Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 627
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Ya gimana, secara line up HPM paling ngenes
Ngandelin brio sama HRV untuk cashcow, produk lainnya dari segi pricing juga sudah tidak menggugah,
Elektrifikasi lokal terlambat dan tertinggal, ngandelin cbu,
BRV dan WRV yg harusnya diplot buat cashcow juga flop, mau enak dikendarai tapi interior berasa hidup di jaman SBY
Godaan kerjasama dari brand china makin masif, mobil terjual cuan dealer bisa gede, harga produk juga kalem sesuai daya beli masyarakat yg makin kalem
Era fitur dan pernak pernik lebih menggoda buat gen z, ketimbang driving dynamics, futuristik juga
Mau ngejar konsumen moderat/bapack2 juga larinya jelas ke toyota, disana ada avanza, veloz, zenix bahkan reborn dan fortuner
Good luck HPM
https://www.cnnindonesia.com/otomotif/2 ... aler-honda
Ngandelin brio sama HRV untuk cashcow, produk lainnya dari segi pricing juga sudah tidak menggugah,
Elektrifikasi lokal terlambat dan tertinggal, ngandelin cbu,
BRV dan WRV yg harusnya diplot buat cashcow juga flop, mau enak dikendarai tapi interior berasa hidup di jaman SBY
Godaan kerjasama dari brand china makin masif, mobil terjual cuan dealer bisa gede, harga produk juga kalem sesuai daya beli masyarakat yg makin kalem
Era fitur dan pernak pernik lebih menggoda buat gen z, ketimbang driving dynamics, futuristik juga
Mau ngejar konsumen moderat/bapack2 juga larinya jelas ke toyota, disana ada avanza, veloz, zenix bahkan reborn dan fortuner
Good luck HPM
https://www.cnnindonesia.com/otomotif/2 ... aler-honda
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12654
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Byebyeariswp wrote: Tue May 27, 2025 1:52 Ya gimana, secara line up HPM paling ngenes
Ngandelin brio sama HRV untuk cashcow, produk lainnya dari segi pricing juga sudah tidak menggugah,
Elektrifikasi lokal terlambat dan tertinggal, ngandelin cbu,
BRV dan WRV yg harusnya diplot buat cashcow juga flop, mau enak dikendarai tapi interior berasa hidup di jaman SBY
Godaan kerjasama dari brand china makin masif, mobil terjual cuan dealer bisa gede, harga produk juga kalem sesuai daya beli masyarakat yg makin kalem
Era fitur dan pernak pernik lebih menggoda buat gen z, ketimbang driving dynamics, futuristik juga
Mau ngejar konsumen moderat/bapack2 juga larinya jelas ke toyota, disana ada avanza, veloz, zenix bahkan reborn dan fortuner
Good luck HPM
https://www.cnnindonesia.com/otomotif/2 ... aler-honda
CEO nya kejet2 ini dari kursinya
mahmud yg awalnya demen HRV, skrg mulai lirik chinese brand
jd tinggal brio aja kiper nya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16744
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
tapi serius emang bingung dengan price positioning H sih. as a loyal customer ya.
technically yang masih works itu brio dan HRV aja. BRV dan WRV tanpa diskon nggak works. mahal banget.
product portfolionya nggak seksi juga. brandingnya mulai luntur.
what bugs me the most, as a loyal H customer and fan :
merhatiin gak sejak om billy yang pegang kayaknya enthusiast justru makin ditinggalkan? core difference H dan BMW yang sama-sama krisis identitas : BMW nggak pernah ninggalin enthusiast. CCI tetap solid dan disupport ATPM. pernah ngga liat estilo atau genio nongkrong di beres H? kalo E36 di depan dealer BMW, umum banget. user E series masih gak alergi sama bengkel resmi karena support banget.
event macem JTC gitu makin jarang. dulu jaman om john peace event event motorsport dan modifikasi itu didominasi H. OMR masih ada nggak sih? jangan2 udah gak jalan karena city hatchback performanya gak se menggembirakan jazz. dulu H indo kan kayak ford di amrik, win on sunday sell on monday. makanya bocil pada demen beli jazz karena berasa beli mobil balap budget. jazz disuntik mati ganti city HB (mahal lagi) itu first nail in the coffin.
