Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Coba aja pake 5w30, kalo nguap tinggal ganti balik. Seharusnya asal mesin sehat sih aman pake 5w30
kl proven dipake di lipindut L10 ampe bsa cuman nyusut dikit, hands down ini oli mantep punya
dl kita orang waktu punya L10 lipindut, pakein oli mahal macam Q8 formula special G (taon 2010, harga sliter nya waktu itu kisaran 130an rebu beli d toda klp gading, jaman itu motul HTEC 5-30 aj masi banyak yg jual dbawah 100 rebu) aj tetep nyusut kaya lg pake NGO, jalan 6000 km ud musti top up ampe nyaris sliter
So far begitu mbah di L10 saya
Yang parah memang NGO & HX8 sepengalaman saya
Kalau yang tercatat per 5000KM
Motul htec100 susut 470ml
Q8 special D1 susut 350ml
Bardahl S9 susut 360ml
Sekarang lagi coba PFG jalan 4000 KM baru top up 250ml
HX8 masi parah ya, dl pas jaman baru kluar (circa taon 2010an, waktu masi botol warna abu2 mirip ama ultra, emg paling parah nguap nya, mirip ama NGO, padahal HX8 ngaku nya full syn, sdgkan si NGO masi semi syn
lipindut L10 kl emg rajin macet2an, kayanya mau ga mau musti naek ke buntut 40 seh, penguapan nya baru mendingan
Betul om, dulu pake HX8 parah sekali
Ini pemakaian di bandung sehari hari jarang kena macet sebetulnya, tapi memang nampak nya pakai PFG paling minim penguapan di L10 saya
kl proven dipake di lipindut L10 ampe bsa cuman nyusut dikit, hands down ini oli mantep punya
dl kita orang waktu punya L10 lipindut, pakein oli mahal macam Q8 formula special G (taon 2010, harga sliter nya waktu itu kisaran 130an rebu beli d toda klp gading, jaman itu motul HTEC 5-30 aj masi banyak yg jual dbawah 100 rebu) aj tetep nyusut kaya lg pake NGO, jalan 6000 km ud musti top up ampe nyaris sliter
So far begitu mbah di L10 saya
Yang parah memang NGO & HX8 sepengalaman saya
Kalau yang tercatat per 5000KM
Motul htec100 susut 470ml
Q8 special D1 susut 350ml
Bardahl S9 susut 360ml
Sekarang lagi coba PFG jalan 4000 KM baru top up 250ml
Plot twistnya... PFG plg minim nguap
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya
-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
So far begitu mbah di L10 saya
Yang parah memang NGO & HX8 sepengalaman saya
Kalau yang tercatat per 5000KM
Motul htec100 susut 470ml
Q8 special D1 susut 350ml
Bardahl S9 susut 360ml
Sekarang lagi coba PFG jalan 4000 KM baru top up 250ml
Plot twistnya... PFG plg minim nguap
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya
-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
mantep, olinya gak dioplos.
krn factory sealed
Coolant beli aja denso biru 70/30 udh factory mixed.
dan prnh pakai selama 2 tahun, minim berbekas di reservoir.
bisa lihat pakai senter ditempel jg.
Last edited by Suryaputra on Thu Apr 10, 2025 2:40, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
darrelund wrote: Thu Apr 10, 2025 1:51
karena terngiang ngiang sama omongan mbah DOHC
buat selingan oci 5000 pelos cvt
oli apa yg cocok? ga usah yang mahal" ya mbah
yang murah2 oke ada Eneos X 0w20 atau TQ 9000 0w20
Sekalian aja tap oli cvtnya ( keluar 3 liter, masuk 3 liter ) kalo km udah 20rb, pake Toyota CVT FE murah, kena 480rban sudah sama jasa di toda
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
darrelund wrote: Thu Apr 10, 2025 1:51
karena terngiang ngiang sama omongan mbah DOHC
buat selingan oci 5000 pelos cvt
oli apa yg cocok? ga usah yang mahal" ya mbah
yang murah2 oke ada Eneos X 0w20 atau TQ 9000 0w20
Sekalian aja tap oli cvtnya ( keluar 3 liter, masuk 3 liter ) kalo km udah 20rb, pake Toyota CVT FE murah, kena 480rban sudah sama jasa di toda
cocok mbah, tenkiu
tap kayaknya oe mau di beres aja mbah, pas serpis 20rb, biar klo ada apa" oe ga disalahin (kbetulan masih warranty juga)
cuma itu toda bisa ga siy request drain plug nya kg usah dikasih seal tape
darrelund wrote: Thu Apr 10, 2025 1:51
karena terngiang ngiang sama omongan mbah DOHC
buat selingan oci 5000 pelos cvt
oli apa yg cocok? ga usah yang mahal" ya mbah
yang murah2 oke ada Eneos X 0w20 atau TQ 9000 0w20
Sekalian aja tap oli cvtnya ( keluar 3 liter, masuk 3 liter ) kalo km udah 20rb, pake Toyota CVT FE murah, kena 480rban sudah sama jasa di toda
cocok mbah, tenkiu
tap kayaknya oe mau di beres aja mbah, pas serpis 20rb, biar klo ada apa" oe ga disalahin (kbetulan masih warranty juga)
cuma itu toda bisa ga siy request drain plug nya kg usah dikasih seal tape
ama bakal ketauan beres gak yah
Bisa bisa aja kok om request wkwkwk.
Seharusnya kalo saenya sama gak ketahuan lah ya, asal filter sama percis. Bos ane servis mercy di toda. Warranty aman tuh wkwkwkk.
Cuma memang kerjanya harus agak rapih drain plug di bersihin abis ganti.
darrelund wrote: Thu Apr 10, 2025 1:51
karena terngiang ngiang sama omongan mbah DOHC
buat selingan oci 5000 pelos cvt
oli apa yg cocok? ga usah yang mahal" ya mbah
yang murah2 oke ada Eneos X 0w20 atau TQ 9000 0w20
Sekalian aja tap oli cvtnya ( keluar 3 liter, masuk 3 liter ) kalo km udah 20rb, pake Toyota CVT FE murah, kena 480rban sudah sama jasa di toda
cocok mbah, tenkiu
tap kayaknya oe mau di beres aja mbah, pas serpis 20rb, biar klo ada apa" oe ga disalahin (kbetulan masih warranty juga)
cuma itu toda bisa ga siy request drain plug nya kg usah dikasih seal tape
ama bakal ketauan beres gak yah
Selamat mencoba minta ganti oli cvt di beres
Sy uda minta bbrp kali, dan responsnya standar, nanti aja pak di 60-80rb km baru cek lagi
Cek lo ya bukan ganti
Di toda cepet kok, dia kaga buka drain plug, lgsg sedot dr lubang dipstick (kl mobil2 yg ada), 2nr kan cvt nya ada lubang dipstick jg
Dan ganti oli jgn sedot pake alat, jd drain plug ngga kesentuh
Tp sy uda 2x ganti di toda, filter oli pake ac delco, keliatan bgt bedanya sm yg beres punya, ngga komen apa2 tuh pas servis rutin ke beres
So far begitu mbah di L10 saya
Yang parah memang NGO & HX8 sepengalaman saya
Kalau yang tercatat per 5000KM
Motul htec100 susut 470ml
Q8 special D1 susut 350ml
Bardahl S9 susut 360ml
Sekarang lagi coba PFG jalan 4000 KM baru top up 250ml
Plot twistnya... PFG plg minim nguap
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya
-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
kayanya dr jaman dl coolant batu makam emg error dehh
dl waktu L10 baru kuar circa 2007, malah dikasi coolant ijo dari fabriekan, itu setaonan ud tebel endapan putih2 d reservoir.. waktu itu kita orang ganti pake coolant toyota jadi nya, lancar jaya ampe tu mobil djual 8 taon kmudian, ga ad bocor rembes samsek
darrelund wrote: Thu Apr 10, 2025 1:51
karena terngiang ngiang sama omongan mbah DOHC
buat selingan oci 5000 pelos cvt
oli apa yg cocok? ga usah yang mahal" ya mbah
yang murah2 oke ada Eneos X 0w20 atau TQ 9000 0w20
Sekalian aja tap oli cvtnya ( keluar 3 liter, masuk 3 liter ) kalo km udah 20rb, pake Toyota CVT FE murah, kena 480rban sudah sama jasa di toda
cocok mbah, tenkiu
tap kayaknya oe mau di beres aja mbah, pas serpis 20rb, biar klo ada apa" oe ga disalahin (kbetulan masih warranty juga)
cuma itu toda bisa ga siy request drain plug nya kg usah dikasih seal tape
ama bakal ketauan beres gak yah
Beli gasket aja yg ori di OL shop cuma 15rban, malah yg bahan tembaga di SnD cuma 8000 om
Btw kalo cvtnya Avanza atau veloz, bisa koq pake metode suction pump, jadi ga usah buka2 baut drain
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya
-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
mantep, olinya gak dioplos.
krn factory sealed
Coolant beli aja denso biru 70/30 udh factory mixed.
dan prnh pakai selama 2 tahun, minim berbekas di reservoir.
bisa lihat pakai senter ditempel jg.
Akan stick di PFG dulu kalo gini hasilnya
Thank you input nya om
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya
-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
mantep, olinya gak dioplos.
krn factory sealed
Coolant beli aja denso biru 70/30 udh factory mixed.
dan prnh pakai selama 2 tahun, minim berbekas di reservoir.
bisa lihat pakai senter ditempel jg.
Akan stick di PFG dulu kalo gini hasilnya
Thank you input nya om
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Coba aja pake 5w30, kalo nguap tinggal ganti balik. Seharusnya asal mesin sehat sih aman pake 5w30
Noted om terimakasih sarannya rencana next ganti oli fix ganti ke 5W30 deh biar sesuai sama speknya
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om