pembeli alphard geser ke denza itu kayaknya faktor gage dan toh disupirin juga. di semarang gak terlalu wah kok denza d9. new alphardnya jauh lebih banyak.kendibocor wrote: Wed Jun 25, 2025 9:53
Ane blg pengaruh ekonomi yg lg gonjang ganjing kaya saat ini jg mbah. Semua orang sedang prepare for the worst, belanja2 dikurangin. Kalopun bener2 butuh beli mobil untuk saat ini pasti akan milih yg paling efisien. Nostalgia dan fanatisme harus punya mobil merk japs or euro dikesampingkan dulu in the name of efficiency. Sampe yg sekelas alphard buyer aja berpindah ke denza yg saya rasa >50% pembeli denza pasti mampu beli alphard walaupun emang harganya lumayan jauh.
Urusan 8-10 thn lg durabilitynya gimana, harga baterenya brp blm dipikirin sekarang.
Ngomongin low quality product ane agak kurang setuju kalo dibilang japs fanatik dengan quality mbah. Kalo mereka fanatik dengan quality ga bakalan keluar sih mbl2 lcgc. Inopah si rangga yg kemaren kita ngomongin di WAG aja bahkan ga ada airbag walaupun emang dah tua sih. Tp circa 2010an kan airbag bukan sesuatu yg wah wah amat![]()
Justru menurut ane sebenernya pabrikan japs berperan besar “membiasakan” rakyat wakanda nelen low quality products. Berpuluh2 tahun rakyat sini dibiasain disuruh beli mbl yg lebih mahal (relatives dibanding harga diluar, ya walaupun sebagian besar karena tax sih) dgn kualitas relatif lebih rendah trus sunat sana sini lagi, termasuk si H tegak ini yg dari jaman dulu terkenal tajam pisau sunatnya. 10 thn lalu si ciarpih gen 4 aja harga 400 jt DRL disunat, padahal housingnya ada. Lampu doang loh. Blm kalo ngomongin specified problem macem transmisi jedug, rangka motor patah yg penyelesaiannya malah konsumen disuruh diedukasi. Sadar ga sadar gini2an disebagian orang menimbulkan ketidakpuasan terpendam TAPI selama ini ga ada pilihan ya mau gamau ditelen, butuh mbl ya mau gamau beli produk kaya gitu.
Nah sekarang tiba2 kayak dapet angin segar dikasih pilihan mbl macem2, harga masuk kantong, teknologi canggih, dibungkus affordable luxury macem leather seats, double glass etc etc yg pabrikan jepang kasihnya pelit banget. Mungkin memang wah dikulitnya doang. Tp sebagian besar consumer ga akan detail liatin mobil nengok ke kolong kaki2nya gmn, cari tau structural integritynya gimana dll dll. Yg penting nih duit gw 400-500 jt dah dapet mbl yg joknya lapis kulit alus, door panel soft touch, kedap karena double glass. Drpd beli mopang harga sama, kalah mewah, musti isi bensin lg. Pasti dgn gini sebagian besar orang berpaling jg.
At least sekarang2 ini nyobain dulu aja. Masalah aftersales gimana ga dipikirin. Toh aftersales mopang jg ga bagus2 amat. Claim garansi bunyi2 paling dijawab “emang bawaan mobil pak”.
Overall saya rasa tetep quality mopang sementara ini masih diatas mobcin, tp pinter2an nyari selera konsumen mau yg gimana, gimmicks yg menjual, dan tau selera pasar saya rasa produsen china dah sejajar ma japs atau mungkin dah ngelewatin.
Just my 2 cents![]()
yah kalo japs yang sekarang mah jangan dibilang lah, <500juta dapet spek prindavan.
maksudnya selama ini bar for low quality itu kan barang china. jadi ketika mereka bisa produksi bagusan dikit akan dianggep bagus, karena selama ini dianggep low quality products. coba kita liat barang jepang sekarang kan kecewa karena udah pernah ngalamin tuh sejelek jeleknya mopang 90an tetep aja lebih bagus rasanya. liat yang sekarang rasanya downgrade, karena bar for qualitynya dulu bagus.
tapi ya namanya CBU ke CKD udah pasti downgrade, pabrikan kan mau cut cost serendah mungkin apalagi dibebani pajak segebong dgn daya beli yang cuma mampu beli brio kan kesian juga dari pov produsen.
nah aftersales jepang yang harusnya bagus aja dimari begitu, jangan harep sama yang lain, H miring aja viral terus.
kebetulan tempat yang paling ideal buat "dumping" ya emang south east asia
