Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12703
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

eikazan wrote: Thu Jun 12, 2025 7:13 Mbah star eco plus 0w20 di xpander AT sy malah menguap lumayan, total topup 500ml selama pake 8rb km, mesin kering ga ada rembes

Sy topup biasa pas cek abis pulang luarkota, smg-jkt 2x @100ml, smg-solo 2x @100ml, smg-jogja aman, smg-salatiga 100ml lg
Kalo dalkot sehari-hari biasa sy pantau aman2 aja ga tampak berkurang sih
Ini juga pertama kalinya oli nguap, sblmnya oli beres, pfg, shu yongde , dan skrg eneos jalan 2rb km ga tampak berkurang sedikitpun luarkotaan jg pdhl

Nah masalahnya skrg dari ecoplus pas baru ganti Eneos, suara kasar mesin toktoktok (piston slap ya namanya?) ga berkurang sama sekali, pdhl biasanya pas baru ganti oli, mesin langsung jadi alus senyap.
Ini karna eneosnya yg kureng apa efek dr penguapan stareco ya? bikin kerak mgknkah?

Tapi emang ini oli cap burung joss banget tarikannya, speed naiknya konstan selaras dengan rpm, makin dibejek speed jg naiknya makin kenceng :mky_02:
biasanya kalo dibejek cm mesin meraung2 tp speed naiknya lemot :big_dunno:, pas baru ganti ke stareco bawa pp ke jkt bikin senyum2 sendiri, XP ternyata bisa lari juga setelah sekian lama lemot :big_exellent:

Lain kalo di HRV RU berasa biasa aja tarikannya ga gimana2, apa karna cvt ya :mky_01:
di RU jg udah topup 100ml stareconya di pemakaian 3rb km, mesin sehat ga ada rembes jg, yg pake istri dalkot aja ga pernah dibejek2 jg pdhl :big_think:




*Disklemer bukan ajakan membeli, sy jg belum tentu beli lagi :weekk:
Oli pfg shu dll itu 0w20 juga ya?

Berarti gak bs 8rb km itu umurnya.

Jd cocok2an emang hrs experimen sendiri yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
eikazan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Feb 12, 2018 16:28
Location: Semarang
Daily Vehicle: Panther

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by eikazan »

Suryaputra wrote: Sat Jun 14, 2025 6:32
eikazan wrote: Thu Jun 12, 2025 7:13 Mbah star eco plus 0w20 di xpander AT sy malah menguap lumayan, total topup 500ml selama pake 8rb km, mesin kering ga ada rembes

Sy topup biasa pas cek abis pulang luarkota, smg-jkt 2x @100ml, smg-solo 2x @100ml, smg-jogja aman, smg-salatiga 100ml lg
Kalo dalkot sehari-hari biasa sy pantau aman2 aja ga tampak berkurang sih
Ini juga pertama kalinya oli nguap, sblmnya oli beres, pfg, shu yongde , dan skrg eneos jalan 2rb km ga tampak berkurang sedikitpun luarkotaan jg pdhl

Nah masalahnya skrg dari ecoplus pas baru ganti Eneos, suara kasar mesin toktoktok (piston slap ya namanya?) ga berkurang sama sekali, pdhl biasanya pas baru ganti oli, mesin langsung jadi alus senyap.
Ini karna eneosnya yg kureng apa efek dr penguapan stareco ya? bikin kerak mgknkah?

Tapi emang ini oli cap burung joss banget tarikannya, speed naiknya konstan selaras dengan rpm, makin dibejek speed jg naiknya makin kenceng :mky_02:
biasanya kalo dibejek cm mesin meraung2 tp speed naiknya lemot :big_dunno:, pas baru ganti ke stareco bawa pp ke jkt bikin senyum2 sendiri, XP ternyata bisa lari juga setelah sekian lama lemot :big_exellent:

Lain kalo di HRV RU berasa biasa aja tarikannya ga gimana2, apa karna cvt ya :mky_01:
di RU jg udah topup 100ml stareconya di pemakaian 3rb km, mesin sehat ga ada rembes jg, yg pake istri dalkot aja ga pernah dibejek2 jg pdhl :big_think:




*Disklemer bukan ajakan membeli, sy jg belum tentu beli lagi :weekk:
Oli pfg shu dll itu 0w20 juga ya?

Berarti gak bs 8rb km itu umurnya.

Jd cocok2an emang hrs experimen sendiri yaa
iya mbah 0w20 semua, sptnya emg harus dicoba2 sendiri di mesin masing2 ya mbah, beda mesin beda rasa :big_think:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

eikazan wrote: Thu Jun 12, 2025 7:13 Mbah star eco plus 0w20 di xpander AT sy malah menguap lumayan, total topup 500ml selama pake 8rb km, mesin kering ga ada rembes

Sy topup biasa pas cek abis pulang luarkota, smg-jkt 2x @100ml, smg-solo 2x @100ml, smg-jogja aman, smg-salatiga 100ml lg
Kalo dalkot sehari-hari biasa sy pantau aman2 aja ga tampak berkurang sih
Ini juga pertama kalinya oli nguap, sblmnya oli beres, pfg, shu yongde , dan skrg eneos jalan 2rb km ga tampak berkurang sedikitpun luarkotaan jg pdhl

Nah masalahnya skrg dari ecoplus pas baru ganti Eneos, suara kasar mesin toktoktok (piston slap ya namanya?) ga berkurang sama sekali, pdhl biasanya pas baru ganti oli, mesin langsung jadi alus senyap.
Ini karna eneosnya yg kureng apa efek dr penguapan stareco ya? bikin kerak mgknkah?

Tapi emang ini oli cap burung joss banget tarikannya, speed naiknya konstan selaras dengan rpm, makin dibejek speed jg naiknya makin kenceng :mky_02:
biasanya kalo dibejek cm mesin meraung2 tp speed naiknya lemot :big_dunno:, pas baru ganti ke stareco bawa pp ke jkt bikin senyum2 sendiri, XP ternyata bisa lari juga setelah sekian lama lemot :big_exellent:

Lain kalo di HRV RU berasa biasa aja tarikannya ga gimana2, apa karna cvt ya :mky_01:
di RU jg udah topup 100ml stareconya di pemakaian 3rb km, mesin sehat ga ada rembes jg, yg pake istri dalkot aja ga pernah dibejek2 jg pdhl :big_think:




*Disklemer bukan ajakan membeli, sy jg belum tentu beli lagi :weekk:
jadi mikir2 mau nyoba pakai 0W20 di mazda jadul saya nih, padahal di tutup oli nya ketulis 5W20 :big_biglaugh:

tapi senapsaran juga mau nyoba :big_childish:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2576
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Sat Jun 14, 2025 13:52
eikazan wrote: Thu Jun 12, 2025 7:13 Mbah star eco plus 0w20 di xpander AT sy malah menguap lumayan, total topup 500ml selama pake 8rb km, mesin kering ga ada rembes

Sy topup biasa pas cek abis pulang luarkota, smg-jkt 2x @100ml, smg-solo 2x @100ml, smg-jogja aman, smg-salatiga 100ml lg
Kalo dalkot sehari-hari biasa sy pantau aman2 aja ga tampak berkurang sih
Ini juga pertama kalinya oli nguap, sblmnya oli beres, pfg, shu yongde , dan skrg eneos jalan 2rb km ga tampak berkurang sedikitpun luarkotaan jg pdhl

Nah masalahnya skrg dari ecoplus pas baru ganti Eneos, suara kasar mesin toktoktok (piston slap ya namanya?) ga berkurang sama sekali, pdhl biasanya pas baru ganti oli, mesin langsung jadi alus senyap.
Ini karna eneosnya yg kureng apa efek dr penguapan stareco ya? bikin kerak mgknkah?

Tapi emang ini oli cap burung joss banget tarikannya, speed naiknya konstan selaras dengan rpm, makin dibejek speed jg naiknya makin kenceng :mky_02:
biasanya kalo dibejek cm mesin meraung2 tp speed naiknya lemot :big_dunno:, pas baru ganti ke stareco bawa pp ke jkt bikin senyum2 sendiri, XP ternyata bisa lari juga setelah sekian lama lemot :big_exellent:

Lain kalo di HRV RU berasa biasa aja tarikannya ga gimana2, apa karna cvt ya :mky_01:
di RU jg udah topup 100ml stareconya di pemakaian 3rb km, mesin sehat ga ada rembes jg, yg pake istri dalkot aja ga pernah dibejek2 jg pdhl :big_think:




*Disklemer bukan ajakan membeli, sy jg belum tentu beli lagi :weekk:
jadi mikir2 mau nyoba pakai 0W20 di mazda jadul saya nih, padahal di tutup oli nya ketulis 5W20 :big_biglaugh:

tapi senapsaran juga mau nyoba :big_childish:
Gas, mazda cocok cocok aja pake oli encer
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11937
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by marmut »

t105erd wrote: Sat Jun 14, 2025 13:52

jadi mikir2 mau nyoba pakai 0W20 di mazda jadul saya nih, padahal di tutup oli nya ketulis 5W20 :big_biglaugh:

tapi senapsaran juga mau nyoba :big_childish:


