Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 4:44
klo pemakaian cuma dalam kota dan tol moderate driving,
bedanya gak terasa signifikan sih.
semua mirip2 sesama 0w20.
Bahkan untuk w30 harganya cenderung lbh murah, wkwkwkw.
Tapi klo sering hi rpm, nah baru terasa bedanya antara oli 200k seliter ke atas, VS mainstream 100rb an seliter.
dari test lab jg keliatan. ini konteksnya hi rpm yaa / suka gas rada mentok lantai.
Tapi buat moderate driving, justru lbh terasa bedanya ketika kita ganti bbm
misal RON 92 ke RON 95 - 98.
nah kalo konteks untuk hi rpm, recommend apa om yang harganya masih reasonable? sekelas Motul H100 apakah udah "memadai" apa kudu naik kelas lagi?
Pengalaman dari adnoc sama PTT gimana om so far di CX-3 1.5?
Untuk eneos x(di mobil lain) apakah oke? Soalnya itu setau saya masih di range 120-150rb/liter
mirip2 aja Om, mobil cuma dalem kota dan seringan jg padat. tarikan ga berasa beda. dua2nya juga minim penguapan. btw keduanya selalu diganti sebelom 5000km karena udah 7-8 bulan.
untuk Eneos pake di mobil ortu yang setaon cuma jalan 1500km. udah beberapa kali pake Eneos, so far kalo saya bawa juga oke2 aja.
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 4:44
klo pemakaian cuma dalam kota dan tol moderate driving,
bedanya gak terasa signifikan sih.
semua mirip2 sesama 0w20.
Bahkan untuk w30 harganya cenderung lbh murah, wkwkwkw.
Tapi klo sering hi rpm, nah baru terasa bedanya antara oli 200k seliter ke atas, VS mainstream 100rb an seliter.
dari test lab jg keliatan. ini konteksnya hi rpm yaa / suka gas rada mentok lantai.
Tapi buat moderate driving, justru lbh terasa bedanya ketika kita ganti bbm
misal RON 92 ke RON 95 - 98.
nah kalo konteks untuk hi rpm, recommend apa om yang harganya masih reasonable? sekelas Motul H100 apakah udah "memadai" apa kudu naik kelas lagi?
mirip2 aja Om, mobil cuma dalem kota dan seringan jg padat. tarikan ga berasa beda. dua2nya juga minim penguapan. btw keduanya selalu diganti sebelom 5000km karena udah 7-8 bulan.
untuk Eneos pake di mobil ortu yang setaon cuma jalan 1500km. udah beberapa kali pake Eneos, so far kalo saya bawa juga oke2 aja.
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
nah kalo konteks untuk hi rpm, recommend apa om yang harganya masih reasonable? sekelas Motul H100 apakah udah "memadai" apa kudu naik kelas lagi?
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
Last edited by Suryaputra on Wed Jul 16, 2025 9:26, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Klo suka hi rpm
Harga 125-150k seliter
Jujurly sy prefer visco w30
Krn jaga visconya spy gak drop aja di rpm dan suhu tinggi.
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
ini tapi pake 5w-30 udah lama banget sih om, sekarang selalu 0w-20, mostly MGO tapi terakhir ganti ke Fuchs Titan
BBM hampir selalu Nitro+
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:23
Betul yang botol emas
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
ini tapi pake 5w-30 udah lama banget sih om, sekarang selalu 0w-20, mostly MGO tapi terakhir ganti ke Fuchs Titan
BBM hampir selalu Nitro+
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:23
Betul yang botol emas
selama ini pemakaian enak apa standar aja om?
Ya gakda salahnya sih coba oli 200an k seliter
- q8
- amsoil
- mobil 1 (ada angka 1, bukan mobil doang)
- liqui moly
- ravenol
Daripada kepo ya kann
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nah masalahnya saya dulu sempet cicip 5w-30, yang idemitsu dan seinget saya itu mobil jadi agak boyo dan boros dibanding 0W-20
saya jujur kurang tau apakah itu gara2 olinya yang memang b-aja apa karakter 5w-30
5w30 yg bagus ada
- ptt 0w30
- adnoc starplus 5w30
- motul specific 913d a5/b5 5w30
- petronas 3000 xs 5w30
- ctx rev gt 5w30
- dan banyak lg di rentang harga tsb
Cb cek air filter, kondisi busi, TB, tekanan ban sikat 35 psi, dan bbm yg digunakan.
Klo lihat bbrp forum buat mazda sky, keliatannya yg ideal ron 95 ke atas yaa.
Krn soal aksel dan lebih boros, bukan (cuma) faktor oli mesin.
ini tapi pake 5w-30 udah lama banget sih om, sekarang selalu 0w-20, mostly MGO tapi terakhir ganti ke Fuchs Titan
BBM hampir selalu Nitro+
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:23
Betul yang botol emas
selama ini pemakaian enak apa standar aja om?
For me, di CX3 dan AN Rush sih enak om, bejaban sama Q8 0w20 dan Amsoil ss 0w20, hanya saya gak coba longdrain sampai 10rb km, karena jalur saya sehari hari macet dan banyak diem jadi genset utk anak tidur pas pulang sekolah / less.
Tapi cukup effortless pas nge toll oli ini, enteng dan suara mesin adem
Suryaputra wrote: Wed Jul 16, 2025 9:44
Ya gakda salahnya sih coba oli 200an k seliter
- q8
- amsoil
- mobil 1 (ada angka 1, bukan mobil doang)
- liqui moly
- ravenol
Daripada kepo ya kann
nanti dipertimbangin deh om pas waktunya ganti oli, sambil liat kondisi dompet
Chr1stm1 wrote: Wed Jul 16, 2025 9:50
For me, di CX3 dan AN Rush sih enak om, bejaban sama Q8 0w20 dan Amsoil ss 0w20, hanya saya gak coba longdrain sampai 10rb km, karena jalur saya sehari hari macet dan banyak diem jadi genset utk anak tidur pas pulang sekolah / less.
Tapi cukup effortless pas nge toll oli ini, enteng dan suara mesin adem
elromo wrote: Tue Jul 15, 2025 14:32
Malam abang-abang sekalian, izin bertanya.
Unit HRV RU1 odo ±27rb km.
Mau tanya rekomendasi oli 0W-20 yg bisa ganti interval 12 bulan pake apa ya? Untuk KM sih dalam 12 bulan itu paling range 7-8rb KM. Kondisi harian RON 90 plat merah, tiap ±1000km sebelum drain oli pake Fuel system cleaner+italian tune up. Untuk pendinginan radiator aman gak pernah ada jebol/kering.
Terus juga ini ada beberapa opsi yg saya dapat :
1. En*os X 0W-20 Titanium
2. M*tul Multipower Plus 0W-20
3. Id*m*itsu IFG3 0W-20
4. Sh*ll Helix City 0W-20
5. F*stron Gold 0W-20
6. P*T Evotec 0W-20
7. E-Pro Gold 0W-20
Nah dari yg diatas, klo sesuai kebutuhan dan kondisi saya tadi (Bisa interval 12 bulan/7-8rb km, harian Ron 90 plat merah), dengan catatan setiap ganti oli ikut ganti filternya juga, itu yg rekom yg mana ya? Atau mungkin klo ada saran lain lagi asal budget 4L nya dibawah 500rb (oli saja). E-Pro gold itu klo terpaksa aja, soalnya harga termahal dibanding yg 6 diatasnya itu wkwk
PTT Evotec kalau maksudnya yg synthetic Eco bukan yang super synthetic, itu agak kurang ya dari sisi penguapan di mobil saya. Masih lebih ok fastron gold. Epro gold juga kayaknya kurang kl targetnya 1 tahun/8rb km. Yang lain blm punya pengalaman. Motul pernahnya yg Hitech 0w20, itu oke juga minim penguapan dipake 7rb km.
Mobil sy Freed 2014
Iya yg synthetic aja bang bukan yg super hehe. Kalo ada rekomendasi yg under 500rb/4ltr boleh rekomenin bang
elromo wrote: Tue Jul 15, 2025 14:32
Malam abang-abang sekalian, izin bertanya.
Unit HRV RU1 odo ±27rb km.
Mau tanya rekomendasi oli 0W-20 yg bisa ganti interval 12 bulan pake apa ya? Untuk KM sih dalam 12 bulan itu paling range 7-8rb KM. Kondisi harian RON 90 plat merah, tiap ±1000km sebelum drain oli pake Fuel system cleaner+italian tune up. Untuk pendinginan radiator aman gak pernah ada jebol/kering.
Terus juga ini ada beberapa opsi yg saya dapat :
1. En*os X 0W-20 Titanium
2. M*tul Multipower Plus 0W-20
3. Id*m*itsu IFG3 0W-20
4. Sh*ll Helix City 0W-20
5. F*stron Gold 0W-20
6. P*T Evotec 0W-20
7. E-Pro Gold 0W-20
Nah dari yg diatas, klo sesuai kebutuhan dan kondisi saya tadi (Bisa interval 12 bulan/7-8rb km, harian Ron 90 plat merah), dengan catatan setiap ganti oli ikut ganti filternya juga, itu yg rekom yg mana ya? Atau mungkin klo ada saran lain lagi asal budget 4L nya dibawah 500rb (oli saja). E-Pro gold itu klo terpaksa aja, soalnya harga termahal dibanding yg 6 diatasnya itu wkwk
ENEOS x, shell helix city, epro gold = mirip2 om, paleng ok eneos X sih skrg
motul kasih yang hplus aja sih multipower emang masuk di indokah udahan?
ffastron gold ok sih cman 5000km musti ganti sih.
kalo pilihan atas ah motul cman hplus yah, kalo multipower gapernah nyoba sih masihan
kalo dibawah 500 sih yah andalan warga SM mbah TQ9000 0w20.
