2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1794
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by AbdulHakim »

ilhami wrote: Thu Jul 10, 2025 16:38 Planetary gear kan berarti transmisi badak.
amiin, semoga om..
Mobil hybrid dengan transmisi planetary gear kayak gini oli maticnya pake yang type:
GM Dexron VI
Toyota WS
Q8 Auto MV
Honda WS
PTT ATF LV-1
Amsoil ATF (botol biru)
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1009
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

AbdulHakim wrote: Fri Jul 11, 2025 11:18
ilhami wrote: Thu Jul 10, 2025 16:38 Planetary gear kan berarti transmisi badak.
amiin, semoga om..
Mobil hybrid dengan transmisi planetary gear kayak gini oli maticnya pake yang type:
GM Dexron VI
Toyota WS
Q8 Auto MV
Honda WS
PTT ATF LV-1
Amsoil ATF (botol biru)
tetep musti ganti gear oil yah. badak sih badak cman kalo ga dimaintenis sama2 bae jebol :big_bored: *apalagi kalo jebol punyeng , karena semua drivetrain dijadiin satu di sono :big_bored:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ilhami »

Ya semua juga harus ganti gear oil. kecuali mau ganti gear oil sekalian transmisinya :ngacir:
Ini benar-benar badak lho, karena tidak pakai sabuk baja.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1009
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

ilhami wrote: Mon Jul 14, 2025 11:51 Ya semua juga harus ganti gear oil. kecuali mau ganti gear oil sekalian transmisinya :ngacir:
Ini benar-benar badak lho, karena tidak pakai sabuk baja.
yang serng jebol itu motornya si e-power sih kalo jepun honda toyota pada badak.....rata2 pleng yah baterai doang sih soak
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12882
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Wed Jul 16, 2025 5:09
ilhami wrote: Mon Jul 14, 2025 11:51 Ya semua juga harus ganti gear oil. kecuali mau ganti gear oil sekalian transmisinya :ngacir:
Ini benar-benar badak lho, karena tidak pakai sabuk baja.
yang serng jebol itu motornya si e-power sih kalo jepun honda toyota pada badak.....rata2 pleng yah baterai doang sih soak
klo batrenya pk pendingin heat xchanger dgn freon bakal lbh awet sih.

itu krn pendingin udara aja, apalagi di indonesia.
udaranya panas
wkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ilhami »

hybrid ada item service tambahan membersihkan ventilasi udara pendingin baterai.
mobil lama yang tidak ke bengkel resmi perlu membersihkan secara mandiri atau bagaimana.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1009
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

ilhami wrote: Wed Jul 16, 2025 9:21 hybrid ada item service tambahan membersihkan ventilasi udara pendingin baterai.
mobil lama yang tidak ke bengkel resmi perlu membersihkan secara mandiri atau bagaimana.
harusnya perlu mbah. karena murni dari pendigninan kabin
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 6:02
kayukayuthe5th wrote: Wed Jul 16, 2025 5:09
ilhami wrote: Mon Jul 14, 2025 11:51 Ya semua juga harus ganti gear oil. kecuali mau ganti gear oil sekalian transmisinya :ngacir:
Ini benar-benar badak lho, karena tidak pakai sabuk baja.
yang serng jebol itu motornya si e-power sih kalo jepun honda toyota pada badak.....rata2 pleng yah baterai doang sih soak
klo batrenya pk pendingin heat xchanger dgn freon bakal lbh awet sih.

itu krn pendingin udara aja, apalagi di indonesia.
udaranya panas
wkwkwkwk
kalo toyota kan ada filternya kalo honda setau saya yang 1.5 gada. kalo dari hybrid diagnostic solution , itu baterai dibersihin terus kalibrasi 1x24jam dah gitu aja sih.

kalo pendingin heat exhanger dengan freon kaianya buat next EHEV ada nanti. untuk toyota THS gen 5 belum tau sih gimana hoho :big_peace:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by Ibet »

ilhami wrote: Wed Jul 16, 2025 9:21 hybrid ada item service tambahan membersihkan ventilasi udara pendingin baterai.
mobil lama yang tidak ke bengkel resmi perlu membersihkan secara mandiri atau bagaimana.
toyota iya, ada filternya di outlet udara bawah bangku belakang, jalur ductingnya kecil di yaris cross
honda ngga perlu, ga ada filternya, tapi air ductnya gede - gede saya liat
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ilhami »

di mobil hybrid, kita tidak bisa kontrol kapan mesin menyala. Ketika dingin mesin bisa start langsung RPM tinggi 3000 rpm. Apa ini potensi menimbulkan kerusakan
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by EdgarDrake »

ilhami wrote: Thu Jul 17, 2025 2:46 di mobil hybrid, kita tidak bisa kontrol kapan mesin menyala. Ketika dingin mesin bisa start langsung RPM tinggi 3000 rpm. Apa ini potensi menimbulkan kerusakan
Langsung loncat ke 3000 kyknya sih ga, krn kalo mesin mobil nyala selagi e-CVT-nya jg udah ngontrol gear ratio-nya sih. Kalo potensi mesin jreng lgsg di atas 1500 RPM gimana? Jujur gw liat mobil2 jaman 2010an awal juga mesin nyala lgsg di 1800 RPM idling sblm turun ke 800 RPM. Mobil modern lebih jinak, cold start 1500 RPM tapi ganas suaranya, turun ke 800 RPM. Jd kyknya relatively aman. Toyota udah make mekanisme ini di Prius dan Aqua (JDM) selama bertahun2 kan.
Hiroshima 46V
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ilhami »

masuk akal jawabannya. RPM zenix gasoline juga sepertinya "dijaga" dibawah 2000 rpm. Yang hybrid mungkin sekitar segitu juga.
RPM tinggi itu kalau kita memaksa akselerasi di tanjakan atau bejek gas.

yang bilang RPM 3000 itu youtube DM.