Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
draxx13 wrote: Sun Jun 29, 2025 15:26
Malem om om, mungkin ada rekomendasi oli buat livina 2010 ?
Sebelumnya udah coba berbagai merk di visko 5w30 dari adnoc,top 1, ptt, valvoline, tq9000,sieken, bardahl selalu ada penguapan setelah menempuh 3000an km
Mungkin ada rekomendasi oli yg tahan high temp hr15de livina?
Oh iya untuk cooling aman, selalu pantau pake obd di 88-90 derajat
sunsun89 wrote: Sun Jun 29, 2025 10:20
permisi om saya mau tanya..
kalau oli sama2 0w20, boleh campur sama merk laen dengan SAE yg sama ga ya?
karena kemarin saya ada tune up ke bengkel honda, trus olinya diganti pake oli honda gold yang 0w20..
sebelum nya saya pakai oli Q8 0w20.. karena di bengkel ga ada q8 jadi nya dimasukin oli honda gold.. nah kebetulan saya cek dipstik oli cm 3/4.. ga sampe batas max.. rencana saya mau masukin sisanya sampe max pake oli sisa q8 0w20 yang kemarin.. kira2 boleh ga ya om??
terimakasih yang udah jawab..
gpp koq
cuma fungsi long drain nya jadi hilang aja
ganti per 5rb km / 6 bln
klo honda gold w20
Kenapa fungsi long drainnya jadi ilang, kan justru nambah2 dikit
Yg tadinya ga long (pake onda emas) jadi nambah long dikit setelah dikasi vitamin kyu et
sunsun89 wrote: Sun Jun 29, 2025 10:20
permisi om saya mau tanya..
kalau oli sama2 0w20, boleh campur sama merk laen dengan SAE yg sama ga ya?
karena kemarin saya ada tune up ke bengkel honda, trus olinya diganti pake oli honda gold yang 0w20..
sebelum nya saya pakai oli Q8 0w20.. karena di bengkel ga ada q8 jadi nya dimasukin oli honda gold.. nah kebetulan saya cek dipstik oli cm 3/4.. ga sampe batas max.. rencana saya mau masukin sisanya sampe max pake oli sisa q8 0w20 yang kemarin.. kira2 boleh ga ya om??
terimakasih yang udah jawab..
gpp koq
cuma fungsi long drain nya jadi hilang aja
ganti per 5rb km / 6 bln
klo honda gold w20
Kenapa fungsi long drainnya jadi ilang, kan justru nambah2 dikit
Yg tadinya ga long (pake onda emas) jadi nambah long dikit setelah dikasi vitamin kyu et
Mungkin klo perbandingannya kyukyu 80%
Onda gold 20%
Nah msh bs longer.
Ini kebalik kan
Ini lbh pas dijawab sm bestiekyueit lgs aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
just my opinion / disclemer...
stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
just my opinion / disclemer...
stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Thank you om Surya, sebelumnya emang saya orang yang "lurus" kalau untuk soal dunia per-olian dan selalu taat dengan oli resmi. Cuma memang selama ini saya belum pernah bawa mobil lebih dari 10 ribu km dalam satu periode perawatan. Pada periode kali ini bisa sampai lebih dari 10 ribu km pemakaian, dikarenakan pada waktu lebaran kemarin saya bawa keliling sampai ke ujung pulau Sumatera. Biasanya saya ganti oli karena memang sudah masuk waktu pergantian per 6 bulan, dan bukan karena jarak tempuh.
Ada toko offline atau online yang recommended untuk beli oli2 kelas keraton om2?
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
just my opinion / disclemer...
stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Thank you om Surya, sebelumnya emang saya orang yang "lurus" kalau untuk soal dunia per-olian dan selalu taat dengan oli resmi. Cuma memang selama ini saya belum pernah bawa mobil lebih dari 10 ribu km dalam satu periode perawatan. Pada periode kali ini bisa sampai lebih dari 10 ribu km pemakaian, dikarenakan pada waktu lebaran kemarin saya bawa keliling sampai ke ujung pulau Sumatera. Biasanya saya ganti oli karena memang sudah masuk waktu pergantian per 6 bulan, dan bukan karena jarak tempuh.
Ada toko offline atau online yang recommended untuk beli oli2 kelas keraton om2?
Oli bengkel resmi, spy garansi gak void ajah mbah
Tokoijo:
- OS Custom
- speedservices
- td motor
- Panda Auto Indonesia
- Nutech Autoparts
- Tdmotor
- Cakra Motor 11
- dsb
Last edited by Suryaputra on Mon Jun 30, 2025 10:57, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
stick to PTT supersyn, atau klo mau coba dgn long drain lain, bisa yg sekelas harganya atau lebih tinggi.
Thank you om Surya, sebelumnya emang saya orang yang "lurus" kalau untuk soal dunia per-olian dan selalu taat dengan oli resmi. Cuma memang selama ini saya belum pernah bawa mobil lebih dari 10 ribu km dalam satu periode perawatan. Pada periode kali ini bisa sampai lebih dari 10 ribu km pemakaian, dikarenakan pada waktu lebaran kemarin saya bawa keliling sampai ke ujung pulau Sumatera. Biasanya saya ganti oli karena memang sudah masuk waktu pergantian per 6 bulan, dan bukan karena jarak tempuh.
Ada toko offline atau online yang recommended untuk beli oli2 kelas keraton om2?
Oli bengkel resmi, spy garansi gak void ajah mbah
Tokoijo:
- OS Custom
- speedservices
- td motor
- Panda Auto Indonesia
- Nutech Autoparts
- Tdmotor
- Cakra Motor 11
- dsb
Suryaputra wrote: Sun Jun 29, 2025 9:15
Impresi pakai ini
Vs sebelumnya pk voyager silver plus 5w30
11 12
Screensh ot_20250629_160712.jpg
Sebelumnya 1 tahun jalan 3rb km
masuk kelas keraton (m1,q8, amsoil, ravenol) ato midhigh (IFG-5, Motul, castrol)?
kelas mid-hi dgn harga spesial
gass sebelum harga naik
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:37
masuk kelas keraton (m1,q8, amsoil, ravenol) ato midhigh (IFG-5, Motul, castrol)?
kelas mid-hi dgn harga spesial
gass sebelum harga naik
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
Kmrn di tempat om fordbadak mau ganti valvoline jg.
Tp digodain sm adnoc itu, harga sama + dapat dex1 gen3, walau naik visco 5w30
Tp di manual book bisa nelen sampai 20w50, ya udah gas lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
Kmrn di tempat om fordbadak mau ganti valvoline jg.
Tp digodain sm adnoc itu, harga sama + dapat dex1 gen3, walau naik visco 5w30
Tp di manual book bisa nelen sampai 20w50, ya udah gas lah
wow mantep tuh.
gwa penasaran ama ini waktu diakusisi aramco,
belum ada itu PTT api SQ gwa pantengin mulu dah podcast di IG ama utube masih belum dateng2 juga
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 11:32
wah saya terlanjur beli valvoline (penasaran ini soalnya oli siluman, gapernah muncul gapernah promo tiba2 udah API SP aja wkwk)
apakah bisa menggantikan Tq9000 andalan selama ini hehe (harga di toko omfordbadak beli 6 gasampe 600k )
next aja ane coba di 1krvet si setarplas
-bukan ajakan membeli, promotor, sales dsb-
Kmrn di tempat om fordbadak mau ganti valvoline jg.
Tp digodain sm adnoc itu, harga sama + dapat dex1 gen3, walau naik visco 5w30
Tp di manual book bisa nelen sampai 20w50, ya udah gas lah
wow mantep tuh.
gwa penasaran ama ini waktu diakusisi aramco,
belum ada itu PTT api SQ gwa pantengin mulu dah podcast di IG ama utube masih belum dateng2 juga
Di bbrp artikel
std dexos ini above and beyond API
Krn lebih ketat juga.