terus ??
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
wah local made nih, federal, kalau liat fotonya di toko ijokayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 12:25 barusan diomongin, mobil super ganti baju API masih SP *dari toko ijo (bukan ajakan membeli, terafiliasi, sales, promotor)
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihmkamil wrote: Wed Apr 30, 2025 23:13wah local made nih, federal, kalau liat fotonya di toko ijokayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 12:25 barusan diomongin, mobil super ganti baju API masih SP *dari toko ijo (bukan ajakan membeli, terafiliasi, sales, promotor)
![]()

feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
critanya mirip ama shellkayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihmkamil wrote: Wed Apr 30, 2025 23:13wah local made nih, federal, kalau liat fotonya di toko ijokayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 12:25 barusan diomongin, mobil super ganti baju API masih SP *dari toko ijo (bukan ajakan membeli, terafiliasi, sales, promotor)
![]()
sayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
waktu masi made in thai (utk helix) dan malon (utk rimula nya), kualitet nya mantep tuh, mirip ama waktu jaman mobil super masi made in sg
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
DOHC wrote: Thu May 01, 2025 0:37critanya mirip ama shellkayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
waktu masi made in thai (utk helix) dan malon (utk rimula nya), kualitet nya mantep tuh, mirip ama waktu jaman mobil super masi made in sg



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Klo dr bbrp sampling test labDOHC wrote: Thu May 01, 2025 0:37critanya mirip ama shellkayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
waktu masi made in thai (utk helix) dan malon (utk rimula nya), kualitet nya mantep tuh, mirip ama waktu jaman mobil super masi made in sg
Fastron Gold much better mbah
Terlepas polemik internal

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
polemik apaan mbah?Suryaputra wrote: Thu May 01, 2025 4:23Klo dr bbrp sampling test labDOHC wrote: Thu May 01, 2025 0:37critanya mirip ama shellkayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34
dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
waktu masi made in thai (utk helix) dan malon (utk rimula nya), kualitet nya mantep tuh, mirip ama waktu jaman mobil super masi made in sg
Fastron Gold much better mbah
Terlepas polemik internal![]()

tapi aneh juga yah ini mobil super yang 5w30 ama 0w20 pada banyak out of stock bisa jadi sih emang beneran bikin 3 tier low(super eco) mid and high(super AIO n 1)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Itu loh mbahkayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 6:57polemik apaan mbah?Suryaputra wrote: Thu May 01, 2025 4:23Klo dr bbrp sampling test labDOHC wrote: Thu May 01, 2025 0:37
critanya mirip ama shell
waktu masi made in thai (utk helix) dan malon (utk rimula nya), kualitet nya mantep tuh, mirip ama waktu jaman mobil super masi made in sg
Fastron Gold much better mbah
Terlepas polemik internal![]()
tapi aneh juga yah ini mobil super yang 5w30 ama 0w20 pada banyak out of stock bisa jadi sih emang beneran bikin 3 tier low(super eco) mid and high(super AIO n 1)
Nagih piutang 11rb trilyun msh ada di negara lain

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihmkamil wrote: Wed Apr 30, 2025 23:13wah local made nih, federal, kalau liat fotonya di toko ijokayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 12:25 barusan diomongin, mobil super ganti baju API masih SP *dari toko ijo (bukan ajakan membeli, terafiliasi, sales, promotor)
![]()
sayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Nganu mbah.Greenhunter wrote: Thu May 01, 2025 12:03Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
Hipotesisnya hrs ditunjukin dgn data test lab yg valid, di mobil yg sama.
Jd blm terjawab mbah.
Klo shell Ultra Vs pertamina gold, kan sudah terbukti dr sampling test lab, walau dr bbrp mobil yg beda, tp ada data nya minimal