yang ngeselin kenapa malah ikutan game nya pabrikan lain jual fitur fitur fitur honda sensing WTF ? none H user cared about this, we want something that can be stupidly fast, fun in corners, and reliable. kalau sudah tau pengguna mayoritasnya di luar jakarta, jualan H sensing beda 50 juta hanya waste of time dan waste of resource, mending stocknya dialihkan ke non-sensing.
apa di mata kalian honda masih identik dengan motorsport? saya ragu. padahal pride pengguna honda itu mobilnya punya heritage motorsport yang kental.
dulu denger H luncurin apa bakal jadi game changer. sekarang? civic baru ? gak menarik. menurut saya udah final nail in the coffin karena harga 7xx juta dan only hybrid. where is the fun in that.
civic, CRV, diposisikan jadi "premium product". premium product = limited supply. artinya too d*mn expensive, low discount, dan artinya you gak pede import qty gede ini unit sehingga harga per unitnya mahal. mau battle sama china yang main qty dumping ya jelas kalah.
ya sudahlah biar jual unit CBU aja jadi atpm macem subaru dan mazda gitu. portfolio dibenahi.
ga usah maksain jual produk low end yang nggak profit juga. hajar aja jual civic ke atas tapi high spec jangan disunat sunat. keluarin civic turbo manual sekalian biar enthusiast berduit mau ngambil. dan jangan lupa datengin tuh club-club kasih support buat dateng ke bengkel resmi, support spare parts kalo perlu import aja sekalian aksesoris JDM jama 90s. cash cow yang menggiurkan itu.
technically yang masih works itu brio dan HRV aja. BRV dan WRV tanpa diskon nggak works. mahal banget.
product portfolionya nggak seksi juga. brandingnya mulai luntur.
what bugs me the most, as a loyal H customer and fan :
merhatiin gak sejak om billy yang pegang kayaknya enthusiast justru makin ditinggalkan? core difference H dan BMW yang sama-sama krisis identitas : BMW nggak pernah ninggalin enthusiast. CCI tetap solid dan disupport ATPM. pernah ngga liat estilo atau genio nongkrong di beres H? kalo E36 di depan dealer BMW, umum banget. user E series masih gak alergi sama bengkel resmi karena support banget.
event macem JTC gitu makin jarang. dulu jaman om john peace event event motorsport dan modifikasi itu didominasi H. OMR masih ada nggak sih? jangan2 udah gak jalan karena city hatchback performanya gak se menggembirakan jazz. dulu H indo kan kayak ford di amrik, win on sunday sell on monday. makanya bocil pada demen beli jazz karena berasa beli mobil balap budget. jazz disuntik mati ganti city HB (mahal lagi) itu first nail in the coffin.
yang ngeselin kenapa malah ikutan game nya pabrikan lain jual fitur fitur fitur honda sensing WTF ? none H user cared about this, we want something that can be stupidly fast, fun in corners, and reliable. kalau sudah tau pengguna mayoritasnya di luar jakarta, jualan H sensing beda 50 juta hanya waste of time dan waste of resource, mending stocknya dialihkan ke non-sensing.
apa di mata kalian honda masih identik dengan motorsport? saya ragu. padahal pride pengguna honda itu mobilnya punya heritage motorsport yang kental.
dulu denger H luncurin apa bakal jadi game changer. sekarang? civic baru ? gak menarik. menurut saya udah final nail in the coffin karena harga 7xx juta dan only hybrid. where is the fun in that.
civic, CRV, diposisikan jadi "premium product". premium product = limited supply. artinya too d*mn expensive, low discount, dan artinya you gak pede import qty gede ini unit sehingga harga per unitnya mahal. mau battle sama china yang main qty dumping ya jelas kalah.
ya sudahlah biar jual unit CBU aja jadi atpm macem subaru dan mazda gitu. portfolio dibenahi.
ga usah maksain jual produk low end yang nggak profit juga. hajar aja jual civic ke atas tapi high spec jangan disunat sunat. keluarin civic turbo manual sekalian biar enthusiast berduit mau ngambil. dan jangan lupa datengin tuh club-club kasih support buat dateng ke bengkel resmi, support spare parts kalo perlu import aja sekalian aksesoris JDM jama 90s. cash cow yang menggiurkan itu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 324
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Wah bener ini, di kota saya aja udah tumbang 1, malah dari awal 2024.
