Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

ivancandinegara wrote: Mon Apr 21, 2025 14:10 Malam om, sori kalo uda sering dibahas sebelumnya. Baru ambil Harrier XU30, 2AZ-FE, tahun 2008, odo 111k. Dari kitiran oli keliatan 2019 terakhir pake 5w30 di odo 83k, selanjutnya sampe odo 108k cuma ditulis TMO aja. Pertanyaan saya:

1. Terakhir ganti olmes dan filter di odo 108k Desember 2024. Apakah perlu ganti skrg ato nunggu sampe odo 113k aja?
2. Ganti berikutnya sebaiknya 5w30 ato coba 0w20? Dua2 masuk di list opsi buku manual.
3. Gimana caranya utk cek ato preventif oli nguap?

Sekalian tanya utk oli matic, terakhir ganti pake TMO T-IV di odo 101k Maret 2024. Saya rencana tunggu sampe odo 120k baru ganti oli maticnya.

1. Apa aja yg sebaiknya dikerjain yah? Ganti gasket?
2. TMO vs Aisin lbh bagus mana?

Thank you, om2
Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by mkamil »

kayukayuthe5th wrote: Mon Apr 21, 2025 23:49
saturday wrote: Mon Apr 21, 2025 14:17 Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpgScreenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg

UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX

UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.

Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.

Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.

Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:

1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.

2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.

Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.

Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
wow nice UOA.
hmmm ca cukup tinggi.
TBN udah level 3.0
itu fastron gold 0w20 masih SN ya om?
0w30 united harganya low juga ya untuk produk dgn visco segitu.
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by mkamil »

kayukayuthe5th wrote: Sun Apr 20, 2025 9:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
wiw subaru gratisannya eneos x boleh juga :big_okay:
eneos x yg titanium (silver) om bukan prime (gold) jadi mungkin levelnya standard oil seperti beres merk lain.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by saturday »

kayukayuthe5th wrote: Mon Apr 21, 2025 23:49 hmmm ca cukup tinggi.
TBN udah level 3.0
Calcium? Sudah rendah kok sesuai API SP.
mkamil wrote: Tue Apr 22, 2025 0:42 itu fastron gold 0w20 masih SN ya om?
0w30 united harganya low juga ya untuk produk dgn visco segitu.
UOA Fastron Gold 0W20 16 Juni masih API SN, yang 28 September sudah API SP.
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 0:17 Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

saturday wrote: Tue Apr 22, 2025 2:56
kayukayuthe5th wrote: Mon Apr 21, 2025 23:49 hmmm ca cukup tinggi.
TBN udah level 3.0
Calcium? Sudah rendah kok sesuai API SP.
mkamil wrote: Tue Apr 22, 2025 0:42 itu fastron gold 0w20 masih SN ya om?
0w30 united harganya low juga ya untuk produk dgn visco segitu.
UOA Fastron Gold 0W20 16 Juni masih API SN, yang 28 September sudah API SP.
eh sorry salah baca. oh ok 0w30 gwa kira 0w20 *maaf masih ngantuk tadi :mky_05:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

mkamil wrote: Tue Apr 22, 2025 0:56
kayukayuthe5th wrote: Sun Apr 20, 2025 9:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14

Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
wiw subaru gratisannya eneos x boleh juga :big_okay:
eneos x yg titanium (silver) om bukan prime (gold) jadi mungkin levelnya standard oil seperti beres merk lain.
iya om ane tau, dah pern nyoba juga. lmayan itu API SP. std lain masih SN kebanyakan hoho
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16
t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 0:17 Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
iya dari dipstick, pcv valve pastikan juga bekerja baik dan selangnya ga bocor.

dibawah 100rb? saya belum pernah pakai/pengalaman pakai 0w20 dibawah 100rb, palingan yang mudah dicari mobil super. Kalo di 5w30 banyaakk...
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 5:39 iya dari dipstick, pcv valve pastikan juga bekerja baik dan selangnya ga bocor.

dibawah 100rb? saya belum pernah pakai/pengalaman pakai 0w20 dibawah 100rb, palingan yang mudah dicari mobil super. Kalo di 5w30 banyaakk...
Noted, om. Oh ya, pake PTT flushing oil ato Bluechem engine flush rekomen kah?

Boleh sekalian rekomendasinya om utk yg 5w-30. Thank you!
Last edited by ivancandinegara on Tue Apr 22, 2025 6:21, edited 1 time in total.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by doko86 »

t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 5:39
ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16
t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 0:17 Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
iya dari dipstick, pcv valve pastikan juga bekerja baik dan selangnya ga bocor.

dibawah 100rb? saya belum pernah pakai/pengalaman pakai 0w20 dibawah 100rb, palingan yang mudah dicari mobil super. Kalo di 5w30 banyaakk...
Petronas 3000e 0w20.... bisa di coba itu om.... walau masih api sn+, tp di 1 KR de.... lumayan senyap. Di oren masih di 99 rb/liter.....
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16
t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 0:17 Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
Kalo under 100rb sih , better jangan pake 0w20... Ngeri. Masalahnya saat baru 0w20, saat selsai pemakaian visconya udah drop 😅
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Mon Apr 21, 2025 14:17 Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpgScreenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg

UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX

UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.

Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.

Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.

Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:

1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.

2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.

Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.

Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
Thanks for sharing mbah :big_okay: :big_deal:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 6:07
t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 5:39 iya dari dipstick, pcv valve pastikan juga bekerja baik dan selangnya ga bocor.

dibawah 100rb? saya belum pernah pakai/pengalaman pakai 0w20 dibawah 100rb, palingan yang mudah dicari mobil super. Kalo di 5w30 banyaakk...
Noted, om. Oh ya, pake PTT flushing oil ato Bluechem engine flush rekomen kah?

Boleh sekalian rekomendasinya om utk yg 5w-30. Thank you!
ga tau, saya ga pernah pakai begituan, kalo pakai buat flushing sekali sehabis ambil mobil 2nd mungkin ga masalah, tapi selama ganti oli rutin ga pernah telat ga perlu pakai begituan

Yang pernah saya pakai dgn harga murmercrot itu ACDelco Dexos1, Enoc dan Valvoline
iflanqst
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by iflanqst »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16 Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 10:11
ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16 Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?
jelas Q8.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Tue Apr 22, 2025 11:42
iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 10:11
ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16 Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?
jelas Q8.
Api sp mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by darrelund »

barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
Nice info

Mfg date dan
Expired nya kpn mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 13:13
darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
Nice info

Mfg date dan
Expired nya kpn mbah?
gatau mbah, botolnya siy masi yg bening

s/n nya 112004030419

jangan" ud deket expire makanya obral 50% :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:37
Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 13:13
darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
Nice info

Mfg date dan
Expired nya kpn mbah?
gatau mbah, botolnya siy masi yg bening

s/n nya 112004030419

jangan" ud deket expire makanya obral 50% :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Menarik diintip2
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:37
Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 13:13
darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
Nice info

Mfg date dan
Expired nya kpn mbah?
gatau mbah, botolnya siy masi yg bening

s/n nya 112004030419

jangan" ud deket expire makanya obral 50% :big_biglaugh:
Biasanya sih begitu. Suka gak rela diskon kecuali barang udah ancur. Tempo hari ane mau beli tong sampah bilangnya diskonup to 70% pas liat itu body udah penyok parah, tutup aja gak bisa rapet :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by marmut »

iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 10:11

maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?


blind test saja.

karena kalau sudah tau pake oli merk tertentu dengan harga mahal, sugesti yg berbicara.
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

doko86 wrote: Tue Apr 22, 2025 6:41 Petronas 3000e 0w20.... bisa di coba itu om.... walau masih api sn+, tp di 1 KR de.... lumayan senyap. Di oren masih di 99 rb/liter.....
Thanks for sharing om, nanti saya ubek2 tokoijo lagi. So far ketemunya masih 100k+++.

t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 10:10 ga tau, saya ga pernah pakai begituan, kalo pakai buat flushing sekali sehabis ambil mobil 2nd mungkin ga masalah, tapi selama ganti oli rutin ga pernah telat ga perlu pakai begituan

Yang pernah saya pakai dgn harga murmercrot itu ACDelco Dexos1, Enoc dan Valvoline
OK om, thanks for sharing.

iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 10:11 maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?
Kalo ga mikir budget, go for Q8 om. Tapi menurut feeling saya yg worth it di Eneos X Titanium di antara 3 itu. Q8 enaknya nggak berasa 2x lipat seperti harganya.
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 7:53 Kalo under 100rb sih , better jangan pake 0w20... Ngeri. Masalahnya saat baru 0w20, saat selsai pemakaian visconya udah drop 😅
Hmm, ini dgn asumsi pemakaian berapa km atau bulan kah om? Dan, under 100k better pake 5w-30 gitu kah?
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Supersedan »

darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
Pas udah diskon 50% udah beli 3 botol. :big_biglaugh:
Pokoknya cari yg botol dan cairan masih bening...
Untuk expired atau gak enggak tau juga, tapi tuang setengah botol lebih dikit di brio istri berasa lebih enak di rpm bawah, gejala nyendet2 halus juga ilang.