EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Wed Apr 02, 2025 7:14 Sabaaar.... sabaaar.... Ini teori manajemen risiko, ICE sama EV profil risikonya beda :
Screenshot_20250402_130656_Chrome.jpg
Kalo ICE tu possible+critical, karena ada bensinnya, tu LCGC ditumbur truk Aqua di Jagorawi, terus yg pada konslet, tapi sekalinya abis bensinnya ya mati apinya.
Kalo EV tu saat ini dah rare+catasthropic, kenapa catastrhopic, kerna matiinnya susah, terus lithium+elektrolitnya self combustible (thermal runaway).

Nah, 10 taun lalu beberapa produsen mungkin masih unlikely+catasthropic. Tapi sekarang tu dah dimitigasi via teknologi, algoritma BMS dah bagus, battery chemistry dah disesuaikan ama karakter EV, meskipun kalo produsennya masih baru kayak Farasis dendritic growthnya bisa tembus separator. https://theevreport.com/mercedes-benz-r ... -fire-risk

Arsitektur juga dah bener, percaya ndak percaya arsitektur 10 taun lalu masih ada mobil yg ndak pake High Voltage Interlock Loop :

Jadi itu stroom apapun status mobilnya selalu on. Kalo sekarang HVIL tu dah standar, kalo mesin off, batere ya terisolasi, ada apa2 cabut saklar HVIL batere langsung isolated.

Naah teori manajemen risiko ini yg bikin saya yakin ama EV, wong kondisi per saat ini dah unlikely :big_peace: :big_peace:
kayaknya cuma berlaku di produk hyundei om itu aja kek diatas mereka juga parno kalo ada damage dikit aja suruh ganti semua itu kan KIA EV6 :mky_03:

belakangan juga hyundei ud jarang ada kabar meleduk juga :mky_03:

barang china sorry dah ampir tiap hari ada tuh om di mainland :big_biglaugh:

karena semua itu kan baru cuma teori secara biang apinya juga dari element batrenya sendiri yang konslet dimana energynya tersimpan disitu semua :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

Saya lebih khawatir ini :big_biglaugh:
Drpd duar duar duar



Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Salman111
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Tue Mar 14, 2017 7:23

Re: EV's Safety?

Post by Salman111 »

Pasar China setahun penjualan mobil puluhan juta. Lebih dari 30 juta. Indo aja mau pecah 1 juta aja susah.

Ada secuil kasus paling aneh pun nggak heran. Lah malaysia kan waktu itu ada kasus honda adas juga masalah. Kok nggak di bahas?

Falun gong tetap falun gong. Susah.

Sensor cover up? Mang jepang suci? Lupa kasus takata? Udah di cover up puluhan tahun malah. Akhirnya kebongkar dan massive sekali.

EV di China jika benar umum mah ccp gimana mau tutup mulut korban cerita ama teman saudara? Gimana coba.

Kalau benar umum kok penjualan EV naik terus dan makin menuju bahkan 80% bentar lagi market share di China?

Emang populasi China semua nggak punya mulut dan kuping untuk share jika EV benar seluas kasusnya seperti kata falun gong?

Mikir... Dan anehnya kok ada orang rajin benar usaha dokumentasi kasus kasus EV kebakaran. Buat apa tujuannya?

Itupun nggak jelas buktinya tiap bulan sebenernya berapa kasus. Ingat penjualan EV sekarang puluhan juta tiap tahun di sono

100 kasus pun it's nothing. 10 rb pun tetap kecil.

Ingat mulut dan telinga warga dimana pun tidak bisa di sensor. Jika benar banyak banget penjualan EV dah ancur sekarang.

Tapi jika memang niatnya mau cap semua hal China busuk dan hanya jepang yang suci ya lain cerita. Rekayasa semua di pake. Asumsi macam macam. Angka nggak ada bukti semua di pake.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Apr 02, 2025 12:39 Saya lebih khawatir ini :big_biglaugh:
Drpd duar duar duar



nah itu juga ngeri, yang siomay SU7 itu kuncinya macet konon katanya lagi self driving mau di override gak bisa :big_think:

ya itu GE8 pas saya tau bisa kontrol gas pake HP aja lsg ngeri saya untung aja masukin d butuh tangan kalo pake elektronik juga ngerik :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Salman111 wrote: Wed Apr 02, 2025 13:10 Pasar China setahun penjualan mobil puluhan juta. Lebih dari 30 juta. Indo aja mau pecah 1 juta aja susah.

Ada secuil kasus paling aneh pun nggak heran. Lah malaysia kan waktu itu ada kasus honda adas juga masalah. Kok nggak di bahas?

Falun gong tetap falun gong. Susah.

Sensor cover up? Mang jepang suci? Lupa kasus takata? Udah di cover up puluhan tahun malah. Akhirnya kebongkar dan massive sekali.

EV di China jika benar umum mah ccp gimana mau tutup mulut korban cerita ama teman saudara? Gimana coba.

Kalau benar umum kok penjualan EV naik terus dan makin menuju bahkan 80% bentar lagi market share di China?

Emang populasi China semua nggak punya mulut dan kuping untuk share jika EV benar seluas kasusnya seperti kata falun gong?

Mikir... Dan anehnya kok ada orang rajin benar usaha dokumentasi kasus kasus EV kebakaran. Buat apa tujuannya?

Itupun nggak jelas buktinya tiap bulan sebenernya berapa kasus. Ingat penjualan EV sekarang puluhan juta tiap tahun di sono

100 kasus pun it's nothing. 10 rb pun tetap kecil.

Ingat mulut dan telinga warga dimana pun tidak bisa di sensor. Jika benar banyak banget penjualan EV dah ancur sekarang.

Tapi jika memang niatnya mau cap semua hal China busuk dan hanya jepang yang suci ya lain cerita. Rekayasa semua di pake. Asumsi macam macam. Angka nggak ada bukti semua di pake.
jepang setau saya gak pernah cover up paling parah ya mitsubshi malah di suruh tanggung jawab :big_weee:

tukang nutupin juga toyota tuh cuma bangke akhirnya kecium juga govermentnya gak support kek gitu2xan kalo china itu di support sama goverment makannya liat aja tuh kasus SU7 :big_weee:

emang ada skandal toyota yang gak di buka sama pemerintah jepang yang terakhir juga ke blowupnya sama pemerintah :big_weee:

amerika jerman juga sama karena kalo ud lawsuit ada barbuk kuat pemerintah pun gak bisa nolong karena di sana serba terbuka gak kek di china busuk2xnya semua mau ditutupin typical GOVERMENT yang pernah giling mahasiswanya sendiri pake tank :big_weee:

bukan rajin dia ngumpulin dari orang2x yang share karena pemerintah china suka nutupin intinya biar orang2 tau busuknya mobil china kek apa :big_weee:

lagian gak ada bedanya sama orang2x sini fotoin sama share mobil2x ice yang kebakaran kecelakaan juga :big_biglaugh:

masa ice aja boleh mobil china ev gak boleh nitpicking donk boss :upss:

loe kira bisa kena sensor dari siapa yang bisa kalo bukan pemerintah sendiri :big_biglaugh:

fallun gong , uhygur mah cuma hasil mereka ngepress kebebasan orang beragama, ccp itu goverment paranoid belom jadi masalah aja ud di basmi dan typical........ :big_weee:

penjualan gak ancur subsidinya boss kayak orang gila belom program trade in dan negara komunis itu negara cuci otak tinggal bilang lokal pride mereka bakalan bangga pake produk dalam negri, gw yang tinggal di singapore aja bisa liat cara mereka cuci otak anak2x sekolah, bahkan dulu guru mandarin saya orang cungkwo aja sampe takut karena dia warga china anaknya sekolah di singapore ud kena cuci otak juga baru singapore aja kek gitu gimane china taiwan juga sama :upss:

kan dari kecil aja ud di tanam harus nurut dan takut sama pemerintah pemerintah no1 di uhygur mau ibadah gak boleh lupain puasa lupain sholat 5 waktu :big_weee:

kek sekarang mereka juga lagi maenin lagi tu sentiment anti jepangnya sampe ada anak2x jepang mati di bunuh di sana, orang sana masih trauma sama nanjing gw aja yang liat dokumenternya ngeri bule2x yang berhasil kabur aja banyak yang bundir, itu luka lama gimana mau ilang makannya gampang banget nyingkirin merek jepang disana di ganti lagi pake merek lokal makannya dari dulu toyota susah nomer satu bahkan jaman dulu NO1 china itu buick ntah itu merek ilang kemana di ganti sama VW :big_dunno:

