Selamat siang om2, mau sumbang sedikit review Fronx GL yg udah sy pake 100km-an, kurang lebih udah ada gambaran.
Sedikit kilas balik, sy bungkus tipe GL krn simply cari workhorse yg ga rewel sebagai ganti City gm2 sy yg usianya menjelang 13thn. City ini selama sy pakai tidak ada masalah berarti, cuma servis rutin, ganti oli2, ban & aki. Terakhir tahun lalu cuma ganti packing head cover yg udah mulai getas sekalian setel klep & shock absorber 4 biji jg ganti di bulan yg sama. Cuma namanya mobil berumur, karet2an & plastik2an sudah divonis ama mekanik nyerah duluan (lower arm set, karet2 support, racksteer, engine mounting, radiator set), meskipun mesin & transmisi masih jos kering. Begitu keluar estimasi biaya peremajaan semua perkaretan, kok banyak juga hahaha, mending sy tuker tambah aja mumpung belum terlambat & bisa jadi bahan belajar owner selanjutnya haha. Overall city tdk rewel, sangat badak, tapi makin tua jd makin boros 9km/l (setel klep ga bantu). Nah! mobil penggantinya harus minimal sama badaknya dan lebih irit. Setelah dipikir2, dipilihlah fronx GL. Toh fitur2 lebih baik, 4at & k15b yg sudah teruji di Ertiga. Sy kesampingkan fitur2 macam hybrid & adas krn belum teruji reliabilitas & durabilitasnya. Denger2 ganti aki & batrenya mahal. Kebetulan jg sy masih piara BRV prest DG3 & Brio satya e DD1 cvt, sekalian sy compare, biar yg baca ada bayangan.
Sy mulai dari
eksterior: Desain modern! depan belakang samping oke, cukup masuk di selera sy. Semua perlampuan OK sudah LED. Headlamp auto ada manual levelingnya, sip. Spion pas, batangnya nempel body bukan di pilar, manis. Di foto keliatan gede, aslinya lumayan compact dan tdk tinggi (ketinggian atapnya: brio>fronx>brv). Desainnya ga malu2in lah intinya. Oh iya, bahan bodynya tebel, pintunya berat! BRV terasa enteng, apalagi Brio.
Under the hood: kapnya berat! bahkan terasa lebih berat dibanding BRV. Bagian yang pertama kali sy liat adalah radiator. Fronx GL ini radiatornya ga terlalu besar, posisinya di depan transmisi, dan kipasnya cuma 1 (ukurannya lumayan gede). Nah sy gtau apakah di Ertiga/Fronx GX SGX setup radiatornya seperti ini. Di BRV, Brio & GM2, radiatornya lebih besar dengan 2 kipas (meskipun ukuran kipasnya lebih kecil daripada fronx punya). Fronx GL & Brio radiatornya bikinan T.Rad Indo sedangkan BRV & GM2 dari Denso. Tebal radiatornya menyesuaikan, BRV fronx mirip, paling tebel gm2, paling tipis brio (sy maklum lcgc). Ngelihat setup fronx GL ky gini semoga bisa seperti gm2 sy yg ga pernah overheat (cuma pernah ganti 1 motor fan yg melemah). Klo ngeliat space di mesin, fronx ini lega di bagian depannya seperti GM2, sy pikir sih aliran udara pendinginannya akan ikut baik. Klo brio mepet2 bener padet, brv masih mendingan ada jarak cukup buat udara ngalir. Posisi exhaust manifold k15b ada di depan, deket banget sm posisi fan radiator, untungnya dikasi pelindung panas, semoga tidak mempengaruhi durabilitas motor fan. Di honda sih aman, ada di belakang. Apalagi ya?
Interior: build quality mantap!! bahan plastiknya jauh lebih solid & berkualitas dibanding brio dan bahkan brv. Dashboard ditekan2 tidak mleyot ke dalam, konsol tengah mulai dari tempat2 koin, tuas transmisi, handbrake, sampai armrest+box juga jauh lebih solid, tidak segoyang brio & brv. Sy suka bahan fabric (mirip suede?) di panel2 pintu, mengingatkan gm2 sy, halus. Bahan fabric jok juga bagus, bahannya seperti ada yg di pintu. Cuma, tidak merata, hanya di bagian2 yg bersentuhan dengan penumpang/pengemudi saja. Di bagian samping/belakang ya kasar mirip2 fabricnya brio. Klo ngomongin jenis fabric, jauh lebih juara gm2, terasa lebih tebal, lebih halus, dan lebih "mahal". Duh, masa kalah sm mobil lansiran belasan th yg lalu, dari honda pula. Headunitnya tipe GL cukup, ada tampilan MID dan surprisingly bisa wireless apple carplay! GL ga ada tweeter dan frame HU sampe ke kisi AC plastik polos, tidak semanis GX/SGX yg piano black. Speedometer oke saja tidak wah, MID digital belum full color, buat sy yg paling penting ada indikator suhu. GM2 dan Brio sy tidak ada indikator suhu, alhasil terpaksa sy pasang sendiri OBD Gauge. Legroom belakang fronx, tidak selega GM2 tapi lebih lega daripada brio, paling lega BRV (jelas). Klo kenyamanan posisi duduk di baris 2, sy cuma mengandalkan opini istri & anak: paling enak BRV bs recline, lalu GM2, fronx, terakhir brio.
Kekedapan Kabin: Fronx kedap, noise ban minim banget! tapi bukan tanpa cela, tiap di salip motor itu pasti knalpot kedengeran. Di lampu merah juga, kedengeran suara2 motor. Sy gtau kenapa, rasanya ky separo ke bawah kedap, separo ke atas ga kedap. Apa gara2 kualitas kaca? sy liat balon di pintu juga full muter. Klo Brio & BRV gmn? mendingan Fronx kemana2, yahhh tau lah honda gmn.
Posisi berkendara: GL sudah tilt steering, sama seperti brio & brv, kalah dibanding gm2 yg udah ada telescopic, malu2in. Padahal SGX ada telescopicnya. Curiganya ntar dipasang buat improvement hahaha. Posisi paling berkendara buat sy paling enak ada di GM2! tapi klo bicara fronx, dia persis di antara Brio dan BRV. Brio lebih enak krn posisi lebih rendah, bisa lebih selonjor dan meskipun ga ada tilt & height adjuster, tapi buat sy mudah cari posisi yg pas. Fronx ini duduknya lebih commanding daripada brio, tidak terasa tenggelam, kap mesin terlihat, body sekeliling mudah diperkirakan, joknya lebih lebar daripada BRV jadi posisi nyetirnya lebih ga pegel. BRV posisi nyetirnya bisa mirip fronx cuma cari posisi nyetir yg enak jauh lebih susah! joknya kecil, dibikin selonjor nanggung, dibikin tegak nggantung, serba susah.
Mesin & transmisi: Fronx ini ternyata lincah, meskipun 4at tapi buat nyetir dalkot stop n go gk kedodoran, buat sruntulan masih bisa. Setirnya enteng2 hambar haha, lebih enakan Brio & BRV (lebih ada rasa & bobotnya). Tapi response "setir mbalik" lebih kuat/enak di fronx. Akselerasi klo buat dalkot stop n go lampu merah, sy suka karakter cvt nya Brio. Lebih "berasa narik" dibanding 4at nya fronx. Beda dengan BRV yg buat dalkot kok berasa lemot, BRV ini enak klo dipake cruise di tol yg ga perlu stop n go, tau2 kenceng. Klo buat dalkot boleh sy rangkum paling enak Brio, Fronx, lalu BRV. Nah klo buat luar kota, kebalik: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn exhaust system & air filter tdk standard pabrik.
Suspensi: Fronx ini klo boleh sy bilang empuk, sedikittt lebih empuk dibanding BRV. Klo dibanding Brio, jauh lebih empuk Fronx. Buat nikung paling enak Brio. Beda cerita klo buat jarak jauh transjawa. Klo buat kenceng lurus macam transjawa, Fronx ada limbungnya tipis2 & sedikit ngayun, jauh lebih stabil dan bikin pede BRV. Brio? klo buat transjawa buat kenceng agak goyang2 gak jelas meskipun keras (apalagi pas disalip bus besar), gak sestabil BRV & Fronx. Kesimpulan klo buat jalan santai lewatin poldur komplek/jalan rusak: Fronx, BRV, terakhir Brio. Kalau di tol ngebut: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn suspensi tdk standard pabrik.
Sekian, mohon maaf kepanjangan