20250614_220455.jpg



masih setia pake 0w20 walopun di buku hanya diijinken yg paling encer 5w30.
driving style selalu pedal to metal pas lampu ijo, maksimal 60 kmh saja.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Chr1stm1 »

030595 wrote: Sat Jun 14, 2025 2:23 halo om, ijin gabung, sy pengguna all new xenia 1.3 prod 2023, sebelumnya pake oli DGO 0-20, trs barusan kemarin ganti di snd pakai shell astra 5-30 + engine flush.
untuk tarikan feeling agak berat dikit, untuk konsumsi bbm jg terasa lbh boros, apa karna upgrade ke 5-30 ya?
rencana 6 bulan ke depan ganti 0-20 lagi, pertanyaannya kalo ganti lg dari 5-30 ke 0-20 perlu engine flush lagi ga ya? soalnya kemarin barusan engine flush.
lalu rencana ganti ke ptt 0-20 eco atau total q 8000 0-20 lebih recommend mana ya om buat xenia 1.3?
makasih buat jawabannya
Mesin 1 NR VE sahabat oli ow20...
Ke TQ 9000 0w20 aja Om
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1130
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by azu »

Kemarin buka Cover Klep 3ZR-FAE karena ganti gasketnya, pas dilihat masih bersih untuk mesin 120rb Km.
IMG_20250614_083637.jpg
IMG_20250614_083650.jpg
Di cover klep juga masih bersih
IMG_20250614_091416.jpg
Riwayat penggantian oli selama di saya:
- Pertama kali ganti pakai Q8 D1 FE 0W-20 dengan pemakaian 10rb Km. Warna oli mulai terlihat kotor di dipstik itu sesudah lewat 8.000Km tapi waktu itu saya agak telat gantinya soalnya lagi sibuk waktu itu dan berpikir ini harganya lumayan harusnya tembus 10rb Km yaa :big_cry: Saat penggantian oli yg ini elemen filter oli terlihat kotor ada banyak partikel yg tersaring seperti serpihan-serpihan sludge, terus di dipstik juga di bagian lekukannya terlihat kotor. Selama 10rb Km ada top up sekitar 400ml.

- Pergantian berikutnya pakai Adnoc Star Plus Eco 0W20 dengan pemakaian 7500Km karena agak trauma dengan penggantian oli sebelumnya. Pas awal-awal ganti kalau cek dipstik oli itu di bagian lekukannya warnanya masih agak gelap seperti masih kotor gitu di bagian karternya, tapi setelah jalan sekitar 3000Km pas cek di dipstik warnanya sudah seragam dan tidak terlalu gelap. Saat ganti oli, di filter juga saya lihat partikel yg tersaring masih normal tidak seperti pergantian oli sebelumnya. Selama 7500 Km ada top up sekitar 300ml.

- Pergantian terakhir pakai Adnoc Star Plus Eco 0W20 lagi, saat ini sudah jalan 5000Km dan total sudah top up 200ml. Sepertinya pergantian akan dipercepat saja karena saat ganti cover klep kemarin takut ada kontaminan dari penetran dan carb cleaner saat akan buka busi yg macet :big_cry:

Sebagai catatan, selama mobil di saya itu cover klep sudah mulai rembes hanya saja saya baru sempat ganti kemarin :ungg:
Selain itu setelah ganti pakai Adnoc itu rembesannya lebih minim sih dibanding sebelumnya, kalau sebelumnya itu sampai netes ke Boot CV Joint yg awalnya saya kira itu Boot sudah ada yg sobek taunya dari oli mesin.

Next akan ganti lagi pakai Adnoc ini karena udah cocok dan harganya masih masuk kantong. Mudah2an setelah ganti cover klep ini penguapan lebih minim dan bisa lebih lama OCInya.

Ini pengalaman pribadi saya ya, experience may vary :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12703
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

azu wrote: Sun Jun 15, 2025 4:01 Kemarin buka Cover Klep 3ZR-FAE karena ganti gasketnya, pas dilihat masih bersih untuk mesin 120rb Km.

