kendibocor wrote: Fri Jun 13, 2025 1:52
ChZ wrote: Wed Jun 11, 2025 8:07
kendibocor wrote: Wed Jun 11, 2025 8:03
Kalo ngomong KPR lebih seru lg nih
Bunga jebakan betmen yg jarang terekspos gara2 dibilang harga tanah n properti naek mulu. Sampe banyak yg invest properti beli pake KPR. Padahal di sebagian besar wilayah sekeliling jkt apalagi yg model2 cluster2 pasar mulai jenuh. Makanya belakangan banyak yg jual murah, jual modal, bahkan jual rugi
nanti ada yang bilang mbah
"warga wakanda banyak yang nggak siap punya rumah, makanya dimahalin"
jurus logika kebolak balik
Ada yg beneran ngmng gitu mbah? What a dumbfu*k…..
darrelund wrote: Thu Jun 12, 2025 9:06
ini sudah dibuktikan daerah SCBD-HI
klo naek MRT / tije liat aja kurang penuh apa tuh
intinya problem utama kan bukan di mobil kebanyakan, tapi di pilihan transportasi.
dan jakarta jg ud overload jadi ya, ngebuktiinnya jg gampang, muter" aja pas orang mudik
wuah lenggang sekali jalanan itu
Menurut oe sih tata kotanya aja yg ngawur dari awalnya mbah ditambah yg ngatur lebih ngawur lg. Ngomong overloaded agak jauhan dikit ngebandinginnya ma tokyo. Tuh tokyo aja penduduk ampir 40jt jiwa tp transum ga masalah. Ya di rush hour padat penuh si tp tetep bisa mengakomodir warlok sama turis jg yg belakangan jumlahnya membeludak
wkwkw seru nih isi nya beberapa page terakhir yg OOT sebenernya
kalo dibilang pembatasan kendaraan di jakarta misalkan, saya kurang setuju karena sebenernya udah dengan beberapa cara juga ga efektif2 amat seperti pajak progresif, bayar parkir yang mahal, dan sistem ganjil genap yang bikin orang malah nambah mobil
terus misal disuruh pakai transportasi umum, yes, kalu di jakarta tinggal di daerah prime yang mana transport umum nyaman dan reachable enak, misal u tinggal di daerah lebak bulus ikutin jalur MRT sampai thamrin, emg ada daerah sana yang harga tanahnya murah? ga ada.
harga rumah di bsd, sama di kemang bisa sama aja hari gini. tp banyak org suka tinggal di bsd atau gading serpong, kerjanya ttp ke jakarta, naik transum sih lama ya ujung2 nya pake mobil, blm kemungkinan kena copot, kena harassment untuk perempuan2, kena jeblos di jembatan penyebrangan atau trotoar
misal saya tinggal di kemang jaksel mau ke plaza indonesia, yg murah dan efisien, naik gojek ke stasiun MRT blok a, turun persis depan plaza indonesia. tp balik lagi, its not for everyone. yg sudah naik mbl + driver, akan sedikit kepikiran untuk metode itu.
kl ngmng2 zaman dulu, sebenernya udh ga relevan ya. dl taun 95an saya naik sepeda kemana2 rumah saya di jatiasih, jalan 5km-10km naik sepeda, emg sih saya ga mati, tp hampir mati di tabrak angkot ya sering. lah sekarang, u crossing di depan plaza senayan/sency jalan kaki aja bisa ditabrak taxol yg nyetirnya asal2an or motor.
kl saya masih suka pake kombinasi ojol + mrt kl memang ada urusan yang lewat kesana, ga pake pusing, kepala bau helm ojol aja dikit
terus naik transum itu kebanyakan lebih time consuming, dan ga semua org punya banyak waktu.
terus jakarta itu panas lembab campur aduk, jgn la di bandingin sama tokyo itu wkwk, ane jalan kaki di SG aja males kalo lg panas padahal mah lebih aman.