Miris sih, padahal dulu honda salah satu mobil laris, tapi karena harganya sekarang pada berpaling semua. Crv aja dulu laris sekarang malah melempem kalah sm cx5.
Walaupun dicaci maki karena sunatan fiturnya, kayaknya era jonpis masih lebih baik ketimbang era yusak skrg ini. Ternyata fitur” yang diidam”kan netizen malah jadi bumerang buat honda sendiri dan kebanyakan yang komen juga ga beli.
Miris sih, padahal dulu honda salah satu mobil laris, tapi karena harganya sekarang pada berpaling semua. Crv aja dulu laris sekarang malah melempem kalah sm cx5.
Walaupun dicaci maki karena sunatan fiturnya, kayaknya era jonpis masih lebih baik ketimbang era yusak skrg ini. Ternyata fitur” yang diidam”kan netizen malah jadi bumerang buat honda sendiri dan kebanyakan yang komen juga ga beli.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6355
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
mibe + billy = dungu 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2089
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Di Tangerang raya yang grup Union udh nyerah kan, jadi bengkel spesialis honda wkwkwk
Honda starts to downhill sejak Jonfis era kalau kata temen saya yang ex HPM. Begitu maksa Mobilio jadi LMPV gapernah pulih lagi secara bisnis. Karena ternyata ujung2nya produk yang ditargetkan ngejar volume margin kecil gak dapet, yang terjadi volume biasa-biasa, margin kecil, sementara produk premiumnya makin kesini juga gak bagus2 amat. Kl bahasa temen saya "kayaknya DNA Honda emang gapernah di mobil murah sih" wkwkkw
Honda starts to downhill sejak Jonfis era kalau kata temen saya yang ex HPM. Begitu maksa Mobilio jadi LMPV gapernah pulih lagi secara bisnis. Karena ternyata ujung2nya produk yang ditargetkan ngejar volume margin kecil gak dapet, yang terjadi volume biasa-biasa, margin kecil, sementara produk premiumnya makin kesini juga gak bagus2 amat. Kl bahasa temen saya "kayaknya DNA Honda emang gapernah di mobil murah sih" wkwkkw
Rocky R ADS CVT 2021
-
- SM Specialist
- Posts: 16744
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
wkwkwk sejak ada mobilio/brio, punya H itu nggak lagi prestisius. kalo dulu H dianggep gradenya di atas toyota.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1709
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
udah gtu. dipake jg buat fleet taxi.. makin jeblok dah..
tp memang dilema sih.. cashcow / cashflow ya buat kelas low tp bsa makan segmen diatasnya
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1772
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Honda itu Jazz, Civic, CRV dan Accord dengan segmen yang sudah sangat spesifik.
Image yang ada di mindset adalah akomodasinya lega, handlingnya oke, harga kompetitif.
Menurut saya, pricing yang sudah tidak terjangkau kantong sebagian kelas menengah adalah kontributornya, contohnya untuk spend 830-an juta untuk sebuah CRV is too much. Para kelas menengah sekarang lari ke Zenix atau mobil EV cungkuo, ya karena budget realistisnya ada di kisaran segitu kok.
Untuk korporasi, ketimbang beli sedan Accord, para eksekutif lebih nyaman naik Alphard/Vellfire.
kalo Honda mikir maen di Brio dan HR-V saja sudah kenyang, ya monggo aja, silahkan.
Image yang ada di mindset adalah akomodasinya lega, handlingnya oke, harga kompetitif.
