Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Mar 17, 2024 10:18
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mobilio
Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Saya masih awam mengenai permobilan, apakah mobil sebaiknya dijual sebelum mobil tersebut rusak / butuh banyak servis benar tidak?
Saat ini saya pakai honda mobilio 2016 cvt, sudah 110km, untuk pemakaian harian, sehari sekitar 40-50km. info tambahan tahun lalu sudah servis ganti kondensor dan kipas ac.
Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti, apakah dari tahun (10th / 15th dst) atau dari odometernya (100km / 150km dst) atau dari kondisi mesinnya dll
Terima kasih
Saat ini saya pakai honda mobilio 2016 cvt, sudah 110km, untuk pemakaian harian, sehari sekitar 40-50km. info tambahan tahun lalu sudah servis ganti kondensor dan kipas ac.
Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti, apakah dari tahun (10th / 15th dst) atau dari odometernya (100km / 150km dst) atau dari kondisi mesinnya dll
Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
jombie wrote: Sun Jun 22, 2025 10:25 Saya masih awam mengenai permobilan, apakah mobil sebaiknya dijual sebelum mobil tersebut rusak / butuh banyak servis benar tidak?
Saat ini saya pakai honda mobilio 2016 cvt, sudah 110km, untuk pemakaian harian, sehari sekitar 40-50km. info tambahan tahun lalu sudah servis ganti kondensor dan kipas ac.
Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti, apakah dari tahun (10th / 15th dst) atau dari odometernya (100km / 150km dst) atau dari kondisi mesinnya dll
Terima kasih
Kalau menurut saya sih kalau depresiasi harga mobilnya sudah bottoming price di harga jual bekasnya bisa konsider untuk ganti mobil.
Tapi kalau juga sudah banyak PR yg udah diluar budget juga baiknya jual aja.
Saya punya all new ertiga tahun 2020 sampai sekarang odometer sudah 185rb. Mau dijual tapi pasang harga agak tinggi juga dikit yg minat, untungnya dana perawatan sangat minim nih mobil jadi ya tetap dipake terus sampai nanti harga bekasnya udah mentok bawah baru deh jual apa adanya.
Malah nambah unit baru LCGC buat cover ganjil genap jkt & nurunin running time mobil ertiganya. Tapi entah kenapa kalau mobil sering dipake malah ga penyakitan loh dibanding mobil garage queen
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1019
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Kalau saya dari yang sering gonta ganti mobil jujur cape ganti mobil karena banyak yang harus dilakukan kalau ganti mobil, tapi waktunya ganti mobil hanya jika memenuhi salah 1 atau beberapa kondisi dibawah ini
1 mobilnya dari awal atau setelah dipakai tidak sesuai selera (makai karena terpaksa dananya cuma ada buat beli mobil itu/istri sukanya itu)
2 mobilnya sudah cape
3 emang produk cacat dan ngabisin duit karena sebentar2 perbaikan,sebentar2 rusak ini,rusak itu,dll
4 kalau anda penyuka teknologi anda selalu penasaran dengan inovasi terbaru
5 duit anda tidak ada serinya
6 jatuh hati sama mobil lain dan harga cocok dengan kantong
7 tidak sesuai medan jalan dan kondisi saat ini misal dipindah kerja ke pedalaman/anak nambah 2 ,pembantu tambah 2,atau anda tambah istri lagi
1 mobilnya dari awal atau setelah dipakai tidak sesuai selera (makai karena terpaksa dananya cuma ada buat beli mobil itu/istri sukanya itu)
2 mobilnya sudah cape
3 emang produk cacat dan ngabisin duit karena sebentar2 perbaikan,sebentar2 rusak ini,rusak itu,dll
4 kalau anda penyuka teknologi anda selalu penasaran dengan inovasi terbaru
5 duit anda tidak ada serinya
6 jatuh hati sama mobil lain dan harga cocok dengan kantong
7 tidak sesuai medan jalan dan kondisi saat ini misal dipindah kerja ke pedalaman/anak nambah 2 ,pembantu tambah 2,atau anda tambah istri lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 839
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Ada juga yg punya prinsip selama mobil tidak suka mogok dan masih mumpuni untuk rute harian kenapa harus ganti mobil ?jombie wrote: Sun Jun 22, 2025 10:25 Saya masih awam mengenai permobilan, apakah mobil sebaiknya dijual sebelum mobil tersebut rusak / butuh banyak servis benar tidak?
