Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Fri May 30, 2025 8:00
kayukayuthe5th wrote: Fri May 30, 2025 4:36 ya gitulah padahal dari hachigo gwa ada high hopes sih.

FE mah klo gwa bilang emang ampas sih.

ga mahal cman emang karena mibe diawal2 itu dah fetish elektrik doi. dreamo project sustainable fuel dulu waktu prepandemi langsung dicutt, pabrik2 dibuat assembly line untuk EV skrg baru sadar EV slowdown panik reinvest di ICE (lewat india) ma Hybrid. development engine juga dicut karena alasan Pandemi......saat itu
pokoknya kalo selagi mibe yah honda bakal gini2 aja cenderung declines.

cina kalo gwa bilang dah lepas aja , ualan pragmatis sporadis aja wes. gakmungking lu kejar big6 sono (Wuling-SAIC, cherry, byd , GMW , Baojun, DFSK)
iya zaman si hachigo justru lagi naik naiknya kan. develop whole new platform buat civic-crv-accord. directionnya mibe itu kayak gak jelas. FCX apa kabar itu, gak kedengeran di masanya mibe. padahal itu mobil unik yang dijual pake 3 tipe penggerak berbeda. gw yakin sebenernya goalnya buat riset aja tapi sekarang di shutdown :big_bored:

gw makanya bingung kenapa straightforward ke BEV. bener missing link antara hachigo sama mibe.

dulu teknologi2 gini H itu pelopor kok, sekarang jadi ngekor.
gwa revisi : jaman hachigo itu AKAN mau bikin global platfrom, cman gatau kenapa terus tiba2 gajadi n ganti CEO (kaianya sih emang siklus 5 tahunan CEO jepun kan) in yang bikin dev mobil bengkak dimana semua saat itu dah pake modular/scalar platform kaia skyactiv honda masih pake skeletal unibody tahun 2010s.
tapi soal powertrain saat itu honda lengkap loh hachigo bikin mirip2 ama multipahtway solution toyota itu mantep. FCX katanya alasan pandemi om, terus Mibe langsung bikin tagline baru how we move you , fokus lah ke listrik2an

dunno yah, tapi ini kalo liat2 dari rumor dari jepang (dan sedikit analisi bodoh saya), investor ma shareholder honda saat ini kaianya kebanyakan leftis n pasukan ijo2an jadi emang dipush gitu plus mibe ini "inggih kepanggih" bahasa jawa yes man doang akhirnya plin plan. yang pleng fatal ingat skandal F1 yang cabut terus tiba2 balek kucing saat verstapen juara 2021 ? sampe porsche gajadi comeback perkara doi. makanya skrg FIA juga ada klausul sih gak bisa balik kucing lagi karena pengen sustain.

yah mau gimana leadership mibe ini juga kurang. antar regional CEO aja ngomongnya beda2 si CEO india continue ICE, mibe kemaren waktu business meeting cman transisi di 2030 (pede banget doi kepilih lagi jadi CEO) sayang hachigo ga mau jadi chairman sih. karena dulu waktu ito ke hachigo ito masih jadi chairman mirip toyota si akio masih chairman n skrg koji sato (tapi ok juga ini orang, handle masalah daihatsu, skandal hino, terus sertifikasi issue di industri doi langsung bere dalam 1 tahun) jadi kesannya ga ada yang bimbing. ini juga yang dikeluhkan wartawan asahi kalo gasalah tiap tahun pendekatan beda waktu 2021 kopid bilang all EV 2040 terus 2022 all EV / FCV , terus 2023 global sales doang plus hybrid , 2024 doi ngomong balek pengen EV/FCV karena trends regulasi, nah 2025 kemarin revisi lagi balek hybrid (apa ga punyeng tuh engineer, mechanic, ma RnD) :big_biglaugh:
Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ilhami »

bagaimanapun insentif pajak untuk mobil listrik terlalu besar.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 420
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by fl4b1e »

Sebagai ex pengguna Honda, dan pemakau Hyundai serta Suzuki, kesan pertama masalah Honda ini ;

1. Di after sales service, saya sendiri sih merasa bengkel Honda mahal ya, jauh lebih mahal dibanding Suzuki. Hyundai juga ga bisa dibilang murah sih, tapi ya karena olinya pakai Shell ultra 0W20, ya saya terimalah kalau harganya segitu. Tuk saya biaya servis Hyundai sama Suzuki saya saja beda jauh. Jadi kebayang dan tanya2 temen2 saya yang pakai Honda lawas ga balik ke bengkel resmi. Karena alasan biaya servisnya mahal, bahkan tuk servis ganti oli sama tune up. Inget mobil lawas Honda itu banyak lho di Indonesia. Sampai sekarang dealer Nissan yg saya liat masih bawa Xtrailnya ke bengkel Nissan. Masak temen saya yg bawa CRV RM ga mau balik ke Honda.


2. Sejak dahulu volume maker Honda itu kan bukan civic, accord ataupun city, tapi mobilio, dan brio. Kalau sekarang meski bro masih laku, BRVnya kan kalah bersaing. Saingannya siap? Ga usah bandingin sama Avanza dan Veloz yang dari dulu diatas, pesaingnya ya Misubishi Xpander tuk yang pengen nyaman, sama Auzuki Ertiga dan XL7 tuk yang pengen ASSnya murah (kayak saya). Jadi BRV , kalah dimana? Legabya kalah sama Xpander, XL7, Stargazer dan Avanza. Itu dah buat kalah. Dulu kan slogannya man maximum, machine minimum, mobilio itu lega lho pada jamannya. Brio itu kerasa bersaing lho sama Agya. Sekarang WRV dan Brio vs Raize, Baleno sama Fronx, kan juga belum tentu unggull telak. Yang unggul itu mnrt saya masih HRV. Tapi HRV ini pacarnya dah yg 400jt yg Jadi batas psikologis di jaman sekarang.

3. Kalau segmen diatasnya kayak civic, CRV, Accord meski tetep oke teknologi dan bararangnya, di atas 500 juta ini baru lawannya mobil listrik sama mobil Cina, selain Zenix sama Fortuner dan Pajero Sport.
Kan mayoritas di kota besar yaa pasar Honda ini. Kalau saya yg di kota rada kecil, yang jalannya rusak mending beli Fortuner atau Zenix kalau masih lebih aman jalannannya. Tapi kalau kota besar? Hmm.. mobil listrik jadi lawannya..

