[share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
[share] KESIALAN di bengkel Resmi Mercedes Benz PT CaR
Orang tua saya mempunyai kendaraan Mercedes Benz C240 W203 tahun 2000, pada hari Kamis 6 Desember 2007 sekitar pukul 11.00 WIB kendaraan tersebut saya masukkan ke bengkel Resmi Mercedes Benz CaR PT Cakrawala Automotif Rabhasa di bilangan Kuningan, Jak-Sel untuk dilakukan service rutin penggantian oli dan cek rem serta berhubung sedang ada promosi 'Mercedes Benz Service Week' terdapat discount jasa dan spare part.
(for the record, saya sudah menjadi langganan di bengkel tersebut sejak 2003)
Mobil saya diterima oleh (sepertinya asisten) Service Advisor (SA) wanita berinisial A*** dan diketahui oleh SA langganan saya beinisial S***** dan diketahui pula oleh SA berinisial H******.
Pada saat penerimaan mobil, diberikan estimasi bahwa kendaraan dapat selesai sore hari.. Namun saya bilang saya ambil besok pagi saja (hari Jum'at) agar dapat mengerjakan kendaraan saya dgn tidak terburu2 dan optimal. Disamping itu ketika penerimaan mobil TIDAK ADA laporan apapun mengenai kerusakan sistem A/C.
Poin 1:
Mengenai rem, pada hari Kamis 6 Desember 2007 sekitar pukul 16.00 saya menerima telp dari (sepertinya asisten) SA berinisial A*** bahwa piringan rem kendaraan tersebut harus diganti. Saya ingin bertanya masalah teknis namun dikarenakan yg bersangkutan kurang memahami pengetahuan teknis, saya diberi tahu akan ditelp oleh SA yg pada saat itu sedang online.
Saya tunggu sampai pukul 17.30 WIB tidak ada telp dari pihak bengkel PT CaR
Akhirnya konfirmasi atas penggantian rotor tersebut dilakukan pada Jum'at pagi sekitar pukul 10.00 WIB (yang mana seharusnya pada jam tersebut mobil saya sudah bisa diambil). Namun berhubung saya pun sedang berada di luar kota, maka saya katakan kendaraan akan saya ambil sore saja tidak apa2. (kurang baek apa coba gw?)
Poin 2
Jum'at sore sebelum saya mau menuju PT CaR untuk mengambil kendaraan, terdapat telp dari pihak PT CaR bahwa kendaraan saya sudah bisa diambil dan ternyata A/C saya KURANG DINGIN. (dalam pengertian orang awam kebanyakan, KURANG DINGIN berarti A/C masih dingin, tapi tidak sedingin biasanya).
Ketika saya mengambil kendaraan, ternyata A/C saya menghembuskan UDARA PANAS. (bukannya KURANG DINGIN).
(for the record, Jum'at 7 Desember Jakarta macet seanj*ng-anj*ng).
akhirnya mobil tersebut diperiksa lagi dan baru dijanjikan bisa diambil Sabtu siang.
Poin 3
Kendaraan saya diterima oleh PT CaR dgn laporan TIDAK ADA kerusakan dalam sistem A/C. Ketika saya akan mengambil kendaraan tersebut, ternyata A/C saya menjadi menghembuskan udara panas dan divonis terjadi kerusakan pada Kompressor A/C.
KERUSAKAN ini terjadi KETIKA KENDARAAN SAYA BERADA DI PT CaR. Jadi sudah sewajarnya PT CaR BERTANGGUNG JAWAB PENUH atas segala kerusakan yang timbul ketika mobil saya berada di bengkel PT CaR.
Akhirnya untuk menyelesaikan masalah ini, hari Rabu 12 Desember 2007 saya bertemu dengan saudara M*** dan saudara L***** di PT CaR untuk membahas settlement atas KERUSAKAN KOMPRESSOR A/C yg TERJADI DI Kendaraan saya KETIKA BERADA di PT CaR.
Namun kompensasi yang diberikan HANYA gratis JASA untuk membetulkan dan HANYA discount senilai 20% dari harga price list atas parts2 yang diganti.
Dimana SUDAH SEWAJARNYA apalagi bengkel ketika sudah menerima kendaraan kita, maka segala kerusakan yang terjadi DIGANTI SECARA FULL tanpa konsumen dibebankan apapun. Karena konsumen SUDAH DIRUGIKAN dengan tidak dapet menggunakan kendaraan tersebut selama berada di bengkel.
*sekedar membagi pengalaman.. agar sekiranya senantiasa berhati2 ketika melakukan service benda berharga anda sekalipun di bengkel resmi sekelas Mercedes Benz.
(for the record, saya sudah menjadi langganan di bengkel tersebut sejak 2003)
Mobil saya diterima oleh (sepertinya asisten) Service Advisor (SA) wanita berinisial A*** dan diketahui oleh SA langganan saya beinisial S***** dan diketahui pula oleh SA berinisial H******.
Pada saat penerimaan mobil, diberikan estimasi bahwa kendaraan dapat selesai sore hari.. Namun saya bilang saya ambil besok pagi saja (hari Jum'at) agar dapat mengerjakan kendaraan saya dgn tidak terburu2 dan optimal. Disamping itu ketika penerimaan mobil TIDAK ADA laporan apapun mengenai kerusakan sistem A/C.
Poin 1:
Mengenai rem, pada hari Kamis 6 Desember 2007 sekitar pukul 16.00 saya menerima telp dari (sepertinya asisten) SA berinisial A*** bahwa piringan rem kendaraan tersebut harus diganti. Saya ingin bertanya masalah teknis namun dikarenakan yg bersangkutan kurang memahami pengetahuan teknis, saya diberi tahu akan ditelp oleh SA yg pada saat itu sedang online.
Saya tunggu sampai pukul 17.30 WIB tidak ada telp dari pihak bengkel PT CaR
Akhirnya konfirmasi atas penggantian rotor tersebut dilakukan pada Jum'at pagi sekitar pukul 10.00 WIB (yang mana seharusnya pada jam tersebut mobil saya sudah bisa diambil). Namun berhubung saya pun sedang berada di luar kota, maka saya katakan kendaraan akan saya ambil sore saja tidak apa2. (kurang baek apa coba gw?)
Poin 2
Jum'at sore sebelum saya mau menuju PT CaR untuk mengambil kendaraan, terdapat telp dari pihak PT CaR bahwa kendaraan saya sudah bisa diambil dan ternyata A/C saya KURANG DINGIN. (dalam pengertian orang awam kebanyakan, KURANG DINGIN berarti A/C masih dingin, tapi tidak sedingin biasanya).
Ketika saya mengambil kendaraan, ternyata A/C saya menghembuskan UDARA PANAS. (bukannya KURANG DINGIN).
(for the record, Jum'at 7 Desember Jakarta macet seanj*ng-anj*ng).
akhirnya mobil tersebut diperiksa lagi dan baru dijanjikan bisa diambil Sabtu siang.
Poin 3
Kendaraan saya diterima oleh PT CaR dgn laporan TIDAK ADA kerusakan dalam sistem A/C. Ketika saya akan mengambil kendaraan tersebut, ternyata A/C saya menjadi menghembuskan udara panas dan divonis terjadi kerusakan pada Kompressor A/C.
KERUSAKAN ini terjadi KETIKA KENDARAAN SAYA BERADA DI PT CaR. Jadi sudah sewajarnya PT CaR BERTANGGUNG JAWAB PENUH atas segala kerusakan yang timbul ketika mobil saya berada di bengkel PT CaR.
Akhirnya untuk menyelesaikan masalah ini, hari Rabu 12 Desember 2007 saya bertemu dengan saudara M*** dan saudara L***** di PT CaR untuk membahas settlement atas KERUSAKAN KOMPRESSOR A/C yg TERJADI DI Kendaraan saya KETIKA BERADA di PT CaR.
Namun kompensasi yang diberikan HANYA gratis JASA untuk membetulkan dan HANYA discount senilai 20% dari harga price list atas parts2 yang diganti.
Dimana SUDAH SEWAJARNYA apalagi bengkel ketika sudah menerima kendaraan kita, maka segala kerusakan yang terjadi DIGANTI SECARA FULL tanpa konsumen dibebankan apapun. Karena konsumen SUDAH DIRUGIKAN dengan tidak dapet menggunakan kendaraan tersebut selama berada di bengkel.
*sekedar membagi pengalaman.. agar sekiranya senantiasa berhati2 ketika melakukan service benda berharga anda sekalipun di bengkel resmi sekelas Mercedes Benz.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
waduh2 turut prihatin pak..
udah selesai blom ya?
kalo blom, coba bawa ke bengkel khusus AC aja pak..
Tanya kerusakannya apa... trus penyebab kira2nya...
Kalo gitu kan ketauan...
Harusnya di surat ada perjanjian nih...
Segala kerusakan pada waktu menginap menjadi tanggung jawab bengkel..
gitu..
udah selesai blom ya?
kalo blom, coba bawa ke bengkel khusus AC aja pak..
Tanya kerusakannya apa... trus penyebab kira2nya...
Kalo gitu kan ketauan...
Harusnya di surat ada perjanjian nih...
Segala kerusakan pada waktu menginap menjadi tanggung jawab bengkel..
gitu..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
kompressor ac nya berapa duit bro alim ulama?
saya pernah ke bengkel ac. pernah liat c240 didiemin.
katanya sih udah kelar ganti kompressor, tinggal tunggu orang mercy dateng utk reset. baru bisa jalan.
orang ac bilang, kompressor nya memang gampang rusak, sering terima keluhan serupa. jadi pasangnya yang model lain, supaya gak gampang rusak......gak tau tukang ac nya asal ngomong atau memang bener.
saya pernah ke bengkel ac. pernah liat c240 didiemin.
katanya sih udah kelar ganti kompressor, tinggal tunggu orang mercy dateng utk reset. baru bisa jalan.
orang ac bilang, kompressor nya memang gampang rusak, sering terima keluhan serupa. jadi pasangnya yang model lain, supaya gak gampang rusak......gak tau tukang ac nya asal ngomong atau memang bener.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
barter Supra X 125 masih blm cukup om..handling wrote:kompressor ac nya berapa duit bro alim ulama?
saya pernah ke bengkel ac. pernah liat c240 didiemin.
katanya sih udah kelar ganti kompressor, tinggal tunggu orang mercy dateng utk reset. baru bisa jalan.
orang ac bilang, kompressor nya memang gampang rusak, sering terima keluhan serupa. jadi pasangnya yang model lain, supaya gak gampang rusak......gak tau tukang ac nya asal ngomong atau memang bener.
dan memang kompressor A/C W203 gampang rusak. di bengkel juga ada W203 (yg masih garansi) lg claim.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
udah saya bayar om, orang tua males ribet. kalo pun mereka nipu. dzalimi orang kecil dosanya gede.r1210g wrote:waduh2 turut prihatin pak..
udah selesai blom ya?
kalo blom, coba bawa ke bengkel khusus AC aja pak..
Tanya kerusakannya apa... trus penyebab kira2nya...
Kalo gitu kan ketauan...
Harusnya di surat ada perjanjian nih...
Segala kerusakan pada waktu menginap menjadi tanggung jawab bengkel..
gitu..
biarin aja deh orang tua saya tekor. daripada klaim lama diurusnya, trus mobil saya malah dikerjain.
thx yah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
ini jadi pelajaran bagi saya agar tidak meninggalkan mobil lama-lama di bengkel...untuk menghindari munculnya ide-ide jahil dari pihak bengkelnya untuk mendapatkan duit dengan merusak komponen yang ada di mobil kita supaya kita nanti pasti beli komponen yang baru dari bengkel tersebut...dan siapa yang untung? 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
btw, sebenernya C36 itu brapa cc yah?alim ulama wrote:wuakakak.. nongol disini juga enteshochu wrote:makanya pake C36 aja...
gmn sodara gw jadi ngambil gak?





-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
katanya di daan mogot ok tuh.
Lupa namanya, hartono?
Saya juga ngk puas sama servicenya Dipo, pluit.
Waktu dalam masa garansi kayanya service rutinnya sekedarnya doang.
Ini kejadian di mobil ortu, jadi yg bawa supir, nah pas kebetulan saya lagi bawa sendiri berasa kok mobil ngk ada lari padahal belum lama service.
Trus bawa ke bengkel langanan, pas di liat tuh air filter kotornya ampun222.
Trus saya bawa lagi ke Dipo, eh jawaban SA-nya enak bener. Dia bilang "kalo ngk minta dicek yah kami ngk cek". GILA ngk tuh, and menurut dia mobilnya ok2 aja ngk ada yg ngk normal. Padahal gw bilang mah sura mesin udh berisik. Udah deh abis tuh SA gw maki2. Baru deh dia sori2, and mereka minta waktu 2 minggu u/ ajuin claim ke pusat, gr2 warranty katanya udh abis.