Saat ini saya pakai honda mobilio 2016 cvt, sudah 110km, untuk pemakaian harian, sehari sekitar 40-50km. info tambahan tahun lalu sudah servis ganti kondensor dan kipas ac.
Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti, apakah dari tahun (10th / 15th dst) atau dari odometernya (100km / 150km dst) atau dari kondisi mesinnya dll
Terima kasih
Tidak ada patokan pasti kapan harus jual mobil, pada umumnya orang ganti mobil karena :
1. Mobil sudah tua, sering rusak / mogok
2. Bosen dgn mobil skrg, masak 15 tahun naik apansa terus
3. Pengen upgrade mobil yg lebih nyaman, lebih gede, lebih kecil, dll
4. Self rewarding
5. Buat pamer / nunjukin ke tetangga / saudara bahwa kerjaan ada hasilnya
6. Ada kesempatan (jatah COP keluar, uang banyak, ada launching tipe baru, dll)
Jadi terserah bapak kapan mau jual mobilnya atau kapan mau ganti mobilnya, tidak ada patokan yg pasti dan tidak ada bener atau salah, disesuaikan aja dengan kondisi masing masing.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Jun 22, 2025 14:39
- Location: Depok
- Daily Vehicle: 2007 Honda Jazz
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Kebetulan saya lagi hunting mobkas dan ingin ganti, ini yang ada dipkiran saya (Saya user Jazz 2007, dan sebetulnya bukan ganti mobil, tapi tambah mobil):
1. Kendaraan saya sudah tidak bisa ngikutin kerasnya pekerjaan (butuh roadtrip jauh2 dan lewat jalan hancur)
2. Kasian ngeliat mobil eksisting setiap pulang dari luar pulau harus dandanin kaki2. Artinya secar mekanikal, mobil tua saya tidak mumpuni
3. Kebutuhan keluarga. Dulu naik jazz selalu sendiri, sekarang sudah berempat. Butuh ruang lebih besar di mobil. Belum kalau harus bawa mertua. (yes, seiring dengan bertambahnya umur saya, mobil 3 row itu semakin masuk di akal)
Mungkin 3 faktor itu yang buat saya ingin ganti mobil.
1. Kendaraan saya sudah tidak bisa ngikutin kerasnya pekerjaan (butuh roadtrip jauh2 dan lewat jalan hancur)
2. Kasian ngeliat mobil eksisting setiap pulang dari luar pulau harus dandanin kaki2. Artinya secar mekanikal, mobil tua saya tidak mumpuni
3. Kebutuhan keluarga. Dulu naik jazz selalu sendiri, sekarang sudah berempat. Butuh ruang lebih besar di mobil. Belum kalau harus bawa mertua. (yes, seiring dengan bertambahnya umur saya, mobil 3 row itu semakin masuk di akal)
Mungkin 3 faktor itu yang buat saya ingin ganti mobil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1318
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
- Kalau sudah tidak sesuai kebutuhan
- Kalau sudah ngabisin terlalu banyak duit/waktu/tenaga tapi ga sebanding dengan kepuasannya
- Kalau sudah ngabisin terlalu banyak duit/waktu/tenaga tapi ga sebanding dengan kepuasannya
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Thu May 08, 2025 23:22
- Location: Balikpapan
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Saya ganti kalau sudah sering servis, butuh waktu/tenaga/uang lebih, buat harian jadi gak nyaman. Pegel juga kalau mau pake harian tapi kudu servis dulu, waktu di bengkel gak ada gantinya atau naik motor. Walau biasanya saya gantinya ke mobkas juga, ke tahun yang lebih baru. Tapi kali ini ambil mobil baru. Rencana pakai dulu saja sampai bosen atau ada problem.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Sharing aja, tahun 2014 mutusin jual City tipe Z yang sidah 14 tahun lungsuran ayah saya itu karena dah bolak balik kena di kaki-kaki, maklum suspensinindependen, serta odo sudah 140ribu jm.
Terakhir kena rack steer minta bujet 14 juta, belum benerin kaki2 (lagi). Liat harga mobil saya tinggal 65-70an juta, dan 15 juta itu kayak 20%nya, saya jual terus uangnya tuk DP chevrolet Spin.
7 tahun kemudian Chevy Spin saya jual tuk gantian sama istri masalah ganjil genap. Istri saya ga bisa pakai mobil transmisi manual.
Jadi ketika keputusan jual mobil itu kadang memang beneran kebutuhan (request istri kalau saya) atau memang karena kita nyerah dengan perbaikan yang makin mahal.
Terakhir kena rack steer minta bujet 14 juta, belum benerin kaki2 (lagi). Liat harga mobil saya tinggal 65-70an juta, dan 15 juta itu kayak 20%nya, saya jual terus uangnya tuk DP chevrolet Spin.
7 tahun kemudian Chevy Spin saya jual tuk gantian sama istri masalah ganjil genap. Istri saya ga bisa pakai mobil transmisi manual.
Jadi ketika keputusan jual mobil itu kadang memang beneran kebutuhan (request istri kalau saya) atau memang karena kita nyerah dengan perbaikan yang makin mahal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1653
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
kalo udah rusaknya parah kaya kena gearbox, internal mesin kena kecelakaan guling2an yang sampai kena main frame dll... yang kalo benerin butuh waktu dan dana lebih...jombie wrote: Sun Jun 22, 2025 10:25 Saya masih awam mengenai permobilan, apakah mobil sebaiknya dijual sebelum mobil tersebut rusak / butuh banyak servis benar tidak?
Saat ini saya pakai honda mobilio 2016 cvt, sudah 110km, untuk pemakaian harian, sehari sekitar 40-50km. info tambahan tahun lalu sudah servis ganti kondensor dan kipas ac.
Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti, apakah dari tahun (10th / 15th dst) atau dari odometernya (100km / 150km dst) atau dari kondisi mesinnya dll
Terima kasih
selebihnya selama masih bisa dipakai ga ada kendala ga ada masalah, toh benerin sebuah mobilio di Indonesia amat sangat mudah. Yang penting coolant, oli mesin dan gearbox rutin ganti yang sesuai pasti bisalah sampai 300rb km juga, selebihnya kaya kaki2 mah gampang...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Tidak usah, keep saja. ganti saja onderdil nya yang (disuruh) mesti ganti, kondensor & kipas blower harga tidak mahal.
Mobilio kuat kok. Semua mobil ASEAN / Bharat R&D mah kuat2 mobilnya cuma gedobrakan aja.
CVT juga asal gak salah oli & regularly drain-n-fill juga harusnya awet.
Kecuali kalau memang sudah sangat ingin ganti ya keliling saja cari best offer.
Mobilio kuat kok. Semua mobil ASEAN / Bharat R&D mah kuat2 mobilnya cuma gedobrakan aja.
CVT juga asal gak salah oli & regularly drain-n-fill juga harusnya awet.
Kecuali kalau memang sudah sangat ingin ganti ya keliling saja cari best offer.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3105
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
kalau sudah bosan (kadang butuh suasana baru, nyenengin diri sendiri)
kalau sudah mulai tidak sering terpakai (mbl ga dipakai rusak jg, pajak jalan terus dan makan tempat
atau sudah ada incaran mobil pengganti (lumayan ngecover biaya akuisisi mobil incaran)
kalau sudah mulai tidak sering terpakai (mbl ga dipakai rusak jg, pajak jalan terus dan makan tempat
atau sudah ada incaran mobil pengganti (lumayan ngecover biaya akuisisi mobil incaran)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1789
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
saya setuju dengan pendapat yang ini.farizfsa wrote: Mon Jun 23, 2025 1:25 kalau sudah bosan (kadang butuh suasana baru, nyenengin diri sendiri)
kalau sudah mulai tidak sering terpakai (mbl ga dipakai rusak jg, pajak jalan terus dan makan tempat
atau sudah ada incaran mobil pengganti (lumayan ngecover biaya akuisisi mobil incaran)
kalo udah bosan dan duit buat akuisisi ada, niscaya probability buat ganti mobil makin gede.
sedangkan kalo belum bosan, meski ada trouble apapun, pasti akan dicarikan solusi.
oiya tambahan, kalo udah kecelakaan parah sampe merusak sasis. Ini pilihannya jual rongsok harga kampakan atau dibenerin agar laku dengan harga masih acceptable (apa adanya).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Jan 25, 2016 2:19
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Sharing aja om, kebetulan sy masih kalangan kaum mendang-mending hehe..