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
1. Oli lcgc = murahGreenhunter wrote: Thu May 01, 2025 12:03Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
2. Baseoil & additive package lebih jelek. Simplenya oli lcgc kan mesinnya gak turbo dll, proteksi yang dibutuhkan gak sebesar mobil turbo.
3. Tergantung sih, kalo oli lcgc dipakein ke civic turbo ya bahaya dengan oci sama udah shearing parah. Kalo untuk mobil standard sih aman aman aja oci 4000-5000.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
sepengtahuan saya *suhu/senior/admin bisa bantu jawabGreenhunter wrote: Thu May 01, 2025 12:03Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
1. gada sih malahan lebih jelek biasanya aditifnya
2. base oil B aja makanya bisa lebih diteken
3. bisa aja asal SAE ma API masuk, cman yah itu dipercepat aja 5000/6bulan -> 3000km/3 bulan n krg disarankan turbo/high compression/hybrid (turbo cepet panas base oil musti ok, high compression butuh pelumas yang konsisten antiwear aditifnya, hybrid musti cepet ignition timing karena engine on/off so perlu base oil ok+ antiwear ajib+ VI yang baik + v100 yang super encer)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Ono rego, ono rupoGreenhunter wrote: Thu May 01, 2025 12:03Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
Ada harga, ada kualitas
Sama seperti mobil LCGC vs mobil non-LCGC
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1603
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
ATF S6 nya masih made in thailand kemarin saya beli, kalo S2G GL4 udah made in MarundaDOHC wrote: Thu May 01, 2025 0:37critanya mirip ama shellkayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
waktu masi made in thai (utk helix) dan malon (utk rimula nya), kualitet nya mantep tuh, mirip ama waktu jaman mobil super masi made in sg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1603
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Mungkin strategi marketing aja itu, menyasar pengguna mobil LCGC yg populasinya sekarang hampir mendominasi jalanan. Dibuatlah oli yg kapasitasnya sesuai dengan spek yg seadanya, yang penting harganya murah, sesuai kantong mayoritas penggunanya. Coba amsowel ngeluarin oli lcgc spek bagus tapi seliternya 150rb kira2 bakal laku ga? wkwk...Greenhunter wrote: Thu May 01, 2025 12:03Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
Kaya di amrik sana ada oli khusus high mileage yg additifnya disesuaikan, kalo disini kan ga ada atau saya blm pernah nemu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
label eco diluaran malah lebih mahal karena std API-SP nya biasanya di API SP RC alias hybrid redit105erd wrote: Fri May 02, 2025 0:03Mungkin strategi marketing aja itu, menyasar pengguna mobil LCGC yg populasinya sekarang hampir mendominasi jalanan. Dibuatlah oli yg kapasitasnya sesuai dengan spek yg seadanya, yang penting harganya murah, sesuai kantong mayoritas penggunanya. Coba amsowel ngeluarin oli lcgc spek bagus tapi seliternya 150rb kira2 bakal laku ga? wkwk...Greenhunter wrote: Thu May 01, 2025 12:03Oli LCGC, pertanyaan yg saya belum menemukan jawabannya mungkin para guru besar perolian bisa kasih pencerahan :kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:34
dari dulu yang jaman mobil super AIO dah local made sih. cman waktu jaman exxonmobil ini oli keren sihsayang waktu federal pegang udah turun 1 level (dulu bisa dibilang levelnya TQ9000 n lupromax razr skrg setara TQ8000 n shell city)
feeling gwa kedepan sih mobil super eco buatan si federal, mobil super AIO (atau perfs kalo diluar) ma mobil 1 tetep exxonmobil (fingercrossed)
ini juga ada yang 0w20 juga ternyata liat2 di tokoijo (harganya juga not bad at all) per liternya diitung 80 yah wajar lah karena yang AIO skrg retail bisa tembus 110 *kurang worth it kalo segitu:big_bored:
1. Mengapa ada oli khusus LCGC ( selain karena kemasannya 3 liter) ? Memangnya mereka minta spek khusus ? Kenapa gak pakai oli yg sdh ada saja ?
2 dengan spek yg sama, SAE yg sama, api service sama mengapa harga per liternya lebih murah ?
3. Oli LCGC kalau dipakai dimobil non LCGC kenapa pemakaiannya (OCI) disarankan pendek saja ? Bukannya sama sama mesin mobil, sae sama, api service sama, dll
Kaya di amrik sana ada oli khusus high mileage yg additifnya disesuaikan, kalo disini kan ga ada atau saya blm pernah nemu.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Kalo aspira oil 0w20 made by shell ini jatuhnya oli lcgc ga ya? Hrg retailnya 125rb per liter tapi selalu promo buy 2L get 2L
Sementara aspira 5w30 ritelnya 123rb tapi ga termasuk dalam promo buy 2L get 2L
Rutin langganan per 4000-5000km karena murahnya aja sih, dimana lagi dapet 250rb per 4L di jaman syulit gini dan jaminan gak kena oli palsu karena di SnD
Klo rasa sih biasa aja, mirip2 sama shell helix city/eneos 0w20, mobil super aio 0w20 sebelumnya yg saya pake
Speknya jadul, masi api sn dan ga ada embel2 full sintetik, penguapan juga nyaris ga ada sama seperti 0w20 lainnya di unit R20A, belom ada gejala varnish juga
Tapi lucunya sama salah satu media diuji di unit 3.3liter turbo mazda cx60
https://otodriver.com/berita/2024/siap- ... iadebjdira
Buka seles yah, gak dibayar juga, cuma emang nyari oli murah buat mobil tua harian, dan demen yg encer2
Sementara aspira 5w30 ritelnya 123rb tapi ga termasuk dalam promo buy 2L get 2L
Rutin langganan per 4000-5000km karena murahnya aja sih, dimana lagi dapet 250rb per 4L di jaman syulit gini dan jaminan gak kena oli palsu karena di SnD
Klo rasa sih biasa aja, mirip2 sama shell helix city/eneos 0w20, mobil super aio 0w20 sebelumnya yg saya pake
Speknya jadul, masi api sn dan ga ada embel2 full sintetik, penguapan juga nyaris ga ada sama seperti 0w20 lainnya di unit R20A, belom ada gejala varnish juga
Tapi lucunya sama salah satu media diuji di unit 3.3liter turbo mazda cx60

https://otodriver.com/berita/2024/siap- ... iadebjdira
Buka seles yah, gak dibayar juga, cuma emang nyari oli murah buat mobil tua harian, dan demen yg encer2
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka
mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa
kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa
kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
anjay tahu pongDOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka
mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa
kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
feeling gwa itu kaianya daleman ecoplus ya.ariswp wrote: Fri May 02, 2025 5:01 Kalo aspira oil 0w20 made by shell ini jatuhnya oli lcgc ga ya? Hrg retailnya 125rb per liter tapi selalu promo buy 2L get 2L
Sementara aspira 5w30 ritelnya 123rb tapi ga termasuk dalam promo buy 2L get 2L
Rutin langganan per 4000-5000km karena murahnya aja sih, dimana lagi dapet 250rb per 4L di jaman syulit gini dan jaminan gak kena oli palsu karena di SnD
Klo rasa sih biasa aja, mirip2 sama shell helix city/eneos 0w20, mobil super aio 0w20 sebelumnya yg saya pake
Speknya jadul, masi api sn dan ga ada embel2 full sintetik, penguapan juga nyaris ga ada sama seperti 0w20 lainnya di unit R20A, belom ada gejala varnish juga
Tapi lucunya sama salah satu media diuji di unit 3.3liter turbo mazda cx60![]()
https://otodriver.com/berita/2024/siap- ... iadebjdira
Buka seles yah, gak dibayar juga, cuma emang nyari oli murah buat mobil tua harian, dan demen yg encer2
alt lain sih ambil fastron techno (cman penguapan agak mayan sih yang 0w20)
l15z lio gwa kasih fastron ecogreen dari "lahir" aman2 juga hehe yang jelas sama kaia om 4000-5000km bahkan 3500km kadang ganti.
yah kan tes gpp, kalo ada apa2 punyeng ndiri wkwkw

apalagi 3.3 liter turbo mazda itu terkenal carbon buildup (sama kaia palisade ma telluride diluar, TGDI kalo pake oli agak2)
kalo buat harian emang yang murmercrot aja yah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
gwa pake itu di 2NR ama L15z1 fastron ecogreen , aman2 bae (jadwal OCI gak molor, kadang dipercepat )kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27anjay tahu pongDOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka
mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa
kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua![]()
tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
padahal adanya oli LCGC, banyak yang ga sadar, market cap LCGC kan gede banget = daihatsu & ahond, tapi kemungkinan budget service minimal jadilah dikeluarin oli LCGC kemasan 3,5 liter per galon, biar ga usah pake oli kemasan 1 liter x3 yg jatohnya lebih mahal dikit karena botol.kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27 anjay tahu pong![]()
tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc

tapi ada hal antik juga, dulu masih pelihara nissan K13 enjin HR12, mekanik shop n drive tiap kali saya beli selalu ragu2 karena ga banyak yang mau beli karena stigma: oli lcgc oli jelek karena murah, saya jawab aja: bodo amat ganti tiap 6 bulan atau 5 ribu km, dah gitu sering dapet promo filter oli aspira gratis pula atau beli 3 liter gratis 1 liter


pantesan konten kreator jasa inspeksi mobil, jarang banget posting LCGC seken


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
- Location: Denpasar
- Daily Vehicle: Honda Freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Menarik ecogreen ini. Untuk di mesin L15A udh pas 3.5 liter. Sudah menimbang-nimbang pake ini aja kalau sebentar lagi mobil berubah bakal lebih banyak pakai buat anter anak sekolah PP 3km doang. Jadi perlu yang murah aja tapi mungkin ganti lebih cepat (fuel dillution jalanan macet).kayukayuthe5th wrote: Fri May 02, 2025 12:37gwa pake itu di 2NR ama L15z1 fastron ecogreen , aman2 bae (jadwal OCI gak molor, kadang dipercepat )kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27anjay tahu pongDOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka
mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa
kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua![]()
tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
Btw pakai yg 0w20 atau 5w30 mbah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Pertanyaan berikutnya :
Lebih baik mana/better mana, oli bumbu era 90an akhir/2000an awal seperti 10w30/10w40/15w40/20w50 dengan embel2 mineral/semi syn api sn (ex : fastron techno, castrol gtx, shell hx5/hx6
Atau, oli eco2an lcgc 0w20/5w30 dengan embel2 "full syn" ap sn gf5
Casenya : dipakai di mobil non lcgc mainstream misal di 4a92/1tr/k15b/l15z

Lebih baik mana/better mana, oli bumbu era 90an akhir/2000an awal seperti 10w30/10w40/15w40/20w50 dengan embel2 mineral/semi syn api sn (ex : fastron techno, castrol gtx, shell hx5/hx6
Atau, oli eco2an lcgc 0w20/5w30 dengan embel2 "full syn" ap sn gf5
Casenya : dipakai di mobil non lcgc mainstream misal di 4a92/1tr/k15b/l15z

Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kalo bwat "mobil tempur" gaskeun aja mbah asal jangan diolor2 OCInya.tohpati wrote: Fri May 02, 2025 16:33Menarik ecogreen ini. Untuk di mesin L15A udh pas 3.5 liter. Sudah menimbang-nimbang pake ini aja kalau sebentar lagi mobil berubah bakal lebih banyak pakai buat anter anak sekolah PP 3km doang. Jadi perlu yang murah aja tapi mungkin ganti lebih cepat (fuel dillution jalanan macet).kayukayuthe5th wrote: Fri May 02, 2025 12:37gwa pake itu di 2NR ama L15z1 fastron ecogreen , aman2 bae (jadwal OCI gak molor, kadang dipercepat )kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27
anjay tahu pong![]()
tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
Btw pakai yg 0w20 atau 5w30 mbah?
dua2 pernah pake tapi sering pake 0w20, sampe skrg lio di rumah sepupu aja dijejelin itu sih 4000km ganti+filter. cman susut lmayan (500-600 cc kalo dibuat 5000kman) makanya saya perpendek 4000 bahkan kadang 3500km.
oli eco2an ga yakin full synth, di botol terbaru even fastron techno yang biru 0w20 ma 5w30 aja synthetic tech di botol ijo yang baru ecogreen juga bilang synthetic tech tokm kaianya juga semi synths.ariswp wrote: Fri May 02, 2025 18:17 Pertanyaan berikutnya :
Lebih baik mana/better mana, oli bumbu era 90an akhir/2000an awal seperti 10w30/10w40/15w40/20w50 dengan embel2 mineral/semi syn api sn (ex : fastron techno, castrol gtx, shell hx5/hx6
Atau, oli eco2an lcgc 0w20/5w30 dengan embel2 "full syn" ap sn gf5
Casenya : dipakai di mobil non lcgc mainstream misal di 4a92/1tr/k15b/l15z
![]()
castrol GTX gwabilang yang botol item udah fully synth setara ama TQ8000, mobil super gwa pernah coba hoho
yah asal visco masuk ok aja, pleng tarikan doang di 3000km udah mulai ga enag ma mid-high rpm lebih kasar sih. asal ga dipush longrun 10000km ngikut ama aji2 mbah@suryaputra ; coolant ma jeroan sehat 5000km/6bulan ganti + filter n ga kena oli ACDC so far so good aja.
omong2 pertamina fastron platinum juga akhirnya ganti baju keren juga item, merah berasa resing.......tapi mirip enduro

