Tanya plus minus lightweight pulley

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Tanya plus minus lightweight pulley

Post by lemonadelovers »

Halo rekan2 SM... izin buka thread

Mau tanya apakah disini ada yg pernah pakai atau minta pendapatnya seputar lightweight pulley...
Klo secara logika make sense yaa puli crankshaft yg beratnya 1.5-2kg diganti kebahan lbh ringan jd cm 500-800gr membuat mesin lbh ringan tp adakah dampak negatifnya? Apakah mobil memerlukam gaya inersia dr puli asli yg lbh berat?

Terimakasih
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6208
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by b0ku »

lemonadelovers wrote: Sat Mar 01, 2025 23:25 Halo rekan2 SM... izin buka thread

Mau tanya apakah disini ada yg pernah pakai atau minta pendapatnya seputar lightweight pulley...
Klo secara logika make sense yaa puli crankshaft yg beratnya 1.5-2kg diganti kebahan lbh ringan jd cm 500-800gr membuat mesin lbh ringan tp adakah dampak negatifnya? Apakah mobil memerlukam gaya inersia dr puli asli yg lbh berat?

Terimakasih
ya denger2x si katanya bikin seal cranknya cepet bocor cuma tanya ke yang jualan si katanya gpp ya namanya juga jualan obat...... :big_biglaugh:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 727
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by saturday »

Saya pakai di Civic FD2 2011. Tahun 2021 saya pasang, odometer 70 ribu. Per detik ini odometer 150 ribu, tidak ada masalah getar ataupun abnormalitas pada analisa oli bekasnya.

Seal kruk as luar rembes dan diperbaiki di 2024, tapi mengingat kondisi mobil berumur sudah 13 tahun dan terpakai 130 ribuan kilometer bisa jadi karena umur bukan murni akibat ganti pulley.

Kalau sebelum 2029 sudah rembes lagi seal kruk as luar, saya anggap pulley ini mempercepat bocor seal kruk as.

Lightweight pulley ini tidak serta-merta aman di satu mesin maka aman di mesin lain. Silahkan lakukan riset informasi pada jenis mesin kalian masing-masing.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by lemonadelovers »

saturday wrote: Sun Mar 02, 2025 0:27 Saya pakai di Civic FD2 2011. Tahun 2021 saya pasang, odometer 70 ribu. Per detik ini odometer 150 ribu, tidak ada masalah getar ataupun abnormalitas pada analisa oli bekasnya.

Seal kruk as luar rembes dan diperbaiki di 2024, tapi mengingat kondisi mobil berumur sudah 13 tahun dan terpakai 130 ribuan kilometer bisa jadi karena umur bukan murni akibat ganti pulley.

Kalau sebelum 2029 sudah rembes lagi seal kruk as luar, saya anggap pulley ini mempercepat bocor seal kruk as.

Lightweight pulley ini tidak serta-merta aman di satu mesin maka aman di mesin lain. Silahkan lakukan riset informasi pada jenis mesin kalian masing-masing.
Ada pengaruh real ke performa n konsumsi BBM om?
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3032
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by KielConstantine »

Mau coba pasang ke mobil apa om ?

Kalo lebih enteng ya pasti kerja mesin lebih ringan jg, peforma pasti naek

Yg penting kualitas bahannya aja sih, musti tetep kuat kek OEM grade walaupun lebih lightweight
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 727
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by saturday »

lemonadelovers wrote: Sun Mar 02, 2025 2:21
saturday wrote: Sun Mar 02, 2025 0:27 Saya pakai di Civic FD2 2011. Tahun 2021 saya pasang, odometer 70 ribu. Per detik ini odometer 150 ribu, tidak ada masalah getar ataupun abnormalitas pada analisa oli bekasnya.

Seal kruk as luar rembes dan diperbaiki di 2024, tapi mengingat kondisi mobil berumur sudah 13 tahun dan terpakai 130 ribuan kilometer bisa jadi karena umur bukan murni akibat ganti pulley.

Kalau sebelum 2029 sudah rembes lagi seal kruk as luar, saya anggap pulley ini mempercepat bocor seal kruk as.

Lightweight pulley ini tidak serta-merta aman di satu mesin maka aman di mesin lain. Silahkan lakukan riset informasi pada jenis mesin kalian masing-masing.
Ada pengaruh real ke performa n konsumsi BBM om?
Pengaruh real ke performa ada: naik RPM lebih enteng
Pengaruh ke konsumsi BBM: tergantung cara berkendara; ada potensi lebih irit. Potensi. Bukan "Pasti".
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by lemonadelovers »

KielConstantine wrote: Sun Mar 02, 2025 2:25 Mau coba pasang ke mobil apa om ?

Kalo lebih enteng ya pasti kerja mesin lebih ringan jg, peforma pasti naek

Yg penting kualitas bahannya aja sih, musti tetep kuat kek OEM grade walaupun lebih lightweight
Kia Grand Sedona 3.3L oom.. kebetulan pakai velg ioniq 5 R20. Untuk mengkompensasi naik ukuran dan bobot velg mau coba pakai puli enteng.

Puli jd enteng, daya/momen inersia ikut turun masih aman lah yaa
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by ginting »

lemonadelovers wrote: Sun Mar 02, 2025 5:20
KielConstantine wrote: Sun Mar 02, 2025 2:25 Mau coba pasang ke mobil apa om ?

Kalo lebih enteng ya pasti kerja mesin lebih ringan jg, peforma pasti naek

Yg penting kualitas bahannya aja sih, musti tetep kuat kek OEM grade walaupun lebih lightweight
Kia Grand Sedona 3.3L oom.. kebetulan pakai velg ioniq 5 R20. Untuk mengkompensasi naik ukuran dan bobot velg mau coba pakai puli enteng.

Puli jd enteng, daya/momen inersia ikut turun masih aman lah yaa
dulu tahun 99-2000an awal, ada juga yang suka modif ganti flywheell yang ringan, supaya enteng tarikan katanya.
dan memang di jalan raya yg rata lebih laju akselerasinya.
tp di tanjakan nafasnya kayak kurang..karena innersia dari flywheel yg kurang...
nah, kalau untuk pulley mungkin gaks separah itu dampaknya krn pulley juga enteng kok aslinya..
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by arfs »

Pabrikan mobil/motor pastinya sudah merancang dan R&D mesin dengan biaya besar dan jangka waktu panjang untuk mengetahui durabilitas mesin nya.

Barang seperti lightweight pulley ini (atau macam - macam penghemat BBM lainnya dan alat peningkat performa lainnya) sebenarnya bikin saya penasaran.

Kenapa pabrikan mobil/motor tersebut gak mau pakai lightweight pulley atau alat lainnya yang dapat dengan mudah bisa bisa menaikan performa mesin dan efisiensi BBM dengan mudah? :big_think: :big_childish:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 350
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by Ibet »

lemonadelovers wrote: Sat Mar 01, 2025 23:25 Halo rekan2 SM... izin buka thread

Mau tanya apakah disini ada yg pernah pakai atau minta pendapatnya seputar lightweight pulley...
Klo secara logika make sense yaa puli crankshaft yg beratnya 1.5-2kg diganti kebahan lbh ringan jd cm 500-800gr membuat mesin lbh ringan tp adakah dampak negatifnya? Apakah mobil memerlukam gaya inersia dr puli asli yg lbh berat?

Terimakasih
saya jujur tertarik sekali tapi jg masih cari - cari reference soal ini
beberapa pabrikan kan kasih nama part ini : harmonic damper pulley

yg saya tau ini part ini kan dibuat dari die cast aluminium + rubber untuk serap vibrasi dari crankshaft, balanced jg
sementara yg dijual di pasaran kan full cnc aluminum + hardened aja biar ga cepet rusak
lah fungsi harmonic damper hilang? apa bikin cepet rusak bearing crankshaft?

trus belom bicara diameter, apakah diameter part asli dengan lightweight pulley sama kah?
kalau sama ga masalah, kalo beda apakah ada pengaruh ke auxilliary part lain?
contoh : water pump / ac yg jalan dengan diagram rpm tertentu

walau ada jg yg jalan ratusan rb km tanpa masalah

===============================================

sama - sama ini saya kok lebih pilih kombinasi velg foged + ban yg lebih ringan aja ya
unsprung weight istilahnya, keliatan lebih jelas benefit long term nya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by sintoni »

Torsinya pasti berkurang, kalau untuk dalam kota yang datar2 aja ya go for it.

Kalau banyak naik gunung jangan lah.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6208
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tanya plus minus lightweight pulley

Post by b0ku »



nih om lengkapnya ternyata bisa ngaruh ke metal metal kalo sering HIGH RPM karena saya penganut high revvv auto mundur dah........ :ngacir: