fenrear969 wrote: Sun Jul 27, 2025 9:12
Halo agan-agan sekalian,
Saya newbie dalam dunia mobil Eropa, khususnya merek seperti Mercedes, BMW, dan Peugeot. Selama ini banyak yang bilang mobil Eropa itu "harus siap servis mahal" dan "lebih sering rewel" dibanding mobil Jepang.
Nah, saya pengen tanya nih:
Bener gak sih semua mobil Eropa pasti mahal perawatan dan suku cadangnya?
Ada gak model tertentu yang terkenal bandel dan part-nya masih banyak/murah?
Kalau budget 150β200 jutaan, mending ambil Eropa second atau Jepang yang lebih baru?
Saya ngincar kenyamanan dan safety, tapi gak pengen jadi langganan bengkel juga
Kalau ada pengalaman agan-agan semua, entah itu W204, E90, Volvo, atau lainnya, boleh banget dishare.
Thanks sebelumnya
1 & 2.
semua depends on europeans angkatan berapa. untuk mobil sezamannya, eropa itu lebih kompleks. itungannya gini, zaman mobil jepang masih pake karburator aja eropa udah injeksi. W124 boxer taun berapa itu udah injeksi, coba accord maestro yang sezaman juga masih ada versi karburatornya.
anggep aja eropa itu 1 generasi lebih canggih. ini saya bicara BMW dan mercy yang umum saja.
mahal itu relatif yah karena utk komponen yang sama biasa sebenernya 11-12 aja benerin Honda dan Mercy (plis jangan sebut kijang karena beda spesies). kalo cuma radiator, koil, busi, itu mirip kok dengan jepang.
bedanya apa? kalau Eropa itu suka over engineering jadi untuk 1 komponen biasa partnya lebih banyak. arm suspensi E39 itu lebih banyak jauh dari Honda Accord modern sekalipun. lalu untuk elektrikal misal lampu aja redup ngga se-simple ganti bohlam. bisa aja modulnya rusak. modul itu beli copotan bisa tapi seiring langkanya spareparts, modul itu juga makin mahal. semakin jarang diminati mobilnya, semakin susah carinya.
3 & 4.
menurut saya sweet spot sekarang yah yang reasonable buat daily di harga segitu : beli angkatan 2000-an awal. karena lebih leluasa liat kondisi dan barang, angkatan ini juga ngga terlalu kompleks electronicsnya. dapet E46 atau E39 yang terawat dan memang jatuh di tangan yang tepat, atau W210 new eyes lagi naik juga.
150-200 itu buat beli angkatan 2004 ke atas nanggung misal beli E60 harga segitu ngga akan dapet yang bagus, E90 320i juga ngapain kan enak beli 325i E46 lebih kenceng,
buat beli 2011 ke atas juga rawan dapet barang jelek.
tapi intinya : beli mana yang kita suka om. capek ngurusnya kalo gak suka mobilnya. kalo seneng mobilnya, barangnya sehat, sebenernya ngurus eropa itu gak repot. kalau slow moving atau fast moving sebenernya prinsipnya kayak miara mobil jepang kok, rusak diganti. asal ada sparepartnya.
yang bilang miara eropa susah, antara dapet unit zonk, blom pernah punya cuma baca artikel di internet, atau miara mobil jepang kelas kijang ya kaget pasti.