gwa revisi : jaman hachigo itu AKAN mau bikin global platfrom, cman gatau kenapa terus tiba2 gajadi n ganti CEO (kaianya sih emang siklus 5 tahunan CEO jepun kan) in yang bikin dev mobil bengkak dimana semua saat itu dah pake modular/scalar platform kaia skyactiv honda masih pake skeletal unibody tahun 2010s.ChZ wrote: Fri May 30, 2025 8:00iya zaman si hachigo justru lagi naik naiknya kan. develop whole new platform buat civic-crv-accord. directionnya mibe itu kayak gak jelas. FCX apa kabar itu, gak kedengeran di masanya mibe. padahal itu mobil unik yang dijual pake 3 tipe penggerak berbeda. gw yakin sebenernya goalnya buat riset aja tapi sekarang di shutdownkayukayuthe5th wrote: Fri May 30, 2025 4:36 ya gitulah padahal dari hachigo gwa ada high hopes sih.
FE mah klo gwa bilang emang ampas sih.
ga mahal cman emang karena mibe diawal2 itu dah fetish elektrik doi. dreamo project sustainable fuel dulu waktu prepandemi langsung dicutt, pabrik2 dibuat assembly line untuk EV skrg baru sadar EV slowdown panik reinvest di ICE (lewat india) ma Hybrid. development engine juga dicut karena alasan Pandemi......saat itu
pokoknya kalo selagi mibe yah honda bakal gini2 aja cenderung declines.
cina kalo gwa bilang dah lepas aja , ualan pragmatis sporadis aja wes. gakmungking lu kejar big6 sono (Wuling-SAIC, cherry, byd , GMW , Baojun, DFSK)![]()
gw makanya bingung kenapa straightforward ke BEV. bener missing link antara hachigo sama mibe.
dulu teknologi2 gini H itu pelopor kok, sekarang jadi ngekor.
tapi soal powertrain saat itu honda lengkap loh hachigo bikin mirip2 ama multipahtway solution toyota itu mantep. FCX katanya alasan pandemi om, terus Mibe langsung bikin tagline baru how we move you , fokus lah ke listrik2an
dunno yah, tapi ini kalo liat2 dari rumor dari jepang (dan sedikit analisi bodoh saya), investor ma shareholder honda saat ini kaianya kebanyakan leftis n pasukan ijo2an jadi emang dipush gitu plus mibe ini "inggih kepanggih" bahasa jawa yes man doang akhirnya plin plan. yang pleng fatal ingat skandal F1 yang cabut terus tiba2 balek kucing saat verstapen juara 2021 ? sampe porsche gajadi comeback perkara doi. makanya skrg FIA juga ada klausul sih gak bisa balik kucing lagi karena pengen sustain.
yah mau gimana leadership mibe ini juga kurang. antar regional CEO aja ngomongnya beda2 si CEO india continue ICE, mibe kemaren waktu business meeting cman transisi di 2030 (pede banget doi kepilih lagi jadi CEO) sayang hachigo ga mau jadi chairman sih. karena dulu waktu ito ke hachigo ito masih jadi chairman mirip toyota si akio masih chairman n skrg koji sato (tapi ok juga ini orang, handle masalah daihatsu, skandal hino, terus sertifikasi issue di industri doi langsung bere dalam 1 tahun) jadi kesannya ga ada yang bimbing. ini juga yang dikeluhkan wartawan asahi kalo gasalah tiap tahun pendekatan beda waktu 2021 kopid bilang all EV 2040 terus 2022 all EV / FCV , terus 2023 global sales doang plus hybrid , 2024 doi ngomong balek pengen EV/FCV karena trends regulasi, nah 2025 kemarin revisi lagi balek hybrid (apa ga punyeng tuh engineer, mechanic, ma RnD)
