bagasi VS kabin row 3 ...............Pboyz97 wrote: Wed Apr 30, 2025 0:59
mirip2 om setau saya . tp kalo storage sm bantingan suspensi lebih prefer civic hehe

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
bagasi VS kabin row 3 ...............Pboyz97 wrote: Wed Apr 30, 2025 0:59
mirip2 om setau saya . tp kalo storage sm bantingan suspensi lebih prefer civic hehe
yang bikin masih awet pake civic ampe hari ini.... khilafnya gak kelar kelar...marmut wrote: Tue Apr 29, 2025 18:47 saya nggak punya kedua kendaraan tsb, tp bisa kasih masukan kalo sampe jadi beli civic yg pake mesin L15 turbo, bakalan banyak godaan pak.....
mulai dari :
1. iseng pengen remap.
2. iseng² pengen ganti charge pipe.
3. penasaran kalo pake open filter gimana.
kalo ketiganya udah terlaksana, nanti akan ngerasa kok transmisi rada aneh ya? mulai kepikiran untuk :
5. pasang cvtf cooler.
setelah kepasang, hati senang. tapi ngerasa suspensi dan rem kurang mumpuni.
nambah lagi pikiran untuk :
6. upgrade sistem rem.
7. ganti coilover.
8. ganti down pipe.
9. dst......
misal jadi beli mazda 6 estate pusingnya cuma atf saja.sisanya silakan nikmati perjalanan anda.
Benar mechanikalnya terasa di AT,cuma ya bbmnya borossahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 22:50
Kalo saya malah kebalik, lepas dari fuel consumption kalo stop n go menurut saya enakan AT lebih rensponsive , kalo cruising high speed baru enakan CVT bisa stabil rpm rendah powerband linear, tapi kalo spirited driving mau morning run ato ugal ugalan dikit baru lebih fun mechanical feelnya AT. Intinya kalo udah ngegas mendadak, enakan AT. Kalo gasnya di urut CVT enak smooth tanpa ganti gigi.
masalahnya mesin mazda kan mesin diesel dicekokin bensin LOW end torque emang si mesinnya gak asik cuma setelan torsinya enak buat dailyzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 4:24 Benar mechanikalnya terasa di AT,cuma ya bbmnya boros
Kalau cvt buat high speed takut putus aja beltnya karena dipaksa tension terus
Kalo kurang irit tinggal pasang BRQ sama inovasi mesin dari Om Sucahyob0ku wrote: Wed Apr 30, 2025 4:53masalahnya mesin mazda kan mesin diesel dicekokin bensin LOW end torque emang si mesinnya gak asik cuma setelan torsinya enak buat dailyzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 4:24 Benar mechanikalnya terasa di AT,cuma ya bbmnya boros
Kalau cvt buat high speed takut putus aja beltnya karena dipaksa tension terus
jd keknya urusan bbm ud di eliminasi sama mesinnya![]()
zonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 4:24Benar mechanikalnya terasa di AT,cuma ya bbmnya borossahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 22:50
Kalo saya malah kebalik, lepas dari fuel consumption kalo stop n go menurut saya enakan AT lebih rensponsive , kalo cruising high speed baru enakan CVT bisa stabil rpm rendah powerband linear, tapi kalo spirited driving mau morning run ato ugal ugalan dikit baru lebih fun mechanical feelnya AT. Intinya kalo udah ngegas mendadak, enakan AT. Kalo gasnya di urut CVT enak smooth tanpa ganti gigi.
Kalau cvt buat high speed takut putus aja beltnya karena dipaksa tension terus
budget segitu ambil w213 aja om..... saya barusan switch accord saya ke w213 e250 2018.... size lega (meskipun accord lebih lega), bagasinya luas bingit (tapi tanpa ban cadangan).tempegarit wrote: Mon Apr 28, 2025 12:52 Permisi senior, mohon saran dan masukannya
Karena sekarang sudah ada baby, saya jadi ingin mengganti city hatchback saya dengan mobil yg lebih lapang dan nyaman. Nantinya mobil ini akan lebih banyak dipakai waktu luang saja dengan disopiri sendiri dan kadang2 juga akan dipakai istri. Untuk kendaraan tempur sehari2 kami sudah ada Fortuner. Budget yg tersedia sekitar 450-550 juta. Sehingga dg budget segitu saya lebih condong untuk mencari mobil second saja sktr tahun 2022-2023. Sejauh ini kandidat yg masuk budget dan barangnya jg kebetulan ada yg bagus di kota saya (bukan jakarta) adalah Mazda 6 Estate tahun 2022 dan Honda Civic FE tahun 2023.
Mohon sarannya senior sekalian untuk kedua mobil di atas. Pengennya mobil yg nyaman untuk keluarga kecil saya tapi jg masih cukup asik untuk dikendarai sendiri.![]()
Terimakasih
ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 2:50
yang bikin masih awet pake civic ampe hari ini.... khilafnya gak kelar kelar...![]()
kendala khilafnya cumamarmut wrote: Wed Apr 30, 2025 6:11
![]()
sepertinya daftar khilaf tiap bulan sudah panjang ya mod.....
lanjutken....![]()
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdownzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 4:24Benar mechanikalnya terasa di AT,cuma ya bbmnya borossahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 22:50
Kalo saya malah kebalik, lepas dari fuel consumption kalo stop n go menurut saya enakan AT lebih rensponsive , kalo cruising high speed baru enakan CVT bisa stabil rpm rendah powerband linear, tapi kalo spirited driving mau morning run ato ugal ugalan dikit baru lebih fun mechanical feelnya AT. Intinya kalo udah ngegas mendadak, enakan AT. Kalo gasnya di urut CVT enak smooth tanpa ganti gigi.
Kalau cvt buat high speed takut putus aja beltnya karena dipaksa tension terus
Harusnya sih aman, krn TCM nya kan udh ngelimit, akan delay input throttle mendadak juga.sahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdownzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 4:24Benar mechanikalnya terasa di AT,cuma ya bbmnya borossahabatq8 wrote: Tue Apr 29, 2025 22:50
Kalo saya malah kebalik, lepas dari fuel consumption kalo stop n go menurut saya enakan AT lebih rensponsive , kalo cruising high speed baru enakan CVT bisa stabil rpm rendah powerband linear, tapi kalo spirited driving mau morning run ato ugal ugalan dikit baru lebih fun mechanical feelnya AT. Intinya kalo udah ngegas mendadak, enakan AT. Kalo gasnya di urut CVT enak smooth tanpa ganti gigi.
Kalau cvt buat high speed takut putus aja beltnya karena dipaksa tension terus
Kalo masalah aftersales, alhamdulillah aman. Dua2nya atpmnya ada di kota saya. Saya juga mantan pengguna mazda, tapi mazda 2 saja. Sedangkan honda jg cukup familier. Kebetulan ortu penggemar berat crv, jadi hampir semua gen crv pernah pake, kecuali yg terakhir ini belum pernah coba.Pboyz97 wrote: Tue Apr 29, 2025 15:34 kebetulan saya user honda dari 1997- sekarang & ex user mazda dari 2013-2021. kalo dari city hatch, keduanya sama2 bagus. tinggal kebutuhan lebih ke yg mana aja. kalo cari driving feel, tarikan, handling sm fitur, pilih mazda 6 estate, tp kalo cari kenyamanan, bantingan suspensi, akomodasi, row 2 dan bagasi yg lega, pilih civic. walaupun driving feel sm handlingnya civic sudah cukup baik menurut saya walaupun ga seenak mazda 6. tp kalo saya pilih yg aftersalesnya aman aja deh di kota tempat tinggal om, dl pengalaman saya pake mazda aftersalesnya aman2 aja, secara saya tinggal di jabodetabek. tp kalo di luar jabodetabek saya kurang tau. tp kalo masih mentingin aftersales saya pilih civic aja hehe
Betul om, begitulah Honda. Kalo diturutin ga ada habisnya. Dulu jaman saya pake Honda Jazz GD juga begitu. Dah tekat mau tobat, eh kok pas pake Fortuner kegoda lagimarmut wrote: Tue Apr 29, 2025 18:47 saya nggak punya kedua kendaraan tsb, tp bisa kasih masukan kalo sampe jadi beli civic yg pake mesin L15 turbo, bakalan banyak godaan pak.....
mulai dari :
1. iseng pengen remap.
2. iseng² pengen ganti charge pipe.
3. penasaran kalo pake open filter gimana.
kalo ketiganya udah terlaksana, nanti akan ngerasa kok transmisi rada aneh ya? mulai kepikiran untuk :
5. pasang cvtf cooler.
setelah kepasang, hati senang. tapi ngerasa suspensi dan rem kurang mumpuni.
nambah lagi pikiran untuk :
6. upgrade sistem rem.
7. ganti coilover.
8. ganti down pipe.
9. dst......
misal jadi beli mazda 6 estate pusingnya cuma atf saja.sisanya silakan nikmati perjalanan anda.
Iyaa, saya di jogja om. Fun to drivenya memang kepake kalo pas dipake ke luar kota aja ya. Kalo di jogja mah dah ga bisa diharapkan lagi. Kebetulan kerja saya ada di luar jogja, jalurnya kalo pagi masih lumayanlah bwt nyopir enak. Tapi ga akan tiap hari juga sih calon mobil ini nantinya bwt dibawa ke tempat kerja. Kebanyakan nantinya buat jalan2 sama anak istri, di dalam kota atau sekali2 ke luar kotazonepublic wrote: Tue Apr 29, 2025 20:17 Kota anda mana?jogja?mau dibawa fun gimana? Jalan macet semua isinya,bangjonya banyak dalam kotanya sempit semua jalannya rapat2 paling cuma di ring road aja geber sesaat,abis itu kena bangjo lagi
Dengan kondisi traffic stress gitu sebenernya stop and go lebih pas civic yang pake cvt dan bakal lebih irit juga cuma perawatannya anda bakal lebih pendek intervalnya karena cairan bakal cepat ganti
Tapi kalo mazda ya lebih boros dikit bbmnya karena masih AT dan cc lebih besar cuma perawatan ga sesensitip civic cuma part mazda ga mudah juga carinya
Kalau anda tanya saya buat di jogja bawa keluarga ya go for mazda estate saja sekalian lah
Kepikiran sih ambil eropa, krn pasti nyaman sekali. Dulu bgt pernah miara W202, masih kebayang enaknya tu mobil pada jamannya. Cuma skg dg budget segini, nanti dptnya tahun yg mayan jaraknya dibanding 2 kandidat di atas. Takutnya jadi banyak jajannya dalam waktu dekat krn dah umurnya.bimzbim wrote: Wed Apr 30, 2025 6:01 budget segitu ambil w213 aja om..... saya barusan switch accord saya ke w213 e250 2018.... size lega (meskipun accord lebih lega), bagasinya luas bingit (tapi tanpa ban cadangan).
Kualitas interior bener bener beda, terasa waw banget.... accord jadi berasa beda kastanya pake banget. Material kulitnya sih sintetis, tapi beneran deh berasa lebih enak dari pada kulit asli versi pasang sendiri di variasi. Semua bagian, ampe doortrim hampir seluruhnya soft touch.
Bantingan suspensi nya juara bener. ga lembut, ga keras... kalo saya bilang "kenyal". Ga limbung.. melewati poldur yg tajem gimana juga, suaranya bep bep aja.
Kekedapan kabin superb, berasa putus ama dunia luar. Ga ada bunyi ratle sama sekali, padahal umur mobil udeh 6 tahun waktu saya beli.
Estetika kabin, kalo saya bilang sih bikin design mobil lain jadi keliatan biasa, event dicompare dengan sekelas seperti bmw dan lexus.
tenaga ga malu maluin, torsi juga sangat sangat cukup.
Kualitas audio burmesternya..... ini versi standardnya sudah enaknya bangetz.... lebih enak dari pada modif di crv ane yg udeh modif audio.
Jadi nyesel, kenapa ga dari dulu hehehehe
Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenyasahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdown
Iya kalo buat nanjak load tinggi, sering juga CVTFnya gak ada cooler udah panas jadi mengencer dan proteksi berkurang. Friksi makin tinggi , panas yang dihasilkan juga makin tinggi lagi. Jebol deh... makanya kalo cvtf wajib sering ganti/pake yang bagus.zonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 15:51Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenyasahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdown
mungkin cvt nya dipake nanjak dgn highspeed omzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 15:51Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenyasahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdown
Ini kombo double killiamwewe wrote: Fri May 02, 2025 2:47mungkin cvt nya dipake nanjak dgn highspeed omzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 15:51Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenyasahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdown
case nya gimana duluzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 15:51Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenyasahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdown
Kalo bawanya selow awet2 aja kayaknya mbah. Gd3 ane dlu sampe odo 90rb ga prrnah ganti cvtf gara2 dlu cuman taunya mobil diisi bbm ama ganti oli doang. Ya cuman geter2 dikit pas pindah gigi deket2 mo dijualChZ wrote: Fri May 02, 2025 3:11case nya gimana duluzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 15:51Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenyasahabatq8 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:33
Cvt high speed gak masalah om, yang lebih rentan rusak kalo mendadak dikasih torsi gede. Kickdown
supirnya gimana bawanya,
perawatannya gimana, terakhir ganti oli berapa abad yang lalu? dr baru blm pernah ganti? wajar dong putus.
kalo cuma dengerin konten bengkel sih ya ....