Yg rada sakit ya kalau dealernya Jadi Cherry ug masih banyak jualan ICE kayak Tiggo.. :big_peace:
hadeuh.. susah jadinya ex fealer Honda.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1533
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

ChZ wrote: Fri May 30, 2025 3:34
Pugman wrote: Thu May 29, 2025 4:40 Nah..nah.. saya pikir memang secara marketing Honda juga lupa membuat sebuah tag line yang kuat, ya mungkin karena produknya juga ga ada.

Tag line Skyactiv Mazda itu awal muncul juga bikin orang skeptis, tapi akhirnya jadi branding yang memang membantu, earth dreams Honda ini kurang kuat secara konsep, jadi kaya tenggelam begitu saja padahal itu meluncur hampir barengan.

Toyota justru bikin gebrakan dengan ganti line up TRD dengan GR, tapi produk Halo macam GR Yaris dan Corolla itu dibikin lebih serius dengan sesuatu yang out of the box, mesin 3 silinder powerfull. Jadi orang bukan lihat powernya, tapi lihat mesin 3 silinder bisa kencang.

Yang cukup mengejutkan Justru Suzuki itu lebih rajin update line up dengan harga yang lebih murah tapi fitur lebih banyak.
saya cuma merenung gini oom as a honda fan and loyalist,

inovasi itu dulu spiritnya Honda.

pre-2010 kita liat banyak banget inovasi unik yang mungkin buat customer gak penting, tapi percayalah itu what shapes the brand value.

- jazz dengan smart cabin + ultra seat.
- freed dengan box+triangle shape, open cafe interior
- civic FD dengan multiplex meter

suka nggak suka dibilang gimik, gimiknya Honda is never about electrical nannies, saat pabrikan lain ribut adu fitur, Honda kasih sesuatu yang beda. saat pabrikan lain bikin SUV itu kotak-kotak (Xtrail, GV, Escape), Honda bikin konsep baru dengan CRV gen 3 yang membulat, dan dalemnya roomy mewah kayak sedan besar. makanya mau naikannya gerobak abis ya tetep laku. fiturnya kalah dari X-trail ya tetep laku, karena kabinnya 80% bikin orang gak ngelirik kabinnya Xtrail yang lebih ke utilitarian.

lalu image dari dulu sebagai engine builder. saat itu VTEC itu dianggep sebagai inovasi hebat karena bisa menghasilkan hp/liter paling gede, sebelumnya CVCC bisa lolos uji emisi tanpa catalytic converter. ini berujung ke prestasi motorsportnya, engine dengan karakter revving dan dual-cam profile gini enak dituning. and still reliable. mobil emak-emak ke pasar yang bisa dipake trackday.

sekarang kalau Honda gimmicknya adalah electrical nannies, turbo, hybrid ? dimana brand value itu? apa inovatifnya, mesin turbo semua pake ya tapi ini ok lah cuma why fooling us with "VTEC turbo", while gak semua VTEC Turbo itu pake VTEC cam itupun hanya exhaust?

maksudnya turbo rasa VTEC kah? gak ada penjelasannya.

hybrid semua pake. e:HEV nothing special lah.

Brio is just a small car and Honda, that's it. nggak ada yang inovatif dari Brio. double triangle design itu biar apa akhirnya direvisi juga pantatnya, wong koper aja gak masuk ke bagasinya.

sekarang penataan kabin yang dari dulu jadi jagonya Honda pun ilang. liat HRV RV yang begitu kacau practicalitynya. mobilnya gendut karena alasan a b c d. HRV RU itu masih secara konsep menarik, RV udah gak menarik. sayangnya RU ruined by HPM dengan entah apa yang dilakukan H dengan bushing lower armnya, might be something like innova reborn.
Yes selain "Vtec Kick in yo.." saya ingat Honda's "Man Maximum, Machine Minimum" (M/M) design philosophy,
Ini saya amaze waktu lihat Jazz GE8 yang kelihatan mungil dari luar ternyata dalamnya lega, sehingga bikin yaris ga ada apa-apanya soal kelegaan, posisi nyetir enak dan enak juga dibawanya
Atau Oddysey RB series itu juga keren, body kelihatan panjang tipis gitu tapi terasa lebih lega dari Pajero/Fortuner.

Agak disayangkan kalau pabrikan yang punya power unit pemenang F1 tapi mobil masalnya menjauh dari DNA sport.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6349
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

Pugman wrote: Fri May 30, 2025 14:29 Yes selain "Vtec Kick in yo.." saya ingat Honda's "Man Maximum, Machine Minimum" (M/M) design philosophy,
Ini saya amaze waktu lihat Jazz GE8 yang kelihatan mungil dari luar ternyata dalamnya lega, sehingga bikin yaris ga ada apa-apanya soal kelegaan, posisi nyetir enak dan enak juga dibawanya
Atau Oddysey RB series itu juga keren, body kelihatan panjang tipis gitu tapi terasa lebih lega dari Pajero/Fortuner.

Agak disayangkan kalau pabrikan yang punya power unit pemenang F1 tapi mobil masalnya menjauh dari DNA sport.
keknya PEAK honda itu angkatan GE8, RM, FB, GB, GM, CP/CR biarpun mesin CR jelek :big_bored:

padahal pada jaman segitu kena hujat gila2an juga cuma jaman sekarang liat itu produk malah jd gem apalagi FB kayak FD versi compact :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by darrelund »

liat penjualan indo market yg skrg targetnya "700rb"

yakin makin dikacangin sama regional & principal :big_biglaugh:

dari terawangan oe kykna situasi oonda agak complex, "rigid org structure" + "limited capital" + "limited resources"

blum ditambah isu politis/ geopolitis nya

klo arahnya gini, gak heran itu pabrik assy mobil bisa bubar beneran & sisain produksi parts doang
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1533
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

b0ku wrote: Fri May 30, 2025 14:36
Pugman wrote: Fri May 30, 2025 14:29 Yes selain "Vtec Kick in yo.." saya ingat Honda's "Man Maximum, Machine Minimum" (M/M) design philosophy,
Ini saya amaze waktu lihat Jazz GE8 yang kelihatan mungil dari luar ternyata dalamnya lega, sehingga bikin yaris ga ada apa-apanya soal kelegaan, posisi nyetir enak dan enak juga dibawanya
Atau Oddysey RB series itu juga keren, body kelihatan panjang tipis gitu tapi terasa lebih lega dari Pajero/Fortuner.

