Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kayukayuthe5th wrote: Fri May 02, 2025 2:41
ok gwa salah di kata2 signfikan. tapi perlu diliat intinya adalah mereka emisi naik terus even after EV initiatives plus juga diliat metric nomornya juga 11 sekian ampir 12 ton CO2 thats alot. kalo gwa sih premisnya adalah EV initiatives tanpa diimbangi komitmen karbon netral faktor lain khusunya manufacture ma plants sama aja boong buktinya ya itu tetep aja naik kan total emisinya.
statista? sorry no comment kalo dari sono sumbernya
kalo analisis sotoy saya sih yang seperti saya bilang di post sblmnya om, EVnya sendiri saat penggunaannya minim emisi itu bener, tp total emisi dari dia diproduksi sampe akhir hayatnya masi perlu dipertanyakan. Apakah bener nanti diujung2nya total emisi EV bakalan lebih rendah atau lebih tinggi dari ICE atau hybrid pastinya masih perlu kajian lebih lanjut dan mendalam. setuju sama om, produksi EV itu hanya 1 dari entah brp banyak manufakturing di China, offset pengurangan emisi dari EV (inipun masih harus dipertanyakan ya seperti yang saya bilang diatas) pasti ga akan bisa ngelawan peningkatan emisi dari manufakturing laen. Terlalu naif dan bias sih kalo ngomong total emisi tetep naek walaupun uda jutaan unit artinya EV itu sampah. Ini sih kaya pake kacamata kuda aja
nah kalo ini gwa sepakat. Percuma kalo analogi pengurangan emisi dari EV 10 CO2e tapi manufacture dsb nambah emisi 1000 CO2e. intinya masih harus evaluasi lagi.
china pun juga skrg waktu shanghai auto show pada pamerin hyrbid mereka plus GMW bikin v8 twin turbo *yang bikin agak wow , mungkin mereka tau sih ini EV boom juga bakal turun di beberap tahun kedepan who knows?
Di china emang lebih laku hybrid daripada full EV. Apalagi PHEV dan EREV di sana juga dapet plat hijau seperti EV, jadi seharusnya dapet insentif juga dari pemerintahnya. Dan global EV boom emang udah turun dari tahun lalu, makanya hyundai sekarang fokus ke hybrid. Apalagi pasar terbesar hyundai itu amerika yg presidennya udah nyabut EV mandate di sana. Kalo masalah EV ga bener2 green, itu emang kenyataan, apalagi di indonesia yg pembangkit listriknya mayoritas masih pake batu bara. Produksi EV juga carbon footprintnya masih gede. Jadi yah ga bisa dibilang EV bener2 menghilangkan polusi yah. Mengurangi sih mungkin (karena indonesia ga produksi batere EV), tapi ga menghilangkan.
Kalo saya yg brengsek ini, jujur aja lebih peduli sama economic factornya seekor EV drpd environmental impact hehe. Di indonesia listrik termasuk masih murah banget, jadi bisa save banyak dibanding mobil ICE. Kalo di eropa sih listrik mahal, malah lbh murah piara mobil diesel jatuhnya. Dan karena EV lbh dikit moving parts drpd mobil ICE (apalagi hybrid), biaya servis juga lebih murah. Resale value sih ga usah dipikirin. Kalo mikir resale value mah akhirnya cuma beli toyota diesel doang.
Lapor oom Boku :
Yang lulus cuman Tesla doang … Berarti kecuali bawa Tesla, kalo pake EV dilarang pecicilan kecuali trek lurus, itupun bakal nahas kalo ada truk angkut kayu mogok didepan Tesla menang di software, setir linear, ama ini yg penting: gas predictable, ini yg. kata temen2 pake EV Cungkuo rada kurang (pengalaman di I5, gas-nya baru enak di regen tinggi 3an).
