ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Feb 23, 2017 13:04
ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Hallo Suhu2 semua,
Saat ini saya pakai Innova V diesel A/T 2021, rencana mau mengganti unit dan salah satu pilihannya Fortuner 2.8 GR 2022 / 2023. Untuk yang pernah pakai mobil ini boleh bantu info :
1. Konsumsi BBM dalkot / lukot ?
2. Kenyamanan? Terutama dibanding Innova V Diesel
3. Apakah bisa minum Biosolar ?
Terima kasih
Saat ini saya pakai Innova V diesel A/T 2021, rencana mau mengganti unit dan salah satu pilihannya Fortuner 2.8 GR 2022 / 2023. Untuk yang pernah pakai mobil ini boleh bantu info :
1. Konsumsi BBM dalkot / lukot ?
2. Kenyamanan? Terutama dibanding Innova V Diesel
3. Apakah bisa minum Biosolar ?
Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 318
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
1. Innova reborn 2gd lebih irit baik dalkot maupun lukot. Dalkot bisa beda 1-2km/l, lukot bisa sampai 3km/l.
2. Innova reborn 2gd lebih nyaman. Kecuali rute yang dilalui banyak jalan rusak atau banjir, fortuner 1gd lebih worry free, walaupun innova 2gd juga udah termasuk kuat.
3. Dua-duanya bisa minum biosol, asal ada qr code kan haha. Buat fortuner 1gd kan rata” udah euro 4 kecuali keluaran 2022 awal, biar lebih aman minum biosol boleh pertimbangkan ganti downpipe plong dan delete egr (bisa tutup pakai plat atau remap).
*sekedar opini saya sebagai current user innova v 2gd a/t 2020 pre feslip dan fortuner gr 1gd 2022.
2. Innova reborn 2gd lebih nyaman. Kecuali rute yang dilalui banyak jalan rusak atau banjir, fortuner 1gd lebih worry free, walaupun innova 2gd juga udah termasuk kuat.
3. Dua-duanya bisa minum biosol, asal ada qr code kan haha. Buat fortuner 1gd kan rata” udah euro 4 kecuali keluaran 2022 awal, biar lebih aman minum biosol boleh pertimbangkan ganti downpipe plong dan delete egr (bisa tutup pakai plat atau remap).
*sekedar opini saya sebagai current user innova v 2gd a/t 2020 pre feslip dan fortuner gr 1gd 2022.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
kebetulan ex user reborn g diesel at 2018 & fortuner 2.4 VRZ 2018 (keduanya beli seken)winnertrollino wrote: Mon May 05, 2025 9:31 Hallo Suhu2 semua,
Saat ini saya pakai Innova V diesel A/T 2021, rencana mau mengganti unit dan salah satu pilihannya Fortuner 2.8 GR 2022 / 2023. Untuk yang pernah pakai mobil ini boleh bantu info :
1. Konsumsi BBM dalkot / lukot ?
2. Kenyamanan? Terutama dibanding Innova V Diesel
3. Apakah bisa minum Biosolar ?
Terima kasih
1. 11 12
2. jelas menang innova, apalagi innova V, fortuner menang gagah sm tenaga aja hehe
3. bisa, dulu saya keduanya pake biosolar terus dari beli sampe dijual gaada masalah yg aneh2, cm servis rutin sm ganti oli doang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
dont do it. gue dulu sempet pinjem fortuner tetra drive baru keluar dari dealer dan dibawa2 ke puncak. NGGAK NYAMANNNNN BLAS. suspensi jauh lebih keras, interior terasa lebih sempit (karena jendela2 lebih kecil kah??) pokoknya beda jauh deh rasanya.
pdhl innovanya udah pake shock yg lebih keras dari std (tokico) dan dipendekin (eibach) + pake R18. Pake fortuner std ting2 terasa lebih keras buanget.. bikin mual. unbearable.
konsumsi bbm lebih boros sedikit dr innova
pdhl innovanya udah pake shock yg lebih keras dari std (tokico) dan dipendekin (eibach) + pake R18. Pake fortuner std ting2 terasa lebih keras buanget.. bikin mual. unbearable.
konsumsi bbm lebih boros sedikit dr innova
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
"unbearable"tesna wrote: Tue May 06, 2025 3:27 dont do it. gue dulu sempet pinjem fortuner tetra drive baru keluar dari dealer dan dibawa2 ke puncak. NGGAK NYAMANNNNN BLAS. suspensi jauh lebih keras, interior terasa lebih sempit (karena jendela2 lebih kecil kah??) pokoknya beda jauh deh rasanya.
pdhl innovanya udah pake shock yg lebih keras dari std (tokico) dan dipendekin (eibach) + pake R18. Pake fortuner std ting2 terasa lebih keras buanget.. bikin mual. unbearable.
konsumsi bbm lebih boros sedikit dr innova

udah bener banget kalo cari kenyamanan jangan "upgrade" ke fortuner. memang gila itu mobil kerasnya. shock absorber kayak nggak ngeredam.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 318
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Makanya anf paling bener pake shock bawaan, kalo diganti shock yg lebih firm makin keras lagi bantingannya.ChZ wrote: Tue May 06, 2025 3:54"unbearable"tesna wrote: Tue May 06, 2025 3:27 dont do it. gue dulu sempet pinjem fortuner tetra drive baru keluar dari dealer dan dibawa2 ke puncak. NGGAK NYAMANNNNN BLAS. suspensi jauh lebih keras, interior terasa lebih sempit (karena jendela2 lebih kecil kah??) pokoknya beda jauh deh rasanya.
pdhl innovanya udah pake shock yg lebih keras dari std (tokico) dan dipendekin (eibach) + pake R18. Pake fortuner std ting2 terasa lebih keras buanget.. bikin mual. unbearable.
konsumsi bbm lebih boros sedikit dr innova![]()
udah bener banget kalo cari kenyamanan jangan "upgrade" ke fortuner. memang gila itu mobil kerasnya. shock absorber kayak nggak ngeredam.
Tapi kalo udah lewat 1 tahun, agak mendingan sih bantingannya, cuma ya masih keras.
Saat ini utk suv jepang mainstream bantingan paling enak menurut pribadi sy sih ya crv turbo 2017-2022. Lembut tapi minim limbung. Kalo yg hybrid belum perna nyoba.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
tapi emang iya oom susah banget cari gantinya CRV turbo, mo ganti ya new CRVgwsecretc wrote: Tue May 06, 2025 4:16
Makanya anf paling bener pake shock bawaan, kalo diganti shock yg lebih firm makin keras lagi bantingannya.
Tapi kalo udah lewat 1 tahun, agak mendingan sih bantingannya, cuma ya masih keras.
Saat ini utk suv jepang mainstream bantingan paling enak menurut pribadi sy sih ya crv turbo 2017-2022. Lembut tapi minim limbung. Kalo yg hybrid belum perna nyoba.

new CRV mirip mirip sih naikannya, mungkin keras dikit ya tapi redamannya lebih mature malah jadi improve di handling... maklum ban michelin bawaannya 5jt per pc

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
apa masih inreyen yah, odo masih 2 digit gitu blom sampe 100... jadinya kaku bener itu suspensi. anak dan istri jg ngeluh huyahahahah.. ato yg tetra drive punya suspensi yang lebih keras? I dunno.. tadinya sih emang mau di tuker sm innova. setelah ngerasain gimana rasanya naik itu mobil ya ga jadi.ChZ wrote: Tue May 06, 2025 3:54
"unbearable"![]()
udah bener banget kalo cari kenyamanan jangan "upgrade" ke fortuner. memang gila itu mobil kerasnya. shock absorber kayak nggak ngeredam.
lebih ganteng sih emang, tapi klo rasanya kayak kekocok2 ga mau gueee hahahaha. btw dulu ini bukan 2.8 GR, dulu perbandingannya innova V 2018 vs fortuner tetra drive 2019 jadi masih 2GD mesinnya.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Pernah punya 2-2 nya. V diesel & VRZ 2GD (mirip2 lah harusnya sama 2.8 GR). skrg yg vrz udah ga ada, sisa reborn aja.
kalo ngomong irit 11-12. bedanya VRZ 2GD saya isi biosolar (mobil tahun 2017, masih euro 2), yg innova pake dex / dexlite. jadi dari sisi beli solar jauh lebih murah 2GD.
soal nyaman, lebih nyaman reborn buat bawa keluarga, kalo nyetir sendiri, enakan VRZ.
isi biosolar sih bisa, paling lebih sering ganti filsol aja.
kalo ngomong irit 11-12. bedanya VRZ 2GD saya isi biosolar (mobil tahun 2017, masih euro 2), yg innova pake dex / dexlite. jadi dari sisi beli solar jauh lebih murah 2GD.
soal nyaman, lebih nyaman reborn buat bawa keluarga, kalo nyetir sendiri, enakan VRZ.
isi biosolar sih bisa, paling lebih sering ganti filsol aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Selisih tahun masih muda kenapa engga skalian baru aja om?
Dapet model lebih fresh jg kan baru facelift lg
Resale value mobil beginian mah stabil anteng. Apalagi masih bisa minum / dpt barcode biosolar
Apalagi tinggal di jatim or lebih specific surabaya…
beuhhhhh biosolar mania disana

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Dulu saya pengguna ANKI G diesel 2017 sekitar 3 tahun lebih. Sekarang pake ANF TRD 2018.
Yang didapat ketika pindah dari ANKI ke ANF
+ kabin ANF jauh lebih kedap. Bisa bicara gini karena sudah sering pakai ANKI type G diesel punya saya sendiri, type V bensin punya nyokap, dan Venturer diesel punya kakak saya. Venturer pun masih kalah jauh kekedapannya dengan ANF.
+ nosedive tidak terasa bikin mual kaya di ANKI
+ di tol kecepatan tinggi lebih stabil karena suspensi lebih firm. Di ANKI ngayun beneran kaya kapal kena ombak kalau di tol.