Agak disayangkan kalau pabrikan yang punya power unit pemenang F1 tapi mobil masalnya menjauh dari DNA sport.
keknya PEAK honda itu angkatan GE8, RM, FB, GB, GM, CP/CR biarpun mesin CR jelek :big_bored:

padahal pada jaman segitu kena hujat gila2an juga cuma jaman sekarang liat itu produk malah jd gem apalagi FB kayak FD versi compact :big_biglaugh:
Ini orang Honda jawabnya malah aneh lagi, ditanya kenapa daeler pada tutup? Jawabnya "kami tetap melayani konsumen" dan dari jawaban itu kelihatan mulai gusar..
:upss:

https://www.cnbcindonesia.com/news/2025 ... buka-suara

Toyota, Mazda dan Suzuki (Suzuki pakai battery pack BYD) sudah gandeng pabrik China buat bikin EV dengan beberapa yang sudah dijual. Honda masih idealis mau bikin sendiri kayaknya..
marr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by marr »

Kmrn gw baru servis HRV di honda jakarta center pangjay
Service bay masih rame since bengkelnya salah satu yg paling gede di jakarta

Mampir liat ke showroom.. ya begitulah. Mobil yang dipajang udah berapa dekade itu brio brv hrv crv. “Mbak ga ada yang baru?” “Crv paling baru kak”

Kyknya hrv gw bs jadi honda terakhir yg gw beli kalo produknya ttep kaya skrng. As a honda fan, sedih sih wkwkwkwkwk
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12646
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Suryaputra »

marr wrote: Sat May 31, 2025 0:54 Kmrn gw baru servis HRV di honda jakarta center pangjay
Service bay masih rame since bengkelnya salah satu yg paling gede di jakarta

Mampir liat ke showroom.. ya begitulah. Mobil yang dipajang udah berapa dekade itu brio brv hrv crv. “Mbak ga ada yang baru?” “Crv paling baru kak”

Kyknya hrv gw bs jadi honda terakhir yg gw beli kalo produknya ttep kaya skrng. As a honda fan, sedih sih wkwkwkwkwk
sebetulnya mopang ya dr dulu lifecycle produknya relatif lama:
- Buttlift = tiap 3-4 thn sekali
- Ganti model total = 7-8 thn sekali

Kondisi psikologis milih produk:
- Dulu.. we get used to it
- Sekarang.. benchmarknya krn lihat mobcin, keluarin model udh kaya model Handphone, tiap tahun facelift

wkwkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Fri May 30, 2025 17:36 liat penjualan indo market yg skrg targetnya "700rb"

yakin makin dikacangin sama regional & principal :big_biglaugh:

dari terawangan oe kykna situasi oonda agak complex, "rigid org structure" + "limited capital" + "limited resources"

blum ditambah isu politis/ geopolitis nya

klo arahnya gini, gak heran itu pabrik assy mobil bisa bubar beneran & sisain produksi parts doang
yes betul broh ini
rigid orang structure : orangnya plin plan + gampang disetir outers
limited capital : duit honda cman 10 billion tapi bisnis divisi terlalu diverse (power, robot, 2 4 wheel , ditambah lagi jet)
limited resources : terlalu fokus EV dimana skrg pasar berubah akhirrnya mau balkin ke hyrid / ICE kesusahan karena kemaren dah terlanjur layoff orang yang bisa handle ICE/hybrid
Pugman wrote: Fri May 30, 2025 23:38
b0ku wrote: Fri May 30, 2025 14:36
Pugman wrote: Fri May 30, 2025 14:29 Yes selain "Vtec Kick in yo.." saya ingat Honda's "Man Maximum, Machine Minimum" (M/M) design philosophy,
Ini saya amaze waktu lihat Jazz GE8 yang kelihatan mungil dari luar ternyata dalamnya lega, sehingga bikin yaris ga ada apa-apanya soal kelegaan, posisi nyetir enak dan enak juga dibawanya
Atau Oddysey RB series itu juga keren, body kelihatan panjang tipis gitu tapi terasa lebih lega dari Pajero/Fortuner.

Agak disayangkan kalau pabrikan yang punya power unit pemenang F1 tapi mobil masalnya menjauh dari DNA sport.
keknya PEAK honda itu angkatan GE8, RM, FB, GB, GM, CP/CR biarpun mesin CR jelek :big_bored:

padahal pada jaman segitu kena hujat gila2an juga cuma jaman sekarang liat itu produk malah jd gem apalagi FB kayak FD versi compact :big_biglaugh:
Ini orang Honda jawabnya malah aneh lagi, ditanya kenapa daeler pada tutup? Jawabnya "kami tetap melayani konsumen" dan dari jawaban itu kelihatan mulai gusar..
:upss:

https://www.cnbcindonesia.com/news/2025 ... buka-suara

Toyota, Mazda dan Suzuki (Suzuki pakai battery pack BYD) sudah gandeng pabrik China buat bikin EV dengan beberapa yang sudah dijual. Honda masih idealis mau bikin sendiri kayaknya..
pake punya LG, cman gajadi dulu karena issue tarrif trumps+politik china-US soal supply chain yang dipangkas
ama solid state masih inhouse. yah intinya sih kalo gwa dari pusat mesti liat bahwa global souths market ini "penting" di mibe ini cman yang diurus 2 wheel doang ama untung. gapernah loh bahas teknologi (kecuali CEO honda india yang kalo gwa liat2 ini punya background ma penyampaain info yang lumayan) rezim mibe ini juga komunikasinya terlalu "aman" ayh itu yang udah saya jelaskan diatas rumor has it, karena terlalu "ndegneri" investor ma sharrholder yang pro env.
marr wrote: Sat May 31, 2025 0:54 Kmrn gw baru servis HRV di honda jakarta center pangjay
Service bay masih rame since bengkelnya salah satu yg paling gede di jakarta

Mampir liat ke showroom.. ya begitulah. Mobil yang dipajang udah berapa dekade itu brio brv hrv crv. “Mbak ga ada yang baru?” “Crv paling baru kak”