Btw, itu di ulasan kan sebab ada 3 : satu fisika, kalo dah diatas 2 ton susah lawan inersia, kedua ESC, kalo lelet kayak contoh Polestar susah, ketiga ban, cuma ini yang bisa dimitigasi. Nah ini kira2 ban yg. grip cocok buat barang 2 ton apa ya ?, mumpung Micin Pilotsport saya 5000an km lagi dah minta ganti.
Bibieight wrote: Sun May 04, 2025 13:22
Lapor oom Boku :
Yang lulus cuman Tesla doang … Berarti kecuali bawa Tesla, kalo pake EV dilarang pecicilan kecuali trek lurus, itupun bakal nahas kalo ada truk angkut kayu mogok didepan Tesla menang di software, setir linear, ama ini yg penting: gas predictable, ini yg. kata temen2 pake EV Cungkuo rada kurang (pengalaman di I5, gas-nya baru enak di regen tinggi 3an).
Btw, itu di ulasan kan sebab ada 3 : satu fisika, kalo dah diatas 2 ton susah lawan inersia, kedua ESC, kalo lelet kayak contoh Polestar susah, ketiga ban, cuma ini yang bisa dimitigasi. Nah ini kira2 ban yg. grip cocok buat barang 2 ton apa ya ?, mumpung Micin Pilotsport saya 5000an km lagi dah minta ganti.
ps ev lagi kykny om kalo demen nekuk nekuk harganya rada gila sih tapi, 6jtan per ban buat ioniq 5
Bibieight wrote: Sun May 04, 2025 13:22
Lapor oom Boku :
Yang lulus cuman Tesla doang … Berarti kecuali bawa Tesla, kalo pake EV dilarang pecicilan kecuali trek lurus, itupun bakal nahas kalo ada truk angkut kayu mogok didepan Tesla menang di software, setir linear, ama ini yg penting: gas predictable, ini yg. kata temen2 pake EV Cungkuo rada kurang (pengalaman di I5, gas-nya baru enak di regen tinggi 3an).
Btw, itu di ulasan kan sebab ada 3 : satu fisika, kalo dah diatas 2 ton susah lawan inersia, kedua ESC, kalo lelet kayak contoh Polestar susah, ketiga ban, cuma ini yang bisa dimitigasi. Nah ini kira2 ban yg. grip cocok buat barang 2 ton apa ya ?, mumpung Micin Pilotsport saya 5000an km lagi dah minta ganti.
test ginian kebanyakan lolos malah mobil murah om karena kaleng rombeng terus setup suspensinya semi sport macem jazz fiesta dkk
kalo ev itu understerrnya parah, soalnya kalo dari ge8 saya pelajarin yang bener2x kepake itu oversterr kalo chasis bagus suspensi bagus oversterrnya itu gampang di kontrol om
makanya saya bilang bobot gak boong saya doyan banget pake GE8 ya gitu apalagi kakinya ud upgrade berasa banget presisinya kalo di tekuk kasar saran saya si daripada maen ban ganti coilover aja saya si ganti coilover karena ban itu cepet ganti dan kalo maen pake advan yakali 10jt 4pcs coilover 13jt sekali ganti ban 4 biji cuma 2jtan karena pake GTX pro aja ud cukup
cuma buat ioniq yang paling murah saya nemu cuma yellow 16jt
sylar wrote: Sun May 04, 2025 11:49
Saya pake BYD seal. Awalnya mau beli warna hitam tapi liat di IIMS, hitamnya jelek bgt dan banyak bgt swirl. Akhirnya ambil warna biru muda, dan menurut saya sih bagus2 aja. Karena warna cerah, swirl jadi ga keliatan, padahal yg nyuci sopir. Dan mobil saya ga coating atau ppf. Hari pertama nyetir, ada ibu2 [cencored] buka pintu mobilnya hajar mobil saya kenceng bgt. Ajaibnya, ga ada door ding. Sekarang mobil udah 10 bulanan kondisi cat masih bagus, dan kebetulan dealer tempat saya ambil (BYD Depok) menurut saya PDI-nya bagus. Mobil dianter kondisinya bagus ga ada lecet2 atau karat seperti yg dikomplen beberapa orang di medsos.