kenapa buick dulu brandnya kuat karena itu mobil yang di pake sama last emperor :mky_03:

makannya BYD cuma kenceng di mainland diluar mainland sama cherry aja masih kalah kok :wkkk:

lagian gimana orang sana mau tau baru sebut merek aja lsg ilang :big_biglaugh:






inget ya di sana social media barat itu di ban :big_biglaugh:

jd yang gini2x gak nyebar di youtube pun susah nyebar :big_biglaugh:

tau negara yang jualan BYDnya nomer satu ISRAEL......... :mky_07:

kek loe aja lah salah satu yang kemakan propaganda BYD mau gw kasih bukti segabreng juga gak percaya bahkan yang komplen karat dari wakanda dan foto2x mobil tetangge gw aja juga loe gak anggep :big_weee:

sama lah kek tesla mau di hujat kek apa fanboynya kuat bet dah eh sekarang malah fanboynya yang ngacurin tesla itu sendiri :wkkk:

karena byd sama kek tesla kasih presentasi overpromised apalagi kemaren ngomongin 1000kw charger kalo gak ngerti itu 1000kw dapet darimane mah lsg kena hipnotis kek anjing dikasih tulang cuma dengerin 5 menitnya lsg euphoria........ :mky_07:

buat gw yang ngerti gw ketawa aja guling2x :wkkk:

gw paling hobby pake honda aja selalu ngehujat honda honda pake adas ud lama gw hujat mahal2xin aja kalo tuh kaca pecah musti ganti sensor semua :big_weee:

loe liat perngaruh mobil china ngerusak2x mobil2x laen imbasnya mobil2x baru pun gak ada satupun yang gw minat gimmick semua isinya banyakan sampah solusinya beli mobil 2015 kebawah eh di wacana mobil 10thn mau di larang gara2x biar mobil baru yang sampah itu pada laku :big_bored:

belom ngomongin EU sama EPA bikin std emisi gak masuk diakal gara2x EV :big_dunno:

pemerintah suruh bikin mobil gini gitu gak laku eh mobil kita yang di incer paksa suruh beli baru :big_bored:
Salman111
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Tue Mar 14, 2017 7:23

Re: EV's Safety?

Post by Salman111 »

Lo apa nggak tau apa itu berita dari mulut ke mulut? Nggak perlu sosmed gituan jaman dulu juga nggak ada sosmed berita pasti nyebar sendiri.

Anyway ini first warning.... Hati hati ini forum terbuka untuk umum. Bisa di baca ama siapapun.

Cepat lambat orang BYD. Wuling. Chery. Bentar lagi Xpeng. Geely dll cepat lambat akan baca posting lo yang sebarkan ketakutan dan kebencian kepada mereka dan pemerintah PRC.

Siapkah kamu nanti kapan di kirim surat pengacara dan di minta tanggung jawab semua posting lo yang jelas fitnah dan cemarkan nama baik mereka?

Ingat Indonesia itu negara hukum. Apalagi perusahaan yang lo fitnah terus menerus bukan perusahaan boku. Eh boke.

Belajarlah dari kasus fitnah tanpa dasar kepada berapa kasus property developer. Jika lo nggak bisa buktikan di pengadilan siap siap nanggung konsekuensinya.

Chance lo kena jauh lebih gede banding orang terbakar di mobil BYD atau Geely wuling dll.

Ingat BYD sedang bangun pabrik raksasa di Subang. Siap buka lapangan kerja dan multiplier efek lain nanti.

Jika lo terus sebarkan berita kebencian kepada mereka lo udah yakin jika kapan terima surat pengacara mereka lo udah siap handle?

Perusahaan manapun tidak akan terus diam jika nama baiknya terus di smear di depan umum. Kecuali kecil boke ya malas tuntut.
Last edited by Salman111 on Wed Apr 02, 2025 15:39, edited 2 times in total.
Salman111
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Tue Mar 14, 2017 7:23

Re: EV's Safety?

Post by Salman111 »

Kecuali lo terus smear depan keluarga sendiri ya monggo ingat ini forum terbuka. Siapapun punya internet akses di manapun bisa akses forum ini dan baca.

Do it at your own risk.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

bisanya cuma ngancem tanpa kasih argument gak ada loh merek se loser ini bawa2x pengacara pula :big_dunno:

jgn sampe kena karmanya sendiri tungguin aja toyota si ud kena tuh lagi di lawsuit soal innova reborn gw 10thn hujat toyota tukang sunat chasis, tesla juga mirip2x kek byd sok keras loe liat aja ancurnya kek apa sekarang di vandal sama pendukungnya sendiri :big_bored:
Last edited by b0ku on Wed Apr 02, 2025 15:36, edited 2 times in total.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

Fix ini sales byd :big_slap:

Jaid inget kemarin ke mal sama ortu liat showroom byd. Iseng2 ortu nanya karena model sealion cukup menarik rupawan. Pas salesnya lagi jelasin depan ortu, ane bilang batrenya sekali rusak bisa 200-300 jutaan / 40% dari harga mobil. Eh itu sales langaung ngomong ga usah khawatir garansi 8 tahun. Ane langsung komen, kalau kena batu dijalan, emang bakalan tercover garansi ? Langsung salesnya kicep diem, mukanya bete abis. :wkkk:
Last edited by timbermaniac123 on Wed Apr 02, 2025 15:34, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Wed Apr 02, 2025 15:31 Fix ini sales byd :big_slap:
ud pernah gw diancem kek gini sama sales byd gw kasih foto kolong dari gw dia ngebela terus dia kirim foto kolong stock dealer dia sama aja sama foto gw abis itu dia kabur gak nanggepin dm gw lagi :big_biglaugh:


kenapa ya kek pada kena pns ngarepnya ngalahin toyota tapi ngalahin jualan lcgc aja gak mampu sih :big_biglaugh:
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: EV's Safety?

Post by faizzz »

Threadnya diem2 mulai memanas...

Macem EV Cina di video
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4486
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: EV's Safety?

Post by Ryan Steele »

Open warning!

Sebagai mod, dan sudah menjadi tugas saya untuk menjaga diskusi tetap sehat, saya tetapkan beberapa aturan tambahan agar semua diskusi pada umumnya serta diskusi thread ini khususnya agar tetap kondusif.

1. Om b0ku setelah postingan ini dilarang memanggil om salman dengan sebutan salmon.
2. Om salman ataupun member lain dilarang menggunakan istilah yang menyinggung pihak² yang tidak berkepentingan dan tidak ada hubungannya dengan topik hanya untuk menghina lawan diskusi.

Untuk om b0ku, saya sudah pernah mengedit postingan om untuk mensensor kata² yang tidak pantas. Jangan diulangi lagi.

Untuk sekarang, saya sedang tidak ada waktu untuk melakukan censoring ke postingan², baik om b0ku ataupun om salman. Jadi saya minta tolong untuk semua yang berkepentingan, tidak terbatas pada om b0ku dan om salman untuk mematuhi aturan ini.

Terima kasih.
no signature
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2500
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Re: EV's Safety?

Post by WiraSoenaryo »

Halo,

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan berlanjut, maka topik ini saya tutup.
Terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2500
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Re: EV's Safety?

Post by WiraSoenaryo »

Atas permintaan dari beberapa member SM dan pertimbangan lebih lanjut, topik ini kami buka kembali.

Dimohon kepada semua member SM untuk menjaga kondusifitas, jika memang diperlukan, silakan PM teman2 moderator untuk dapat ditindak lebih lanjut.

Terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Apr 02, 2025 12:39 Saya lebih khawatir ini :big_biglaugh:
Drpd duar duar duar



ada lagi nih lebih ngeri cuma ini NIO





masih inget yang ini :big_think:





ada berapa kali lagi kejadian serupa keknya 3-5x lagi anehnya tesla di tempat laen gak pernah kek gini cuma di china doank :big_think:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety?