Kyknya hrv gw bs jadi honda terakhir yg gw beli kalo produknya ttep kaya skrng. As a honda fan, sedih sih wkwkwkwkwk
tunggu PF2 dari india sih, masih have faiths setidaknya sampai "truly modular/scalar platform" . kalo gitu2 aja n ga wah ya gwa nyebrang ke grup toyo aja lah yang jelas mutlipathway sol. alias suku cadang ma aftersales lebih terjamin :big_grin:
Last edited by kayukayuthe5th on Sat May 31, 2025 2:55, edited 2 times in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sat May 31, 2025 1:30
marr wrote: Sat May 31, 2025 0:54 Kmrn gw baru servis HRV di honda jakarta center pangjay
Service bay masih rame since bengkelnya salah satu yg paling gede di jakarta

Mampir liat ke showroom.. ya begitulah. Mobil yang dipajang udah berapa dekade itu brio brv hrv crv. “Mbak ga ada yang baru?” “Crv paling baru kak”

Kyknya hrv gw bs jadi honda terakhir yg gw beli kalo produknya ttep kaya skrng. As a honda fan, sedih sih wkwkwkwkwk
sebetulnya mopang ya dr dulu lifecycle produknya relatif lama:
- Buttlift = tiap 3-4 thn sekali
- Ganti model total = 7-8 thn sekali

Kondisi psikologis milih produk:
- Dulu.. we get used to it
- Sekarang.. benchmarknya krn lihat mobcin, keluarin model udh kaya model Handphone, tiap tahun facelift

wkwkwkwkw
masih medning facelift, ganti model dong ahahaha :big_biglaugh:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 810
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by timbermaniac123 »

Suryaputra wrote: Sat May 31, 2025 1:30
Kondisi psikologis milih produk:
- Dulu.. we get used to it
- Sekarang.. benchmarknya krn lihat mobcin, keluarin model udh kaya model Handphone, tiap tahun facelift

wkwkwkwkw
Salah satu alasan ga mau beli mobcin. Demi kesehatan mental. Gimana rasanya owner tiggo 5x ga lama keluar tiggo cross. Baru pake belum 1 tahun udah keluar model baru yang lebih bagus. Langsung tiggo 5x berasa jadul seperti mobil era 2016 designnya.

Mending beli kaya voxy, ga ada facelift cuma ada improvement sampe 7 - 8 tahun baru ganti next gen.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Fri May 30, 2025 14:29
ChZ wrote: Fri May 30, 2025 3:34
Pugman wrote: Thu May 29, 2025 4:40 Nah..nah.. saya pikir memang secara marketing Honda juga lupa membuat sebuah tag line yang kuat, ya mungkin karena produknya juga ga ada.

Tag line Skyactiv Mazda itu awal muncul juga bikin orang skeptis, tapi akhirnya jadi branding yang memang membantu, earth dreams Honda ini kurang kuat secara konsep, jadi kaya tenggelam begitu saja padahal itu meluncur hampir barengan.

Toyota justru bikin gebrakan dengan ganti line up TRD dengan GR, tapi produk Halo macam GR Yaris dan Corolla itu dibikin lebih serius dengan sesuatu yang out of the box, mesin 3 silinder powerfull. Jadi orang bukan lihat powernya, tapi lihat mesin 3 silinder bisa kencang.

Yang cukup mengejutkan Justru Suzuki itu lebih rajin update line up dengan harga yang lebih murah tapi fitur lebih banyak.
saya cuma merenung gini oom as a honda fan and loyalist,

inovasi itu dulu spiritnya Honda.

pre-2010 kita liat banyak banget inovasi unik yang mungkin buat customer gak penting, tapi percayalah itu what shapes the brand value.

- jazz dengan smart cabin + ultra seat.
- freed dengan box+triangle shape, open cafe interior
- civic FD dengan multiplex meter

suka nggak suka dibilang gimik, gimiknya Honda is never about electrical nannies, saat pabrikan lain ribut adu fitur, Honda kasih sesuatu yang beda. saat pabrikan lain bikin SUV itu kotak-kotak (Xtrail, GV, Escape), Honda bikin konsep baru dengan CRV gen 3 yang membulat, dan dalemnya roomy mewah kayak sedan besar. makanya mau naikannya gerobak abis ya tetep laku. fiturnya kalah dari X-trail ya tetep laku, karena kabinnya 80% bikin orang gak ngelirik kabinnya Xtrail yang lebih ke utilitarian.

lalu image dari dulu sebagai engine builder. saat itu VTEC itu dianggep sebagai inovasi hebat karena bisa menghasilkan hp/liter paling gede, sebelumnya CVCC bisa lolos uji emisi tanpa catalytic converter. ini berujung ke prestasi motorsportnya, engine dengan karakter revving dan dual-cam profile gini enak dituning. and still reliable. mobil emak-emak ke pasar yang bisa dipake trackday.

sekarang kalau Honda gimmicknya adalah electrical nannies, turbo, hybrid ? dimana brand value itu? apa inovatifnya, mesin turbo semua pake ya tapi ini ok lah cuma why fooling us with "VTEC turbo", while gak semua VTEC Turbo itu pake VTEC cam itupun hanya exhaust?

maksudnya turbo rasa VTEC kah? gak ada penjelasannya.

hybrid semua pake. e:HEV nothing special lah.

Brio is just a small car and Honda, that's it. nggak ada yang inovatif dari Brio. double triangle design itu biar apa akhirnya direvisi juga pantatnya, wong koper aja gak masuk ke bagasinya.

sekarang penataan kabin yang dari dulu jadi jagonya Honda pun ilang. liat HRV RV yang begitu kacau practicalitynya. mobilnya gendut karena alasan a b c d. HRV RU itu masih secara konsep menarik, RV udah gak menarik. sayangnya RU ruined by HPM dengan entah apa yang dilakukan H dengan bushing lower armnya, might be something like innova reborn.
Yes selain "Vtec Kick in yo.." saya ingat Honda's "Man Maximum, Machine Minimum" (M/M) design philosophy,
Ini saya amaze waktu lihat Jazz GE8 yang kelihatan mungil dari luar ternyata dalamnya lega, sehingga bikin yaris ga ada apa-apanya soal kelegaan, posisi nyetir enak dan enak juga dibawanya
Atau Oddysey RB series itu juga keren, body kelihatan panjang tipis gitu tapi terasa lebih lega dari Pajero/Fortuner.

Agak disayangkan kalau pabrikan yang punya power unit pemenang F1 tapi mobil masalnya menjauh dari DNA sport.
jaman2 jazz ini. skrg dibalikin lagi kok........tapi jadi bwat peletakan ADAS ama SDV stuff :big_childish: :big_childish:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16737
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Fri May 30, 2025 8:40 gwa revisi : jaman hachigo itu AKAN mau bikin global platfrom, cman gatau kenapa terus tiba2 gajadi n ganti CEO (kaianya sih emang siklus 5 tahunan CEO jepun kan) in yang bikin dev mobil bengkak dimana semua saat itu dah pake modular/scalar platform kaia skyactiv honda masih pake skeletal unibody tahun 2010s.
tapi soal powertrain saat itu honda lengkap loh hachigo bikin mirip2 ama multipahtway solution toyota itu mantep. FCX katanya alasan pandemi om, terus Mibe langsung bikin tagline baru how we move you , fokus lah ke listrik2an

dunno yah, tapi ini kalo liat2 dari rumor dari jepang (dan sedikit analisi bodoh saya), investor ma shareholder honda saat ini kaianya kebanyakan leftis n pasukan ijo2an jadi emang dipush gitu plus mibe ini "inggih kepanggih" bahasa jawa yes man doang akhirnya plin plan. yang pleng fatal ingat skandal F1 yang cabut terus tiba2 balek kucing saat verstapen juara 2021 ? sampe porsche gajadi comeback perkara doi. makanya skrg FIA juga ada klausul sih gak bisa balik kucing lagi karena pengen sustain.

yah mau gimana leadership mibe ini juga kurang. antar regional CEO aja ngomongnya beda2 si CEO india continue ICE, mibe kemaren waktu business meeting cman transisi di 2030 (pede banget doi kepilih lagi jadi CEO) sayang hachigo ga mau jadi chairman sih. karena dulu waktu ito ke hachigo ito masih jadi chairman mirip toyota si akio masih chairman n skrg koji sato (tapi ok juga ini orang, handle masalah daihatsu, skandal hino, terus sertifikasi issue di industri doi langsung bere dalam 1 tahun) jadi kesannya ga ada yang bimbing. ini juga yang dikeluhkan wartawan asahi kalo gasalah tiap tahun pendekatan beda waktu 2021 kopid bilang all EV 2040 terus 2022 all EV / FCV , terus 2023 global sales doang plus hybrid , 2024 doi ngomong balek pengen EV/FCV karena trends regulasi, nah 2025 kemarin revisi lagi balek hybrid (apa ga punyeng tuh engineer, mechanic, ma RnD) :big_biglaugh:
Image
iya setau saya sebelum mibe itu kayak masih kekeuh, makanya cara ini gak japanese banget dan gak Honda banget FOMO begini. saya liat peralihan dari ito ke hachigo bagus bagus kok approachnya.

Honda itu failed productnya banyak tapi failed product itu bukti kalo they tried. Insight, CRZ, FCX gitu2. NSX itu jelek2 gitu juga di zamannya canggih tuh.

sekarang main aman semua ya biar apa. mana inovasi yang katanya spiritnya H itu.

terus jangan lupa om marketshare terbesar H juga ada di negara om trump, mungkin juga dipush ke ijo ijoan karena di sono saingannya Tesla. tuh kan giliran japanese company ada urusan ama bule selalu kacau deh, batu makam juga sama kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6349
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

Pugman wrote: Fri May 30, 2025 23:38 Ini orang Honda jawabnya malah aneh lagi, ditanya kenapa daeler pada tutup? Jawabnya "kami tetap melayani konsumen" dan dari jawaban itu kelihatan mulai gusar..
:upss:

https://www.cnbcindonesia.com/news/2025 ... buka-suara

Toyota, Mazda dan Suzuki (Suzuki pakai battery pack BYD) sudah gandeng pabrik China buat bikin EV dengan beberapa yang sudah dijual. Honda masih idealis mau bikin sendiri kayaknya..
nutupin kegagalan tunggu ronde berikutnya namanya HRV HYBRID................. :mky_07:

honda honda tobat mu kapan.............. :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6349
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Sat May 31, 2025 2:53 jaman2 jazz ini. skrg dibalikin lagi kok........tapi jadi bwat peletakan ADAS ama SDV stuff :big_childish: :big_childish:
padahal konsumennya cuma mau mobil kek GE8 dengan mesin dan matic baru ditambah struktur chasis dan setup supensi yang lebih advance maksudnya secara mechanical :mky_07:

muter otak gak jelas buat fitur sampah macem ADAS :wkkk:

social experiment dulu deh keluarin dah tuh coba civic segede ES mesin VTEC lama deh tapi ATnya 8 speed ditambah setup supensi yang modern gw yakin laris bak kacang goreng :mky_07:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6349
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat May 31, 2025 3:18 iya setau saya sebelum mibe itu kayak masih kekeuh, makanya cara ini gak japanese banget dan gak Honda banget FOMO begini. saya liat peralihan dari ito ke hachigo bagus bagus kok approachnya.

Honda itu failed productnya banyak tapi failed product itu bukti kalo they tried. Insight, CRZ, FCX gitu2. NSX itu jelek2 gitu juga di zamannya canggih tuh.

sekarang main aman semua ya biar apa. mana inovasi yang katanya spiritnya H itu.

terus jangan lupa om marketshare terbesar H juga ada di negara om trump, mungkin juga dipush ke ijo ijoan karena di sono saingannya Tesla. tuh kan giliran japanese company ada urusan ama bule selalu kacau deh, batu makam juga sama kan.
yang om sebutin semua mengandung batre yang fail masih juga :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16737
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

Pugman wrote: Fri May 30, 2025 14:29 Yes selain "Vtec Kick in yo.." saya ingat Honda's "Man Maximum, Machine Minimum" (M/M) design philosophy,
Ini saya amaze waktu lihat Jazz GE8 yang kelihatan mungil dari luar ternyata dalamnya lega, sehingga bikin yaris ga ada apa-apanya soal kelegaan, posisi nyetir enak dan enak juga dibawanya
Atau Oddysey RB series itu juga keren, body kelihatan panjang tipis gitu tapi terasa lebih lega dari Pajero/Fortuner.

Agak disayangkan kalau pabrikan yang punya power unit pemenang F1 tapi mobil masalnya menjauh dari DNA sport.
dengan inovasi ultra seat dan cabin arrangement itu Honda berhasil bikin mobil bergenerasi-generasi tanpa harus makin gendut dengan derivatif seperti HR-V RU yang ukurannya compact. GD-GE-GK itu gak nambah signifikan juga.

di saat approach pabrikan lain mobil itu makin nambah gendut supaya bisa makin luas. Honda City GD dan GM itu lebih luas daripada Civic.