+ kaki-kaki ANF lebih kuat dari ANKI. Terbukti 3 tahun saya pakai ANKI utk kerja rute pantura banyak lubang dan aspal keriting, kaki kaki sudah peremejaan banyak (shock bocor, link stabil, tie rod, ball joint). Sedangkan utk ANF sampai skrg belum ada peremajaan kaki kaki dengan rute kerja yang sama.
- kabin ANF lebih sempit dari ANKI
- suspensi ANF lebih keras, di jalan yang keriting lumayan gak nyaman.
- kons bbm ANF sedikit lebih boros kurang lebih 1-2 km/L (di mesin 2GD ya).
- pilar A fortuner buat saya cukup menghalangi pandangan si terutama kalo mau belok kanan.
Secara umum kedua mobil di atas sangat cocok utk diajak kerja keras. Tinggal disesuaikan plus minusnya lebih cocok ke yang mana
Yang didapat ketika pindah dari ANKI ke ANF
+ kabin ANF jauh lebih kedap. Bisa bicara gini karena sudah sering pakai ANKI type G diesel punya saya sendiri, type V bensin punya nyokap, dan Venturer diesel punya kakak saya. Venturer pun masih kalah jauh kekedapannya dengan ANF.
+ nosedive tidak terasa bikin mual kaya di ANKI
+ di tol kecepatan tinggi lebih stabil karena suspensi lebih firm. Di ANKI ngayun beneran kaya kapal kena ombak kalau di tol.
+ kaki-kaki ANF lebih kuat dari ANKI. Terbukti 3 tahun saya pakai ANKI utk kerja rute pantura banyak lubang dan aspal keriting, kaki kaki sudah peremejaan banyak (shock bocor, link stabil, tie rod, ball joint). Sedangkan utk ANF sampai skrg belum ada peremajaan kaki kaki dengan rute kerja yang sama.
- kabin ANF lebih sempit dari ANKI
- suspensi ANF lebih keras, di jalan yang keriting lumayan gak nyaman.
- kons bbm ANF sedikit lebih boros kurang lebih 1-2 km/L (di mesin 2GD ya).
- pilar A fortuner buat saya cukup menghalangi pandangan si terutama kalo mau belok kanan.
Secara umum kedua mobil di atas sangat cocok utk diajak kerja keras. Tinggal disesuaikan plus minusnya lebih cocok ke yang mana
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
bukanya lebih nyaman Innova yah?
konsumsi bbm yaa paling beda dikit lah.
Istri di kantor pakai Innova diesel buat perjalanan dinas katanya lebih nyaman dibanding kalo lagi pakai Fortuner.
Bahkan dirumah ada SUV jadul, Mazda Tribute katanya lebih nyaman dibanding naik Fortuner.
Kayanya kalo mau upgrade kenyamanan yaa pilihanya yg kaya CRV, Mazda CX series gitu2 yah, tapi kalo nyarinya yg bisa di isi bio solar yaa modelan fortuner/pajero. Santa Fe aja kayanya ga bisa bio solar.
konsumsi bbm yaa paling beda dikit lah.
Istri di kantor pakai Innova diesel buat perjalanan dinas katanya lebih nyaman dibanding kalo lagi pakai Fortuner.
Bahkan dirumah ada SUV jadul, Mazda Tribute katanya lebih nyaman dibanding naik Fortuner.
Kayanya kalo mau upgrade kenyamanan yaa pilihanya yg kaya CRV, Mazda CX series gitu2 yah, tapi kalo nyarinya yg bisa di isi bio solar yaa modelan fortuner/pajero. Santa Fe aja kayanya ga bisa bio solar.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Asli dah, di malang cari solar sering kosong, bawa ke surabaya, beuh melimpah ruah biosolar nya. Pom di perumahan elite aja bisa ada biosolarKielConstantine wrote: Tue May 06, 2025 9:44Selisih tahun masih muda kenapa engga skalian baru aja om?
Dapet model lebih fresh jg kan baru facelift lg
Resale value mobil beginian mah stabil anteng. Apalagi masih bisa minum / dpt barcode biosolar
Apalagi tinggal di jatim or lebih specific surabaya…
beuhhhhh biosolar mania disana![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: ASK : Upgrade Innova V Diesel ke Fortuner 2.8 GR
Vote buat CRV. Budget segitu bisa dapet CRV tinggal tambah peredam udah oke banget. Irit dapet, enak dikendarai, nyaman (kalo tambah peredam). Kalo bisa dapet CRV yang generasi sekarang lebih oke lagi. Dulu saya kira kemahalan, tapi setelah nyobain sendiri jadi masuk akal harganya...
Tapi kalo memang dipake di jalan jelek kayak jalur tambang macem jalan rumah ane memang sih lebih enak pickup based car, lebih peace of mind
Tapi kalo memang dipake di jalan jelek kayak jalur tambang macem jalan rumah ane memang sih lebih enak pickup based car, lebih peace of mind