Menurut saya, pricing yang sudah tidak terjangkau kantong sebagian kelas menengah adalah kontributornya, contohnya untuk spend 830-an juta untuk sebuah CRV is too much. Para kelas menengah sekarang lari ke Zenix atau mobil EV cungkuo, ya karena budget realistisnya ada di kisaran segitu kok.
Untuk korporasi, ketimbang beli sedan Accord, para eksekutif lebih nyaman naik Alphard/Vellfire.
kalo Honda mikir maen di Brio dan HR-V saja sudah kenyang, ya monggo aja, silahkan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 297
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
saya salah satu pelanggan union serpong dulu, rame aja sih sebenarnya dibanding dealer lain di bsd. Setelah itu saya pindah ke Bandung eh honda pasteur tutup sekarang. Dua minggu lalu saya service di honda autobest bandung juga masih ramai2 aja, memang kebanyakan model2 lama sih.alvin23 wrote: Tue May 27, 2025 2:58 Di Tangerang raya yang grup Union udh nyerah kan, jadi bengkel spesialis honda wkwkwk
Honda starts to downhill sejak Jonfis era kalau kata temen saya yang ex HPM. Begitu maksa Mobilio jadi LMPV gapernah pulih lagi secara bisnis. Karena ternyata ujung2nya produk yang ditargetkan ngejar volume margin kecil gak dapet, yang terjadi volume biasa-biasa, margin kecil, sementara produk premiumnya makin kesini juga gak bagus2 amat. Kl bahasa temen saya "kayaknya DNA Honda emang gapernah di mobil murah sih" wkwkkw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1225
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Kemarin2 kan dah kasih tau ga lama tumbang itu onda cuma jualan lcgc aja
Jualan barang ga kira2 ambil cuan nya dibanding merk lain yg sekelas
Tapi penboy nya kan selalu bilang Onda jualan sosis enjinering berasa sport car
Jualan barang ga kira2 ambil cuan nya dibanding merk lain yg sekelas
Tapi penboy nya kan selalu bilang Onda jualan sosis enjinering berasa sport car
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 324
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Honda sekarang kebanyakan line up nanggung kayak brv wrv, city hatchback. Dulu jaman sebelum duo gajah suv ladderframe viral, punya mobil honda udah berasa wow (waktu itu era crv gen 1-3).
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12654
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
dah mulai terlihat di persib arealemonadelovers wrote: Tue May 27, 2025 3:30udah gtu. dipake jg buat fleet taxi.. makin jeblok dah..
tp memang dilema sih.. cashcow / cashflow ya buat kelas low tp bsa makan segmen diatasnya

.
.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1857
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
menurut saya mungkin ini sinyal awal tumbangnya pabrikan jepang ya...start dari H tegak
di segmen truk....jg setau saya mulai banyak yg pake truk cungkuo, bisa cek grup-nya siba skrg pake FAW kl ga salah..
brand lain bisa2 kena impact juga krn kalo brand cungkuo bisa kasi kualitas, harga & aftersales yg sama2 bagus
cuma H tegak ini memang dari dulu berasanya minim di peredaman (pengalaman saya naik mobiloyo temen)...
di segmen truk....jg setau saya mulai banyak yg pake truk cungkuo, bisa cek grup-nya siba skrg pake FAW kl ga salah..
brand lain bisa2 kena impact juga krn kalo brand cungkuo bisa kasi kualitas, harga & aftersales yg sama2 bagus
cuma H tegak ini memang dari dulu berasanya minim di peredaman (pengalaman saya naik mobiloyo temen)...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 684
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
pada akhirnya hanya akan mobil2 LCGC dan cungkuo EV low ends yang bakal merajai pasar automotive di indon, karena faktor daya beli yg rendah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Semoga beliau main ke forum ini, udah dikasih saran gratis dari salah satu HondaismeChZ wrote: Tue May 27, 2025 2:20 tapi serius emang bingung dengan price positioning H sih. as a loyal customer ya.
technically yang masih works itu brio dan HRV aja. BRV dan WRV tanpa diskon nggak works. mahal banget.
product portfolionya nggak seksi juga. brandingnya mulai luntur.
what bugs me the most, as a loyal H customer and fan :
merhatiin gak sejak om billy yang pegang kayaknya enthusiast justru makin ditinggalkan? core difference H dan BMW yang sama-sama krisis identitas : BMW nggak pernah ninggalin enthusiast. CCI tetap solid dan disupport ATPM. pernah ngga liat estilo atau genio nongkrong di beres H? kalo E36 di depan dealer BMW, umum banget. user E series masih gak alergi sama bengkel resmi karena support banget.
event macem JTC gitu makin jarang. dulu jaman om john peace event event motorsport dan modifikasi itu didominasi H. OMR masih ada nggak sih? jangan2 udah gak jalan karena city hatchback performanya gak se menggembirakan jazz. dulu H indo kan kayak ford di amrik, win on sunday sell on monday. makanya bocil pada demen beli jazz karena berasa beli mobil balap budget. jazz disuntik mati ganti city HB (mahal lagi) itu first nail in the coffin.
yang ngeselin kenapa malah ikutan game nya pabrikan lain jual fitur fitur fitur honda sensing WTF ? none H user cared about this, we want something that can be stupidly fast, fun in corners, and reliable. kalau sudah tau pengguna mayoritasnya di luar jakarta, jualan H sensing beda 50 juta hanya waste of time dan waste of resource, mending stocknya dialihkan ke non-sensing.
apa di mata kalian honda masih identik dengan motorsport? saya ragu. padahal pride pengguna honda itu mobilnya punya heritage motorsport yang kental.
dulu denger H luncurin apa bakal jadi game changer. sekarang? civic baru ? gak menarik. menurut saya udah final nail in the coffin karena harga 7xx juta dan only hybrid. where is the fun in that.
civic, CRV, diposisikan jadi "premium product". premium product = limited supply. artinya too d*mn expensive, low discount, dan artinya you gak pede import qty gede ini unit sehingga harga per unitnya mahal. mau battle sama china yang main qty dumping ya jelas kalah.
ya sudahlah biar jual unit CBU aja jadi atpm macem subaru dan mazda gitu. portfolio dibenahi.
ga usah maksain jual produk low end yang nggak profit juga. hajar aja jual civic ke atas tapi high spec jangan disunat sunat. keluarin civic turbo manual sekalian biar enthusiast berduit mau ngambil. dan jangan lupa datengin tuh club-club kasih support buat dateng ke bengkel resmi, support spare parts kalo perlu import aja sekalian aksesoris JDM jama 90s. cash cow yang menggiurkan itu.
Di kota saya masih ada 2 Dealer. tapi yang dipajang unit2 lama, ga laku2 wkwk
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12654
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
lama2 kegerus sm mazda yg masih relatif waras untuk produk non LCGC nyafaizzz wrote: Tue May 27, 2025 5:59Semoga beliau main ke forum ini, udah dikasih saran gratis dari salah satu HondaismeChZ wrote: Tue May 27, 2025 2:20 tapi serius emang bingung dengan price positioning H sih. as a loyal customer ya.
technically yang masih works itu brio dan HRV aja. BRV dan WRV tanpa diskon nggak works. mahal banget.
product portfolionya nggak seksi juga. brandingnya mulai luntur.
what bugs me the most, as a loyal H customer and fan :
merhatiin gak sejak om billy yang pegang kayaknya enthusiast justru makin ditinggalkan? core difference H dan BMW yang sama-sama krisis identitas : BMW nggak pernah ninggalin enthusiast. CCI tetap solid dan disupport ATPM. pernah ngga liat estilo atau genio nongkrong di beres H? kalo E36 di depan dealer BMW, umum banget. user E series masih gak alergi sama bengkel resmi karena support banget.
event macem JTC gitu makin jarang. dulu jaman om john peace event event motorsport dan modifikasi itu didominasi H. OMR masih ada nggak sih? jangan2 udah gak jalan karena city hatchback performanya gak se menggembirakan jazz. dulu H indo kan kayak ford di amrik, win on sunday sell on monday. makanya bocil pada demen beli jazz karena berasa beli mobil balap budget. jazz disuntik mati ganti city HB (mahal lagi) itu first nail in the coffin.
yang ngeselin kenapa malah ikutan game nya pabrikan lain jual fitur fitur fitur honda sensing WTF ? none H user cared about this, we want something that can be stupidly fast, fun in corners, and reliable. kalau sudah tau pengguna mayoritasnya di luar jakarta, jualan H sensing beda 50 juta hanya waste of time dan waste of resource, mending stocknya dialihkan ke non-sensing.
apa di mata kalian honda masih identik dengan motorsport? saya ragu. padahal pride pengguna honda itu mobilnya punya heritage motorsport yang kental.
dulu denger H luncurin apa bakal jadi game changer. sekarang? civic baru ? gak menarik. menurut saya udah final nail in the coffin karena harga 7xx juta dan only hybrid. where is the fun in that.
civic, CRV, diposisikan jadi "premium product". premium product = limited supply. artinya too d*mn expensive, low discount, dan artinya you gak pede import qty gede ini unit sehingga harga per unitnya mahal. mau battle sama china yang main qty dumping ya jelas kalah.
ya sudahlah biar jual unit CBU aja jadi atpm macem subaru dan mazda gitu. portfolio dibenahi.
ga usah maksain jual produk low end yang nggak profit juga. hajar aja jual civic ke atas tapi high spec jangan disunat sunat. keluarin civic turbo manual sekalian biar enthusiast berduit mau ngambil. dan jangan lupa datengin tuh club-club kasih support buat dateng ke bengkel resmi, support spare parts kalo perlu import aja sekalian aksesoris JDM jama 90s. cash cow yang menggiurkan itu.
Di kota saya masih ada 2 Dealer. tapi yang dipajang unit2 lama, ga laku2 wkwk
anti CVT club

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 811
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Jangan lupa, dokter2an ikut menyumbang sebagian besar efek tumbangnya honda di indonesia 
Tapi separah2 nya penboy H. Masih lebih parah penboynya toyota. Zenix banyak masalah, tapi tetep ga ngaruh ke penjualan zenix.

Tapi separah2 nya penboy H. Masih lebih parah penboynya toyota. Zenix banyak masalah, tapi tetep ga ngaruh ke penjualan zenix.
Last edited by timbermaniac123 on Tue May 27, 2025 6:24, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 368
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
saya sih ga belain apa gimana
tapi emang sulit jualan brand image di tengah daya beli yang kaya gini, dulu beli mobilnya sambil kenyang soalnya
beda lagi kalo beli mobilnya sambil (sedikit) lapar
saya jujur juga bingung crv udah 800 jt
padahal dulu head to head sama innova
honda malaysia bole la, ga lama langsung masukin e:n1 dari china ke malaysia dm
selisih harga ga jauh sama hev nya, wis yg penting jualan, dealer ada cuan
brand image dikit - dikit masukin all flavor car, ice hev bev kami semua ada
saya mau nyalahin peraturan cbu ev free tax itu,
bener - bener ngejek pabrik yg sudah existing, invest, dan bikin local job di sini
read : honda hyundai wuling toyodai etc
tapi disisi lain ada 3 pabrik baru muncul -> vinfast, byd, aion
ini juga investment walau baru SOP 01/26
berapa waktu lalu baca byd potong harga up to 34% semua model
overstock + local market gamau beli + price war
https://www.scmp.com/business/china-evs ... 00%20yuan.
dolphin turun ke 125 juta idr
kalo masuk sini (dan sekarang sudah open po), ya kena uppercut itu segment lcgc <200 jt wakakak
paling yg aman ya lcgc 3 row doang
tapi emang sulit jualan brand image di tengah daya beli yang kaya gini, dulu beli mobilnya sambil kenyang soalnya
beda lagi kalo beli mobilnya sambil (sedikit) lapar
saya jujur juga bingung crv udah 800 jt
padahal dulu head to head sama innova
honda malaysia bole la, ga lama langsung masukin e:n1 dari china ke malaysia dm
selisih harga ga jauh sama hev nya, wis yg penting jualan, dealer ada cuan
brand image dikit - dikit masukin all flavor car, ice hev bev kami semua ada
saya mau nyalahin peraturan cbu ev free tax itu,
bener - bener ngejek pabrik yg sudah existing, invest, dan bikin local job di sini
read : honda hyundai wuling toyodai etc
tapi disisi lain ada 3 pabrik baru muncul -> vinfast, byd, aion
ini juga investment walau baru SOP 01/26
berapa waktu lalu baca byd potong harga up to 34% semua model
overstock + local market gamau beli + price war
https://www.scmp.com/business/china-evs ... 00%20yuan.
dolphin turun ke 125 juta idr
kalo masuk sini (dan sekarang sudah open po), ya kena uppercut itu segment lcgc <200 jt wakakak
paling yg aman ya lcgc 3 row doang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3055
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Beuuuhhhh mahmud mah lebih serem daripada kita kaum adam. Maklum ras terkuat di bumi
Skarang mereka pada lari ke EV semua. Pajak setahun cuman 200 rebu + modal tinggal colok stop kontak rumah

Kita2 mau saranin mobil ICE/hybrid bagus kek apa jg di tepis cuyy

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue May 27, 2025 6:13
- Location: Surabaya
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Honda kalo mau bertahan menurut saya kudu gercep sih. Mereka gabisa lambat seperti toyota karena well, mereka ga sekuat toyota. Waktunya update brio ke generasi baru sih menurut saya, ambil aja dari honda amaze baru yang di India, and chop the rear end. Buat Brio RS masukin aja L13Z dipair sama CVT, taruh harga sedikit dibawah agya, harusnya sih bisa laku. Stop City hatchback & Sedan ganti ke elevate juga harusnya bisa jadi profit, biar HRV fokus aja ke varian listrik (yang bisa di CKD taruh di 400-500 buat lawan cungkuo EV) + Hybrid. ICE nya diarahin ke elevate, masukin 1.5 NA buat lawan creta.
Last edited by misterco on Tue May 27, 2025 6:35, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 811
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Menurut saya mopang baru kelabakan di tahun depan. Tahun ini byd baru mulai disc besar tapi untuk nik 24. Nik 25 masih sombong nahan disc nya. Atto 3 yang versi hematnya masih 390 setara e5 pure. Perkiraan saya tahun depan kalaupun nyisa nik 24 bisa nyentuh 300 pas. Sementara seagull kalau bermain di pricelist 200-250, sudah pasti akan memakan porsi lcgc terutama di kota kota besar.
Btw, honda udah mulai kelabakan dari tahun lalu. Saya ambil hrv nik 24 tahun lalu di bulan april sudah bottom price kaya penghabisan nik tahun lalu. Cuma toyota masih di atas angin. Masih agak nahan disc, tapi mulai keliatan kok voxy, zenix nik 25 aja bisa disc sampe 35 di bulan ini.
Btw ini baru liat belakangan banyak reviewer yang tiba2 buat konten hrv. Honda kelabakan abisin stock lama kali ya bulan depan udah mau launching facelliftnya.
Btw, honda udah mulai kelabakan dari tahun lalu. Saya ambil hrv nik 24 tahun lalu di bulan april sudah bottom price kaya penghabisan nik tahun lalu. Cuma toyota masih di atas angin. Masih agak nahan disc, tapi mulai keliatan kok voxy, zenix nik 25 aja bisa disc sampe 35 di bulan ini.
Istri saya aja naksir byd suruh ambil sealion daripada civic / corcross. Tetangga saya istrinya ganti mg4. Istri saya disuruh pilih cx3 / hrv maunya cx3, walaupun akhirnya saya suruh ambil hrv aja, tapi komennya honda fiturnya kurang cuma menang modelnya cakep. Istri kita mana peduli kalau honda enak buat dibawa ngebut.KielConstantine wrote: Tue May 27, 2025 6:24
Skarang mereka pada lari ke EV semua. Pajak setahun cuman 200 rebu + modal tinggal colok stop kontak rumah
Kita2 mau saranin mobil ICE/hybrid bagus kek apa jg di tepis cuyy![]()
Btw ini baru liat belakangan banyak reviewer yang tiba2 buat konten hrv. Honda kelabakan abisin stock lama kali ya bulan depan udah mau launching facelliftnya.
Last edited by timbermaniac123 on Tue May 27, 2025 6:44, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11833
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
kl produk n pricing sih sdh sama2 tau ya masalahnya apa n correction nya gmn
sy mau bahas dr pov lain, tp khusus outlet pasteur ya, mungkin berlaku jg utk sebagian yg lainnya. adalah kombinasi luas area, harga pasar properti tsb, pbb, dan existing competition dr sesama dealer honda di kota bdg.
kl lihat skrg dijual dgn harga 100M dan disebutkan rent fee nya 4M per tahun, sptnya dgn keadaan sales vol skrg dia megap2. dulu aja pas lg laku2nya saingan terberat dr ibrm yg jaraknya ga jauh2 amat dan autobest. sonic dan cibiru biasa aja. di saat jualan lg susah dealer biasanya bergantung sama service n parts yg mana dgn keterbatasan luasan tanah n bangunan dia juga ga bisa menghasilkan omset maksimal. belom lg pbb tahunan yg mahal jg tp mungkin msh bisa tercover lah kl pbb.
dr pov pemilik lahan (kl properti dimiliki pemilik dealer bukan sewa) udah jelas ini non performing asset alias mending disewain sm dia. duduk manis dpt 4M setahun. atau ganti jd dealer mobcin yg lbh punya prospek.
hal lain adalah daerah situ ada wacana dibuat flyover terus sampai ke jl surapati. mungkin pikirannya mendingan dijokul skrg drpd nanti jd aset mati. kebetulan sy punya property di jl surapati dekat gasibu jd punya pemikiran yg sama, cuma belum tau mau action apa.
sy mau bahas dr pov lain, tp khusus outlet pasteur ya, mungkin berlaku jg utk sebagian yg lainnya. adalah kombinasi luas area, harga pasar properti tsb, pbb, dan existing competition dr sesama dealer honda di kota bdg.
kl lihat skrg dijual dgn harga 100M dan disebutkan rent fee nya 4M per tahun, sptnya dgn keadaan sales vol skrg dia megap2. dulu aja pas lg laku2nya saingan terberat dr ibrm yg jaraknya ga jauh2 amat dan autobest. sonic dan cibiru biasa aja. di saat jualan lg susah dealer biasanya bergantung sama service n parts yg mana dgn keterbatasan luasan tanah n bangunan dia juga ga bisa menghasilkan omset maksimal. belom lg pbb tahunan yg mahal jg tp mungkin msh bisa tercover lah kl pbb.
dr pov pemilik lahan (kl properti dimiliki pemilik dealer bukan sewa) udah jelas ini non performing asset alias mending disewain sm dia. duduk manis dpt 4M setahun. atau ganti jd dealer mobcin yg lbh punya prospek.
hal lain adalah daerah situ ada wacana dibuat flyover terus sampai ke jl surapati. mungkin pikirannya mendingan dijokul skrg drpd nanti jd aset mati. kebetulan sy punya property di jl surapati dekat gasibu jd punya pemikiran yg sama, cuma belum tau mau action apa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 799
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Diler ahond di sby udah ada minim 2 yg jd diler mobcin
Sedih jg
Tp mw gmn, lineupnya imo udh jauh dibanding dulu
Skrg yg global model aja paling bwh hrv... sisanya asean special
Fitur mobil sih termasuk komplit dibanding jaman pre-covid; cmn marketnya udah ganti pinginan
Sedih jg
Tp mw gmn, lineupnya imo udh jauh dibanding dulu
Skrg yg global model aja paling bwh hrv... sisanya asean special
Fitur mobil sih termasuk komplit dibanding jaman pre-covid; cmn marketnya udah ganti pinginan

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue May 27, 2025 5:08
Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran
Beli toyota aja atau daihatsu