IMG_20250614_083637.jpg

IMG_20250614_083650.jpg

Di cover klep juga masih bersih

IMG_20250614_091416.jpg

Riwayat penggantian oli selama di saya:
- Pertama kali ganti pakai Q8 D1 FE 0W-20 dengan pemakaian 10rb Km. Warna oli mulai terlihat kotor di dipstik itu sesudah lewat 8.000Km tapi waktu itu saya agak telat gantinya soalnya lagi sibuk waktu itu dan berpikir ini harganya lumayan harusnya tembus 10rb Km yaa :big_cry: Saat penggantian oli yg ini elemen filter oli terlihat kotor ada banyak partikel yg tersaring seperti serpihan-serpihan sludge, terus di dipstik juga di bagian lekukannya terlihat kotor. Selama 10rb Km ada top up sekitar 400ml.

- Pergantian berikutnya pakai Adnoc Star Plus Eco 0W20 dengan pemakaian 7500Km karena agak trauma dengan penggantian oli sebelumnya. Pas awal-awal ganti kalau cek dipstik oli itu di bagian lekukannya warnanya masih agak gelap seperti masih kotor gitu di bagian karternya, tapi setelah jalan sekitar 3000Km pas cek di dipstik warnanya sudah seragam dan tidak terlalu gelap. Saat ganti oli, di filter juga saya lihat partikel yg tersaring masih normal tidak seperti pergantian oli sebelumnya. Selama 7500 Km ada top up sekitar 300ml.

- Pergantian terakhir pakai Adnoc Star Plus Eco 0W20 lagi, saat ini sudah jalan 5000Km dan total sudah top up 200ml. Sepertinya pergantian akan dipercepat saja karena saat ganti cover klep kemarin takut ada kontaminan dari penetran dan carb cleaner saat akan buka busi yg macet :big_cry:

Sebagai catatan, selama mobil di saya itu cover klep sudah mulai rembes hanya saja saya baru sempat ganti kemarin :ungg:
Selain itu setelah ganti pakai Adnoc itu rembesannya lebih minim sih dibanding sebelumnya, kalau sebelumnya itu sampai netes ke Boot CV Joint yg awalnya saya kira itu Boot sudah ada yg sobek taunya dari oli mesin.

Next akan ganti lagi pakai Adnoc ini karena udah cocok dan harganya masih masuk kantong. Mudah2an setelah ganti cover klep ini penguapan lebih minim dan bisa lebih lama OCInya.

Ini pengalaman pribadi saya ya, experience may vary :big_peace:
Mirip ya
10rb km topup 400ml
Dan 5rb km topup 200ml

Dgn kondisi seal cover klep rembes
Tp bersih sih
Cooling system bagus ya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1130
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by azu »

Suryaputra wrote: Sun Jun 15, 2025 4:30
Mirip ya
10rb km topup 400ml
Dan 5rb km topup 200ml

Dgn kondisi seal cover klep rembes
Tp bersih sih
Cooling system bagus ya
Iya mbah masih mirip2, tapi yg bingungnya itu pas pake kuwait rembesnya itu sampe basah bgt ada yg netes ke area CV Joint, sedangkan pakai cap kepala elang rembesnya ya cuma agak basah2 di area cover klep aja :big_think:

Cooling system utk radiator sama owner sebelumnya sudah ganti pakai Trivindo dan air biasa, tapi pas saya beli langsung ganti coolant pakai Toyota SLLC. Bbrp bulan lalu baru ganti water pump, motor fan juga masih oke. Temperatur kalau cek OBD jarang tembus 92C, biasanya antara 86-90 celsius aja.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12703
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

azu wrote: Sun Jun 15, 2025 5:22
Suryaputra wrote: Sun Jun 15, 2025 4:30
Mirip ya
10rb km topup 400ml
Dan 5rb km topup 200ml

Dgn kondisi seal cover klep rembes
Tp bersih sih
Cooling system bagus ya
Iya mbah masih mirip2, tapi yg bingungnya itu pas pake kuwait rembesnya itu sampe basah bgt ada yg netes ke area CV Joint, sedangkan pakai cap kepala elang rembesnya ya cuma agak basah2 di area cover klep aja :big_think:

Cooling system utk radiator sama owner sebelumnya sudah ganti pakai Trivindo dan air biasa, tapi pas saya beli langsung ganti coolant pakai Toyota SLLC. Bbrp bulan lalu baru ganti water pump, motor fan juga masih oke. Temperatur kalau cek OBD jarang tembus 92C, biasanya antara 86-90 celsius aja.

macet juga segituan?
Lbh Adem itu dr mayoritas mobil 1.5 liter

Iya krn sampai 10rb km
Klo udah aging di atas 6-7thn apalagi seal udh melar, jaraknya baiknya pendekin aja
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri