EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Ryan Steele wrote: Tue Apr 29, 2025 19:20
darrelund wrote: Tue Apr 29, 2025 3:29 -cut-

bengsin kebakar juga serem, cuma kan dikasih aer lgsg padam

-cut-
Ini salah besar. Bensin kebakar disirem air, kebakarannya gak akan padam.

Balik dulu ke pelajaran IPA zaman SD. Massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak. Uji cobanya dengan minyak dituang ke dalam gelas kosong, lalu dituangkan air. Maka air akan ada di dasar gelas, minyak akan ada di atas air.

Balik lagi. Jadi kalau ada kebakaran minyak, Pemadam Kebakaran akan pakai busa untuk pemadaman. Kalau pakai air, minyak akan ada di atas air. Kalau media tampung si minyak overflow karena ada air di bawah minyak, kebakaran akan meluas. Ekstrimnya bisa ada ledakan (fireball) yang bisa bikin kebakaran meluas.
at least lebih gampang om mod karena sumber apinya mati beres, kalo batre selama dia punya daya disitulah sumber apinya ditambah casingnya kuat makin susah aja nyiremnya :big_dunno:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4486
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: EV's Safety?

Post by Ryan Steele »

b0ku wrote: Tue Apr 29, 2025 23:29
Ryan Steele wrote: Tue Apr 29, 2025 19:20
darrelund wrote: Tue Apr 29, 2025 3:29 -cut-

bengsin kebakar juga serem, cuma kan dikasih aer lgsg padam

-cut-
Ini salah besar. Bensin kebakar disirem air, kebakarannya gak akan padam.

Balik dulu ke pelajaran IPA zaman SD. Massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak. Uji cobanya dengan minyak dituang ke dalam gelas kosong, lalu dituangkan air. Maka air akan ada di dasar gelas, minyak akan ada di atas air.

Balik lagi. Jadi kalau ada kebakaran minyak, Pemadam Kebakaran akan pakai busa untuk pemadaman. Kalau pakai air, minyak akan ada di atas air. Kalau media tampung si minyak overflow karena ada air di bawah minyak, kebakaran akan meluas. Ekstrimnya bisa ada ledakan (fireball) yang bisa bikin kebakaran meluas.
at least lebih gampang om mod karena sumber apinya mati beres, kalo batre selama dia punya daya disitulah sumber apinya ditambah casingnya kuat makin susah aja nyiremnya :big_dunno:
Kan memang bukan disiram air. Sama kyak minyak yang gak bisa pakai air. Om b0ku siram air, kebakarannya malah meluas.
Kyaknya pernah tahu kalau PMK di Tiongkok punya pemadam khusus baterai EV
no signature
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Ryan Steele wrote: Wed Apr 30, 2025 0:29 Kan memang bukan disiram air. Sama kyak minyak yang gak bisa pakai air. Om b0ku siram air, kebakarannya malah meluas.
Kyaknya pernah tahu kalau PMK di Tiongkok punya pemadam khusus baterai EV
gak ngaruh om mod mereka malah lebih milih bikin bak :big_dunno:



rumah saya juga punya kok :big_smile]



kalo apt saya punya harusnya pemadam sana juga bisa punya kalo efektif masalahnya mereka lebih milih aer juga :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS as in solar panel? ni kita bilang real world scenario jika listrik naik banyak... harga solar panel pasti ikutan naik karena demand pasar mengikuti, dgn asumsi tidak dipersulit. kalo dipersulit? yang ada makin mahal pak... karena scarcity.

kecuali solar panelnya rakit sendiri ya... dan ampe hari ini studi masih banyak bilang solar panel cuma efisien buat listrik rumah dan kurang feasible jika jarang terpapar matahari... alias kalo musim hujan rada walahualam.

ditarik sapi mau charge sampe berapa % pak? tetep lebih praktis beli 1 genset diesel buat sekampung.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 2:56
orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS as in solar panel? ni kita bilang real world scenario jika listrik naik banyak... harga solar panel pasti ikutan naik karena demand pasar mengikuti, dgn asumsi tidak dipersulit. kalo dipersulit? yang ada makin mahal pak... karena scarcity.

kecuali solar panelnya rakit sendiri ya... dan ampe hari ini studi masih banyak bilang solar panel cuma efisien buat listrik rumah dan kurang feasible jika jarang terpapar matahari... alias kalo musim hujan rada walahualam.

ditarik sapi mau charge sampe berapa % pak? tetep lebih praktis beli 1 genset diesel buat sekampung.
Kemaren gw liat ada orng bikin off grid PLTS sampe 13 kva kayaknya itung2annya dapet brio. Orngnya sih ga kasih tau brp tp baca2 yg comment pd estimasi segitu harganya. Tp buildnya rapi banget dan dari penjelasan dia sih kayaknya emang bener2 proper ya, gw kurang ngerti sih sbg awam :big_chicken:
orangpelupa
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: EV's Safety?

Post by orangpelupa »

ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 2:56
orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS as in solar panel? ni kita bilang real world scenario jika listrik naik banyak... harga solar panel pasti ikutan naik karena demand pasar mengikuti, dgn asumsi tidak dipersulit. kalo dipersulit? yang ada makin mahal pak... karena scarcity.

kecuali solar panelnya rakit sendiri ya... dan ampe hari ini studi masih banyak bilang solar panel cuma efisien buat listrik rumah dan kurang feasible jika jarang terpapar matahari... alias kalo musim hujan rada walahualam.

ditarik sapi mau charge sampe berapa % pak? tetep lebih praktis beli 1 genset diesel buat sekampung.
Biasanya sih makin laris makin murah. Ecomony of scale.

Soal ditarik sapi. Itu setengah bercanda. Maksudnya sih intinya bisa di "isi" dengan berbagai cara. Kalau mobil bensin malahan ga bisa di "isi" tanpa bbm.

Soal regulasi. Memang jadi ketidakpastian.
kendibocor wrote: Wed Apr 30, 2025 3:12
ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 2:56
orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS as in solar panel? ni kita bilang real world scenario jika listrik naik banyak... harga solar panel pasti ikutan naik karena demand pasar mengikuti, dgn asumsi tidak dipersulit. kalo dipersulit? yang ada makin mahal pak... karena scarcity.

kecuali solar panelnya rakit sendiri ya... dan ampe hari ini studi masih banyak bilang solar panel cuma efisien buat listrik rumah dan kurang feasible jika jarang terpapar matahari... alias kalo musim hujan rada walahualam.

ditarik sapi mau charge sampe berapa % pak? tetep lebih praktis beli 1 genset diesel buat sekampung.
Kemaren gw liat ada orng bikin off grid PLTS sampe 13 kva kayaknya itung2annya dapet brio. Orngnya sih ga kasih tau brp tp baca2 yg comment pd estimasi segitu harganya. Tp buildnya rapi banget dan dari penjelasan dia sih kayaknya emang bener2 proper ya, gw kurang ngerti sih sbg awam :big_chicken:

Offgrid memang mahal banget. Baterai saja bisa puluhan sampai ratusan juga.

Baterai bisa pakai mobil listrik. Cuma Sayangnya mobil listrik di Indonesia mayoritas masih pada belum v2h atau v2x. Jadi masih manual dengan v2l.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 2:56
orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS as in solar panel? ni kita bilang real world scenario jika listrik naik banyak... harga solar panel pasti ikutan naik karena demand pasar mengikuti, dgn asumsi tidak dipersulit. kalo dipersulit? yang ada makin mahal pak... karena scarcity.

kecuali solar panelnya rakit sendiri ya... dan ampe hari ini studi masih banyak bilang solar panel cuma efisien buat listrik rumah dan kurang feasible jika jarang terpapar matahari... alias kalo musim hujan rada walahualam.

ditarik sapi mau charge sampe berapa % pak? tetep lebih praktis beli 1 genset diesel buat sekampung.
true story, gwa tambah posisi rumah juga harus sering kena matahari ma peletekan solar panel itu. dulu 2010an pernah pasang , cman karena tetangga ninggin rumah, yawes akhirnya ga dapet matahari cukup efisiensi ndlosor. akhirnya cabut

belum lagi usia solar panel yang makin taun , makin turun efisensinya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



plts ya noh lagi di ributin di spanyol ud lama di bahas suatu hari bakalan kolaps gara2x renewable..... :big_bored:





kesimpulannya

HURT THE POOR MORE

karena harga2x kebutuhan pokok naek imbas harga energy naek yang kena duluan ya yang di bawah

COST MORE

karena terlalu tergantung iklim dan cuaca akhirnya ada backup ke energy laen yang lebih reliable akhirnya punya 2 pembangkit dan biayana ya double....

LESS RELIABLE

karena mengandalkan cuaca dan iklim buat produce energy akhirnya gak selalu ada dan dayanya jadi naek turun gak stabil

sama lah kek EV ini kenapa saya selalu hitung2xan ke genset buat charging karena kalo ud kepepet yang bisa di pake cuma genset ICE yang bahan bakarnya pake bahan bakar minyak :big_bored:

emang siapa yang mau gowes pedal buat ngisi batre????? :big_grin:
Last edited by b0ku on Wed Apr 30, 2025 4:03, edited 1 time in total.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: EV's Safety?

Post by severmaya »

KielConstantine wrote: Tue Apr 29, 2025 12:41
b0ku wrote: Tue Apr 29, 2025 10:56 justru ev musti beli bekas om
Ada nehh

https://www.facebook.com/share/12KQBq8e ... tid=wwXIfr

Baru jalan 2k kilometer alias 2000 perak .
Pajak hidup sampe nov 2025
(brarti SPK pelunasan + turun plat di november 2024)

Udah potong 100 juta dari harga OTR baru


Kondisi like newww. Gassss ⛽️⛽️⛽️⛽️🔥🔥


Yg ane penasaran tu showroom angkat brapa duit dari owner tangan pertama nya ? 250juta? :upss:
Buat mobil listrik harga segini murah apa mahal ya?

Tadi ada juga omoda e5 ban depan kiri nya pengkor di open 200 jt.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

severmaya wrote: Wed Apr 30, 2025 4:03 [quote=KielConstantine post_id=1328949 time=1745930472 user_id=32523

Buat mobil listrik harga segini murah apa mahal ya?

Tadi ada juga omoda e5 ban depan kiri nya pengkor di open 200 jt.
bargain si om scara dapet taun muda dan mobil normal di pakai sehari2x emang mau om naek bajaj roda 4 :big_biglaugh:

kalo KONA jujur si ketuaan dan teknologinya juga keliatannya kalah sama MG4 ini tapi kakinya dan konstruksi bodynya lebih kokoh :mky_03:

jgn lupa KM 2000 pulak :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 3:32
true story, gwa tambah posisi rumah juga harus sering kena matahari ma peletekan solar panel itu. dulu 2010an pernah pasang , cman karena tetangga ninggin rumah, yawes akhirnya ga dapet matahari cukup efisiensi ndlosor. akhirnya cabut

belum lagi usia solar panel yang makin taun , makin turun efisensinya
emang solar panel in theory menarik... kayak free energy. tapi kenyataannya nggak gitu. emang kalo udah ngomong isu energi, selalu relevan sepanjang zaman. tapi semua EBT kayaknya gini, ampe sekarang EBT paling applicable itu ya hydropower kayak di nordic country makanya EV di sana laku keras.

EV juga dulu di teorinya menarik... mobil tanpa tailpipe emission. tapi semakin dibahas, ya ujungnya ada sesuatu yang dikorbankan : limbah batre, penambangan rare earth metal masif... belum emisi produksi EV yang berkali lipat mobil ICE, dan questionable range / durability.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
orangpelupa
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS

Re: EV's Safety?

Post by orangpelupa »

ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 4:09
kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 3:32
true story, gwa tambah posisi rumah juga harus sering kena matahari ma peletekan solar panel itu. dulu 2010an pernah pasang , cman karena tetangga ninggin rumah, yawes akhirnya ga dapet matahari cukup efisiensi ndlosor. akhirnya cabut

belum lagi usia solar panel yang makin taun , makin turun efisensinya
emang solar panel in theory menarik... kayak free energy. tapi kenyataannya nggak gitu. emang kalo udah ngomong isu energi, selalu relevan sepanjang zaman. tapi semua EBT kayaknya gini, ampe sekarang EBT paling applicable itu ya hydropower kayak di nordic country makanya EV di sana laku keras.

EV juga dulu di teorinya menarik... mobil tanpa tailpipe emission. tapi semakin dibahas, ya ujungnya ada sesuatu yang dikorbankan : limbah batre, penambangan rare earth metal masif... belum emisi produksi EV yang berkali lipat mobil ICE, dan questionable range / durability.

Btw regulasi hidro lebih mudah dari plts apa kaga sih? Kalau misal mau pasang turbin portable atau turbin sendiri.

Soal emisi ev. Untungnya beda dengan bensin yang dibakar habis, baterai nggak dibakar habis. Kecuali kalau dibakar wkwkkw
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

orangpelupa wrote: Wed Apr 30, 2025 5:44
Btw regulasi hidro lebih mudah dari plts apa kaga sih? Kalau misal mau pasang turbin portable atau turbin sendiri.

Soal emisi ev. Untungnya beda dengan bensin yang dibakar habis, baterai nggak dibakar habis. Kecuali kalau dibakar wkwkkw
masalahnya CO2 yang di keluarin dari ice juga makanan tanaman om terus kalo udara makin panas yang untung tumbuhan kalo dari data nasa bumi itu di area yang gak di jangkau manusia malah makin hijau :big_biglaugh:

yang musti di kurangin itu racunnnya aja tapi syntetic fuel sendiri katanya cuma ngasilin co2 :mky_03:

dan mobil sekarnag kan pada pake catalic conventer
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 4:09
emang solar panel in theory menarik... kayak free energy. tapi kenyataannya nggak gitu. emang kalo udah ngomong isu energi, selalu relevan sepanjang zaman. tapi semua EBT kayaknya gini, ampe sekarang EBT paling applicable itu ya hydropower kayak di nordic country makanya EV di sana laku keras.

EV juga dulu di teorinya menarik... mobil tanpa tailpipe emission. tapi semakin dibahas, ya ujungnya ada sesuatu yang dikorbankan : limbah batre, penambangan rare earth metal masif... belum emisi produksi EV yang berkali lipat mobil ICE, dan questionable range / durability.
FAIL...... :big_biglaugh:

User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: EV's Safety?

Post by Joehard30 »

polytron mau ckd mobil listrik skyworth, sekelas jarum group harusnya bisa kerjasama sama big 5 ya bangun RnD lokal sini kalo niat, masak kalah sama penjual mi instant vietnam yang bisa kerjasama RnD sama BMW

https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... nggu-depan
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

orangpelupa wrote: Wed Apr 30, 2025 5:44
Btw regulasi hidro lebih mudah dari plts apa kaga sih? Kalau misal mau pasang turbin portable atau turbin sendiri.

Soal emisi ev. Untungnya beda dengan bensin yang dibakar habis, baterai nggak dibakar habis. Kecuali kalau dibakar wkwkkw
blom pernah tau, tapi paling yah bayar PDAM aja lebih banyak, pan ujungnya pake air tanah :mky_07: ide menarik kalo air pamnya bisa sekalian buat electricity.

itulah kenapa japan (toyota) lebih tertarik ngembangin hydrogen.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 4:09
kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 3:32
true story, gwa tambah posisi rumah juga harus sering kena matahari ma peletekan solar panel itu. dulu 2010an pernah pasang , cman karena tetangga ninggin rumah, yawes akhirnya ga dapet matahari cukup efisiensi ndlosor. akhirnya cabut

belum lagi usia solar panel yang makin taun , makin turun efisensinya
emang solar panel in theory menarik... kayak free energy. tapi kenyataannya nggak gitu. emang kalo udah ngomong isu energi, selalu relevan sepanjang zaman. tapi semua EBT kayaknya gini, ampe sekarang EBT paling applicable itu ya hydropower kayak di nordic country makanya EV di sana laku keras.

EV juga dulu di teorinya menarik... mobil tanpa tailpipe emission. tapi semakin dibahas, ya ujungnya ada sesuatu yang dikorbankan : limbah batre, penambangan rare earth metal masif... belum emisi produksi EV yang berkali lipat mobil ICE, dan questionable range / durability.
energi selalu menarik karena potensi banget buat "berkuasa" :mky_03:
itupun aja transisi hydropower nordic di 2010s tengah juga bukan "mulus"
issue debet air yang berkurang tiap taun, pekerjaan lokal sebagai fisher banyak dikorbankan, dan potensi cost break karena misalkan hydrogen dah jadi mainstream dimana sangat fleksibel (bisa jadi synfuel, bisa jadi FuelCell, bisa jadi Liquified bwat engine langsung, atau bahkan bisa jadi emethanol; ammonia, dan bisa jadi bahan nuclear ?fusion or fission power plant)

EV juga gitu, yah liat aja temen2 di morowali dan kemaren waktu gub sulawesi komplain, cman dapet "ampasnya"
belum lagi renewable energies ini makan "korban" power outrage di eropa selatan skrg disusul UK (walaupun cyber attack katanya, cman "other factor" mereka nutup banyak coal and gas powerplant
Last edited by kayukayuthe5th on Wed Apr 30, 2025 13:03, edited 2 times in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Apr 30, 2025 6:59
orangpelupa wrote: Wed Apr 30, 2025 5:44
Btw regulasi hidro lebih mudah dari plts apa kaga sih? Kalau misal mau pasang turbin portable atau turbin sendiri.

Soal emisi ev. Untungnya beda dengan bensin yang dibakar habis, baterai nggak dibakar habis. Kecuali kalau dibakar wkwkkw
masalahnya CO2 yang di keluarin dari ice juga makanan tanaman om terus kalo udara makin panas yang untung tumbuhan kalo dari data nasa bumi itu di area yang gak di jangkau manusia malah makin hijau :big_biglaugh:

yang musti di kurangin itu racunnnya aja tapi syntetic fuel sendiri katanya cuma ngasilin co2 :mky_03:

dan mobil sekarnag kan pada pake catalic conventer
synfuel masih ada sih NOx nya , karena mau gimanapun selama hidup dibumi reaksi thermal pasti berikatan dengan nitrogen secara Nitrogen itu gas pleng banyak teresebar di bumi......tapi kalo dibanding fosil fuel based , NOx yang dihasilkan lebih sedikit karena emisi karbon juga dicut , makanya less harmful.
kalo kata bosch 50% lebih kurang yah pengurangan soot
https://www.bosch-presse.de/pressportal ... 20448.html

at moment, oleh karena itu euro 7 mewajibkan ada OPF atau ottoparticualte filter jadi model 4way catalytic converter bwat gas/diesel. masalahnya ini juga diprotes karena bikin suara mobil ke booze, clogged up (nah ini gunanya ILSAC GF-7 nanti) n berakhir gak ada beda dengan cman pake cat converter, dan malah kadang BBM lebih boros karena harus teken accel pedal lebih dalam. PR lainnya sih dulu ada lupa gwa FeSio4 itu katanya 50% lebih efisien dan murah dibanding 3 way cat kaia skrg Platinum, palladium, titanium yang notabene itu masuk logam mulia semua dan baru efektif di suhu tinggi lebi dari 500c
orangpelupa wrote: Wed Apr 30, 2025 5:44
ChZ wrote: Wed Apr 30, 2025 4:09
kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 30, 2025 3:32
true story, gwa tambah posisi rumah juga harus sering kena matahari ma peletekan solar panel itu. dulu 2010an pernah pasang , cman karena tetangga ninggin rumah, yawes akhirnya ga dapet matahari cukup efisiensi ndlosor. akhirnya cabut

belum lagi usia solar panel yang makin taun , makin turun efisensinya
emang solar panel in theory menarik... kayak free energy. tapi kenyataannya nggak gitu. emang kalo udah ngomong isu energi, selalu relevan sepanjang zaman. tapi semua EBT kayaknya gini, ampe sekarang EBT paling applicable itu ya hydropower kayak di nordic country makanya EV di sana laku keras.

EV juga dulu di teorinya menarik... mobil tanpa tailpipe emission. tapi semakin dibahas, ya ujungnya ada sesuatu yang dikorbankan : limbah batre, penambangan rare earth metal masif... belum emisi produksi EV yang berkali lipat mobil ICE, dan questionable range / durability.

Btw regulasi hidro lebih mudah dari plts apa kaga sih? Kalau misal mau pasang turbin portable atau turbin sendiri.

Soal emisi ev. Untungnya beda dengan bensin yang dibakar habis, baterai nggak dibakar habis. Kecuali kalau dibakar wkwkkw
problemis micorturbin effisiensi kecil. baru bisa kalo gede kaia di nordic.....itupun aja ada tantangan lokal ya
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

Ryan Steele wrote: Tue Apr 29, 2025 19:20
Ini salah besar. Bensin kebakar disirem air, kebakarannya gak akan padam.

Balik dulu ke pelajaran IPA zaman SD. Massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak. Uji cobanya dengan minyak dituang ke dalam gelas kosong, lalu dituangkan air. Maka air akan ada di dasar gelas, minyak akan ada di atas air.

Balik lagi. Jadi kalau ada kebakaran minyak, Pemadam Kebakaran akan pakai busa untuk pemadaman. Kalau pakai air, minyak akan ada di atas air. Kalau media tampung si minyak overflow karena ada air di bawah minyak, kebakaran akan meluas. Ekstrimnya bisa ada ledakan (fireball) yang bisa bikin kebakaran meluas.
ahh tenkiu edukasinya mbah mod :big_exellent:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by darrelund »

orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS bener listriknya murah, tapi invest di infra nya lumayan palagi utk kapasitas besar.

di kantor aja pasang 5.5kwp udah +- 100jtan, pasang PLN punya. itu baru yg model direct, belom yg bisa hybrid (on & off grid)

sudah mahal, efisiensi energy conversion nya ga sampe 50%,
seinget oe rerata masih 20-30%.

jadi ya....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Wed Apr 30, 2025 17:25
PLTS bener listriknya murah, tapi invest di infra nya lumayan palagi utk kapasitas besar.

di kantor aja pasang 5.5kwp udah +- 100jtan, pasang PLN punya. itu baru yg model direct, belom yg bisa hybrid (on & off grid)

sudah mahal, efisiensi energy conversion nya ga sampe 50%,
seinget oe rerata masih 20-30%.

jadi ya....
ini yang malesin murah2x pas di pake pas belinya kan duit gede terus gak tahan lama kek mesin ice :big_dunno:

dan belom tentu awet kek omongan zealot....... :big_bored:

ditambah gak stabil ngasilin energynya...... :big_bored:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Wed Apr 30, 2025 17:25
orangpelupa wrote: Tue Apr 29, 2025 13:14
kalau listrik naik banyak, kenapa ngga beli PLTS? Tiap tahun harganya turun kan? Jadi sekalian biar tagihan listrik rumah juga hemat.

Atau pemerintah ada regulasi yang bikin warga makin sulit pasang PLTS? Kayak dulu kan PLTS off grid dipersulit, tapi on grid dipermudah.

Kalau soal ketika emergency, mobil listrik justru bisa jadi genset (powerbank).

Terus kalau dunia sudah mau kiamat (atau sekedar mati listrik lamaaaa, SPBU juga pada mati jadi ga bisa beli BBM), dan kebetulan punya sapi. bisa pakai sapi buat tarik mobil listrik biar nge-cas. Atau kalau matahari masih bersinar, cas pake PLTS.

Atau....

kalau punya duit banyak dan karismatik, mungkin bisa ajak orang sekampung dorong mobil listrik buat ngecas. Mungkin malah bisa sekalian jadi tiktok?
PLTS bener listriknya murah, tapi invest di infra nya lumayan palagi utk kapasitas besar.

di kantor aja pasang 5.5kwp udah +- 100jtan, pasang PLN punya. itu baru yg model direct, belom yg bisa hybrid (on & off grid)

sudah mahal, efisiensi energy conversion nya ga sampe 50%,
seinget oe rerata masih 20-30%.

jadi ya....
jangan lupa juga maintance, solar panel kalo kotor efisiensi berkurang loh. kemaren di expo japan, china ma jerman udah ada tuh buat bersihin solar panel ma masang pake robotik.......dan itu costnya mayan mahal
b0ku wrote: Wed Apr 30, 2025 23:56
darrelund wrote: Wed Apr 30, 2025 17:25
PLTS bener listriknya murah, tapi invest di infra nya lumayan palagi utk kapasitas besar.

di kantor aja pasang 5.5kwp udah +- 100jtan, pasang PLN punya. itu baru yg model direct, belom yg bisa hybrid (on & off grid)

sudah mahal, efisiensi energy conversion nya ga sampe 50%,
seinget oe rerata masih 20-30%.

jadi ya....
ini yang malesin murah2x pas di pake pas belinya kan duit gede terus gak tahan lama kek mesin ice :big_dunno:

dan belom tentu awet kek omongan zealot....... :big_bored:

ditambah gak stabil ngasilin energynya...... :big_bored:
tapi jkalo kantoran ma JPL kecil2an mayan hemat tuh solar panel
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:23
tapi jkalo kantoran ma JPL kecil2an mayan hemat tuh solar panel
kalo cuma buat alat kecil avg rumah si 8000watt ya hemat cuma kalo ud ngomongin buat charge EV bisa2x kedap kedip lampu disco sama mau berapa lama??? :wkkk:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Thu May 01, 2025 0:31
kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 0:23
tapi jkalo kantoran ma JPL kecil2an mayan hemat tuh solar panel
kalo cuma buat alat kecil avg rumah si 8000watt ya hemat cuma kalo ud ngomongin buat charge EV bisa2x kedap kedip lampu disco sama mau berapa lama??? :wkkk:
yah untuk skrg kalo buat charging EV masih daydream yah untuk solar panel , who knows kedepan :big_smile]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV's Safety?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Wed Apr 30, 2025 6:59
orangpelupa wrote: Wed Apr 30, 2025 5:44
Btw regulasi hidro lebih mudah dari plts apa kaga sih? Kalau misal mau pasang turbin portable atau turbin sendiri.

Soal emisi ev. Untungnya beda dengan bensin yang dibakar habis, baterai nggak dibakar habis. Kecuali kalau dibakar wkwkkw
masalahnya CO2 yang di keluarin dari ice juga makanan tanaman om terus kalo udara makin panas yang untung tumbuhan kalo dari data nasa bumi itu di area yang gak di jangkau manusia malah makin hijau :big_biglaugh:

yang musti di kurangin itu racunnnya aja tapi syntetic fuel sendiri katanya cuma ngasilin co2 :mky_03:

dan mobil sekarnag kan pada pake catalic conventer
Tp co2 naek jg ga bagusnya banyak. Yg paling deket contohnya di wakanda tuh pantura aja dah pada tenggelam rumah2 warga yg bener2 di pesisir. Jakarta terutama bagian utara (daerah ente kan om :upss: ) jg makin tenggelam. Klp gading ujan lebat sejam aja tuh got2 dah sejajar ma jalanan. Depan baywalk pluit dan sekitarnya kayanya dah tiap bulan banjir rob, pantai mutiara jg tuh tanggul entah kapan bisa bertahan sblm jebol.