Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

Opeakkk wrote: Fri Apr 18, 2025 10:53
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macet
Suhu coolant mah kalo pemakaian normal and mobil kondisi normal segitu segitu aja. Mau pake coolant atau air juga seharusnya dia ngikut thermostatnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by DOHC »

Opeakkk wrote: Fri Apr 18, 2025 10:53
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macet
itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem amet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 13:57

itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem amet


pasang thermo king di depan radiator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Apr 18, 2025 14:43
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 13:57

itu L10 nya diisi pake aer kembang dari gunung apa ?? adem amet


pasang thermo king di depan radiator
kirain pake aer dari gunung kawi :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

Kap mesinnya dilepas

Jd air intake tempnya jg adem :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by severmaya »

DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01
ilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Sat Apr 19, 2025 6:37
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.
normal
mirip2 honda 1500 cc

klo di tol jalan konstan, sirkulasi udara muter,
suhu ATF jg lbh rendah itu.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

severmaya wrote: Sat Apr 19, 2025 6:37
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Nah kemarin qr25 dipakai trans Jawa kecepatan konstan di 120-140, suhu coolant di obd sekitar 85.. Nempuh jarak sekitar 500 km ya sekitar segitu aja. Tapi begitu jalan merayap sekitar 40 km/jam dalam kota yang cuaca lagi panas itu obd sampai ke 99, turun lagi sih emang ke 95 an. Begini apa normal? Kalau lihat di dashboard sih aman kurang dari setengah temperaturnya.
Normal , t32 saya jg segituan. Suhu luar 42c bisa nyampe 95 c
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by mkamil »

kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:
IMG_5719.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by mkamil »

Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
outback kang
JusMusiq
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Aug 08, 2023 5:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by JusMusiq »

Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

JusMusiq wrote: Sat Apr 19, 2025 14:46 Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by DOHC »

t105erd wrote: Sat Apr 19, 2025 14:57
JusMusiq wrote: Sat Apr 19, 2025 14:46 Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.
mbah

kl 1NZ ud panas suka bunyi dari arah rante keteng, knapa tu mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:56
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
outback kang
Ganteng
Best AWD monokok in class :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

DOHC wrote: Sun Apr 20, 2025 3:39
t105erd wrote: Sat Apr 19, 2025 14:57
JusMusiq wrote: Sat Apr 19, 2025 14:46 Ijin tanya mbah..

Rush 2018 dibuat mudik. Berkendara berjam berjam. Ketika mesin nyala dan panas, saya buka kap mobil kok mesin ada bunyi lirih klek klek klek ya mbah?

Besok paginya sy coba di mesin dingin. Gak ada sama sekali bunyi klek klek klek.

Kira2 normal kah mbah?
sebelah mana? kalo di mesin 1NZ bunyi nya "tik tik tik" dari vacum valve yg dari saluran bensin ke intake yg ngebuka kalo mesin udah panas, kalo baru nyala emang ga bunyi. Ga tau deh di mesin NR gitu juga ga.
mbah

kl 1NZ ud panas suka bunyi dari arah rante keteng, knapa tu mbah
waduh belum pernah ngalamin, mudah2an bukan tensioner timing chain nya, sama apatuh namanya yg kaya sabit yg di sebrangnya.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:
IMG_5719.jpeg
Suryaputra wrote: Sat Apr 19, 2025 13:14
mkamil wrote: Sat Apr 19, 2025 13:01 kalau di push max 121C untuk oil temp, kalau cruising santai dapat 98-100C, eneos x 0w20 gratisan. memang perlu obd display euy buat baca cvt dan coolant temp secara pasti :big_think:

IMG_5719.jpeg
Normal itu, masih di bawah indikator merah juga

Mobil apa ini mbah?
Menarik ada engine oil temp nya.
Jarang2 soalnya :big_biglaugh:
wiw subaru gratisannya eneos x boleh juga :big_okay:
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by draxx13 »

Opeakkk wrote: Fri Apr 18, 2025 10:53
DOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49
Suryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01

Emg gtu mbah
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C

Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi. :upss:
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsb

tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah

pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macet
l10 saya jg segitu mbah kalo pas jalan konstan ga macet
Muhalafta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Jan 06, 2023 5:42
Location: sukoharjo
Daily Vehicle: innova reborn diesel type G

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Muhalafta »

selamat siang mbah, mohon maaf kalau sudah pernah di tanyakan
untuk penggunaan aditif merk psdk apakah rekomen ya?
kebetulan gerobak pakai anki 2019, odo 250rb, oli pakai ptt 5w30
semisal memang perlu rencana mau mulai rutin memakai
matursuwun mbah
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

Malam om, sori kalo uda sering dibahas sebelumnya. Baru ambil Harrier XU30, 2AZ-FE, tahun 2008, odo 111k. Dari kitiran oli keliatan 2019 terakhir pake 5w30 di odo 83k, selanjutnya sampe odo 108k cuma ditulis TMO aja. Pertanyaan saya:

1. Terakhir ganti olmes dan filter di odo 108k Desember 2024. Apakah perlu ganti skrg ato nunggu sampe odo 113k aja?
2. Ganti berikutnya sebaiknya 5w30 ato coba 0w20? Dua2 masuk di list opsi buku manual.
3. Gimana caranya utk cek ato preventif oli nguap?

Sekalian tanya utk oli matic, terakhir ganti pake TMO T-IV di odo 101k Maret 2024. Saya rencana tunggu sampe odo 120k baru ganti oli maticnya.

1. Apa aja yg sebaiknya dikerjain yah? Ganti gasket?
2. TMO vs Aisin lbh bagus mana?

Thank you, om2
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by saturday »

Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpg
Screenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg
UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX

UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.

Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.

Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.

Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:

1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.

2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.

Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.

Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Profith83 »

Lagi bahas temperature oli ....

Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.

Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.

Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

Profith83 wrote: Mon Apr 21, 2025 14:47 Lagi bahas temperature oli ....

Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.

Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.

Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Kalo di tes lab mungkin bisa tau penyebabnya. Tapi brati degradasinya lumayan signifikan ya sampe cepat panas gitu.

Kalo mobil jalannya dikit, suka short trip juga mempengaruhi umur oli.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Profith83 »

sahabatq8 wrote: Mon Apr 21, 2025 14:51
Profith83 wrote: Mon Apr 21, 2025 14:47 Lagi bahas temperature oli ....

Mobil HRV saya 1 thn cuma jalan 3rb KM.
Oli yang saya pakai sebelum dan sesudah ganti oli adalah : PTT Performa Syntec Plus SAE 5W-30 API SP
Waktu saya belum ganti oli, masukin mobil ke garasi mundur/atret, terdengar suara fan nya otomatis nyala kencang banget.

Setelah saya ganti oli, hampir gak pernah bunyi. Bunyi fan pun kecil sekali.

Oli lama di Mobil terdegrasi dan cepat panas
Kalo di tes lab mungkin bisa tau penyebabnya. Tapi brati degradasinya lumayan signifikan ya sampe cepat panas gitu.

Kalo mobil jalannya dikit, suka short trip juga mempengaruhi umur oli.
Sebenarnya waktu mundur masukin mobil yang nyala fan nya ... itu cuma nyala 2 sd 4 detik. Gak nyala terus terusan.
Normal sih, mundur mesti pelan pelan karena garasi kecil. Kira dan kanan mepet. Muka dan belakang juga mepat.

Cuma habis ganti oli fan nya juga nyala tapi pelan.
Masih normal kok.
Cuma cukup surprise kalau olinya baru suara fan nya cuma kecil.

Alias biarpun pakai 1 thn masih OK, cuma yah itu fan sempat nyala kenceng saja, itupun cuma 2 sd 4 detik saja
Sering kan kita dengar fan mobil lain nyala kencang juga bahkan lama gak henti2x

Tapi barunya betul betul bagus, gak ada suara fan kencang sama sekali.
Puas pakai oli 1 thn lebih 1 atau 2 bulan.

Kalau mau yang harga 180rb an wah itu oli bagus banget, licin banget
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

saturday wrote: Mon Apr 21, 2025 14:17 Screenshot_2025-04-21-20-01-45-098_com.google.android.apps.docs-edit.jpgScreenshot_2025-04-21-20-02-08-174_com.google.android.apps.docs-edit.jpg

UOA United Eco Zen 0W30 API SP
Unit: Civic FD2 2011
Pemakaian: 7300 km
Interval: 27 Oktober 2024 - 19 April 2025
Rute: 35% dalkot, 65% toll
BBM: BP 95/Shell 95 + ROX

UOA kali ini spek mesin sudah naik kompresi dari 9.8 ke 10.2 dan 3 angle valve job.

Silicone content mungkin bisa diabaikan dulu. Terakhir kali UOA baru lakukan perbaikan bocor timing chain cover, cover klep, dan VTC. Kemungkinan silicone content dari silicone sealant yang digunakan.

Sedangkan UOA kali ini, saya gunakan cylinder head copotan kosong untuk dibubut. Sehingga ada kemungkinan juga silicone sealant digunakan ketika perakitan ulang komponen.

Fuel dilution pada UOA kali ini mungkin lebih banyak. Mobil saya sempat dua kasus trouble yang mengakibatkan AFR banjir ke 11-12 sampai tidak bisa idle. Yang terjadi adalah:

1. Setelah ganti header, EGR mampet. Menyebabkan AFR banjir ke area 11-12. Mobil maunya lari terus dan tidak bisa idle lebih dari beberapa detik. Menurut mekanik bengkel resmi Honda, kasus ini sudah beberapa kali ia tangani ketika penggantian header/downpipe di Mobilio dan Brio.

2. Bobok sirip box filter udara. Rupanya sirip yang ada pada box filter udara itu punya fungsi memperlambat dan menghaluskan aliran udara sehingga udara yang masuk me Mass Air Flow sensor stabil dan laminar.

Karena sekat dibobok, MAF sensor tidak bisa membaca udara secara akurat karena udara yang masuk ke MAF sensor terlalu turbulen. MAF sensor membaca udara terlalu banyak padahal tidak demikian, lalu karena udara seakan banyak, ECU perintahkan semprot bensin sesuai udara yang seakan masuk. AFR ngaco ke area 11-13 dan tidak bisa idle.

Next UOA: United Eco Zen sekali lagi. Tapi dengan kondisi AFR lebih rich (mau di tune ulang kondisi close loop).
wow nice UOA.
hmmm ca cukup tinggi.
TBN udah level 3.0