Post by ilhami »

Lebih ke masalah feature ya, mungkin masalah sensor, atau pengemudi sendiri yang bermasalah.

fitur ini nggak umum ada di toyota (avanza, veloz, zenix)
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

Kalo naeknya BYD ndak mungkin kejadian begini :
https://www.detik.com/jatim/berita/d-78 ... i-surabaya
Oderstel kayak krupuk kan ndak ngaruh :big_peace: :big_peace: :big_peace:

BTW, kasus gini dulu sering banget kejadian sekarang jarang apa orang pada tobat apa sistem exhaust dah bener ya ?, terus kejadian gini kayaknya lebih sering di ICE bensin daripada ICE diesel ya :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Apr 06, 2025 1:07 Lebih ke masalah feature ya, mungkin masalah sensor, atau pengemudi sendiri yang bermasalah.

fitur ini nggak umum ada di toyota (avanza, veloz, zenix)
sebenernya lebih ke rasnya om mobil EV itu kenapa bisa autonomus karena lebih gampang di bikin autonomus karena semua cukup diatur pake otak komputer :big_biglaugh:

masalahnya less mekanikal lebih sulit buat di tebak apa yang ngaco mau pake diagnostic juga cuma tebak2x buah manggis buktinya pajero saya aja sampe saya jual gak ketauan apa bikin pedal gasnya suka macet gak ada respon diagnostic gak nemu apa2x mekanikal bagus semua saya curiga sih elektronik di pedalnya ngawur, karena pedalnya elektronik :big_dunno:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sun Apr 06, 2025 3:00 Kalo naeknya BYD ndak mungkin kejadian begini :
https://www.detik.com/jatim/berita/d-78 ... i-surabaya
Oderstel kayak krupuk kan ndak ngaruh :big_peace: :big_peace: :big_peace:

BTW, kasus gini dulu sering banget kejadian sekarang jarang apa orang pada tobat apa sistem exhaust dah bener ya ?, terus kejadian gini kayaknya lebih sering di ICE bensin daripada ICE diesel ya :big_think:
malah ada yang sering sistem acnya di tutup katanya malah gak apa2x :big_biglaugh:

kalo saya mah saya matiin atau buka kaca biasanya saya matiin :big_bored:

tapi kan ada hybrid belom ada yang kepikiran aja itu lihitum kek jujuki punya di banding di pake buat traksi gak jelas mendingan di pake buat gantiin aki lumayan bisa nyala ac 30-1jem tanpa nyalain mesin :big_biglaugh:

cuma ngeri lah ntar lagi bobo kremasi lagi mbah...... :big_biglaugh:



ini baru kejadian lagi ngisep asep lithium lsg MD om katanya ud pake alat pernafasan cuma kena ledakan batre jd alatnya kemungkinan bocor :big_bored:

di ausie katanya ud 2 pemadam lumpuh ngisep asep lithium :big_dunno:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sun Apr 06, 2025 3:13
ilhami wrote: Sun Apr 06, 2025 1:07 Lebih ke masalah feature ya, mungkin masalah sensor, atau pengemudi sendiri yang bermasalah.

fitur ini nggak umum ada di toyota (avanza, veloz, zenix)
sebenernya lebih ke rasnya om mobil EV itu kenapa bisa autonomus karena lebih gampang di bikin autonomus karena semua cukup diatur pake otak komputer :big_biglaugh:

masalahnya less mekanikal lebih sulit buat di tebak apa yang ngaco mau pake diagnostic juga cuma tebak2x buah manggis buktinya pajero saya aja sampe saya jual gak ketauan apa bikin pedal gasnya suka macet gak ada respon diagnostic gak nemu apa2x mekanikal bagus semua saya curiga sih elektronik di pedalnya ngawur, karena pedalnya elektronik :big_dunno:
Kalo ADAS kan ada 2 aliran, pake kamera (Tesla) atau kombo kamera+radar (Jepun+Kroya+Yurop), Tiongkok gak tau saya ikut aliran mana (kayaknya Tesla). Nah kalo kamera itu full AI, bergantung ama training object+algorithm. Kalo radar dia ada pembanding, bacaan AI dibandingin ama sensor jarak+kecepatan radar, kalo beda bacaan yg dimenangin radar, kalo bacaan radar gak reliabel (biasanya ujan deres), ADAS off.

