EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1235
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: EV's Safety?

Post by ctopher7 »

mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4 :mky_02:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02
timbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.

Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah

Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 8:48
kayukayuthe5th wrote: Wed May 21, 2025 8:09
wew udah baru lagi :upss:
Makanya beli mocin ya gitu. Taun depan mungkin udah keluar lagi yang major interior facelift + 800v + lidar. Abis itu setelah liat penjualan phev tiggo 8 csh dapat respon positif, taunya hype phev, baru keluarin seal dmi. Dan kemudian pasang slogan eperti tiggo 8 "the best hybrid better than ev"
:mky_01: :mky_01: :mky_01:
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1393
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: EV's Safety?

Post by kenop »

Pugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02

Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah

Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
Pajak dan anti gage nya yg takut keburu ikutan mobil ICE :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12627
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

kenop wrote: Wed May 21, 2025 10:18
Pugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
Pajak dan anti gage nya yg takut keburu ikutan mobil ICE :big_biglaugh:
Gak lgs koq
Tp perlahan bs jadi direduce gradually

Ujung2nya buat support makan bergizi gratis

Kan yg beli moblis berduit juga :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02

Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah

Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
kaianya ya, selagi masih si :itu: aman2 aja om. negonya kenceng, tappi bisa aja karena emang regulasi global kaianya EV dah dikurang2i insentifnya
yang gwa takut sih charging tax sih. :big_bored:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 619
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).

Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.

Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?

Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12627
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17 Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?

Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Yah gmn yaaa



Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr 🔥💸

Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

Suryaputra wrote: Wed May 21, 2025 14:43
timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17 Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?

Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Yah gmn yaaa



Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr 🔥💸

Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
:ngacir:
Udah gitu BYD Indonesia masih aja sok pede ga mau kasih diskon.
:big_slap:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

kenop wrote: Wed May 21, 2025 10:18
Pugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
Pajak dan anti gage nya yg takut keburu ikutan mobil ICE :big_biglaugh:
Kalau dah banyak juga lama² di Cut lah itu.. kaya ga apal Konoha aja..
:big_smoking:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

Bibieight wrote: Wed May 21, 2025 13:56 Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).

Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.

Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
Rasanya memang beresiko seh kalau insentif² dicabut, penyerapan EV bakal melambat, produsen kecil yang masih punya lineup ICE atau Hybrid mungkin akan lebih bertahan sedang yang pure EV mungkin agak seret. Masalahnya toko sebelah yang udah bangun pabrik pasti ga terima yang impor dapat banyak keringanan sementara mereka belum balik modal. Toko sebelahnya lagi yang belum serius ke EV lebih gerah lagi, akhirnya sekarang lobi supaya Hybrid juga bisa dapat keringanan yang lebih serius.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: EV's Safety?

Post by Pugman »

kayukayuthe5th wrote: Wed May 21, 2025 10:39
Pugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah :big_slap:
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
kaianya ya, selagi masih si :itu: aman2 aja om. negonya kenceng, tappi bisa aja karena emang regulasi global kaianya EV dah dikurang2i insentifnya
yang gwa takut sih charging tax sih. :big_bored:
Charging Tax kayaknya tinggal nunggu waktu aja seh Hehehe..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed May 21, 2025 14:43
timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17 Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?

Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Yah gmn yaaa



Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr 🔥💸

Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
:ngacir:
ya suatu hari nasibnya bisa kek evergrande tiba2x dhuaaaar....... ud di peringatin juga sama GMT sama persis kek waktu evergrande.....

mana si POOH juga kabarnya mau kolaps lagi...... :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: Wed May 21, 2025 9:43 mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4 :mky_02:
MG4 pure mechanical kalo ini dari sistem elektronik fellnya bakalan gak bisa ngalahin MG4 karena basis chasisnya emang gak bagus :big_bored:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: EV's Safety?

Post by Ibet »

Bibieight wrote: Wed May 21, 2025 13:56 Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).

Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.

Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
nambahin om : Vinfast, start 2026 di subang

skenario yang bakal seru kalo januari 2026 insentif (tax cut) dicabut
apakah pabrikan mopang bakal jumawa lagi? hahaha

tapi insentif mobil hybrid perlu sih, dan paksa mopang bikin hev range msrp 250-350 jt
tetep bisa jualan bensin

atau coba kasih insentif jualan ev di luar pulau jawa, jadi ga kejadian lagi ngantri bensin di bpp kaya kemaren
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Ibet wrote: Thu May 22, 2025 1:12
nambahin om : Vinfast, start 2026 di subang

skenario yang bakal seru kalo januari 2026 insentif (tax cut) dicabut
apakah pabrikan mopang bakal jumawa lagi? hahaha

tapi insentif mobil hybrid perlu sih, dan paksa mopang bikin hev range msrp 250-350 jt
tetep bisa jualan bensin

atau coba kasih insentif jualan ev di luar pulau jawa, jadi ga kejadian lagi ngantri bensin di bpp kaya kemaren
gak yakin di cabut jualan seret fomo fomo gini musti launch produk baru 2-3 bulan sekali biar keliatan jualannya kenceng itu aja ngandelin angka wholesales bukan retail :big_bored:
picker83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: EV's Safety?

Post by picker83 »

Bibieight wrote: Wed May 21, 2025 13:56 Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).

Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.

Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
minggat ga sih kecil kmgknn krn mereka da setor bank guarantee atas subsidi bea masuk, ppn & ppnbm sejumlah nilai unit yg mereka ajuin fasilitas dengan kewajiban ckd sejumlah unit yg sama dgn spek yang sama atau di atasnya
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 619
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

picker83 wrote: Thu May 22, 2025 2:00
minggat ga sih kecil kmgknn krn mereka da setor bank guarantee atas subsidi bea masuk, ppn & ppnbm sejumlah nilai unit yg mereka ajuin fasilitas dengan kewajiban ckd sejumlah unit yg sama dgn spek yang sama atau di atasnya
Bener juga sih, cuma masalahnya apakah semua merk Cungkuo pada ajuin level fasilitas sekelas BYD gak, sempat denger kabar simpang siurnya kan BYD pasang bank garansi 20an T, ini mending bikin pabrik daripada ilang. Kalo cuma pasang borg 1-5T bisa rawan, soalnya bikin pabrik gak cukup duit 2-3T.

Terus kalo semua pada bikin pabrik, kalo satu pabrik butuh 2000-3000 orang (Youngdie Cikarang 2000an), emang mudah cari skilled labor sampe 10-15.000 orang dalam waktu 2 tahun. Orang butuh kerja di Indonesia boooaaaanyoooaaaakkkk... tapi yg bisa kerja di otomotif belun tentu.

Njait baju ama ngerakit mobil beda banget lho skill-nya, I5 saya tu unit ke 21, jalan 100 km tau2 mogok, derek ke bengkel, ternyata steker high voltage-nya ndak klik, jadi kena getaran lama2 longgar... ini pabrikan Korea, bayangin pabrikan Cungkuo :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6335
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Thu May 22, 2025 3:37
Bener juga sih, cuma masalahnya apakah semua merk Cungkuo pada ajuin level fasilitas sekelas BYD gak, sempat denger kabar simpang siurnya kan BYD pasang bank garansi 20an T, ini mending bikin pabrik daripada ilang. Kalo cuma pasang borg 1-5T bisa rawan, soalnya bikin pabrik gak cukup duit 2-3T.

Terus kalo semua pada bikin pabrik, kalo satu pabrik butuh 2000-3000 orang (Youngdie Cikarang 2000an), emang mudah cari skilled labor sampe 10-15.000 orang dalam waktu 2 tahun. Orang butuh kerja di Indonesia boooaaaanyoooaaaakkkk... tapi yg bisa kerja di otomotif belun tentu.

Njait baju ama ngerakit mobil beda banget lho skill-nya, I5 saya tu unit ke 21, jalan 100 km tau2 mogok, derek ke bengkel, ternyata steker high voltage-nya ndak klik, jadi kena getaran lama2 longgar... ini pabrikan Korea, bayangin pabrikan Cungkuo :big_peace: :big_peace: :big_peace:
mobilnya CKD bisa jadi separo labournya CBU om :mky_07:
picker83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: EV's Safety?

Post by picker83 »

Bibieight wrote: Thu May 22, 2025 3:37
picker83 wrote: Thu May 22, 2025 2:00
minggat ga sih kecil kmgknn krn mereka da setor bank guarantee atas subsidi bea masuk, ppn & ppnbm sejumlah nilai unit yg mereka ajuin fasilitas dengan kewajiban ckd sejumlah unit yg sama dgn spek yang sama atau di atasnya
Bener juga sih, cuma masalahnya apakah semua merk Cungkuo pada ajuin level fasilitas sekelas BYD gak, sempat denger kabar simpang siurnya kan BYD pasang bank garansi 20an T, ini mending bikin pabrik daripada ilang. Kalo cuma pasang borg 1-5T bisa rawan, soalnya bikin pabrik gak cukup duit 2-3T.

Terus kalo semua pada bikin pabrik, kalo satu pabrik butuh 2000-3000 orang (Youngdie Cikarang 2000an), emang mudah cari skilled labor sampe 10-15.000 orang dalam waktu 2 tahun. Orang butuh kerja di Indonesia boooaaaanyoooaaaakkkk... tapi yg bisa kerja di otomotif belun tentu.

Njait baju ama ngerakit mobil beda banget lho skill-nya, I5 saya tu unit ke 21, jalan 100 km tau2 mogok, derek ke bengkel, ternyata steker high voltage-nya ndak klik, jadi kena getaran lama2 longgar... ini pabrikan Korea, bayangin pabrikan Cungkuo :big_peace: :big_peace: :big_peace:
tahap awal bisa pakai jahit baju di handal ,impor KD parts dr cungkuo, sisanya ban, labour etc itu da bisa kejar local content 40%, ini info saya dengar lgsg dari bos nya handal. untuk BYD mereka mulai produksi di desember 2025 kalo ga ada halangan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12627
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Di indonesiah

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 619
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

picker83 wrote: Thu May 22, 2025 4:41 tahap awal bisa pakai jahit baju di handal ,impor KD parts dr cungkuo, sisanya ban, labour etc itu da bisa kejar local content 40%, ini info saya dengar lgsg dari bos nya handal. untuk BYD mereka mulai produksi di desember 2025 kalo ga ada halangan.
Naah yang masalah kan begitu kedepan TKDN naik, begitu diatas 50% minimal harus tambah welding, naik lagi stamping, naik lagi body in white. Bisa ndak perlu invest kalo pake jalur batere, body in white tetep impor tapi battery cell+battery pack lokal. Cuma ini tergantung ama pabrik CATL ama Gotion yg bikin LFP, pabrik LG Chem kan NMC, udah gitu kalo LFP kan susah dipush-nya, soalnya prekursor katoda-nya kan impor.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Wed May 21, 2025 15:36
kayukayuthe5th wrote: Wed May 21, 2025 10:39
Pugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..

Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
:mky_03:
kaianya ya, selagi masih si :itu: aman2 aja om. negonya kenceng, tappi bisa aja karena emang regulasi global kaianya EV dah dikurang2i insentifnya
yang gwa takut sih charging tax sih. :big_bored:
Charging Tax kayaknya tinggal nunggu waktu aja seh Hehehe..
besar kemungkinan iya. karena negara luar udah mulai godok nih, setelah kurangin insentif ; nerapin pajak jalan ; baur deh charging tax :big_deal:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16719
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.

Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
tetep aja meskipun EV kan tetep bayar PPNBM om :big_peace:

kalo PKB kebijakan pemda sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7