Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
gifgof wrote: Wed Jun 18, 2025 3:16
gaes sharing dong untuk Livina user L10, untuk penguapan oli per 1000km biasanya berapa ml? kemarin saya cek dipstick sedikit berkurang dari batas atas dan akhirnya saya top up sekitar 200ml untuk kembali ke batas atas setelah tembus 1000km
Oli yang saya pakai Bardhal XTC S9 5W40, BBM pakai Pertamax Turbo
pakai q8 5w 30 special G long life formula.. ganti per 5k, bbm sama pertabo.. oli lama masih ada 3L kurang dikit sekali.. ganti sama filter oli.
harusnya kalau 1000km blm ada penguapan ya.. dan engga perna top up jg..
ganti di rmh.. tapi saya manggil mekanik senior beres nissan (dl karena satu dan lain hal jadi dapet wa nya)
Bapak2 mau tanya dong, apa benar kalau flushing engine untuk mesin yang sudah ada kerak bisa beresiko menyumbat saluran oli? Krn ketika cek di tutup oli mesin bagian atas memang sudah ada kerak tapi menurut saya tidak terlalu parah.
Saya pakai Grand Livina L10 tahun 2012, km 200rb, biasa pakai pertalite. Mesin masih halus, cuma memang tergolong cukup panas suhu kerja mesinnya.
Gorga06 wrote: Tue Jun 24, 2025 14:14
Bapak2 mau tanya dong, apa benar kalau flushing engine untuk mesin yang sudah ada kerak bisa beresiko menyumbat saluran oli? Krn ketika cek di tutup oli mesin bagian atas memang sudah ada kerak tapi menurut saya tidak terlalu parah.
Saya pakai Grand Livina L10 tahun 2012, km 200rb, biasa pakai pertalite. Mesin masih halus, cuma memang tergolong cukup panas suhu kerja mesinnya.
Mohon saran Bapak2 sekalian,
Terima kasih
kalo menurut saya...memang ada potensi resiko itu walau selama saya beberapa kali pake oil flush sih aman...
atau kalo mau lebih aman, pendekin interval ganti oli-nya misal dari 10rb ke 5rb
kalo soal panas..L10 memang panas sih...sampe shop & drive setau sy ga mau kasi garansi aki (krn umur aki sensitif ama panas)