Accord CR itu terakhir menyusut malah ukurannya.

lah sekarang mobil Honda sendiri gendut-gendut, HRV RV itu saya pertama keluar agak surprised kok besar banget, mana makin sempit.

apa bedanya sama pabrikan lain :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16737
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sat May 31, 2025 3:26 yang om sebutin semua mengandung batre yang fail masih juga :mky_07:
Insight udah lost cause sama prius dibabat abis dari generasi pertama.
CR-Z failed attempt buat "sport hybrid" yang gak ada gunanya, hampir gak berasa.
NSX itu hypercar formula tapi failed soalnya gak bisa lebih kenceng daripada any competitors macem GT-R R35.
FCX Clarity attempt buat percobaan hydrogen powertrain.

emang gak jodoh sama batre-batrean.

yang bikin fans bersorak kan justru mobil analog macem Civic Type R bangkit lagi dari kubur setelah eranya Ito. bahkan dapet positive reviews. di saat European hot hatches blabbering tentang angka 0-100, differential canggih, AWD, ini FWD yang susah kekontrol dengan torsi segitu, transmisi manual lagi. saat-saat dimana bisa brag about sebagai fans Honda karena di zaman ini siapa yang mau produksi mobil manual?

FL5 bagus tapi ya makin gendut. hanya slightly better FK8 dan higher top speed. akselerasi 0-100nya aja mirip malah bisa kencengan FK8 kalo supirnya jago.

fans seneng, reviews positif, tapi justru malah balik bikin percobaan yang mereka udah gagal berkali-kali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6349
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat May 31, 2025 3:33
Insight udah lost cause sama prius dibabat abis dari generasi pertama.
CR-Z failed attempt buat "sport hybrid" yang gak ada gunanya, hampir gak berasa.
NSX itu hypercar formula tapi failed soalnya gak bisa lebih kenceng daripada any competitors macem GT-R R35.
FCX Clarity attempt buat percobaan hydrogen powertrain.

emang gak jodoh sama batre-batrean.

yang bikin fans bersorak kan justru mobil analog macem Civic Type R bangkit lagi dari kubur setelah eranya Ito. bahkan dapet positive reviews. di saat European hot hatches blabbering tentang angka 0-100, differential canggih, AWD, ini FWD yang susah kekontrol dengan torsi segitu, transmisi manual lagi. saat-saat dimana bisa brag about sebagai fans Honda karena di zaman ini siapa yang mau produksi mobil manual?

FL5 bagus tapi ya makin gendut. hanya slightly better FK8 dan higher top speed. akselerasi 0-100nya aja mirip malah bisa kencengan FK8 kalo supirnya jago.

fans seneng, reviews positif, tapi justru malah balik bikin percobaan yang mereka udah gagal berkali-kali.
nsx sebenernya gak fail kalo honda mau cabut itu batre yang lucu GT3 aja gak pake batre bisa :big_bored:

yang pukulan telak juga kan di test sama drift king di touge kalah sama gen1 yang tenaganya jauh lebih kecil artinya esensi hondanya ilang yang di ungguli dari NSX dari dulu kan dia mobil satu2xnya N/A tenaga paling payah di atas kertas tapi bisa compete sama saingannya yang pake turbo :big_bored:

eh malah succesornya NSX sekarang malah corvette :big_dunno:

buktinya covertte malah laris emang hondanya aja aneh :big_bored:

corvette sendiri keluarin zora yang hybrid juga fail :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16737
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

b0ku wrote: Sat May 31, 2025 3:41 nsx sebenernya gak fail kalo honda mau cabut itu batre yang lucu GT3 aja gak pake batre bisa :big_bored:

yang pukulan telak juga kan di test sama drift king di touge kalah sama gen1 yang tenaganya jauh lebih kecil artinya esensi hondanya ilang yang di ungguli dari NSX dari dulu kan dia mobil satu2xnya N/A tenaga paling payah di atas kertas tapi bisa compete sama saingannya yang pake turbo :big_bored:

eh malah succesornya NSX sekarang malah corvette :big_dunno:

buktinya covertte malah laris emang hondanya aja aneh :big_bored:
ya dodolnya emang itu sih. udah 3 motor gitu, sama slightly improved GT-R edisi terbaru aja dibabat. sama-sama gendut juga. mahal banget pula. lah orang beli supercar jepang itu kan karena lebih murah tapi bisa imbangin porse 911. masa gak belajar dari LFA.

jadi emang bener om corvette spiritual successornya NSX :mky_07: murah tapi bisa imbang sama supercar eropa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6349
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat May 31, 2025 3:46 ya dodolnya emang itu sih. udah 3 motor gitu, sama slightly improved GT-R edisi terbaru aja dibabat. sama-sama gendut juga. mahal banget pula. lah orang beli supercar jepang itu kan karena lebih murah tapi bisa imbangin porse 911. masa gak belajar dari LFA.

jadi emang bener om corvette spiritual successornya NSX :mky_07: murah tapi bisa imbang sama supercar eropa.


NSX S - C8
NSX R - Z06
NSX R GT - ZR1

:big_grin:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Bibieight »

kayukayuthe5th wrote: Sat May 31, 2025 2:44 pake punya LG, cman gajadi dulu karena issue tarrif trumps+politik china-US soal supply chain yang dipangkas
ama solid state masih inhouse. yah intinya sih kalo gwa dari pusat mesti liat bahwa global souths market ini "penting" di mibe ini cman yang diurus 2 wheel doang ama untung.
Ciri2 perusahaan ababil sama purchasernya kebanyakan ngisep kecubung. Zaman KTT G20 kemaren, ssmpat liat PCX EV di BTDC Nusa Dua, batere panasonic. Nah, kemaren liat yg. CUV-e. ternyata ganti merek jd. LG, udah gitu rakitan Prindavan. Seru lagi yg Icon, katanya bikinan cungkuo tapi pabrikan tidak terdengar, katanya depannya ada green2an gitu lah, greenlight apa greenpeace :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .

Kalo batere tu harus long term contract ndak bisa coba2, kayak Youngdie pake LG, Cungkuo kalo ndak BYD ya CATL, Bimmer pake Samsung. Ini kapan Panasonic, kapan, LG... Kalo gini caranya, kagak ada yg mau kasih batere ke Ahond :big_chicken: :big_chicken:

Sourcing batere aja kagak ada planning jelas pake kebanyakan polah bikin EV :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Emang untung-nya Honda diluar Jepang ama North America ya dari 2W, jadi ya kalo 4W JDM atau NA ndak bisa dijual disini ya akhirnya pake teknologi apa adanya :big_weee: :big_weee: Naaah kalo 2W baru kasih teknologi, tu eSaf terkutuk, kalo aja lokalisasinya bener ndak ada cerita potek. Itu frame monokok pake high tensile steel buat rangka Beat lho :big_exellent: :big_exellent:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sat May 31, 2025 3:24
kayukayuthe5th wrote: Sat May 31, 2025 2:53 jaman2 jazz ini. skrg dibalikin lagi kok........tapi jadi bwat peletakan ADAS ama SDV stuff :big_childish: :big_childish:
padahal konsumennya cuma mau mobil kek GE8 dengan mesin dan matic baru ditambah struktur chasis dan setup supensi yang lebih advance maksudnya secara mechanical :mky_07:

muter otak gak jelas buat fitur sampah macem ADAS :wkkk:

social experiment dulu deh keluarin dah tuh coba civic segede ES mesin VTEC lama deh tapi ATnya 8 speed ditambah setup supensi yang modern gw yakin laris bak kacang goreng :mky_07:
makanya......bingungkan ini researcher ma engineer honda.
bener di jaman mibe ini kaia honda ampir gak pernah kasih survei gitu2an, jadi gada feedback di development mobil
Bibieight wrote: Sat May 31, 2025 6:17
kayukayuthe5th wrote: Sat May 31, 2025 2:44 pake punya LG, cman gajadi dulu karena issue tarrif trumps+politik china-US soal supply chain yang dipangkas
ama solid state masih inhouse. yah intinya sih kalo gwa dari pusat mesti liat bahwa global souths market ini "penting" di mibe ini cman yang diurus 2 wheel doang ama untung.
Ciri2 perusahaan ababil sama purchasernya kebanyakan ngisep kecubung. Zaman KTT G20 kemaren, ssmpat liat PCX EV di BTDC Nusa Dua, batere panasonic. Nah, kemaren liat yg. CUV-e. ternyata ganti merek jd. LG, udah gitu rakitan Prindavan. Seru lagi yg Icon, katanya bikinan cungkuo tapi pabrikan tidak terdengar, katanya depannya ada green2an gitu lah, greenlight apa greenpeace :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .

Kalo batere tu harus long term contract ndak bisa coba2, kayak Youngdie pake LG, Cungkuo kalo ndak BYD ya CATL, Bimmer pake Samsung. Ini kapan Panasonic, kapan, LG... Kalo gini caranya, kagak ada yg mau kasih batere ke Ahond :big_chicken: :big_chicken:

Sourcing batere aja kagak ada planning jelas pake kebanyakan polah bikin EV :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Emang untung-nya Honda diluar Jepang ama North America ya dari 2W, jadi ya kalo 4W JDM atau NA ndak bisa dijual disini ya akhirnya pake teknologi apa adanya :big_weee: :big_weee: Naaah kalo 2W baru kasih teknologi, tu eSaf terkutuk, kalo aja lokalisasinya bener ndak ada cerita potek. Itu frame monokok pake high tensile steel buat rangka Beat lho :big_exellent: :big_exellent:
emang aneh sih honda ini kaia bingung gitu. emang iya di hybrid solution diagnostic juga yang tukang2 servis hybrid baternya ganti2 :mky_07:
apa gak bingung itu orang yang kerja disana, ganti batere=ganti chemical prop=ganti juga engineernya.
kalo panasonic soalny emang udah disiapin buat solids state toyota grup makanya kan kemaren bikin sakichi plant (tribute to sakichi toyoda yang punya ide bikin baterai tahan lama ama kapasitas gede tapi biaya minimum dan space-size kecil) makanya doi fokus ke japan neighbors sampe next tesla beralih ke LG.
kalo LG karena issue supply chain (iya karena kebanyakan OEM sih)
CATL kan mainsuplainya cman mau di mainalnd, cman kemaren finfast ama perodua bikin EV baru katanya pake platform skateboards si CATL.
ada rumor GS yuasa yang jadi hondainhose cman belum ada sampe skrg berita gimana ? :big_think: :big_think:
b0ku wrote: Sat May 31, 2025 3:41
ChZ wrote: Sat May 31, 2025 3:33
Insight udah lost cause sama prius dibabat abis dari generasi pertama.
CR-Z failed attempt buat "sport hybrid" yang gak ada gunanya, hampir gak berasa.
NSX itu hypercar formula tapi failed soalnya gak bisa lebih kenceng daripada any competitors macem GT-R R35.
FCX Clarity attempt buat percobaan hydrogen powertrain.

emang gak jodoh sama batre-batrean.

yang bikin fans bersorak kan justru mobil analog macem Civic Type R bangkit lagi dari kubur setelah eranya Ito. bahkan dapet positive reviews. di saat European hot hatches blabbering tentang angka 0-100, differential canggih, AWD, ini FWD yang susah kekontrol dengan torsi segitu, transmisi manual lagi. saat-saat dimana bisa brag about sebagai fans Honda karena di zaman ini siapa yang mau produksi mobil manual?

FL5 bagus tapi ya makin gendut. hanya slightly better FK8 dan higher top speed. akselerasi 0-100nya aja mirip malah bisa kencengan FK8 kalo supirnya jago.

fans seneng, reviews positif, tapi justru malah balik bikin percobaan yang mereka udah gagal berkali-kali.
nsx sebenernya gak fail kalo honda mau cabut itu batre yang lucu GT3 aja gak pake batre bisa :big_bored:

yang pukulan telak juga kan di test sama drift king di touge kalah sama gen1 yang tenaganya jauh lebih kecil artinya esensi hondanya ilang yang di ungguli dari NSX dari dulu kan dia mobil satu2xnya N/A tenaga paling payah di atas kertas tapi bisa compete sama saingannya yang pake turbo :big_bored:

eh malah succesornya NSX sekarang malah corvette :big_dunno:

buktinya covertte malah laris emang hondanya aja aneh :big_bored:

corvette sendiri keluarin zora yang hybrid juga fail :big_dunno:
overengineering at its time......in a bad ways. selamet hachigo yang nyelesain itu katanya rumor di ito udah mau disuntik mati karena pengnnya pake v6 NA, akhirnya ama hachigo disuruh pake TT aja suapaya dapet 500hpish
b0ku wrote: Sat May 31, 2025 3:41
ChZ wrote: Sat May 31, 2025 3:33
Insight udah lost cause sama prius dibabat abis dari generasi pertama.
CR-Z failed attempt buat "sport hybrid" yang gak ada gunanya, hampir gak berasa.
NSX itu hypercar formula tapi failed soalnya gak bisa lebih kenceng daripada any competitors macem GT-R R35.
FCX Clarity attempt buat percobaan hydrogen powertrain.

emang gak jodoh sama batre-batrean.

yang bikin fans bersorak kan justru mobil analog macem Civic Type R bangkit lagi dari kubur setelah eranya Ito. bahkan dapet positive reviews. di saat European hot hatches blabbering tentang angka 0-100, differential canggih, AWD, ini FWD yang susah kekontrol dengan torsi segitu, transmisi manual lagi. saat-saat dimana bisa brag about sebagai fans Honda karena di zaman ini siapa yang mau produksi mobil manual?

FL5 bagus tapi ya makin gendut. hanya slightly better FK8 dan higher top speed. akselerasi 0-100nya aja mirip malah bisa kencengan FK8 kalo supirnya jago.

fans seneng, reviews positif, tapi justru malah balik bikin percobaan yang mereka udah gagal berkali-kali.
nsx sebenernya gak fail kalo honda mau cabut itu batre yang lucu GT3 aja gak pake batre bisa :big_bored:

yang pukulan telak juga kan di test sama drift king di touge kalah sama gen1 yang tenaganya jauh lebih kecil artinya esensi hondanya ilang yang di ungguli dari NSX dari dulu kan dia mobil satu2xnya N/A tenaga paling payah di atas kertas tapi bisa compete sama saingannya yang pake turbo :big_bored:

eh malah succesornya NSX sekarang malah corvette :big_dunno:

buktinya covertte malah laris emang hondanya aja aneh :big_bored:

corvette sendiri keluarin zora yang hybrid juga fail :big_dunno:
lah belum kan zora.
anyway GM is badass
https://www.caranddriver.com/news/a6490 ... nvestment/
Last edited by kayukayuthe5th on Sat May 31, 2025 9:03, edited 2 times in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Sat May 31, 2025 3:18
kayukayuthe5th wrote: Fri May 30, 2025 8:40 gwa revisi : jaman hachigo itu AKAN mau bikin global platfrom, cman gatau kenapa terus tiba2 gajadi n ganti CEO (kaianya sih emang siklus 5 tahunan CEO jepun kan) in yang bikin dev mobil bengkak dimana semua saat itu dah pake modular/scalar platform kaia skyactiv honda masih pake skeletal unibody tahun 2010s.
tapi soal powertrain saat itu honda lengkap loh hachigo bikin mirip2 ama multipahtway solution toyota itu mantep. FCX katanya alasan pandemi om, terus Mibe langsung bikin tagline baru how we move you , fokus lah ke listrik2an

dunno yah, tapi ini kalo liat2 dari rumor dari jepang (dan sedikit analisi bodoh saya), investor ma shareholder honda saat ini kaianya kebanyakan leftis n pasukan ijo2an jadi emang dipush gitu plus mibe ini "inggih kepanggih" bahasa jawa yes man doang akhirnya plin plan. yang pleng fatal ingat skandal F1 yang cabut terus tiba2 balek kucing saat verstapen juara 2021 ? sampe porsche gajadi comeback perkara doi. makanya skrg FIA juga ada klausul sih gak bisa balik kucing lagi karena pengen sustain.

yah mau gimana leadership mibe ini juga kurang. antar regional CEO aja ngomongnya beda2 si CEO india continue ICE, mibe kemaren waktu business meeting cman transisi di 2030 (pede banget doi kepilih lagi jadi CEO) sayang hachigo ga mau jadi chairman sih. karena dulu waktu ito ke hachigo ito masih jadi chairman mirip toyota si akio masih chairman n skrg koji sato (tapi ok juga ini orang, handle masalah daihatsu, skandal hino, terus sertifikasi issue di industri doi langsung bere dalam 1 tahun) jadi kesannya ga ada yang bimbing. ini juga yang dikeluhkan wartawan asahi kalo gasalah tiap tahun pendekatan beda waktu 2021 kopid bilang all EV 2040 terus 2022 all EV / FCV , terus 2023 global sales doang plus hybrid , 2024 doi ngomong balek pengen EV/FCV karena trends regulasi, nah 2025 kemarin revisi lagi balek hybrid (apa ga punyeng tuh engineer, mechanic, ma RnD) :big_biglaugh:
Image
iya setau saya sebelum mibe itu kayak masih kekeuh, makanya cara ini gak japanese banget dan gak Honda banget FOMO begini. saya liat peralihan dari ito ke hachigo bagus bagus kok approachnya.

Honda itu failed productnya banyak tapi failed product itu bukti kalo they tried. Insight, CRZ, FCX gitu2. NSX itu jelek2 gitu juga di zamannya canggih tuh.

sekarang main aman semua ya biar apa. mana inovasi yang katanya spiritnya H itu.

terus jangan lupa om marketshare terbesar H juga ada di negara om trump, mungkin juga dipush ke ijo ijoan karena di sono saingannya Tesla. tuh kan giliran japanese company ada urusan ama bule selalu kacau deh, batu makam juga sama kan.
makanya si toyota kan agak kecewa juga ama pendekatan mibe ke nissan. bukan soal gagalnya, tapi orientasinya capital, profits, ama stock (penting juga sih karena mau bikin holdings)
yes, dan ternyata dibawah mibe ini gada chairman2an emang barusan liat sekarang CEO ama presidents jadi satu (wasaalam sih kalo CEOnya kurang "kuat" kedepannya kalo gini) diubah dari hachigo mungkin niatanya supaya CEO dapat lebih luwes.

yah skrg kalo gwa bilang honda kaia toyota 2000s (maen aman, desain jelek, powertrain gitu2 aja, decision making "lucu")
calon gwa sih itu si CEO honda india ok punya :big_exellent:

yah susah deh kalo ada masuk "sayap2" an itu. bule itu gasukanya kalo masuk jadi shareholder ma investor musti pengen ikut2an kontrol :big_bored: