Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

wetpsy
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Apr 28, 2019 5:26
Location: Palembang
Daily Vehicle: Chevrolet Spin Diesel

Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by wetpsy »

Halo agan2 sekalian ini saya mau nanya untuk mobil weekend an dengan budget 80 N
Option 1
- BMW E46 N42 km 80 rb an, PR speed sensor, grill depan, shock mesti ganti (punya temen masih bisa nego utk budget rapihin) / track record baik ganti per olian rutin
atau
Option 2
- Crv 2.0 MT 2007 Km 80 rb an, PR racksteer ada indikasi kena, cat exterior kurang rapih, interior masih rapih , track record ganti oli kurang tahu

Kira2 mana yng lebih worth dan fun ya? mohon pencerahannya suhu2 , bakal jarang2 dipakai utk weekend an aja paling Terimakasih suhu2 :big_okay:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1610
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by t105erd »

kayanya BMW lebih menyenangkan untuk dikendarai
User avatar
privatemember
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Mar 04, 2020 1:13
Location: Java Island

Re: Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by privatemember »

E46 N42:
Perhatikan apakah udah pernah turun 1/2 mesin ganti semua seal head dan vanos, penyakit #1 nya N42 N46 soalnya. Cara cek visual sih knalpot ada gejala oli kebakar asap putih naik perlahan
Metik pastikan gak telat ganti ATF dan gak delay, jedug pas masuk gigi, atau nggak stuck naik giginya

RE1 2.0 MT:
Cek seal vtec, kruk as, dan as pulley ada oli meler gak.
Getaran mesin berlebih gak karena eng.mounting honda semasa cepat kena.
Manualnya sih asyik dia 6 speed, paling agak sabar kalo udah waktunya kampas perlu ganti karena gak sebanyak peredaran kampas/kopling set brio mobilio jazz.

Di luar teknis, ada occasion keluar kota banyak orang atau banyak bawaan? Jawabannya cr-v aja.
Kalo betul2 pingin fun di akhir pekan aja baru E46 no debat.
BMW. Kelas Tersendiri
Honda. Citra Tersendiri
Jalankaki. Kelelahan Tersendiri
wetpsy
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Apr 28, 2019 5:26
Location: Palembang
Daily Vehicle: Chevrolet Spin Diesel

Re: Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by wetpsy »

t105erd wrote: Sat May 10, 2025 23:13 kayanya BMW lebih menyenangkan untuk dikendarai
Wah gitu ya siapp terimakasih masukannya
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by ariswp »

Cuma bisa ngasi masukan seandainya ambil crv gen3 manual :
Penyakit gen3 terutama yang 2.0/R20A :
- mesin bergetar ketika idle dan ac nyala, sebelum vonis engine mounting, cek visual engine mounting kanan apa mulai ada retak dan basah rembes ga, klo ga ada lalu pengetesan ketika idle tanpa ac ketika mesin uda nyala 10 menit halus apa tidak getarannya, klo halus berarti EM aman, klo getar ya EM kena
Penyakit di gen3 R20A itu sensitif sih klo mesin gak fit, saya sudah confirm untuk menghilangkan getaran di unit saya : selain tune up biasa (bersih TB), carbon clean via lubang busi, juga wajib sekalian bersih2 EGR sama MAF sensor
Klo dua komponen ini dibersihkan, itu getar ketika ac nyala dan idle, lamgsung hilang jadi alusss seperti mobil baru
Tapi pembersihan MAF sensor wajib pake MAF sensor cleaner, jangan pake carb cleaner buat TB dll

Unit saya R20A odo 180ribuan EM masi aman padahal sempat suspect gara2 getaran/rough idle td
Setelah DIY EGR dan MAF clean, lamgsung ilang

Pemyakit lain gen3 2.0 itu kaki2 berupa racksteer udah pasti kena dan servis, murah aja kok, sama sekalian cek support shock

imho 6 speed di gen3 manual itu menyenangkan, tarikan enteng, aksel 0-100 malah lumayan signifikan lebih kemcang ketimbang 2.4 5AT (ya bottle neck honda era ini ya 5ATnya itu) dan irit dapet,

Yang lain dan tergolong ringan penyakitnya ya seal vtec dan seal2 desklep karena umur
Klo seal kruk as, lebih karena faktor pengisian oli terlalu banyak, jadi cepat kalah itu

Jangan lupakan cooling system, wajib coolant dikuras dan ganti pake yg bermutu tapi ga usah mahal, bisa pake denso slcc, seiken, hitachi astemo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
X252
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by X252 »

Komentar sedikit, saya dulu pernah pakai CRV 2007 2.0 MT, menurut saya kalau pas tanjakan boyo banget. Kudu gigi 1, gigi 2 gak kuat. Terus kalau lepas kopling ada gejala geter mesinnya. Entah semuanya begini atau punya saya aja. Sudah pernah ganti kampas kopling.

BMW belum pernah pakai, yang jelas lebih fun to drive untuk dikendarai.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Minta saran E46 N42 2004 or CrV 2.0 MT 2007

Post by zonepublic »

Kalo crv 2.0 kelihatannya enak yang RD/gen 2 daripada gen 3