Nah karena EV tergantung ama algoritma program, otomatis filosofi masing2 negara ngaruh. Tesla tu hawa pake iPhone : simpel, clean, Youngdie hawa Samsung : fungsional, tapi cari menu rada dalam, ex Cungkuo : Huawei/Oppo/Xiaomi, rame, full fitur, apa aja dimasukin. Nah, karena bergantung program, kedisiplinan penting, harus ada Unit Testing -> Integration Testing -> User Acceptance Test -> Final QA -> Dry Run baru masuk production. Unit testing bener masuk integration error balik lagi, nambah fitur baru harus tes ulang di integration. Naaah, kalo ERP diuber2 go live testing banyak nyangkut masih bisa go life (tapi kalo Coretax keterlaluan kayak ndak dites samsek :big_peace: ). Lha kalo mobil, potong kompas satu aja bisa nyaho :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety?

Post by ilhami »

tidak ada kaitan langsung bahwa mobil ICE tidak bisa menggunakan automous driving.
Karena setir mobil ICE dan EV sama. Komponen lain seperti rem juga sama mengandalkan gesekan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sun Apr 06, 2025 6:23 tidak ada kaitan langsung bahwa mobil ICE tidak bisa menggunakan automous driving.
Karena setir mobil ICE dan EV sama. Komponen lain seperti rem juga sama mengandalkan gesekan.
bukan gak bisa tapi sulit kalo prototype dulu jaman e90 bmw bikin bisa muterin track cuma sampe detik ini gak ada ice massal yang bisa autonomus :big_think:

keliatan kesulitanya ada di kontrol ice enginenya om :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Sun Apr 06, 2025 5:31
b0ku wrote: Sun Apr 06, 2025 3:13
ilhami wrote: Sun Apr 06, 2025 1:07 Lebih ke masalah feature ya, mungkin masalah sensor, atau pengemudi sendiri yang bermasalah.

fitur ini nggak umum ada di toyota (avanza, veloz, zenix)
sebenernya lebih ke rasnya om mobil EV itu kenapa bisa autonomus karena lebih gampang di bikin autonomus karena semua cukup diatur pake otak komputer :big_biglaugh:

masalahnya less mekanikal lebih sulit buat di tebak apa yang ngaco mau pake diagnostic juga cuma tebak2x buah manggis buktinya pajero saya aja sampe saya jual gak ketauan apa bikin pedal gasnya suka macet gak ada respon diagnostic gak nemu apa2x mekanikal bagus semua saya curiga sih elektronik di pedalnya ngawur, karena pedalnya elektronik :big_dunno:
Kalo ADAS kan ada 2 aliran, pake kamera (Tesla) atau kombo kamera+radar (Jepun+Kroya+Yurop), Tiongkok gak tau saya ikut aliran mana (kayaknya Tesla). Nah kalo kamera itu full AI, bergantung ama training object+algorithm. Kalo radar dia ada pembanding, bacaan AI dibandingin ama sensor jarak+kecepatan radar, kalo beda bacaan yg dimenangin radar, kalo bacaan radar gak reliabel (biasanya ujan deres), ADAS off.

Nah karena EV tergantung ama algoritma program, otomatis filosofi masing2 negara ngaruh. Tesla tu hawa pake iPhone : simpel, clean, Youngdie hawa Samsung : fungsional, tapi cari menu rada dalam, ex Cungkuo : Huawei/Oppo/Xiaomi, rame, full fitur, apa aja dimasukin. Nah, karena bergantung program, kedisiplinan penting, harus ada Unit Testing -> Integration Testing -> User Acceptance Test -> Final QA -> Dry Run baru masuk production. Unit testing bener masuk integration error balik lagi, nambah fitur baru harus tes ulang di integration. Naaah, kalo ERP diuber2 go live testing banyak nyangkut masih bisa go life (tapi kalo Coretax keterlaluan kayak ndak dites samsek :big_peace: ). Lha kalo mobil, potong kompas satu aja bisa nyaho :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
biasanya sih keburu2x om soalnya di jalan itu parameternya banyak algoritmanya gak gampang sedangkan ai mau canggih kek apa mereka bakalan selalu berpikir secara sistemastis gak kek otak manusia lagi mikir a terus bis belok ke b, kalo di jalan apalagi di china ketemu manusia2x kek gini ainya juga bingung sendiri :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

[media] [/media]

ilegal ??? :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



ribet ribet....... nyolong nozzle bensin gak ada harganya di pasar loak soalnya disamping ada yang jagain :big_biglaugh: :big_biglaugh: