Grand Livina Users..! - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
He he he... stiap orang punya penilaian masing2 deh sesuai kebutuhannya. Choose the best for U lahh...gunawan98 wrote:gw sih gak care soal 6 speed atau 5 speed, atau bahkan 4 speed (automatic). Yang penting bisa lari, nyaman, awet, that's all.
bagi gw 5 speed atau 6 speed bukan suatu feature yang penting...
berapa sekarang yang 6 speed? kira-kira harganya sama gak dengan ipah? ipah 2000cc, body lebih gede... emang sih lebih boros... tapi body segede gitu jelas enak kalo perjalanan jauh..
Ini dulu pernah gw posting... duluuuu banget lagi jaman2nya milih2 type GL... mungkin sudah pernah ada yg baca, well tentunya pertimbangan gw ini blum tentu applicable sama om gunawan.
maxx wrote:Gw indent yg 1.8XV M/T dg pertimbangan Test Drive experience gw sendiri.
Gw sudah Test Drive 1.5XV MT maupun 1.8XV MT, yg 1.5L menurut gw ada kosong/ngempos/belet pada putaran (+/-)2200-3200rpm.
Speed 1.5VX untuk day to day usage jalan dalam kota.. OKlah.. no problem, dg catatan: waktu TD boil cuma isi 3 orang dewasa w/o luggage.
Stlh dipikir panjang & matang2 bila 1.5VX di-isi 6 orang (+/-50-75kg/orang) + Luggage untuk perjalanan jauh keluar kota yg menempuh jalan naik/menanjak yg cukup significant spt Puncak/Bandung/Lembang dlsb, kayaknya akan susah tarik napas tuh, tetap pasti nyampe seh... cuma ngos-ngosan sudah pasti ada.
Kalo yg 1.8L mungkin ga akan ada gejala ngos2-an, dibanyak majalah review ini mesin diakui powerfull and will meet your demand on power.
Anyway 1.8XV M/T satu2nya MPV dg harga 165jtan yg pakai 6Speed bro!
Selain Riding Comfort, performa mesin penting untuk gw.
Ga lucu dong mobil udah keren dan baru pula.. tp dipuncak disalip mobil tuyul/angkot krn ga kuat untuk nanjak lebih cepat!![]()
Disamping itu bila 1.5VX M/T diupgrade accesories dan feature (original part) sampai spt 1.8VX M/T, lebih worthed ambil langsung yg 1.8VX M/T.
*** Data dari AutoBild Edisi 104:
U/ upgrade accesories 1.5XV MT ke 1.8XV MT sbb:
- Ornamen Kayu Rp. 1.667.600
- Chrome Door handle Rp. 1.716.600
- Chrome FR Grille Rp. 1.928.300
- Fog Lamp + Saklar lampu menyatu dg lampu utama Rp. 4.382.400
- Back Sonar Rp. 624.800
- Headrest baris-3 Rp. 424.600/pc x2 = Rp. 849.200
Sub Total : Rp. 11.168.900
Msh ada 5 lagi beda 1.5 VX M/T dgn 1.8 VX M/T:
- Electric Mirror Rp. 2jt-an (kata dealer Nissan Sunter)
- Chrome A/C Vent
- Sun Visor dg cermin
- Cup holder bgn depan (dkt tuas transmisi) dg tutup
- Mesin 1.8L dg 6-Speed.
Beda 1.5 VX M/T dgn 1.8 VX M/T Rp. 19.5jt (JKT), kalo diliat selisihnya Sisa Rp. 8.331.100 untuk 5 point yg belum, sptnya susah didapat dg sisa 8.3jt.
Am I made a right decision?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41
kok bisa yah beda 8.3 jt ?maxx wrote:He he he... stiap orang punya penilaian masing2 deh sesuai kebutuhannya. Choose the best for U lahh...gunawan98 wrote:gw sih gak care soal 6 speed atau 5 speed, atau bahkan 4 speed (automatic). Yang penting bisa lari, nyaman, awet, that's all.
bagi gw 5 speed atau 6 speed bukan suatu feature yang penting...
berapa sekarang yang 6 speed? kira-kira harganya sama gak dengan ipah? ipah 2000cc, body lebih gede... emang sih lebih boros... tapi body segede gitu jelas enak kalo perjalanan jauh..
Ini dulu pernah gw posting... duluuuu banget lagi jaman2nya milih2 type GL... mungkin sudah pernah ada yg baca, well tentunya pertimbangan gw ini blum tentu applicable sama om gunawan.
maxx wrote:Gw indent yg 1.8XV M/T dg pertimbangan Test Drive experience gw sendiri.
Gw sudah Test Drive 1.5XV MT maupun 1.8XV MT, yg 1.5L menurut gw ada kosong/ngempos/belet pada putaran (+/-)2200-3200rpm.
Speed 1.5VX untuk day to day usage jalan dalam kota.. OKlah.. no problem, dg catatan: waktu TD boil cuma isi 3 orang dewasa w/o luggage.
Stlh dipikir panjang & matang2 bila 1.5VX di-isi 6 orang (+/-50-75kg/orang) + Luggage untuk perjalanan jauh keluar kota yg menempuh jalan naik/menanjak yg cukup significant spt Puncak/Bandung/Lembang dlsb, kayaknya akan susah tarik napas tuh, tetap pasti nyampe seh... cuma ngos-ngosan sudah pasti ada.
Kalo yg 1.8L mungkin ga akan ada gejala ngos2-an, dibanyak majalah review ini mesin diakui powerfull and will meet your demand on power.
Anyway 1.8XV M/T satu2nya MPV dg harga 165jtan yg pakai 6Speed bro!
Selain Riding Comfort, performa mesin penting untuk gw.
Ga lucu dong mobil udah keren dan baru pula.. tp dipuncak disalip mobil tuyul/angkot krn ga kuat untuk nanjak lebih cepat!![]()
Disamping itu bila 1.5VX M/T diupgrade accesories dan feature (original part) sampai spt 1.8VX M/T, lebih worthed ambil langsung yg 1.8VX M/T.
*** Data dari AutoBild Edisi 104:
U/ upgrade accesories 1.5XV MT ke 1.8XV MT sbb:
- Ornamen Kayu Rp. 1.667.600
- Chrome Door handle Rp. 1.716.600
- Chrome FR Grille Rp. 1.928.300
- Fog Lamp + Saklar lampu menyatu dg lampu utama Rp. 4.382.400
- Back Sonar Rp. 624.800
- Headrest baris-3 Rp. 424.600/pc x2 = Rp. 849.200
Sub Total : Rp. 11.168.900
Msh ada 5 lagi beda 1.5 VX M/T dgn 1.8 VX M/T:
- Electric Mirror Rp. 2jt-an (kata dealer Nissan Sunter)
- Chrome A/C Vent
- Sun Visor dg cermin
- Cup holder bgn depan (dkt tuas transmisi) dg tutup
- Mesin 1.8L dg 6-Speed.
Beda 1.5 VX M/T dgn 1.8 VX M/T Rp. 19.5jt (JKT), kalo diliat selisihnya Sisa Rp. 8.331.100 untuk 5 point yg belum, sptnya susah didapat dg sisa 8.3jt.
Am I made a right decision?
Setahu saya di Surabaya harga inden bulan Agustus
1.5 XV M/T = 149
1.8 XV M/T = 169
Beda 20 jt tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
bandung juga beda segitu, kayanya diluar jakarta ada ongkos kirimnya, terus pajaknya di bandung juga lebih mahal dari jakarta.... gara2 udah otonomi daerah nih jadi seenaknya aja bikin aturan, lha kabupaten sama kotamadya bandung aja bisa beda pajaknya.
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
menurut gw yang PALING PARAH dari livina itu adalah dimensinya.. itu aja..
mesin dan lain-lain, cukup jempol deh.. (lah gw kan pake juga....
)
tinggal brand image dan after sales aja. kalo dilawan dengan ipah menang mana tuh...
sekarang tinggal after sales service.. sekarang sih gw udah jalan 4000 km an.. so far ga ada problem. gw harap semuanya serba kuat.. jadi nantinya after sales, valuenya kuat, sekuat ipah gitu..
mesin dan lain-lain, cukup jempol deh.. (lah gw kan pake juga....

tinggal brand image dan after sales aja. kalo dilawan dengan ipah menang mana tuh...
sekarang tinggal after sales service.. sekarang sih gw udah jalan 4000 km an.. so far ga ada problem. gw harap semuanya serba kuat.. jadi nantinya after sales, valuenya kuat, sekuat ipah gitu..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
BudiDarmawan wrote: kok bisa yah beda 8.3 jt ?
Setahu saya di Surabaya harga inden bulan Agustus
1.5 XV M/T = 149
1.8 XV M/T = 169
Beda 20 jt tuh

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Ya ga comparable dong.. kan harus pakai sama2 original part.kutkuy wrote:tapi jangan salah, harga2 accessories diatas itu udah super mark-up dari NMI, kalau beli di street pasti bisa cut setengahnya.
kalo mo yg versi aftermarket.. c/o aja foglamp pakai switch aja cuma 700rb... kaga usah jd satu dg tuas pengatur lampu utama .. tp ga compareable lagi dong harganya... yg foglamp original dg pakai tuas itu 4jtan (katanya).
Semua yg di aftermarket tentu lebih murah... tp bukan original namanya, belum lagi kalo dihitung waktu dan extra effort yg luangkan u/ upgrade...

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
betul, tapi feeling saya kalau cari diluaran itu ganti tuas juga kayanya ga akan sampe 4jt+, itu sih setengah merampok namanya....maxx wrote:Ya ga comparable dong.. kan harus pakai sama2 original part.kutkuy wrote:tapi jangan salah, harga2 accessories diatas itu udah super mark-up dari NMI, kalau beli di street pasti bisa cut setengahnya.
kalo mo yg versi aftermarket.. c/o aja foglamp pakai switch aja cuma 700rb... kaga usah jd satu dg tuas pengatur lampu utama .. tp ga compareable lagi dong harganya... yg foglamp original dg pakai tuas itu 4jtan (katanya).
Semua yg di aftermarket tentu lebih murah... tp bukan original namanya, belum lagi kalo dihitung waktu dan extra effort yg luangkan u/ upgrade...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Nah yg ini gw setuju.. u/ GL kurang lebar dikit.gunawan98 wrote:menurut gw yang PALING PARAH dari livina itu adalah dimensinya.. itu aja..
Percaya ga sih kalo gw bilang GL itu adalah LS yg di urut mak erot jd lebih pjg 20cm? ... nanti coba liat LS deh kalo dah keluar.. tuh dimensinya cocok banget pas deh semuanya. .. ga spt GL yg terkesan panjang tp kurang lbr, kalau saja lbh lebar 10cm .. pasti si Vina tidak berkesan panjang dan kurus, tapi montok dan sekel.. hue he he..

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
He he he.. gitu lah.. 1/2 merampok yahkutkuy wrote: betul, tapi feeling saya kalau cari diluaran itu ganti tuas juga kayanya ga akan sampe 4jt+, itu sih setengah merampok namanya....


MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51
wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..johnlegend wrote:eh ini beneran ato?lonesnake wrote:Hello Bro2x sekalian, sori kalo masalah ini udah pernah dibahas. Kapan hari di salah satu dealer nissan di surabaya ada cust yang komplain bahwa x-trail 2.0 m/t nya di parkir di rumahnya dgn kondisi kemiringan ya sekitar 20 derajat dengan posisi gigi 1 dimasukkan, dan parking brake diaktifkan pada keesokan harinya kendaraan sudah mundur melorot di bawah, untung tidak ada mobilnya yang lain diparkir di belakangnya x-trail. Lalu dia bingung terus memeriksa posisi transmisi masih masuk 1 dan parking brake aktif. Lalu keesokan hari dia mencoba masuk mundur dengan posisi transmisi R terus parking brake aktif. Besoknya mobil udah maju melorot ke bawah lagi.
Lalu beliau membawa ke bengkel nissan mengajukan masalah itu dan dicoba oleh service crew memang ternyata mobil melorot dalam jangka waktu beberapa menit dengan kemiringan yang sama. Akhirnya parking brake pun diadjust supaya mengunci roda dengan sempurna. Tapi pertannyaannya mestinya tanpa parking brake pun kalo masuk gigi paling rendah/rasio paling besar (1 atau R) mobil akan berat sekali untuk bergerak meskipun kita dorong.Customer penasaran dan Dicoba mobil xtrail m/t 2.0 baru pun sama, pada akhirnya mencoba GL 1.5 dan ternyata GLnya pun melorot. Semuanya dicoba tanpa parking brake dan transmisi pada gigi 1. Apakah rekan2x lain ada yang mencoba hal ini pada GLnya pls advise!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
benar benar... ini harus dicoba nih bukan masalah sepelenurtaranto wrote:wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..johnlegend wrote:eh ini beneran ato?lonesnake wrote:Hello Bro2x sekalian, sori kalo masalah ini udah pernah dibahas. Kapan hari di salah satu dealer nissan di surabaya ada cust yang komplain bahwa x-trail 2.0 m/t nya di parkir di rumahnya dgn kondisi kemiringan ya sekitar 20 derajat dengan posisi gigi 1 dimasukkan, dan parking brake diaktifkan pada keesokan harinya kendaraan sudah mundur melorot di bawah, untung tidak ada mobilnya yang lain diparkir di belakangnya x-trail. Lalu dia bingung terus memeriksa posisi transmisi masih masuk 1 dan parking brake aktif. Lalu keesokan hari dia mencoba masuk mundur dengan posisi transmisi R terus parking brake aktif. Besoknya mobil udah maju melorot ke bawah lagi.
Lalu beliau membawa ke bengkel nissan mengajukan masalah itu dan dicoba oleh service crew memang ternyata mobil melorot dalam jangka waktu beberapa menit dengan kemiringan yang sama. Akhirnya parking brake pun diadjust supaya mengunci roda dengan sempurna. Tapi pertannyaannya mestinya tanpa parking brake pun kalo masuk gigi paling rendah/rasio paling besar (1 atau R) mobil akan berat sekali untuk bergerak meskipun kita dorong.Customer penasaran dan Dicoba mobil xtrail m/t 2.0 baru pun sama, pada akhirnya mencoba GL 1.5 dan ternyata GLnya pun melorot. Semuanya dicoba tanpa parking brake dan transmisi pada gigi 1. Apakah rekan2x lain ada yang mencoba hal ini pada GLnya pls advise!!!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
saya rasa kondisi jalan di puncak ga begitu pusing, kalo yg pusing itu pas jalan di nagreg nah itu baru pusingnurtaranto wrote:oya, ngomong2 postingannya smatic ttg livina (sepertinya yg m/t 1.5) yg selip d tanjakan rada curam saat diisi penuh (dr gambar sepertinya penuh, mungkin 5-7 org) gimana ya?
klo misalnya d puncak saat hujan, macet n pas beban penuh ada risiko selip ga u gl 1.5 m/t?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
wah tuh bener kan NMI dikebiriin semua optionnya, di china aja livina yg standard udah dikasih tuas on/off foglamp, cuma fog lampnya ga disiapin harus beli extra, tapi switchnya udah dikasih...

tuh ga ada foglamp mobilnya

tuh ga ada foglamp mobilnya
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re:
eh ini beneran ato?[/quote]
wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..[/quote]
benar benar... ini harus dicoba nih bukan masalah sepele[/quote]
Betul Bro2x sekalian ini bukan masalah sepele, makanya saya kepengen tau dari GL users apakah pernah dicoba, soalnya ada saudara saya yang mau inden jadi ragu2x. Kalo hal ini kan yang nyoba orang dealer NISSAN itu kebetulan orang itu Service Advisor lho, jadi saya kira dia tidak bermaksud menjelek2xkan GL, tapi apa adanya. Minta tolong deh buat GL users yang udah nyoba, ols advise!!!
wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..[/quote]
benar benar... ini harus dicoba nih bukan masalah sepele[/quote]
Betul Bro2x sekalian ini bukan masalah sepele, makanya saya kepengen tau dari GL users apakah pernah dicoba, soalnya ada saudara saya yang mau inden jadi ragu2x. Kalo hal ini kan yang nyoba orang dealer NISSAN itu kebetulan orang itu Service Advisor lho, jadi saya kira dia tidak bermaksud menjelek2xkan GL, tapi apa adanya. Minta tolong deh buat GL users yang udah nyoba, ols advise!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
1.5 AT garasi curam aman2 aja, P + handbrake aman.
syukurlah kalo pada batal indentnya, biar mobil gue gak pasaran amat and di bengkelnya kagak ngantri. siip...
syukurlah kalo pada batal indentnya, biar mobil gue gak pasaran amat and di bengkelnya kagak ngantri. siip...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Bukan A/T bro, M/T dan tanpa parking brakedion wrote:1.5 AT garasi curam aman2 aja, P + handbrake aman.
syukurlah kalo pada batal indentnya, biar mobil gue gak pasaran amat and di bengkelnya kagak ngantri. siip...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Re:
Bisa aza masih melorot di tanjakan walaupun sudah masuk gigi 1 bro, klu melorotnya itu bukan krn roda yg berputar ttp ban roda penggerak yg bergeser/slip thdp jalan persis spt kejadian di tanjakan parkiran basement MKG3 ini.nurtaranto wrote:wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..johnlegend wrote:eh ini beneran ato?lonesnake wrote:Hello Bro2x sekalian, sori kalo masalah ini udah pernah dibahas. Kapan hari di salah satu dealer nissan di surabaya ada cust yang komplain bahwa x-trail 2.0 m/t nya di parkir di rumahnya dgn kondisi kemiringan ya sekitar 20 derajat dengan posisi gigi 1 dimasukkan, dan parking brake diaktifkan pada keesokan harinya kendaraan sudah mundur melorot di bawah, untung tidak ada mobilnya yang lain diparkir di belakangnya x-trail. Lalu dia bingung terus memeriksa posisi transmisi masih masuk 1 dan parking brake aktif. Lalu keesokan hari dia mencoba masuk mundur dengan posisi transmisi R terus parking brake aktif. Besoknya mobil udah maju melorot ke bawah lagi.
Lalu beliau membawa ke bengkel nissan mengajukan masalah itu dan dicoba oleh service crew memang ternyata mobil melorot dalam jangka waktu beberapa menit dengan kemiringan yang sama. Akhirnya parking brake pun diadjust supaya mengunci roda dengan sempurna. Tapi pertannyaannya mestinya tanpa parking brake pun kalo masuk gigi paling rendah/rasio paling besar (1 atau R) mobil akan berat sekali untuk bergerak meskipun kita dorong.Customer penasaran dan Dicoba mobil xtrail m/t 2.0 baru pun sama, pada akhirnya mencoba GL 1.5 dan ternyata GLnya pun melorot. Semuanya dicoba tanpa parking brake dan transmisi pada gigi 1. Apakah rekan2x lain ada yang mencoba hal ini pada GLnya pls advise!!!

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Tue Aug 14, 2007 3:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Suzuki S Cross
Re: Re:
wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..[/quote]
Bisa aza masih melorot di tanjakan walaupun sudah masuk gigi 1 bro, klu melorotnya itu bukan krn roda yg berputar ttp ban roda penggerak yg bergeser/slip thdp jalan persis spt kejadian di tanjakan parkiran basement MKG3 ini.
Tapi ini kondisi mesin mati bro, alias parkir semalaman bukan pada kondisi mau jalan seperti di gambar tersebut. Mobil parkir di kemiringan kurang lebih 20 derajat, mesin mati, masuk gigi 1, parking brake inactive. Besok pagi mobil udah di bawah. Ini x-trail 2.0 M/T sekali lagi bukan A/T
Bisa aza masih melorot di tanjakan walaupun sudah masuk gigi 1 bro, klu melorotnya itu bukan krn roda yg berputar ttp ban roda penggerak yg bergeser/slip thdp jalan persis spt kejadian di tanjakan parkiran basement MKG3 ini.
Tapi ini kondisi mesin mati bro, alias parkir semalaman bukan pada kondisi mau jalan seperti di gambar tersebut. Mobil parkir di kemiringan kurang lebih 20 derajat, mesin mati, masuk gigi 1, parking brake inactive. Besok pagi mobil udah di bawah. Ini x-trail 2.0 M/T sekali lagi bukan A/T
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Re: Re:
Justru parking brake dak aktif maka kuncian hanya pada roda penggerak depan & dgn posisi moncong boil menghadap naik tanjakan (spt posisi GL selip di MKG3) maka traksi ban (gigitan ban ke jalan) akan menjadi berkurang. Lebih-lebih mesin Nissan kebanyakan terbuat dari alumunium alloy yg ringan + suspensinya empuk dapat mengurangi gigitan ban ke jalan shg traksi ban tsb tidak kuat utk menahan beban kendaraan pada sudut kemiringan tertentu yg menyebabkan boil bergeser (bukan menggelinding lho).lonesnake wrote:wah ga tau ni, masa sih udah masuk gigi 1 masih bisa melorot? yg punya gl 1.5 m/t mungkin bisa nyoba d tanjakan yg rada curam..
Bisa aza masih melorot di tanjakan walaupun sudah masuk gigi 1 bro, klu melorotnya itu bukan krn roda yg berputar ttp ban roda penggerak yg bergeser/slip thdp jalan persis spt kejadian di tanjakan parkiran basement MKG3 ini.
Tapi ini kondisi mesin mati bro, alias parkir semalaman bukan pada kondisi mau jalan seperti di gambar tersebut. Mobil parkir di kemiringan kurang lebih 20 derajat, mesin mati, masuk gigi 1, parking brake inactive. Besok pagi mobil udah di bawah. Ini x-trail 2.0 M/T sekali lagi bukan A/T
Mungkin klu parkir moncong boil dibalik mengarah ke bawah tanjakan (spt naek mundur di tanjakan MKG3 /pake gigi mundur) laen ceritanya krn traksi ban depan (penggerak) menjadi lebih besar dlm posisi moncong boil mengarah ke bawah tanjakan. Cara laennya dgn mengurangi tekanan ban di roda penggerak supaya traksi ban lebih gigit ke jalan ato kalo Nissan mau aman parkirnya/tidak bergeser ya musti diganjel bannya.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Kalo gw bilang sih tes dinamis tsb selebaran yg dibuat sama pihak terkait yg merasa kegebuk dg adanya GL.
Sorry to say ,... ini Black Campaign... dirty marketing!! .. coba sebutkan deh source TES DINAMIS ini dari mana??
Gw pake GL 1.8 .. tanjakan TA, MGK3 dan Artha gading .. ga ada cerita melorot tuh, sempat selagi sepi gw berhenti ditengah2 trus jalan lagi... ga ada cerita nyepin atau melorot.
Kalo yg dipake GL 1.5 u/ test tsb pastinya juga bisa krn udah bisa spin gitu berarti powernya gede.
Ditulis "kondisi ini sangat berbahaya pada kondisi jalan menanjak dan macet" .. wah.. bahaya juga dong tuh Toyota Wish dan Honda Stream!! Kenapa juga mobil test ya lainnya kaga pake Toyota Wish yg juga FWD?? ... tanya kenapa???
Sorry to say ,... ini Black Campaign... dirty marketing!! .. coba sebutkan deh source TES DINAMIS ini dari mana??
Gw pake GL 1.8 .. tanjakan TA, MGK3 dan Artha gading .. ga ada cerita melorot tuh, sempat selagi sepi gw berhenti ditengah2 trus jalan lagi... ga ada cerita nyepin atau melorot.
Kalo yg dipake GL 1.5 u/ test tsb pastinya juga bisa krn udah bisa spin gitu berarti powernya gede.
Ditulis "kondisi ini sangat berbahaya pada kondisi jalan menanjak dan macet" .. wah.. bahaya juga dong tuh Toyota Wish dan Honda Stream!! Kenapa juga mobil test ya lainnya kaga pake Toyota Wish yg juga FWD?? ... tanya kenapa???
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Re: Grand Livina Users..! - Part 02
Yg sy dengar test tsb dilakukan oleh marketingnya MKG utk menanggapi keluhan GL user yg mengeluh lantai tanjakan keluar parkiran basement MKG3 terlalu licin. Menurut MKG selama ini blum pernah menerima keluhan tsb selain dr GL user (Honda Stream/Toyota Wish user blum pernah mengeluh). Mungkin saja pemilihan Innova & Avanza dalam test tsb krn Innova & Avanza-lah yg plg banyak beredar di Jakarta pada saat ini, shg klu harus pake Toyota Wish susah dong nyarinya.maxx wrote:Kalo gw bilang sih tes dinamis tsb selebaran yg dibuat sama pihak terkait yg merasa kegebuk dg adanya GL.
Sorry to say ,... ini Black Campaign... dirty marketing!! .. coba sebutkan deh source TES DINAMIS ini dari mana??
Gw pake GL 1.8 .. tanjakan TA, MGK3 dan Artha gading .. ga ada cerita melorot tuh, sempat selagi sepi gw berhenti ditengah2 trus jalan lagi... ga ada cerita nyepin atau melorot.
Kalo yg dipake GL 1.5 u/ test tsb pastinya juga bisa krn udah bisa spin gitu berarti powernya gede.
Ditulis "kondisi ini sangat berbahaya pada kondisi jalan menanjak dan macet" .. wah.. bahaya juga dong tuh Toyota Wish dan Honda Stream!! Kenapa juga mobil test ya lainnya kaga pake Toyota Wish yg juga FWD?? ... tanya kenapa???
Ban GL tsb spin krn traksi ban slip thdp jalan (kehilangan traksi) & kondisi ini persis spt pada kondisi ban mobil yg slip dalam kubangan pasir. Berapapun dalamnya pedal gas ditekan (ditambah power) tetap aza slip, shg tidak benar dgn menambah power dapat mengatasi keadaan ini, malah sebaliknya klu ban mobil slip dalam kubangan pasir maka makin digas maka makin dalam slipnya.CMIIW
Menurut review sy, besar kemungkinan ada kesalahan dalam pemilihan ban krn pihak NMI lebih berkonsentrasi pada keiritan konsumsi bensin GL shg pemilihan ban GL lebih diprioritaskan ke jenis ban dgn rolling resistance rendah. Yg mana jenis ban dgn rolling resistance rendah tsb memang benar dapat mengirit konsumsi bensin ttp tentu saja dgn konsekuensi ban dgn rolling resistance rendah tsb dapat lebih mudah kehilangan traksi (tidak terlalu mengigit ke jalan) yg dapat berakibat mudah spin/slip tsb, terlebih lagi GL adalah FWD yg lebih mudah kehilangan traksi ban saat bergerak maju di tanjakan dibandingkan boil-boil RWD. Ato mmg size & kemampuan ban yg digunakan GL terlalu kecil dgn beban bobot GL saat di tanjakan shg telapak ban memang sudah tidak mampu lg menahan beban bobot GL di tanjakan (overloaded).
NB : klu dilihat dr inti permasalahannya, yg bermasalah itu adanya pada kehilangan traksi ban GL saat menanjak. Jadi menurut sy bukanlah suatu black campaign/kejelekan dari GL dan semoga black campaign tsb tidak dijadikan oleh NMI untuk tidak memberikan klarifikasi & solusinya kepada GL user.
Last edited by Smatic on Fri Dec 21, 2007 12:02, edited 1 time in total.