ketiga mobil CVT di rumah, masih enak enak aja like new. yang ane pake udah 66rb remapan dari brand new. ganti CVTF per 20 taun pokoknya. di tol selalu hajar pedal to the kampret tiap kosong.kendibocor wrote: Fri May 02, 2025 4:19 Kalo bawanya selow awet2 aja kayaknya mbah. Gd3 ane dlu sampe odo 90rb ga prrnah ganti cvtf gara2 dlu cuman taunya mobil diisi bbm ama ganti oli doang. Ya cuman geter2 dikit pas pindah gigi deket2 mo dijual![]()
ya kan ngikutin diatas.... cvt buat high speed takut putus.... cvt sering putus kalo buat nanjak.... ya kesimpulannya ya jelas ini pasti cvtnya dipake nanjak dgn highspeed. ini mah pake lohiha saya yg awam aja...... ngeri2 cerita dan pantangannyaSuryaputra wrote: Fri May 02, 2025 2:53Ini kombo double killiamwewe wrote: Fri May 02, 2025 2:47mungkin cvt nya dipake nanjak dgn highspeed omzonepublic wrote: Wed Apr 30, 2025 15:51
Nah kalo gitu kenapa cvt sering putus ketika buat nanjak?,padahal anda ga mungkin langsung gaspol buat nanjak cenderung gradually nambah throttlenya![]()
makanya kan enak jualan disini mah..... fear mongering sdkt, lsg deh modal kata sakti 'katanya', udah lsg validasi semua nya wkwkwkw.. bener, semua juga tergantung perawatan sihChZ wrote: Fri May 02, 2025 4:26ketiga mobil CVT di rumah, masih enak enak aja like new. yang ane pake udah 66rb remapan dari brand new. ganti CVTF per 20 taun pokoknya. di tol selalu hajar pedal to the kampret tiap kosong.kendibocor wrote: Fri May 02, 2025 4:19 Kalo bawanya selow awet2 aja kayaknya mbah. Gd3 ane dlu sampe odo 90rb ga prrnah ganti cvtf gara2 dlu cuman taunya mobil diisi bbm ama ganti oli doang. Ya cuman geter2 dikit pas pindah gigi deket2 mo dijual![]()
di konten dokter dokteran kalo liat komennya juga banyak kok yang bilang pake CVT ampe 250 ribu kilo aman. mobilnya ya yang disebutin HRV BRV malah ada city GD8.
balik lagi tergantung lendirnya rajin di ganti gakiamwewe wrote: Fri May 02, 2025 5:15
ya kan ngikutin diatas.... cvt buat high speed takut putus.... cvt sering putus kalo buat nanjak.... ya kesimpulannya ya jelas ini pasti cvtnya dipake nanjak dgn highspeed. ini mah pake lohiha saya yg awam aja...... ngeri2 cerita dan pantangannya![]()
![]()
cuma kalo saya, tanjakan tol cipularang sana bejek aja sampe 120-140.... ga mau kalah sama duo 6at/8at demi gengsi..... untung ya kagak putus selama ini ke bandung mah....![]()
T31 bokap dulu belom ada 60rb odonya, udah 2x rewel stepmotornya mbah, sama paling males klo dibawa jalan nanjakb0ku wrote: Fri May 02, 2025 5:29balik lagi tergantung lendirnya rajin di ganti gakiamwewe wrote: Fri May 02, 2025 5:15
ya kan ngikutin diatas.... cvt buat high speed takut putus.... cvt sering putus kalo buat nanjak.... ya kesimpulannya ya jelas ini pasti cvtnya dipake nanjak dgn highspeed. ini mah pake lohiha saya yg awam aja...... ngeri2 cerita dan pantangannya![]()
![]()
cuma kalo saya, tanjakan tol cipularang sana bejek aja sampe 120-140.... ga mau kalah sama duo 6at/8at demi gengsi..... untung ya kagak putus selama ini ke bandung mah....![]()
![]()
cuma jujur si saya ada xtrail ada teana malah paranoid ngelaunchnya secaranya 2 2nya tenaga gede CVT pulak![]()
padahal nissan katanya gak ada kasus putus tapi parts laen yang jebol![]()
kalo saya si selalu saranin perventif aja 10.000 tap, ge8 saya sih ganti oli mesin tap maticariswp wrote: Fri May 02, 2025 5:51
T31 bokap dulu belom ada 60rb odonya, udah 2x rewel stepmotornya mbah, sama paling males klo dibawa jalan nanjak
Bikin tengsin, dikit2 safe mode, sampe bahkan gak mau gerak sama sekali dan mundur perlahan
Istirahat dulu matikan mesin nunggu dingin
Tapi emang itu fearmongering dokter abal2 mengenai cvt emang sukses besar sih, cvt terutama honda punya gak sejelek itu
Banyak netijen2 sdm rendah di kolom komentar sosmed pada kemakan, pdhl mereka sendiri ga punya unitnya
Klo case banyakan unit honda, ya diliat juga statistiknya
Disini mobil cvt yang paling laris/paling banyak populasiny dan dominan ya honda punya, cvt mobil yg lain gak laku
Mulai era avanza/dnga series baru mulai banyak beredar