hitam kebanyakan malah jelek si om ini nissan aja berapa kali dapet item baru teana doank yang bagus itupun katanya repaint semua kalo orian malah kulit jeruk saya dapet march item sama kulit jeruk kayak xtrail pas dapet march putih malah keknya cetnya bagus banget
ini ge8 saya aja item cet ori kek cet repaint kulit jeruknya
kalo byd karatnya biasa di kolong masalahnya seal kolong di tutup semua susah buat bener2x ngeliat kalo mau musti angkat terus buka tutup kolongnya
btw kemaren saya dapet cover batrenya seal juga nanti di share deh
kalo analisis sotoy saya sih yang seperti saya bilang di post sblmnya om, EVnya sendiri saat penggunaannya minim emisi itu bener, tp total emisi dari dia diproduksi sampe akhir hayatnya masi perlu dipertanyakan. Apakah bener nanti diujung2nya total emisi EV bakalan lebih rendah atau lebih tinggi dari ICE atau hybrid pastinya masih perlu kajian lebih lanjut dan mendalam. setuju sama om, produksi EV itu hanya 1 dari entah brp banyak manufakturing di China, offset pengurangan emisi dari EV (inipun masih harus dipertanyakan ya seperti yang saya bilang diatas) pasti ga akan bisa ngelawan peningkatan emisi dari manufakturing laen. Terlalu naif dan bias sih kalo ngomong total emisi tetep naek walaupun uda jutaan unit artinya EV itu sampah. Ini sih kaya pake kacamata kuda aja
nah kalo ini gwa sepakat. Percuma kalo analogi pengurangan emisi dari EV 10 CO2e tapi manufacture dsb nambah emisi 1000 CO2e. intinya masih harus evaluasi lagi.
china pun juga skrg waktu shanghai auto show pada pamerin hyrbid mereka plus GMW bikin v8 twin turbo *yang bikin agak wow , mungkin mereka tau sih ini EV boom juga bakal turun di beberap tahun kedepan who knows?
Di china emang lebih laku hybrid daripada full EV. Apalagi PHEV dan EREV di sana juga dapet plat hijau seperti EV, jadi seharusnya dapet insentif juga dari pemerintahnya. Dan global EV boom emang udah turun dari tahun lalu, makanya hyundai sekarang fokus ke hybrid. Apalagi pasar terbesar hyundai itu amerika yg presidennya udah nyabut EV mandate di sana. Kalo masalah EV ga bener2 green, itu emang kenyataan, apalagi di indonesia yg pembangkit listriknya mayoritas masih pake batu bara. Produksi EV juga carbon footprintnya masih gede. Jadi yah ga bisa dibilang EV bener2 menghilangkan polusi yah. Mengurangi sih mungkin (karena indonesia ga produksi batere EV), tapi ga menghilangkan.
Kalo saya yg brengsek ini, jujur aja lebih peduli sama economic factornya seekor EV drpd environmental impact hehe. Di indonesia listrik termasuk masih murah banget, jadi bisa save banyak dibanding mobil ICE. Kalo di eropa sih listrik mahal, malah lbh murah piara mobil diesel jatuhnya. Dan karena EV lbh dikit moving parts drpd mobil ICE (apalagi hybrid), biaya servis juga lebih murah. Resale value sih ga usah dipikirin. Kalo mikir resale value mah akhirnya cuma beli toyota diesel doang.
yah intinya gitu sih, jadi salah satu alternatif, gwa ga setuju juga soal pushing as "one-state solution"
masalahnya sampe kapan listrik indo masih "dimurahkan" kita belum tau.
Last edited by kayukayuthe5th on Sun May 04, 2025 23:11, edited 1 time in total.
Bibieight wrote: Sun May 04, 2025 13:22
Lapor oom Boku :
Yang lulus cuman Tesla doang … Berarti kecuali bawa Tesla, kalo pake EV dilarang pecicilan kecuali trek lurus, itupun bakal nahas kalo ada truk angkut kayu mogok didepan Tesla menang di software, setir linear, ama ini yg penting: gas predictable, ini yg. kata temen2 pake EV Cungkuo rada kurang (pengalaman di I5, gas-nya baru enak di regen tinggi 3an).
Btw, itu di ulasan kan sebab ada 3 : satu fisika, kalo dah diatas 2 ton susah lawan inersia, kedua ESC, kalo lelet kayak contoh Polestar susah, ketiga ban, cuma ini yang bisa dimitigasi. Nah ini kira2 ban yg. grip cocok buat barang 2 ton apa ya ?, mumpung Micin Pilotsport saya 5000an km lagi dah minta ganti.
ps ev lagi kykny om kalo demen nekuk nekuk harganya rada gila sih tapi, 6jtan per ban buat ioniq 5
oh iya ? gwa belum cek harga ban EV, cman emang lebih mahal sih
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 23:10
yah intinya gitu sih, jadi salah satu alternatif, gwa ga setuju juga soal pushing as "one-state solution"
masalahnya sampe kapan listrik indo masih "dimurahkan" kita belum tau.
saya rumah pun listrik kagak subsidi om hasilnya buat nyolok EV si modar juga pasang ac 2.5pk aja bisa abis 1,8jt itu juga pasang ngirit2x tunggu siang terus sore lanjut 1 pk kadang siang pun di rolling sama yang 2pk cuma kalo dah siang 2 pk kagak sanggup
Bibieight wrote: Sun May 04, 2025 13:22
Lapor oom Boku :
Yang lulus cuman Tesla doang … Berarti kecuali bawa Tesla, kalo pake EV dilarang pecicilan kecuali trek lurus, itupun bakal nahas kalo ada truk angkut kayu mogok didepan Tesla menang di software, setir linear, ama ini yg penting: gas predictable, ini yg. kata temen2 pake EV Cungkuo rada kurang (pengalaman di I5, gas-nya baru enak di regen tinggi 3an).
Btw, itu di ulasan kan sebab ada 3 : satu fisika, kalo dah diatas 2 ton susah lawan inersia, kedua ESC, kalo lelet kayak contoh Polestar susah, ketiga ban, cuma ini yang bisa dimitigasi. Nah ini kira2 ban yg. grip cocok buat barang 2 ton apa ya ?, mumpung Micin Pilotsport saya 5000an km lagi dah minta ganti.
Keren bener tesla,
Ceo nya fisikawan, merangkap pebisnis, jd biz decisionnya juga mentingin handling, driving experience, dll.
Pas masuk politik, error, karena sesirkel sm paman donal
Itu moose test entry point 83 kph sih gokil banget, msh sat set
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 1:39
Keren bener tesla,
Ceo nya fisikawan, merangkap pebisnis, jd biz decisionnya juga mentingin handling, driving experience, dll.
Pas masuk politik, error, karena sesirkel sm paman donal
Itu moose test entry point 83 kph sih gokil banget, msh sat set
hasil karya dia yang asli itu cuma cybertruck, sisanya kerjaan enginer dia tapi pushnya yang bikin tesla bagus kek sekarang......... karena dia juga jualannya kek jualan minyak uler...... banyak janji akhirnya sakit pala sendiri buat nepatin janjinya.........itulah efek pushnya dia soalnya pas investor event dia kebanyakan omong yang belom tentu bisa ud di janjiin sama dia makannya keburu awang2x buyer terkesan kasih dp, investor terkesan lsg beli saham
makannya kenapa cyber truck lama banget molornya lagi puter otak keliatannya buat bikin towing rangenya efektif ujung2xnya gatot juga
dia bukan eror dia sales EV terus anti LGBT karena anaknya jadi GEY satu akhirnya musti dukung paman donald kalo dukung paman donald EV bakalan di sikat sama donal kecuali loe pede barang loe bagus ya gak masalah harusnya si gak masalah tapi tau sendiri democrat itu pendukungnya kaum eq jongkok terus kebanyakan pro EV dan pake produk dia ya kena lah dia
elon itu masuk DOGE karena mau efiesiensi anggaran yang korup pasti mati2xan jatohin dia apalagi pendukung democrat kebanyakan eq jongkok tinggal hasut aja kena deh
lagian selama biden berkuasa ekonomi us ud makin anjlok makannya kenapa elon ikut2xan karena dia juga prihatin kalo dipikir gak ada untungnya dia dukung donal bebek cuma nambahin kerjaan dia mana sekarang tesla yang kena lagi kecuali tujuannya emang mungkin mau blokir mobil china masuk us masuk akal kali ya
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 1:39
Keren bener tesla,
Ceo nya fisikawan, merangkap pebisnis, jd biz decisionnya juga mentingin handling, driving experience, dll.
Pas masuk politik, error, karena sesirkel sm paman donal
Itu moose test entry point 83 kph sih gokil banget, msh sat set
hasil karya dia yang asli itu cuma cybertruck, sisanya kerjaan enginer dia tapi pushnya yang bikin tesla bagus kek sekarang......... karena dia juga jualannya kek jualan minyak uler...... banyak janji akhirnya sakit pala sendiri buat nepatin janjinya.........itulah efek pushnya dia soalnya pas investor event dia kebanyakan omong yang belom tentu bisa ud di janjiin sama dia makannya keburu awang2x buyer terkesan kasih dp, investor terkesan lsg beli saham
makannya kenapa cyber truck lama banget molornya lagi puter otak keliatannya buat bikin towing rangenya efektif ujung2xnya gatot juga
dia bukan eror dia sales EV terus anti LGBT karena anaknya jadi GEY satu akhirnya musti dukung paman donald kalo dukung paman donald EV bakalan di sikat sama donal kecuali loe pede barang loe bagus ya gak masalah harusnya si gak masalah tapi tau sendiri democrat itu pendukungnya kaum eq jongkok terus kebanyakan pro EV dan pake produk dia ya kena lah dia
elon itu masuk DOGE karena mau efiesiensi anggaran yang korup pasti mati2xan jatohin dia apalagi pendukung democrat kebanyakan eq jongkok tinggal hasut aja kena deh
lagian selama biden berkuasa ekonomi us ud makin anjlok makannya kenapa elon ikut2xan karena dia juga prihatin kalo dipikir gak ada untungnya dia dukung donal bebek cuma nambahin kerjaan dia mana sekarang tesla yang kena lagi kecuali tujuannya emang mungkin mau blokir mobil china masuk us masuk akal kali ya
Ya plus nya donal anti maho sih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 1:39
Keren bener tesla,
Ceo nya fisikawan, merangkap pebisnis, jd biz decisionnya juga mentingin handling, driving experience, dll.
Pas masuk politik, error, karena sesirkel sm paman donal
Itu moose test entry point 83 kph sih gokil banget, msh sat set
hasil karya dia yang asli itu cuma cybertruck, sisanya kerjaan enginer dia tapi pushnya yang bikin tesla bagus kek sekarang......... karena dia juga jualannya kek jualan minyak uler...... banyak janji akhirnya sakit pala sendiri buat nepatin janjinya.........itulah efek pushnya dia soalnya pas investor event dia kebanyakan omong yang belom tentu bisa ud di janjiin sama dia makannya keburu awang2x buyer terkesan kasih dp, investor terkesan lsg beli saham
makannya kenapa cyber truck lama banget molornya lagi puter otak keliatannya buat bikin towing rangenya efektif ujung2xnya gatot juga
dia bukan eror dia sales EV terus anti LGBT karena anaknya jadi GEY satu akhirnya musti dukung paman donald kalo dukung paman donald EV bakalan di sikat sama donal kecuali loe pede barang loe bagus ya gak masalah harusnya si gak masalah tapi tau sendiri democrat itu pendukungnya kaum eq jongkok terus kebanyakan pro EV dan pake produk dia ya kena lah dia
elon itu masuk DOGE karena mau efiesiensi anggaran yang korup pasti mati2xan jatohin dia apalagi pendukung democrat kebanyakan eq jongkok tinggal hasut aja kena deh
lagian selama biden berkuasa ekonomi us ud makin anjlok makannya kenapa elon ikut2xan karena dia juga prihatin kalo dipikir gak ada untungnya dia dukung donal bebek cuma nambahin kerjaan dia mana sekarang tesla yang kena lagi kecuali tujuannya emang mungkin mau blokir mobil china masuk us masuk akal kali ya
like or dislike, tesla s ma tesla 3 menurutku "PEAK" tesla.
engineer (selain interior ma flaws ADAS) ini ok punya sih secara performa
kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:30
like or dislike, tesla s ma tesla 3 menurutku "PEAK" tesla.
engineer (selain interior ma flaws ADAS) ini ok punya sih secara performa
buat EV mau lebih bagus dari hyundei emang tesla si om cuma harganya gak worthed aja
rechtmasta wrote: Fri May 02, 2025 7:51
Ternyata thread yang tadinya edukasi EV, yang belakangan malah jadi thread fearmongering masih lanjut yah, hahaha...
Tiga halaman kebelakang kebanyakan monolog soalnya.
melebar kemana-mana bahasannya... yang ribut malah orang nggak pake EV.
saya sih cuma nggak merasa cocok dgn rasa bawanya EV aja udah. the rest kalo orang mau beli ya udah. soalnya nggak pake juga jadi ngapain panjang-panjang wkwkwkw.
kayak trying too hard to convince people aja. seakan pengetahuan baru padahal ya enggak.
Iya Om, hahaha...awal2 diskusi lumayan, tapi kesini2, banyak banget monolog cherry picking yang kekeuh biar ngajak orang ikut jadi ga suka juga
Ya, secara fakta, suka ga suka EV banyak dateng dari mainland...gimana dong...traditional ICE manufacturer kyknya juga udah nyampe titik jenuh, malah beberapa bertumbangan.
Dalam waktu dekat mungkin akan meminang EV pertama, lets see...kalau tabungan EV malah dibelokin ke FD2 (mobil impian yang ga kesampaian terus, entah kenapa...mungkin belum jodoh, hahaha).
kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:30
like or dislike, tesla s ma tesla 3 menurutku "PEAK" tesla.
engineer (selain interior ma flaws ADAS) ini ok punya sih secara performa
buat EV mau lebih bagus dari hyundei emang tesla si om cuma harganya gak worthed aja
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 10:50
yg bikin tesla paham how physics works
ditambah org nomer 1 nya jg physics nerd
itu juga katanya teslanya kabur abis nabrak subaru, subarunya lsg open donation kalo gak salah dapetnya lumayan, polisi aja sampe ngasi reward kalo bisa ngasi tau siapa yang bawa tuh tesla, soalnya katanya kemungkinan teslanya mobil rental
kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:30
like or dislike, tesla s ma tesla 3 menurutku "PEAK" tesla.
engineer (selain interior ma flaws ADAS) ini ok punya sih secara performa
buat EV mau lebih bagus dari hyundei emang tesla si om cuma harganya gak worthed aja
Penasaran, Lebih bagus tesla dari sisi apa kah?
Kalo buat saya dari driving feel. Pernah pake semingguan, Tesla 3 ama Tesla Y. Bahasa awamnya, driving feel sbg EV tu jauh lebih refined dibanding EV lain (selain I5, EV yg pake > 1 hari : Model 3, Model Y, Atto3, iX3). Kalo sisi driving response throttle-nya itu natural banget antara "pingin" gimana mobil jalan ama dapetnya.
Saya pribadi, bukti kalo development controller EV dah mature itu kalo dah berani offering one pedal, soalnya sulit, harus halus, kurlebnya : motor traksi disuruh jadi motor servo, udah gitu kontrollernya pake kaki orang.
Saya pake I5 belajar one pedal butuh setengah hari (dibantu dipaksa pake Model 3 seminggu ), ini Tesla nekat default one pedal, tapi buat user bisa langsung natural. Refinement ini yg. susah, CMMIW EV Tiongkok belum ada yg tawarin one pedal.
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 10:50
yg bikin tesla paham how physics works
ditambah org nomer 1 nya jg physics nerd
hal yang tidak disukai manufakturer zaman now, production led by engineer
lebih bagus led by financial geek
tapi sejagonya tesla, liat cybertruck terlalu "kreatif" juga itu cara bikin mobilnya, rear tow bar dibaut dan dilem ke chassis, dan chassis made of aluminum... yah setiap merek ada aja si kelemahannya tinggal seberapa parah aja
Bibieight wrote: Mon May 05, 2025 11:00
Saya pribadi, bukti kalo development controller EV dah mature itu kalo dah berani offering one pedal, soalnya sulit, harus halus, kurlebnya : motor traksi disuruh jadi motor servo, udah gitu kontrollernya pake kaki orang.
Saya pake I5 belajar one pedal butuh setengah hari (dibantu dipaksa pake Model 3 seminggu ), ini Tesla nekat default one pedal, tapi buat user bisa langsung natural.
contoh nyata: start duluan, laku duluan dan led by engineer.
Refinement ini yg. susah, CMMIW EV Tiongkok belum ada yg tawarin one pedal.
nah China maker tahu ini hal yang ga bisa dikejar, mau pake AI aja ga bisa, karena butuh data dulu yg pabrikan lain sudah punya belum lagi mesti di olah lagi, butuh waktu, jadilah mendingan jualan gimmick dan bombastic look everybody happy, apalagi Genzet dan gen alpha
buat EV mau lebih bagus dari hyundei emang tesla si om cuma harganya gak worthed aja
Penasaran, Lebih bagus tesla dari sisi apa kah?
Kalo buat saya dari driving feel. Pernah pake semingguan, Tesla 3 ama Tesla Y. Bahasa awamnya, driving feel sbg EV tu jauh lebih refined dibanding EV lain (selain I5, EV yg pake > 1 hari : Model 3, Model Y, Atto3, iX3). Kalo sisi driving response throttle-nya itu natural banget antara "pingin" gimana mobil jalan ama dapetnya.
Saya pribadi, bukti kalo development controller EV dah mature itu kalo dah berani offering one pedal, soalnya sulit, harus halus, kurlebnya : motor traksi disuruh jadi motor servo, udah gitu kontrollernya pake kaki orang.
Saya pake I5 belajar one pedal butuh setengah hari (dibantu dipaksa pake Model 3 seminggu ), ini Tesla nekat default one pedal, tapi buat user bisa langsung natural. Refinement ini yg. susah, CMMIW EV Tiongkok belum ada yg tawarin one pedal.
huawei ma xiaomi kaianya udah di mainlan........kalo disini mereka udah research mah quantum computing aja bingung lawan mak2 sein kanan belok kiri
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 23:10
yah intinya gitu sih, jadi salah satu alternatif, gwa ga setuju juga soal pushing as "one-state solution"
masalahnya sampe kapan listrik indo masih "dimurahkan" kita belum tau.
saya rumah pun listrik kagak subsidi om hasilnya buat nyolok EV si modar juga pasang ac 2.5pk aja bisa abis 1,8jt itu juga pasang ngirit2x tunggu siang terus sore lanjut 1 pk kadang siang pun di rolling sama yang 2pk cuma kalo dah siang 2 pk kagak sanggup