1. Boil pertama K7, trus setelah ada tabungan dan sebagian minjem hehe, ganti ke 1TR MT supaya nyaman.
2. Ternyata pindah tugas ke kota, kepikiran konsumsi BBMnya, akhirnya jual dan ganti ke K3-VE AT.
3. Ternyata 2 baris masih dirasa kurang, ada tabungan dikit + minjam lagi hehe, tukar ke 3SZ-VE AT.
4. Ada keperluan mendadak, terpaksa jual dan tukar ke 3NR-VE.
5. Beberapa kali kandas, kondisi jalan di kota ane jelek, akhisnya jual lagi tukar ke 2NR-FE.
Semuanya Boil bekas, dan rata-rata dipakai sekitar 1-2 tahun.
1. Boil pertama K7, trus setelah ada tabungan dan sebagian minjem hehe, ganti ke 1TR MT supaya nyaman.
2. Ternyata pindah tugas ke kota, kepikiran konsumsi BBMnya, akhirnya jual dan ganti ke K3-VE AT.
3. Ternyata 2 baris masih dirasa kurang, ada tabungan dikit + minjam lagi hehe, tukar ke 3SZ-VE AT.
4. Ada keperluan mendadak, terpaksa jual dan tukar ke 3NR-VE.
5. Beberapa kali kandas, kondisi jalan di kota ane jelek, akhisnya jual lagi tukar ke 2NR-FE.
Semuanya Boil bekas, dan rata-rata dipakai sekitar 1-2 tahun.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11838
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
- siapa tau mau bantuin teteh2/mbak2 sales achieve target
- siapa tau kasian liat dealer yg makin pada tutup
- siapa tau mau nambahin pemasukan negara
- siapa tau kasian liat dealer yg makin pada tutup
- siapa tau mau nambahin pemasukan negara
-
- SM Specialist
- Posts: 16799
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
mobil sudah waktunya diganti itu mitos yang dilanggengkan bergenerasi-generasi. selama spare part masih ada, mobil akan jalan selama mungkin. dan industri spare part akan terus memproduksi spare part untuk mobil yang populer.
bener sih dulu mobil nggak mateng teknologinya, sering taun ke sekian, harus turun mesin misalnya. turun mesin itu horror buat orang indonesia entah kenapa, padahal itu proses yang biasa aja.
ya karena balik lagi : kualitas BBM dan olinya juga belum sebaik sekarang. kualitas manufakturnya gak se-presisi sekarang. dan orang indonesia yang tau perawatan mesin yang baik itu juga nggak banyak, apalagi dulu setel setel karbu manual. salah setelan ya mesin bubar.
dan dulu mobil umum (read = kijang) pake kipas visco, kalo mobil jepang, overheat aja bisa dipaksa jalan (yang mana katanya mobil eropa rewel hobi overheat, halah mobil jepang sama aja, cuma orang kan nangkepnya eropa mogokan, pdhl dikasih safety loh itu artinya). iya, kisul sodara ada yang akhirnya papas head karena overheat dipaksa jalan, ketauannya berasap tiba-tiba aja gitu.
buat mobil injeksi semua proses ini gak perlu, sekarang kipas mati? motor fan nyambung ke ECU, langsung dikasih perintah buat shut off. mobilnya auto mogok. aki tekor dikit? mogok. karbu? nggak perlu setting2. ganti oli? oli full syn kok. dan masih pada cheapskate. gila. ganti oli matic nggak mau, servis rem nggak mau, ganti ban maunya murah, bensin udah bagus juga tetep carinya yang murah kalo bisa semurah mungkin nemu premium juga diisi kali.
inilah yang bikin kenapa di tahun ke-10, biaya perbaikan bengkak. karena preventif semua diirit-irit. udah gitu pun maunya belinya yang kawe termurah. tahun depan rusak lagi, bilang mobilnya perlu ganti deh kayaknya.
buat saya ganti mobil itu alesannya cuma antara 3 : ganti kebutuhan (misalnya orang tua disabled, atau nambah anak), butuh uang, atau bosen, pengen ganti suasana. sisanya saya mending nabung buat nambah mbl hobi.
maintenance mobil murah kok dibanding ngempanin depresiasi. iya even turun kaki kaki habis 15-20 juta itu murah, considering mobilnya udah selamet selama itu, dgn kondisi jalan indonesia, dan dikasih ban dgn lowest grade yang kemampuan redamannya jelek karena mau rolling resistance rendah supaya bisa pamer konsumsi sekian km/l, sehingga efek ke kaki kaki yang cepet aus.
bener sih dulu mobil nggak mateng teknologinya, sering taun ke sekian, harus turun mesin misalnya. turun mesin itu horror buat orang indonesia entah kenapa, padahal itu proses yang biasa aja.
ya karena balik lagi : kualitas BBM dan olinya juga belum sebaik sekarang. kualitas manufakturnya gak se-presisi sekarang. dan orang indonesia yang tau perawatan mesin yang baik itu juga nggak banyak, apalagi dulu setel setel karbu manual. salah setelan ya mesin bubar.
dan dulu mobil umum (read = kijang) pake kipas visco, kalo mobil jepang, overheat aja bisa dipaksa jalan (yang mana katanya mobil eropa rewel hobi overheat, halah mobil jepang sama aja, cuma orang kan nangkepnya eropa mogokan, pdhl dikasih safety loh itu artinya). iya, kisul sodara ada yang akhirnya papas head karena overheat dipaksa jalan, ketauannya berasap tiba-tiba aja gitu.
buat mobil injeksi semua proses ini gak perlu, sekarang kipas mati? motor fan nyambung ke ECU, langsung dikasih perintah buat shut off. mobilnya auto mogok. aki tekor dikit? mogok. karbu? nggak perlu setting2. ganti oli? oli full syn kok. dan masih pada cheapskate. gila. ganti oli matic nggak mau, servis rem nggak mau, ganti ban maunya murah, bensin udah bagus juga tetep carinya yang murah kalo bisa semurah mungkin nemu premium juga diisi kali.
inilah yang bikin kenapa di tahun ke-10, biaya perbaikan bengkak. karena preventif semua diirit-irit. udah gitu pun maunya belinya yang kawe termurah. tahun depan rusak lagi, bilang mobilnya perlu ganti deh kayaknya.

buat saya ganti mobil itu alesannya cuma antara 3 : ganti kebutuhan (misalnya orang tua disabled, atau nambah anak), butuh uang, atau bosen, pengen ganti suasana. sisanya saya mending nabung buat nambah mbl hobi.
maintenance mobil murah kok dibanding ngempanin depresiasi. iya even turun kaki kaki habis 15-20 juta itu murah, considering mobilnya udah selamet selama itu, dgn kondisi jalan indonesia, dan dikasih ban dgn lowest grade yang kemampuan redamannya jelek karena mau rolling resistance rendah supaya bisa pamer konsumsi sekian km/l, sehingga efek ke kaki kaki yang cepet aus.
Last edited by ChZ on Mon Jun 23, 2025 3:33, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3105
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
nah bener kalo mobil rusak kecelakaan parah (sasis kena, blok mesin kena, itu ada opsi buat ganti, sebenernya kl dibenerinnya sampe beres dipake lg enak ga perlu ganti gpp)AbdulHakim wrote: Mon Jun 23, 2025 1:45saya setuju dengan pendapat yang ini.farizfsa wrote: Mon Jun 23, 2025 1:25 kalau sudah bosan (kadang butuh suasana baru, nyenengin diri sendiri)
kalau sudah mulai tidak sering terpakai (mbl ga dipakai rusak jg, pajak jalan terus dan makan tempat
atau sudah ada incaran mobil pengganti (lumayan ngecover biaya akuisisi mobil incaran)
kalo udah bosan dan duit buat akuisisi ada, niscaya probability buat ganti mobil makin gede.
sedangkan kalo belum bosan, meski ada trouble apapun, pasti akan dicarikan solusi.
oiya tambahan, kalo udah kecelakaan parah sampe merusak sasis. Ini pilihannya jual rongsok harga kampakan atau dibenerin agar laku dengan harga masih acceptable (apa adanya).
tambahan om ChZ juga ada benernya, kebutuhan mobil berubah, misal nambah anak, yg tdnya mbl sedan coupe pas baru nikah, jadilah mbl roti tawar

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Kalau sudah bosan, Om.jombie wrote: Sun Jun 22, 2025 10:25 Saya masih awam mengenai permobilan, apakah mobil sebaiknya dijual sebelum mobil tersebut rusak / butuh banyak servis benar tidak?
Saat ini saya pakai honda mobilio 2016 cvt, sudah 110km, untuk pemakaian harian, sehari sekitar 40-50km. info tambahan tahun lalu sudah servis ganti kondensor dan kipas ac.
Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti, apakah dari tahun (10th / 15th dst) atau dari odometernya (100km / 150km dst) atau dari kondisi mesinnya dll
Terima kasih
Yaris 2019 dijual 2024 karena gitu2 aja, membosankan. Sekarang ada xl7, ya begitu2 aja, diganti juga mau ganti apa ngga ada yang masuk.
Saya punya outlander 2013 ngga akan saya jual sampai kapanpun, karena itu mobil pertama yang saya beli tanpa persekot, tunai.
Kijang juga engga saya ganti, karena gantinya gak ada yang masuk. V-class terlalu mahal, dan saya pasti disamperin kuningan kalau beli itu. (punya saya bensin, non penturer) Sama dengan W140, ganti barunya engga oke. Saya pecinta kotak-kotak. Semua model sonder setelahnya gak ada yang oke, dan ngga kebeli juga.
Ganti karena tahun dan odometer itu omong kosong, Om.
Om baru ganti kondensor/kipas ac. Saya rebuild ac di veteran (2018), sampai sekarang masih terasa baru, karena dirawatnya proper. Asumsi saya kalau dari tahun 1997 direbuild tahun 2018, berarti saya akan rebuild lagi di tahun 2039. Radiator ganti di 2023, berarti ganti lagi nanti 2050. Beberapa kolektor volvo di indonesia bahkan stock spare part utuh semobil, for generations.
Kalau pengalaman mobil2 hobi: 206 diganti V70 karena jenuh, v70 dijual karena harganya bagus dan agak butuh dana. 406 diganti w140 karena cari sahabat pinggang.
Dan saya agak bersin-bersin sama ev/hibrid. And I can drive internal combustion for the rest of my life.
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11940
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
pastiken teteh/mbak asli bukan hasil convert.
jangan sampe saat unboxing yg nongol as kopel.....



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Keep aja Om...
Mobilio masuk MPV yang lumayan enak buat disetirin menurut saya, dengan catatan kondisi terawat. Kalau ada rejeki pasang peredam tambahan buat ngilangin fitur andalan Honda kayak road noise dan rain drop sound effect kalo ujan...
Di ekonomi negara kita dan palakan pajak mobil yang ga masuk akal mending dialokasikan buat yang lain.
kecuali duitnya banyak gas aja ganti tiap tahun juga... itung2 sedekah, bantu pejabat kita beli Land Cruiser sama LX600
Mobilio masuk MPV yang lumayan enak buat disetirin menurut saya, dengan catatan kondisi terawat. Kalau ada rejeki pasang peredam tambahan buat ngilangin fitur andalan Honda kayak road noise dan rain drop sound effect kalo ujan...
