Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
BADAK wrote: Sat Jul 19, 2025 1:50
Halooo.. ijin nimbrug. Setelah hunting beberapa bulan akhirnya dapat jd unit yg saya inginkan W212 E300 Avg Paladium Silver. Kebetulan lg seperti waktu dulu beli boxer, dapetnya jg di dekat kota tempat tinggal.
Sempat berpikir cukup lama untuk angkat ini mobil, karena benernya hanya untuk hobby aja, dan pajaknya termasuk mahal untuk mobil tua. Sengaja cari yg W212 E300 non FL karena demen aja modelnya, grill nya yg masih berdiri tegak. Hahaha.
Dari beberapa unit yg dicari, yg ini harga nya paling rasional dengan kondisi yg termasuknya bagus. Beberapa unit mint dgn kondisi diatasnya selisihnya kisaran 50-100jt. Ya udah gua pikir mending selisihnya buat biaya restorasi aja.
Tantangannya kalo di saya adalah bengkel spesialis tidak ada, karena saya stay di daerah atau bisa dibilang kota kecil. Yg mana parts kalo beli harus via online. Tp nekad aja deh, toh saya memang udah belasan tahun kerja di bidang spare part walopun sparepart nya bidang mobil umum.
Saat ini saya membutuhkan informasi untuk fanbelt ukuran real nya berapa kah? Karena udah cek via tokoijo dan chatgpt
Koq dikasih nya ukurannya beda2, jd takut salah.
Sama berikutnya untuk shock lebih nyaman pakai Sachs atau Billstein?
Beli sachs kl cari empuk om
Ok. Noted.
Sachs sesuai OEM nya ya. Apakah tipe elegance n avg, E300 n E250 jg sama semua shock nya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Ok thx infonya. Udah saya pesan depan n blk merk Sachs.
Baru pegang 2 minggu udah abis 15jt buat nyicil peremajaan.
Ganti filter udara Ori, filter oli Mann, filter cabin Bosch, oli Liqui Moly, shock dpn n blk Sachs +boot2 shock Sachs
, stopper dpn blk, shock kap mesin Stabilus, engine n trans mounting Lemforder. PR berikutnya kyk nya perlu ganti kampas rem n disc brake jg.
Oiya untuk penggantian oli kemarin saya lihat di web katanya perlu sekitar 7.5lt, di chatgpt 8.5lt, tapi real nya ternyata 7lt sudah dibatas normal. Tapi demi amannya kemarin saya tambahin lg jd 7.5lt. Emang yg bener harusnya berapa lt yah?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote: Mon Jul 21, 2025 6:47
Ok thx infonya. Udah saya pesan depan n blk merk Sachs.
Baru pegang 2 minggu udah abis 15jt buat nyicil peremajaan.
Ganti filter udara Ori, filter oli Mann, filter cabin Bosch, oli Liqui Moly, shock dpn n blk Sachs +boot2 shock Sachs
, stopper dpn blk, shock kap mesin Stabilus, engine n trans mounting Lemforder. PR berikutnya kyk nya perlu ganti kampas rem n disc brake jg.
Oiya untuk penggantian oli kemarin saya lihat di web katanya perlu sekitar 7.5lt, di chatgpt 8.5lt, tapi real nya ternyata 7lt sudah dibatas normal. Tapi demi amannya kemarin saya tambahin lg jd 7.5lt. Emang yg bener harusnya berapa lt yah?
seinget saya itu mesin v6 nya mercy minta hampir 8 liter, saya terakhir pake w212 e300 tidak pernah beli diatas 8 liter oli sih, itu sudah termasuk ganti filter. jd kayanya 8.5 liter ga mungkin.
gpp om peremajaan itu memang perlu, ga mau dong naik mb tapi rasa nya kayak gerobak he he he. arm2/balljoint nya sekalian diganti itu, klo blom pernah diganti takutnya udah pada aus. kayaknya sy wkt itu abis 20jt deh rombak kaki2. saya pribadi sih lebih cocok ke bilstein b4 yang lebih firm, dulu pernah pake sasch buat saya terlalu empuk... terlalu ngayun2. tapi ini ya selera sih.
soal oli mesin sih klo ke bengkel spesialis biasnaya beli 8 liter, diisi 7.5 liter.
BADAK wrote: Mon Jul 21, 2025 6:47
Ok thx infonya. Udah saya pesan depan n blk merk Sachs.
Baru pegang 2 minggu udah abis 15jt buat nyicil peremajaan.
Ganti filter udara Ori, filter oli Mann, filter cabin Bosch, oli Liqui Moly, shock dpn n blk Sachs +boot2 shock Sachs
, stopper dpn blk, shock kap mesin Stabilus, engine n trans mounting Lemforder. PR berikutnya kyk nya perlu ganti kampas rem n disc brake jg.
Oiya untuk penggantian oli kemarin saya lihat di web katanya perlu sekitar 7.5lt, di chatgpt 8.5lt, tapi real nya ternyata 7lt sudah dibatas normal. Tapi demi amannya kemarin saya tambahin lg jd 7.5lt. Emang yg bener harusnya berapa lt yah?
seinget saya itu mesin v6 nya mercy minta hampir 8 liter, saya terakhir pake w212 e300 tidak pernah beli diatas 8 liter oli sih, itu sudah termasuk ganti filter. jd kayanya 8.5 liter ga mungkin.
Wahh kalo gitu udah tepat yah saya minta diisikan 7.5lt. Hehehe.
Owner sebelumnya udah cerita kalo selama pegang 3th memang belum pernah ganti oli karena belum sampai 5000km. Dan setelag saya tap oli nya ternyata yg keluar hanya 6lt. Ketika dicek memang ada sedikit rembesan di bagian calter.
tesna wrote: Mon Jul 21, 2025 7:36
gpp om peremajaan itu memang perlu, ga mau dong naik mb tapi rasa nya kayak gerobak he he he. arm2/balljoint nya sekalian diganti itu, klo blom pernah diganti takutnya udah pada aus. kayaknya sy wkt itu abis 20jt deh rombak kaki2. saya pribadi sih lebih cocok ke bilstein b4 yang lebih firm, dulu pernah pake sasch buat saya terlalu empuk... terlalu ngayun2. tapi ini ya selera sih.
soal oli mesin sih klo ke bengkel spesialis biasnaya beli 8 liter, diisi 7.5 liter.
ini jg bisa coding tipis2 kayak matiin timer ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter dll.
Iya om ini masih nyicil2 dulu biar gak kaget langsung keluar duit banyak. Hahaha.
Kemarin waktu bawa pulang unit nya aja udah enak bgt make nya, pdhl belum ada peremajaan apa2, dan shock belakang mati 1 (info dr owner sebelumnya).
Ok siap ntar saya nabung dulu buat beli scanner nya. Sekarang PR nya masih cukup banyak, kemungkinan bakal habis 20-25jt buat peremajaan. Kemarin waktu cek unit sempat minta teman bengkel yg pny scanner untuk cek, dan hasilnya no malfunction. Yg tidak aktif hanya dynamic seat nya, diluar itu semua masih aktif. Next time pingin servis jg agar makin perfect condition.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today