Menurut mereka warranty mulai berlaku sejak mobil keluar DCI, bukan saat stnk keluar. And sebagai customer kt mana tau kapan tuh mobil keluar dr DCI. Jadi tadinya Dipo ngk mau tanggung jawab, tp setelah sejumlah ancaman2 keluar baru mau urusin warranty.
Lupa namanya, hartono?
Saya juga ngk puas sama servicenya Dipo, pluit.
Waktu dalam masa garansi kayanya service rutinnya sekedarnya doang.
Ini kejadian di mobil ortu, jadi yg bawa supir, nah pas kebetulan saya lagi bawa sendiri berasa kok mobil ngk ada lari padahal belum lama service.
Trus bawa ke bengkel langanan, pas di liat tuh air filter kotornya ampun222.
Trus saya bawa lagi ke Dipo, eh jawaban SA-nya enak bener. Dia bilang "kalo ngk minta dicek yah kami ngk cek". GILA ngk tuh, and menurut dia mobilnya ok2 aja ngk ada yg ngk normal. Padahal gw bilang mah sura mesin udh berisik. Udah deh abis tuh SA gw maki2. Baru deh dia sori2, and mereka minta waktu 2 minggu u/ ajuin claim ke pusat, gr2 warranty katanya udh abis.
Menurut mereka warranty mulai berlaku sejak mobil keluar DCI, bukan saat stnk keluar. And sebagai customer kt mana tau kapan tuh mobil keluar dr DCI. Jadi tadinya Dipo ngk mau tanggung jawab, tp setelah sejumlah ancaman2 keluar baru mau urusin warranty.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
namanya juga Indonesia, semua dealer mana ada yg bisa dipercaya....
sekarang lagi ribut2 tentang pemasangan electric mirror di GL yg notabene bisa ngerusak ECU, garansi hilang....
emang gampang claim garansi di Indo? birokrasinya itu lho... ga ada duit pelancar atau blom dimaki2 mana jalan
sekarang lagi ribut2 tentang pemasangan electric mirror di GL yg notabene bisa ngerusak ECU, garansi hilang....
emang gampang claim garansi di Indo? birokrasinya itu lho... ga ada duit pelancar atau blom dimaki2 mana jalan
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
harga C36 sekarang berapa yah?alim ulama wrote:C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
gak penting.. gak nyambung... wakakaka...Hansen wrote:harga C36 sekarang berapa yah?alim ulama wrote:C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve




The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
di jalan danau sunter utara ada tuh bengkel tapi bentuknya kayak rumah biasa...
ada palangnya mercy...
coba aja kesitu... ogud sih ga tau, wong ga punya mercy...
tapi selama ini, mobil mercy selalu banyak disitu...
terutama yang kayak mobil kawinan tuh..
ada palangnya mercy...
coba aja kesitu... ogud sih ga tau, wong ga punya mercy...
tapi selama ini, mobil mercy selalu banyak disitu...
terutama yang kayak mobil kawinan tuh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
ntar tak kudelete2in yah...wakakakaka...r1210g wrote:gak penting.. gak nyambung... wakakaka...Hansen wrote:harga C36 sekarang berapa yah?alim ulama wrote:C36 tu mesinnya 3.6l kalo ndak salah..
trus kalo ndak salah lagi, mesinnya itu seri M104 DOHC Inline 6 4 valve per silinder 2.8l pake stroker-kit jadi 3.6l 276 hp@5750rpm 385Nm @4000rpm. trus kalo ndak salah lagi berhubung yg masuk di Indo itu produksi '94 dapet gearbox nya 4-speed A/T.
lg manja kali bos mobilnya, jadi minta didorong2.
ato jangan2 emblemnya doang C36 + emblem AMG? tapi mesinnya M111 1.8l Inline 4 16valve![]()
![]()
![]()





-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
ada yang mau liat moderator berantem?
Ha3..
Udah ah.. OOT...
Nanti dibantai ama om admin!

Ha3..
Udah ah.. OOT...
Nanti dibantai ama om admin!



The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24