Di ekonomi negara kita dan palakan pajak mobil yang ga masuk akal mending dialokasikan buat yang lain.
kecuali duitnya banyak gas aja ganti tiap tahun juga... itung2 sedekah, bantu pejabat kita beli Land Cruiser sama LX600
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3066
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Saatnya ganti mobil kalo tetanga2 komplek udah pada ganti…
Kan kita (warga indo) orangnya panasan liat orang/temen/tetangga beli mobil baru langsung pada ikutan, apalagi dengerin emak2 mulut cuap2 mulu nge gas-light: “Masa kalah sama dy, ud bisa beli mobil baru. Mobil loe itu2 aja ber tahun-tahun….”
Ga lah becanda. Pake mobil sesuai kebutuhan aja. Selama masih jalan & kg nyusahin yaudah gass terus. Nih gw masih plihara innova 2kd V 2013 sampe skarang. Mau ngadu drop resale value versus ioniq 5 & byd seal + sealion ….
Ntar menangan siapa di taon 2030. Colek om @pboyzz
Kan kita (warga indo) orangnya panasan liat orang/temen/tetangga beli mobil baru langsung pada ikutan, apalagi dengerin emak2 mulut cuap2 mulu nge gas-light: “Masa kalah sama dy, ud bisa beli mobil baru. Mobil loe itu2 aja ber tahun-tahun….”

Ga lah becanda. Pake mobil sesuai kebutuhan aja. Selama masih jalan & kg nyusahin yaudah gass terus. Nih gw masih plihara innova 2kd V 2013 sampe skarang. Mau ngadu drop resale value versus ioniq 5 & byd seal + sealion ….
Ntar menangan siapa di taon 2030. Colek om @pboyzz

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11838
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
convert juga asal proper ga masalah. yg pemting koneksinya socket to socket male <-> female


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Selama ada kijang di rumah, hati tenang ya Om?KielConstantine wrote: Mon Jun 23, 2025 6:24 Saatnya ganti mobil kalo tetanga2 komplek udah pada ganti…
Kan kita (warga indo) orangnya panasan liat orang/temen/tetangga beli mobil baru langsung pada ikutan, apalagi dengerin emak2 mulut cuap2 mulu nge gas-light: “Masa kalah sama dy, ud bisa beli mobil baru. Mobil loe itu2 aja ber tahun-tahun….”
Ga lah becanda. Pake mobil sesuai kebutuhan aja. Selama masih jalan & kg nyusahin yaudah gass terus. Nih gw masih plihara innova 2kd V 2013 sampe skarang. Mau ngadu drop resale value versus ioniq 5 & byd seal + sealion ….
Ntar menangan siapa di taon 2030. Colek om @pboyzz![]()
(Boleh main mobil hobi apa aja) Hahaha
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
- Daily Vehicle: CX-30 GT
Re: Kapan mobil sudah waktunya untuk diganti?
Banyak yg udah jawab dengan lelah/pengen ganti + ada budget-nya. Biasanya org2 gini. Kl dr mobil baru (pemilik pertama), ada yg sblm pajak 5 tahunan/10 tahunan (yg hrs ganti kaleng plat), udah ganti, krn males repot ngurusin perpanjang STNK (tau dah tuh polisi nilep banyak, proses dilempar2 ke meja2 lain, etc)... utk mobil2 pasaran, biasanya harganya nahan, jd jual mobil utk tuker tambah biasanya ya fine, asumsinya budget + harga tuker tambah fine.jombie wrote: Sun Jun 22, 2025 10:25 Saya minta saran / tips kapan waktunya mobil sudah harus diganti?
Tp ada jg yg tetep pelihara sampe bosen. As long as ngerasa memeliharanya aman2 aja, belum ada urgensinya utk ganti, dan belum ada yg menarik minat, kesimpulannya blm perlu ganti sih. Gw terakhir Avanza 11th udah 97k KM ya udah mulai tiap service berkala keluar PR yg perlu dikerjain (alhamdulillah gw kerjain, jd next owner hrsnya masih dpt bbrp komponen gress).
Jd kl blm melihat butuh ganti size, blm ada kandidat yg bs menggantikan, ya enjoy life. Hati2 aja kl jalan2 ke GIIAS, soalnya pameran kyk gitu takutnya bikin yg asal muasalnya ga punya niat, mengetuk sesuatu di sanubari utk "duh pengen ganti".
Hiroshima 46V