat pelapis metal yg masih baru (dg catatan mobil msh baru) terus terkena panas. jadi noproblemo, barangkali mirip ya
Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Masih mendingan ditulis 100,000 km ... di boil gw malah Kagak Perlu diganti ... tapi ya tetep aja gw ganti tiap 5000 km ... yang kayak gini kembali kepada masing-masing .... kalau mau transmisinya berumur lebih dari 400,000 km ... ya mesti ganti secara rutin ... kalau mau cuman 100,000 km kemudian ganti transmisi ... ya gak ada yang ngelarang ... malah yang business transmisi jadi berterima kasih.Sugie wrote:Di manual gw ditulisnya 100,000 km tuh baru diganti, jd bagusnya gimana nih om Penyu?PenyuTurbo wrote:Kalau udah keseringan bau ... ya lebih baik diganti ... Setiap kali ada peningkatan operating temperature 10 derajad ... umur ATF berkurang jadi separonya.
Contoh : Jika standard operating temperature ATF pada 100 oC ... umurnya 40,000 km ... maka dengan penambahan suhu sebesar 10 oC menjadi 110 oC ... maka umurnya menjadi 20,000 km. Jika ditambah lagi jadi 120oC ... maka umurnya cuman 10,000 km.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
hehehe....gak tau juga ya kategori mobil masih baru itu gimana?PenyuTurbo wrote:20 detik kalau high rev ? ... kalau boil 30,000 km dianggap masih baru gak ?Risol1 wrote:tapi mustinya cuma ditarik 20 detikan gak seharusnya bau gosong, apalagi mobilnya masih termasuk baru (yaris)
tapi seumur2 gw pake mobil yang umurnya jauh lebih tua dari yaris dan dengan kilometer lebih banyak, gak pernah ada bau gosong tuh walaupun lagi high rev

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Sharing pengalaman nih:
kalo gw sebagai driver lebih prefer SMG(Sequential Manual Gearbox) ini bener bener manual transmission dengan electronic clutch jadinya bisa punya 2 mode manual shift atau "dumb" auto. Pada manual shift mode perpindahan gigi harus dilakukan secara manual dengan steering wheel paddles atau gear lever selector dan perpindahan gigi terjadi dlm 80ms(termasuk auto thottle blip). Juga keuntungan SMG adalah nggak ada masalah miss-shift karena computernya cek dulu apa bisa downshift ke gear yg diminta dengan putaran mesin yg ada.
Kalau mode autonya sih ok ok aja buat stop n go traffic nggak semulus normal matic soalnya upshiftnya nggak natural jadi nggak bisa dipakai terus terusan. Menurut saya SMG adalah gearbox paling ideal karena bisa memenuhi tuntuntan hardc0re driver karena punya perfomance manual gearbox yg bisa di bikin jadi auto kalo perlu.
Utk saat ini SMG memang cuma available buat merek merek tertentu dan sudah mulai ketinggalan jaman karena VAG sudah memakai DSG(Dual clutch something) yg sudah dioffer sebagai option di audi TT dan golf r32 yg saya baca dan dengar DSG jauh lebih smooth dari SMG dan perpindahan gigi juga lebih cepat sekitar 8ms. Kabar baik buat semua car enthusiast borg wager sedang membuat DSG murah dengan tujuan mass market, kalo semua mobil bisa punya option ini seru deh
lupa attach imagenya SMG di e46m3 gw:
gear level selector

steering wheel paddles

kalo gw sebagai driver lebih prefer SMG(Sequential Manual Gearbox) ini bener bener manual transmission dengan electronic clutch jadinya bisa punya 2 mode manual shift atau "dumb" auto. Pada manual shift mode perpindahan gigi harus dilakukan secara manual dengan steering wheel paddles atau gear lever selector dan perpindahan gigi terjadi dlm 80ms(termasuk auto thottle blip). Juga keuntungan SMG adalah nggak ada masalah miss-shift karena computernya cek dulu apa bisa downshift ke gear yg diminta dengan putaran mesin yg ada.
Kalau mode autonya sih ok ok aja buat stop n go traffic nggak semulus normal matic soalnya upshiftnya nggak natural jadi nggak bisa dipakai terus terusan. Menurut saya SMG adalah gearbox paling ideal karena bisa memenuhi tuntuntan hardc0re driver karena punya perfomance manual gearbox yg bisa di bikin jadi auto kalo perlu.
Utk saat ini SMG memang cuma available buat merek merek tertentu dan sudah mulai ketinggalan jaman karena VAG sudah memakai DSG(Dual clutch something) yg sudah dioffer sebagai option di audi TT dan golf r32 yg saya baca dan dengar DSG jauh lebih smooth dari SMG dan perpindahan gigi juga lebih cepat sekitar 8ms. Kabar baik buat semua car enthusiast borg wager sedang membuat DSG murah dengan tujuan mass market, kalo semua mobil bisa punya option ini seru deh
lupa attach imagenya SMG di e46m3 gw:
gear level selector

steering wheel paddles

Last edited by bushkntl on Tue Oct 23, 2007 14:03, edited 1 time in total.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Jul 21, 2007 10:08
Hi bro2,
kalau biasanya pakai transmisi manual, waktu kelihatan rambu lalu lintas merah di depan, kita bisa ganti ke N, dan tinggal direm saja, bisa lebih irit. kalau transmisi otomatik, kalau kita selalu ganti ke N, setiap kali kelihatan rambu lalu lintas merah di depan, bisa rusak nggak transmisi otomatiknya?
terima kasih
kalau biasanya pakai transmisi manual, waktu kelihatan rambu lalu lintas merah di depan, kita bisa ganti ke N, dan tinggal direm saja, bisa lebih irit. kalau transmisi otomatik, kalau kita selalu ganti ke N, setiap kali kelihatan rambu lalu lintas merah di depan, bisa rusak nggak transmisi otomatiknya?
terima kasih

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
Dual-clutch transmission mulai populer dimobil-mobil sport berharga mahal. BorgWarner, perusahaan spesialis transmisi ingin membuatnya lebih murah.bushkntl wrote:Sharing pengalaman nih:
kalo gw sebagai driver lebih prefer SMG(Sequential Manual Gearbox) ini bener bener manual transmission dengan electronic clutch jadinya bisa punya 2 mode manual shift atau "dumb" auto. Pada manual shift mode perpindahan gigi harus dilakukan secara manual dengan steering wheel paddles atau gear lever selector dan perpindahan gigi terjadi dlm 80ms(termasuk auto thottle blip). Juga keuntungan SMG adalah nggak ada masalah miss-shift karena computernya cek dulu apa bisa downshift ke gear yg diminta dengan putaran mesin yg ada.
Kalau mode autonya sih ok ok aja buat stop n go traffic nggak semulus normal matic soalnya upshiftnya nggak natural jadi nggak bisa dipakai terus terusan. Menurut saya SMG adalah gearbox paling ideal karena bisa memenuhi tuntuntan hardc0re driver karena punya perfomance manual gearbox yg bisa di bikin jadi auto kalo perlu.
Utk saat ini SMG memang cuma available buat merek merek tertentu dan sudah mulai ketinggalan jaman karena VAG sudah memakai DSG(Dual clutch something) yg sudah dioffer sebagai option di audi TT dan golf r32 yg saya baca dan dengar DSG jauh lebih smooth dari SMG dan perpindahan gigi juga lebih cepat sekitar 8ms. Kabar baik buat semua car enthusiast borg wager sedang membuat DSG murah dengan tujuan mass market, kalo semua mobil bisa punya option ini seru deh
Perusahaan berbasis di Michigan itu berharap bisa memproduksi 2.3 juta unit transmisi baru dengan harga murah pada tahun 2013. Angka sebanyak itu semata-mata untuk menjaga agar harga tiap unitnya tetap rendah.
Sistem baru yang diberi nama DualTronic akan membantu BorgWarner meningkatkan produksi tranmisi hingga 500%. Menurut BorgWarner, transmisi baru itu harganya akan sangat kompetitif bila dibandingkan transmisi 6-speed automatic baru. Meskipun akan tetap lebih mahal daripada transmisi 4 atau 5-speed yang jamak di mobil-mobil murah.
Sistem kopling ganda (dual-clutch) memungkinkan perpindahan gigi berlangsung sempurna tanpa menghentikan sejenak pun pasokan tenaga ke roda. Ini mungkin terjadi karena sistem sudah melakukan proses awal perpindahan gigi (preselecting) gigi yang akan datang pada saat gigi yang bekerja tetap beroperasi. Ini yang membuatnya banyak dipakai dimobil-mobil sport dan mewah.
Disisi lain, para pakar otomotif juga menunjukkan kopling ganda ini efisiensinya 13% lebih baik dibandingkan transmisi automatic biasa, dan ini sangat relevan untuk mobil-mobil murah dan juga mobil-mobil berukuran kecil.
Prototiper DualTronic sekaran sedang diuji di mobil tes.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
uda dibahas pak.. tp saya lupa dimana.. yg laen bisa bantu pls..sav wrote:Hi bro2,
kalau biasanya pakai transmisi manual, waktu kelihatan rambu lalu lintas merah di depan, kita bisa ganti ke N, dan tinggal direm saja, bisa lebih irit. kalau transmisi otomatik, kalau kita selalu ganti ke N, setiap kali kelihatan rambu lalu lintas merah di depan, bisa rusak nggak transmisi otomatiknya?
terima kasih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Sodara2 mau nanya donk...
ogud penasaran ama matic neh..
di INDO, matic ada berapa macem ya?
ada yang CVT, dll.. dll nya itu apa?
Nah selanjutnya yang pake CVT yang mana, yang lainnya yang mana?
Yang gw tau jazz,city dan honda yang baru2 = CVT.
Kalo yaris,swift,X-Trail,Peugeot 206, apa ya?
trus CVT itu fluidnya beda ya ama ATF biasa yang dexron III?
ogud penasaran ama matic neh..
di INDO, matic ada berapa macem ya?
ada yang CVT, dll.. dll nya itu apa?
Nah selanjutnya yang pake CVT yang mana, yang lainnya yang mana?
Yang gw tau jazz,city dan honda yang baru2 = CVT.
Kalo yaris,swift,X-Trail,Peugeot 206, apa ya?
trus CVT itu fluidnya beda ya ama ATF biasa yang dexron III?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Kalo mobil lama masih blom triptonik kali hehehhe
kayaknya enak jg triptoik neh...
kayaknya enak jg triptoik neh...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1276
- Joined: Tue Mar 27, 2007 6:03
- Location: Just a second ahead....
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Bener bgt, gw jg lg interest nih sm tiptronik, makanya CK4 mo dilego lg...adisantosa wrote:Kalo mobil lama masih blom triptonik kali hehehhe
kayaknya enak jg triptoik neh...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
ehemmm * ....r1210g wrote:Sodara2 mau nanya donk...
ogud penasaran ama matic neh..
di INDO, matic ada berapa macem ya?
ada yang CVT, dll.. dll nya itu apa?
Nah selanjutnya yang pake CVT yang mana, yang lainnya yang mana?
Yang gw tau jazz,city dan honda yang baru2 = CVT.
Kalo yaris,swift,X-Trail,Peugeot 206, apa ya?
trus CVT itu fluidnya beda ya ama ATF biasa yang dexron III?
keknya ada yg mo ganti boil nih.... rasanya ada yg penasaran bgt ama matic...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Ha3.. ngga bung.. ga ada duid...poeticmind wrote:ehemmm * ....r1210g wrote:Sodara2 mau nanya donk...
ogud penasaran ama matic neh..
di INDO, matic ada berapa macem ya?
ada yang CVT, dll.. dll nya itu apa?
Nah selanjutnya yang pake CVT yang mana, yang lainnya yang mana?
Yang gw tau jazz,city dan honda yang baru2 = CVT.
Kalo yaris,swift,X-Trail,Peugeot 206, apa ya?
trus CVT itu fluidnya beda ya ama ATF biasa yang dexron III?
keknya ada yg mo ganti boil nih.... rasanya ada yg penasaran bgt ama matic...
lagian saya kurang tertarik juga ama matic...
kalo motor matic sih emang lagi ngebed.. Ha3..
Ini cuma pengen tau aja...
sharing2 dari pengguna langsung..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Dec 19, 2007 3:50
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
maap nih cuma bs ngasih tau dikit.r1210g wrote:Sodara2 mau nanya donk...
ogud penasaran ama matic neh..
di INDO, matic ada berapa macem ya?
ada yang CVT, dll.. dll nya itu apa?
Nah selanjutnya yang pake CVT yang mana, yang lainnya yang mana?
Yang gw tau jazz,city dan honda yang baru2 = CVT.
Kalo yaris,swift,X-Trail,Peugeot 206, apa ya?
trus CVT itu fluidnya beda ya ama ATF biasa yang dexron III?
di indo kayaknya ada trans A/T yg bgus & smooth juga perpindahan giginya yaitu CVT, nggak tau juga sih apa bedanya ama matic biasa, cuma dia ada pake belt. trus boil yg pake ini :jazz,city
trus ada lgi matic konvensional, yg dibedain jadi 2, ECT apa non-ECT. kalo ECT transmisinya udah diatur pke komputer kayaknya. yg pake ini inova,vios,yaris
kalo x-trail kayaknya masih konvensional, cuma desainnya udah lebih bgus dari inova
oli CVT beda sama yg ATF biasa
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
bedanya, CVT lebih responsip! sip! lebih alus... rasio tanpa batas...RPM constant...oli beda.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Dec 19, 2007 3:50
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
CVT rasio tanpa batas? bukannya ada masing2 gearnya ya?(gigi 1,2,dst.) CMIIW.poeticmind wrote:bedanya, CVT lebih responsip! sip! lebih alus... rasio tanpa batas...RPM constant...oli beda.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Nope, CVT gak punya gigi kayak matic/gigi konvensional. Dia cuma punya satu "gigi" yang membesar dan mengecil melalui pengaturan software, bukan hardware.giel wrote: CVT rasio tanpa batas? bukannya ada masing2 gearnya ya?(gigi 1,2,dst.) CMIIW.
Klik dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara kerja CVT, lengkap dengan animasi cara kerjanya.
Cara kerja CVT dari howstuffworks
Untuk matic konvensional, ECT itu teknologi dari Toyota sementara lain2nya ya punya nama masing2, contoh: Hondamatic (tau dong siapa yang punya ini). Yang pasti matic konvensional berfungsi seperti transmisi manual dengan rasio gigi yang statis, gak dinamis seperti CVT. Sejauh ini CVT diadopsi sama Honda, Nissan... Udah cuma itu yang gw tau, sisanya ada lagi sih yang pake tapi gak tau.
Cara kerja transmisi otomatis dari howstuffworks
Oh iya, ada satu lagi tipe matic yang lebih canggih... Namanya Automated Manual Transmission (AMT) yang bisa ditemukan di Proton Savvy. Secara itu mobil pake transmisi Renault Clio gitu (Quickshift). Tapi gw gak tau cara kerjanya, cuma tau istilahnya aja keren

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
hondamatic itu trademark nya a/t honda jaman civic 1st gen thn 76an.
maksudnya "gradelogic" kali yah
maksudnya "gradelogic" kali yah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Hondamatic itu nama transmisi otomatis Honda sementara grade logic (GL) itu satu fitur dari Hondamatic. Generasi Hondamatic pertama dengan dua tingkat kecepatan yang diberi nama H2 muncul tahun 1973 di Honda Civic, Accord dan Prelude. Hondamatic terkini sudah memiliki 5 tingkat kecepatan dengan nama H5. Transmisi Honda pertama kali diciptakan tahun 1968 pada mobil N360.GTR wrote:hondamatic itu trademark nya a/t honda jaman civic 1st gen thn 76an.
maksudnya "gradelogic" kali yah
klik sini untuk sejarah transmisi otomatis Honda
Penggunaan Hondamatic di mobil Honda/Acura
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
thanks buat penjelasan lengkapnya...Midi_Amp wrote:Nope, CVT gak punya gigi kayak matic/gigi konvensional. Dia cuma punya satu "gigi" yang membesar dan mengecil melalui pengaturan software, bukan hardware.giel wrote: CVT rasio tanpa batas? bukannya ada masing2 gearnya ya?(gigi 1,2,dst.) CMIIW.
Klik dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara kerja CVT, lengkap dengan animasi cara kerjanya.
Cara kerja CVT dari howstuffworks
Untuk matic konvensional, ECT itu teknologi dari Toyota sementara lain2nya ya punya nama masing2, contoh: Hondamatic (tau dong siapa yang punya ini). Yang pasti matic konvensional berfungsi seperti transmisi manual dengan rasio gigi yang statis, gak dinamis seperti CVT. Sejauh ini CVT diadopsi sama Honda, Nissan... Udah cuma itu yang gw tau, sisanya ada lagi sih yang pake tapi gak tau.
Cara kerja transmisi otomatis dari howstuffworks
Oh iya, ada satu lagi tipe matic yang lebih canggih... Namanya Automated Manual Transmission (AMT) yang bisa ditemukan di Proton Savvy. Secara itu mobil pake transmisi Renault Clio gitu (Quickshift). Tapi gw gak tau cara kerjanya, cuma tau istilahnya aja keren