TQ9000 harga mepetan Epro gold ya bang? Eneos klo misal ok, rencana mau ambil hehe. Harga lumayan murah, jadi bisa nurunin interval sih ke 5-6rb km/8 bulan
elromo wrote: Tue Jul 15, 2025 14:32
Malam abang-abang sekalian, izin bertanya.
Unit HRV RU1 odo ±27rb km.
Mau tanya rekomendasi oli 0W-20 yg bisa ganti interval 12 bulan pake apa ya? Untuk KM sih dalam 12 bulan itu paling range 7-8rb KM. Kondisi harian RON 90 plat merah, tiap ±1000km sebelum drain oli pake Fuel system cleaner+italian tune up. Untuk pendinginan radiator aman gak pernah ada jebol/kering.
Terus juga ini ada beberapa opsi yg saya dapat :
1. En*os X 0W-20 Titanium
2. M*tul Multipower Plus 0W-20
3. Id*m*itsu IFG3 0W-20
4. Sh*ll Helix City 0W-20
5. F*stron Gold 0W-20
6. P*T Evotec 0W-20
7. E-Pro Gold 0W-20
Nah dari yg diatas, klo sesuai kebutuhan dan kondisi saya tadi (Bisa interval 12 bulan/7-8rb km, harian Ron 90 plat merah), dengan catatan setiap ganti oli ikut ganti filternya juga, itu yg rekom yg mana ya? Atau mungkin klo ada saran lain lagi asal budget 4L nya dibawah 500rb (oli saja). E-Pro gold itu klo terpaksa aja, soalnya harga termahal dibanding yg 6 diatasnya itu wkwk
ENEOS x, shell helix city, epro gold = mirip2 om, paleng ok eneos X sih skrg
motul kasih yang hplus aja sih multipower emang masuk di indokah udahan?
ffastron gold ok sih cman 5000km musti ganti sih.
kalo pilihan atas ah motul cman hplus yah, kalo multipower gapernah nyoba sih masihan
kalo dibawah 500 sih yah andalan warga SM mbah TQ9000 0w20.
TQ9000 harga mepetan Epro gold ya bang? Eneos klo misal ok, rencana mau ambil hehe. Harga lumayan murah, jadi bisa nurunin interval sih ke 5-6rb km/8 bulan
emang mepet, sedikit lebih baik di TQ9000 secara bokongmeter mbah hehe. eneos ok kok cman ini oli 5000km musti ganti, karena 4000km dah kasar ma item ; kalo gasalah lagi promo kan ada tuh di ecomm
elromo wrote: Tue Jul 15, 2025 14:32
Malam abang-abang sekalian, izin bertanya.
Unit HRV RU1 odo ±27rb km.
Mau tanya rekomendasi oli 0W-20 yg bisa ganti interval 12 bulan pake apa ya? Untuk KM sih dalam 12 bulan itu paling range 7-8rb KM. Kondisi harian RON 90 plat merah, tiap ±1000km sebelum drain oli pake Fuel system cleaner+italian tune up. Untuk pendinginan radiator aman gak pernah ada jebol/kering.
Terus juga ini ada beberapa opsi yg saya dapat :
1. En*os X 0W-20 Titanium
2. M*tul Multipower Plus 0W-20
3. Id*m*itsu IFG3 0W-20
4. Sh*ll Helix City 0W-20
5. F*stron Gold 0W-20
6. P*T Evotec 0W-20
7. E-Pro Gold 0W-20
Nah dari yg diatas, klo sesuai kebutuhan dan kondisi saya tadi (Bisa interval 12 bulan/7-8rb km, harian Ron 90 plat merah), dengan catatan setiap ganti oli ikut ganti filternya juga, itu yg rekom yg mana ya? Atau mungkin klo ada saran lain lagi asal budget 4L nya dibawah 500rb (oli saja). E-Pro gold itu klo terpaksa aja, soalnya harga termahal dibanding yg 6 diatasnya itu wkwk
PTT Evotec kalau maksudnya yg synthetic Eco bukan yang super synthetic, itu agak kurang ya dari sisi penguapan di mobil saya. Masih lebih ok fastron gold. Epro gold juga kayaknya kurang kl targetnya 1 tahun/8rb km. Yang lain blm punya pengalaman. Motul pernahnya yg Hitech 0w20, itu oke juga minim penguapan dipake 7rb km.
Mobil sy Freed 2014
Iya yg synthetic aja bang bukan yg super hehe. Kalo ada rekomendasi yg under 500rb/4ltr boleh rekomenin bang
Boleh dicoba
Udh dexos1 g2
Screenshot_20250717_074529.jpg
4-5k miles aman lahh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Blazebura wrote: Wed Jul 16, 2025 8:31
noted om, berarti kesimpulannya untuk pemakaian yang jarang geber/mostly santai dan dalkot pakai oli yang harga 125-150an masih aman lah ya
menurut saya aman banget Om, kalo saya lebih penting interval gantinya aja. maks 5rb km atau 6-7 bulan, dan selalu ganti filter tiap ganti oli (beberapa bengkel pake pedoman ganti filter tiap 10rb km, tapi saya ga mau).